Cara Menghilangkan Malware di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menghilangkan Malware
Cara Menghilangkan Malware

PindahLubang.com | Cara menghilangkan malware di android merupakan cara paling efektif untuk membersihkan gangguan di ponsel. Seperti kamu tahu bahwa malware merupakan salah satu virus berbahaya yang harus dibersihkan. Jika dibiarkan, HP kamu akan semakin lemot bahkan rentan mengalami penyadapan, lho!

Siapapun bahkan kamu sendiri hampir tidak pernah menyadari bahwa HP Android sempat terkena malware. Oleh karena itu, kamu harus membersihkannya demi menjaga keamanan sekaligus performa smartphone agar tetap kencang dan stabil saat digunakan.

Read More

Beberapa masalah yang selalu ditimbulkan oleh malware adalah aplikasi berjalan di latar belakang, sehingga dapat menyedot daya baterai lebih besar. Oleh karena itu, cara menghapus malware di HP Android wajib kamu tahu. Kamu pun dapat melakukannya dengan atau tanpa aplikasi yang semuanya akan dibahas melalui artikel ini.

Apa itu Malware?

Malicious Software alias malware merupakan suatu perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem jaringan maupun server pada perangkat HP dan PC tanpa sepengetahuan pemiliknya. Tak bisa dimungkiri bahwa semua orang punya risiko terkena software tersebut, lho.

Malware biasanya akan masuk ke dalam smartphone maupun PC melalui beberapa file yang sudah diunduh melalui peramban browser seperti Chrome, Firefox, dsb. Maka dari itu, kamu perlu waspada saat asyik berselancar di dunia maya setiap hari.

Terkait:  Cara Menghilangkan Tulisan TikTok di Capcut: 4 Langkah!

Ciri-ciri HP Android yang Sudah Terkena Malware

Bagi kamu yang ingin tahu cara menghilangkan malware di HP Android, sebaiknya ketahui ciri-ciri HP Android terkena malware terlebih dulu. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Banyak Iklan
    Kamu mungkin sempat tidak menyadari bahwa beragam iklan pop-up sering bermunculan di ponselmu. Siapa sangka kalau keberadaan mereka justru berbahaya, di mana semuanya adalah malware yang harus dibersihkan, baik dengan atau tanpa aplikasi apapun.
  • Baterai Cepat Habis
    Kalau HP Android kamu sering boros baterainya, kemungkinan besar ponselmu terkena malware. Jika kamu mengalaminya, apalagi HP jarang digunakan namun baterainya cepat habis maka bisa dipastikan kalau perangkatnya terjangkit virus berbahaya.
  • HP Cepat Panas
    Kondisi selanjutnya yang patut dicurigai adalah HP Android menjadi cepat panas. Jika masalah ini terjadi, kami pastikan ponselmu sudah terjangkit malware. Hal ini dikarenakan banyak aplikasi berjalan di latar belakang tanpa izin dan persetujuanmu sebelumnya.
  • Sinyal Selalu Putus
    Ciri-ciri HP Android terkena malware berikutnya adalah jaringannya selalu putus, apalagi saat kamu sedang komunikasi dan akses internet. Tak hanya itu, kamu pun sering mendapat SMS asing yang tidak dikenal dengan isi pesan aneh dan mencurigakan.
  • HP Cepat Lemot
    HP Android yang terkena malware biasanya ditandai dengan performanya semakin lambat. Jika smartphone kamu lebih lemot dari sebelumnya, kemungkinan besar terdapat virus berbahaya yang mengancam keamanan perangkat internalnya.
  • Kuota dan Pulsa Cepat Habis
    Poin terakhir yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kuota internet maupun pulsa cepat habis. Ciri-ciri HP Android terkena malware ini paling sering dialami banyak orang, bahkan kamu sendiri selalu tidak menyadarinya.

Cara Menghilangkan Malware

Cara Menghilangkan Malware
Cara Menghilangkan Malware

Cara menghapus malware di HP Android dengan atau tanpa aplikasi sangat mudah dilakukan. Jika kamu sedang mengalami situasi tersebut, jangan khawatir karena virus berbahaya yang berada dalam ponselmu dapat dihilangkan dengan cepat.

Terkait:  Cara Menyembunyikan Status Online WhatsApp

Kami akan membantumu mengatasinya melalui beberapa langkah sederhana yang bisa diikuti lewat artikel ini. Kamu dapat menggunakan aplikasi bawaan dari HP Android masing-masing, supaya malware alias virus berbahaya tersebut bisa dihapus tuntas untuk menjaga kuota dan performa ponsel lebih optimal.

