Cara Bayar Listrik di Shopee

Cara Bayar Listrik di Shopee

Bagaimana cara bayar listrik di Shopee? Dengan semakin canggihnya teknologi, sekarang kamu sudah bisa melakukan pembayaran tagihan listrik secara onlie, salah satunya melalui Shopee. Di mana seperti yang kita ketahui bahwa Shopee merupakan salah satu marketplace yang penggunanya tidak hanya bisa melaukan belanja online, tapi penggunanya juga bisa melakukan pembelian pulsa, token listrik, dan membayar tagihan lainnya.

Dengan kamu melakukan pembayaran listrik di Shopee, bisa sangat membantu dan memudahkan kamu. Kamu bisa membayar listrik di mana saja dan tidak perlu takut listrik di rumahmu akan padam. Kamu juga tidak perlu repot ke luar rumah untuk pergi ke kantor layanan pembayaran listrik atau harus mengantre dengan lama di ATM. Dengan kamu membayar listrik secara online, sangat menghemat waktu kamu. Semuanya bisakamu lakuakan hanya dengan mengakses Shopee melalui komputer atau ponsel kamu.

Cara Bayar Listrik di Shopee

Cara Bayar Listrik di Shopee
Cara Bayar Listrik di Shopee

Cara bayar listrik di Shopee bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa melakukan pemabayaran listrik secara online hanya dengan duduk. Apalagi Shopee juga menawarkan berbagai metode pembayaran yang bisa kamu sesuaikan dengan yang kamu miliki. Jadi, untuk membayar melalui Shopee ini kamu harus memiliki akun Shopee, Nah, untuk caranya silakan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Aplikasi Shopee di Ponsel atau di Komputer

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membayar listrik di Shopee adalah dengan membuka aplikasi Shopee. Jika kamu belum memiliki aplikasi Shopee silakan untuk mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Play Store bagi pengguna Android atau di App Store bagi pengguna iOS. Kemudian, silakan untuk Sign in atau Daftar dan silakan masukkan data yang dibutuhkan. Namun, jika kamu lebih nyaman menggunakan komputer atau laptop, silakan untuk log in menggunakan aplikasi Shopee yang telah kamu unduh.

Terkait:  [7] Cara Bayar Indihome MBanking BCA dengan Benar💖

Langkah 2: Pilih Menu “Pulsa, Tagihan, dan Tiket”

Langkah selanjutnya pada beranda di halaman depan aplikasi atau web akun Shopee kamu akan muncul beberapa menu, seperti Shopee Games, Shopee Mall, SPayLater, Pulsa Tagihan dan Tiket, Shopee Food, dan masih banyak lagi. Nah, pada menu ini silakan untuj memilih menu Pulsa, Tagihan ,dan  Tiket.

Langkah 4: Pilih Listrik PLN

Kemudian, jika kamu telah memilih menu Pulsa, Tagihan, dan Listrik selanjutnya kamu akan masuk ke menu lagi, maka silakan untuk memilih menu Listrik PLN hingga kamu masuk ke menu baru yang terdiri dari tiga pilihan.

Langkah 5: Pilih Tagihan Listrik

Selanjutnya, langkah kelima adalah, terdapat tiga pilihan dari menu Listrik PLN, yaitu Token Listrik, Tagihan Listrik, dan Non- Taglis. Karena kamu ingin membayar listrik, maka kamu bisa memilih Tagihan Listrik, dengan cara usap atau swipe ke sebelah kiri layar.

Langkah 6: Masukkan Nomor Pelanggan

Pada menu Tagihan Listrik, terdapat kolom yang harus diisi dengan nomor pelanggan atau nomor meter.  Silakan masukkan nomor pelanggan sesuai dengan milikmu. Selain bisa dengan memasukkan nomor pelanggan ke kotak yang tersedia, kamu juga bisa memasukkan nomor pelanggan dengan cara memfoto barcode atau scan barcode dengan cara klik kotak berwarna oren di sebelah kanan kotak untuk mengisi nomor pelanggan. Silakan arahkan kamera ke barcode listrik milikmu.

Langkah 7: Klik Lihat Tagihan

Setelah kamu isi nomor pelanggan atau setelah scan barcode, silakan untuk mengklik tombol Lihat Tagihan yang berwarna oren dan terletak di bawah layar. Kemudian akna muncul informasi tagihan yang harus kamu bayar. Lalu, klik Lanjut dan Shopee akan menampilkan total tagihan beserta detailnya.

Terkait:  Cara Tahu Nomor ShopeePay (2 Metode), Cepat dan Mudah

Langkah 8: Pilih Metode Pembayaran

Kemudian, langkah selanjutnya silakan pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Metode pembayaran ini juga disesuaikan dengan yang biasa kamu gunakan dan yang memang kamu miliki. Ada beberapa pilihan metode pembayaran, seperti Shopeepay, SpayLater, Virtual Account, Transfer Bank, Cicilan Kartu Kredit, Kartu Debit/Kredit, Mitra Shopee, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, dan i.Saku.

Langkah 9: Klik “Bayar Sekarang”

Setelah itu, jika sudah kamu pilih metode pembayaran yang kamu inginkan bisa dilanjutkan dengan mengklik Bayar Sekarang. Lalu, lakukanlah pembayaran sesuai metode yang telah kamu pilih sebelumnya.

Langkah 10: Cek Konfirmasi Pembayaran

Langkah terakhir adalah kamu bisa melakukan pengecekan pembayaran tagihan dengan mengklik Pesanan yang terletak di pojok kanan atas layar pada halaman awal menu Pulsa, Tagihan, dan Tiket. Silakan tunggu beberapa saat hingga pembayaran kamu telah terkonsfirmasi dan berhasil.

Cara Membeli Token Listrik di Shopee

Selanjutnya, apabila kamu sudah menggunakan listrik dengan token atau biasa disebut pulsa listrik, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini untuk membeli token listrik di Shopee. Untuk sekarang ada pilihan penggunaan listrik menggunakan token. Banyak yang beralih menggunakan token listrik adalah karena fleksibilitas. Selain itu juga pengguna listrik bebas menentukan jumlah listrik yang akan dipakai ke depannya karena pembayaran listrik dilakukan di awal. Berikut langkah-langkah membeli token listrik di Shopee.

  • Buka aplkasi Shopee di ponsel atau komputer kamu
  • Kemudian, pada halaman awal aplikasi terdapat beberapa menu, seperti SpayLater, Pulsa Tagihan dan Tiket, Shopee Games, Shopee Mall, Shopee Food dan lain sebagainya. Silakan untuk memilih Pulsa, Tagihan, dan Tiket
  • Lalu, kamu akan masuk ke menu atau halaman Pulsa, Tagihan, dan Tiket. Pada halaman ini, silakan untuk memilih Listrik PLN
  • Selanjutnya, kamu akan masuk ke menu pilihan. Kamu bisa pilih Token Listrik
  • Setelah itu, terdapat nominal token atau pulsa listrik mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 50 juta. Pilihlah nominal pulsa sesuai dengan kebutuhanmu
  • Kemudian, masukan No.Meter atau ID Pelanggan. Jika kamu lupa, silakan lihat pada kartu PLN
  • Lalu, tekan tombol Submit
  • Selanjutnya, silakan lakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran yang kamu inginkan
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga pembayaranmu terkonfirmasi dan kamu akan mendapatkan voucher berisi 20 angka untuk diisi ke meteran listrik
Terkait:  Cara Mengisi Username di Shopee

Nah jika kamu sudah mendapatkan voucher, berikut langkah-langkah untuk mengisi token listrik PLN ke meteran.

  • Silakan untuk menuju meteran listrik yang akan kamu isi dengan token atau pulsa. Pada meteran listrik tersebut, terdapat tombol berupa nomor yang nantinya harus kamu tekan untuk memasukkan voucher
  • Kemudian, masukkan 20 angka voucher dengan menekan tombol di meteran listrik. Usahakan agar lebih teliti saat menekan tombol angka pada meteran
  • Lalu, jika sudah selesai memasukkan 20 angka voucher, silakan untuk menekan tombol Enter yang berwarna merah dengan ikon tanda panah ke bawah
  • Apabila kamu mamasukkan voucher dengan benar, maka kamu akan mendengar notifikasi berbunyi dan di layar meteran tertulis Benar
  • Setelah itu daya listrikmu terisi

Kamu sudah bisa menggunakan listrik di rumahmu lagi. Biasanya tanda bahwa token listrikmu akan habis adalah akan ada notifikasi berupa bunyi yang terus menerus. Jika sudah berbunyi seperti itu, kamu bisa langsung mengisi ulang token atau pulsa listrikmu.

Kesimpulan

Itulah cara bayar listrik di Shopee. Silakan untuk mengikuti langkah-langkah di atas hingga kamu berhasil membayar tagihan listrik kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Similar Posts