Cara Mematikan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Bagaimana cara mematikan hp Samsung tanpa tombol power? Bagi kamu yang ingin mematikan hp Samsung tanpa tombol power, kamu bisa melakukannya kok. Apalagi jika kamu menggunakan hp Samsung yang terbaru. Ada beberapa alasan yang biasanya pengguna ponsel lebih memilih untuk mematikan ponselnya, khususnya ponsel Samsung tanpa menggunakan tombol power, misalnya karena tombol power sedang tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi dengan baik, juga biasanya dilakukan jika sedang repot sehingga tidak bisa mematikan ponsel dengan menekan tombol power, dan lain sebagainya.

Ponsel merek asal Korea Selatan ini cukup memiliki banyak penggunanya di Indonesia. Samsung juga menjadi salah satu ponsel yang cukup kreatif, misalnya mereka merilis ponsel dengan bentuk yang unik di mana saat ini belum ada ponsel yang mengeluarkan tipe tersebut. Nah, Samsung sudah melengkapi ponsel keluarannya dengan fitur-fitur terbaru yang bisa memudahkan penggunanya, salah satunya adalah penggunanya bisa mematikan ponsel Samsung tanpa menggunakan tombol power. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

Read More

Cara Mematikan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Cara Mematikan Hp Samsung Tanpa Tombol Power
Cara Mematikan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Mungkin kamu belum mengetahui cara mematikan hp Samsung tanpa tombol power, caranya sangat mudah kok. Jika kamu memang sedang dalam kondisi tidak bisa menekan tombol power, kamu bisa melakukannya dengan opsi lain, yaitu tanpa tombol yang melakukannya hanya dengan menekan layar. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti lcara di bawah ini.

Cara Mematikan Hp Samsung Tanpa Tombol Power Melalui Quick Panel

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mematikan hp Samsung tanpa harus menekan tombol power adalah melalui Quick Panel atau juga biasa disebut Panel Cepat. Jika kamu masih bingung di mana letak Quick Panel, kamu bisa menemukannya dengan cara mengusap layar dari atas ke bawah hingga kamu menemukan Quick Panel di mana di bawahnya juga terdapat notifikasi aplikasi. Jadi, caranya sama seperti kamu mengusap layar dari atas ke bawah untuk menemukan notifikasi dari aplikasi.

Terkait: Cara Screenshot Realme C11

Di atas notifikasi tersebut, kamu akan menemukan Menu dari Quick Panel yang berisi beberapa fitur yang bisa kamu lakukan langsung dari situ tanpa harus membuka aplikasinya. Misalnya terdapat fitur Wifi, Mobile Data, Bluetooth, Mode Pesawat, Sound, Mobile Hotspot dan lain sebagainya. Setelah kemu berhasil menemukan menu ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui detailnya.

  • Langkah pertama, silakan buka Quick Panel dengan cara mengusap layar dari atas ke bawah
  • Kemudian, pada menu yang terdapat di Quick Panel, di bagian atas menu terdapat beberapa ikon, yaitu ikon Pencarian, Power, Pengaturan, dan ikon titik tiga. Pada pilihan tersebut, silakan pilih ikon Power dengan cara mengkliknya
  • Setelah kamu klik ikon Power, maka muncul tiga opsi yaitu Power Off, Restart, Emergency mode off. Pada tiga opsi tersebut, silakan klik Power Off atau Daya Mati
  • Setelah kamu klik, hp kamu akan nonaktif sama seperti saat kamu mematikan hp Samsung kamu dengan menggunakan tombol Power fisik

Silakan tunggu hingga ponselmu nonaktif atau mati. Jika hp kamu sudah nonaktif, maka kamu berhasil mematikan hp Samsung tanpa tombol power.

Cara Mematikan Hp Samsung Tanpa Tombol Power Melalui Menu Asisten

Cara selanjutnya yang bsia kamu lakukan untuk mematikan hp Samsung tanpa tombol power fisik adalah melalui Menu Asisten. Menu ini merupakan fitur yang dibuat oleh Samsung untuk memudahkan penggunanya. Jika kamu pernah melihat Assistive Touch pada iPhone, maka kurang lebih kamu mengetahui fungsi dari fitur Menu Asisten tersebut.