Langkah 1: Buka Aplikasi Keamanan

Cara Menghilangkan Malware
Cara Menghilangkan Malware

Cara menghilangkan malware di HP Android yang pertama adalah membuka aplikasi Keamanan atau Security melalui ponsel masing-masing. Kami beritahu bahwa aplikasinya merupakan bawaan dan tidak perlu diunduh lagi.

Langkah 2: Pilih Menu Pemindaian Virus

Cara Menghilangkan Malware
Cara Menghilangkan Malware

Jika aplikasinya sudah dibuka, cara menghilangkan malware di HP Android selanjutnya adalah memilih menu Pemindaian Virus atau Virus Scan pada halaman utamanya. Fungsinya untuk mengetahui berapa banyak file jahat yang berada di dalam ponselmu.

Langkah 3: Lakukan Pemindaian

Cara Menghilangkan Malware
Cara Menghilangkan Malware

Pada halaman selanjutnya, tunggu beberapa saat sampai proses pemindaian alias scanning nya selesai. Biasanya kamu hanya perlu menunggu selama 3-5 menit saja, di mana semua virus dan file jahat yang tersimpan akan terbaca secara otomatis.

Langkah 4: Klik Selesai

Cara Menghilangkan Malware
Cara Menghilangkan Malware

Cara menghilangkan malware selanjutnya adalah melihat jumlah file jahat dan virus yang sudah dipindai. Kamu akan mengetahui bahwa total keseluruhan adalah sebanyak 4.090 file jahat yang terbaca, sedangkan virusnya tidak ada. Jika sudah berhasil, tekan tombol Selesai.

Langkah 5: Tekan Tombol Optimalkan

Cara Menghilangkan Malware
Cara Menghilangkan Malware

Kamu bisa menekan tombol Back alias Kembali yang berada di samping kanan layar ponselmu. Selain itu, kamu pun bakal diarahkan lagi ke halaman utama aplikasi keamanan dan tekan tombol Optimalkan di bagian tengah layarnya.

Langkah 6: Optimalkan Perangkat

Cara Menghilangkan Malware
Cara Menghilangkan Malware

Aplikasi akan mengoptimalkan seluruh bagian internal ponselmu, mulai dari memori sampai perlindungan keamanan secara efektif. Kamu cukup menghabiskan waktu 1-3 menit untuk menyelesaikan proses tersebut.

Terkait:  Cara Menghilangkan Notifikasi Iklan di Chrome Windows 10, Mudah!

Langkah 7: Klik Selesai

Cara Menghilangkan Malware
Cara Menghilangkan Malware

Cara menghapus malware di HP Android yang terakhir adalah memastikan proses pengoptimalan perangkat berhasil. Jika sudah selesai dan tidak ada aktivitas lainnya, tekan tombol Selesai dan tutup aplikasinya.

Cara Menghilangkan Malware Lewat Administrator Rights

Jika banyak virus berbahaya pada ponselmu, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan menghapus administrator rights atau administrasi perangkat. Cara menghapus malware melalui penghapusan administrator rights adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting melalui HP Android kamu.
  • Klik Keamanan atau Security.
  • Cari menu Device Administrator.
  • Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.
  • Pilih menu Android Device Manager dalam daftar tersebut.
  • Cabut izin administrator rights dalam daftar aplikasi yang sulit dihapus.
  • Terakhir, segera hapus aplikasi tersebut dari HP Android kamu.

Cara Menghilangkan Malware Lewat Safe Mode

Pengguna HP Android dapat menghapus berbagai macam file jahat maupun virus dalam perangkatnya dengan menggunakan mode safe. Seperti namanya bahwa fitur ini akan mengamankan ponselmu dari virus berbahaya. Cara menghilangkan malware melalui safe mode adalah sebagai berikut:

  • Pertama, tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik.
  • Klik Safe Mode.
  • Jika tidak tersedia, kemungkinan besar malware sudah memblokir opsi tersebut.
  • Kemudian, tekan dan tahan lagi tombol Power serta Volume Atas/Bawah kurang lebih selama 5-10 detik untuk melakukan hard reset.
  • Pilih menu Hapus Data atau Wipe Data.
  • Klik Konfirmasi atau Confirm.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya hingga semua data beserta malware akan hilang dari HP Android kamu.

Cara Menghilangkan Malware Lewat Instal Ulang

Cara menghapus malware di HP Android yang terakhir adalah dengan melakukan instal ulang. Simak langkah-langkahnya yang perlu kamu tahu di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Android kamu.
  • Klik Sistem.
  • Pilih menu Setel Ulang atau Reset.
  • Terakhir, tekan tombol Reset ke Setelan Pabrik dan ikuti prosesnya sampai selesai.

Jika ponselmu semakin lambat dan kuotanya cepat habis, kemungkinan besar terdapat virus berbahaya di dalamnya. Maka dari itu, cara menghilangkan malware di HP Android di atas adalah solusi tepat yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat!

Related posts