Selain kamu bisa menggunakan Menu Asisten ini untuk menonaktifkan hp Samsungmu, kamu juga bisa menggunakannya untuk screenshot, sebagai kursor seperti di laptop atau komputer, recet aplikasi, dan lain sebagainya. Jika kamu sudah mengaktifkan fitur ini maka kamu bisa langsung menggunakannya. Namun, jika kamu belum mengaktifkannya, maka tidak bisa kamu gunakan untuk menonaktifkan hp Samsung kamu. Berikut langkah-langkah mengaktifkan Menu Asisten.

  • Langkah pertama,BukaaplikasiPengaturanatauSettingsyang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Kemudian, silakan pilihAccessibility (Aksesibilitas)
  • Setelah itu, klikInteraction and Dexterity (Interaksi dan Kecelakaan)
  • Selanjutnya, padaMenu Asisten, silakan gesertoggleke arahOn
  • Kamu berhasil menambahkanMenu Asisten ke layar hp Samsung kamu
Terkait: Cara Menonaktifkan Wifi IndiHome

Apabila kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur Menu Asisten, maka akan muncul tombol virtual di layar hp kamu di mana kamu bisa menggeser-geser Menu Asisten tersebut ke area mana.Selanjutnya kamu bsia mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan hp Samsung tanpa harus menekan tombol power.

  • Pada Home Screen ponsel kamu silakan klik ikon Menu Asisten
  • Pada Menu Asisten itu terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah untuk menonaktifkan ponsel. Maka, apda Menu Asisten ini silakan cari opsi Power off menu
  • PadaPower off menutersebut terdapat tiga opsi yang terdiri dari Restart, Turn Off, dan Emergency Mode
  • Karena kamu ingin menonaktifkan hp kamu, maka silakan pilih Turn Offdan ponsel kamu akan mati

Kamu sudah berhasil menonaktifkan hp Samsung kamu menggunakan Menu Asisten. Nah, selain itu ada satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk mematikan hp Samsung kamu, berikut caranya.

Cara Mematikan Hp Samsung Tanpa Tombol Power Melalui Bixby

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mematikan hp Samsung tanpa tombol power adalah melalui Bixby. Ini juga memiliki fungsi seperti menu asisten, taoi yang membedakannya adalah Bixby ini menggunakan suara untuk memerintahkan. Pengguna Samsung bisa memerintahkan apapun ke Bixby melalui perintah suara, termasuk mematikan hp tanpa harus menyentuh tombol fisik power.

Bixby ini kurang lebih sama dengan Siri yang dimiliki oleh iPhone dan juga Google Assistant yang dimiliki oleh Google. Untuk lebh detailnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, buka Bixby yang terapat di hp Samsung kamu. Jika belum menemukannya, silakan ketik Bixby pada kolom pencarian menu
  • Kemudianketuk ikon speaker yang berada di bagian bawah
  • Selanjutnya, silakan untuk memberikan perintah suara dengan mengucap Turn off the phone
  • Lalu, Bixby akan memproses perintah tersebut dan mengkonfirmasinya dengan memperlihatkan opsi RebootdanPower Off
  • PilihPower off untuk mematikan hp Samsung kamu
Terkait: Cara Menonaktifkan COD di Shopee

Kamu telah berhasil mematikan hp Samsung kamu tanpa harus menyentuh tombol fisik poswer, kamu hanya menggunakan Bixby. Apabila di tipe hp Samsung yang kamu miliki belum support ketiga cara di atas, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga, seperti aplikasi Auto Reboot, aplikasi Power Button To Volume Button, Screen Off and Lock, dan lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan bantuan dari aplikasi tersebut dan lainnya.

Kesimpulan

Itulah cara mematikan hp Samsung tanpa tombol power yang bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts