Bagaimana Cara Menghilangkan Online di WhatsApp

Bagaimana Cara Menghilangkan Online di WhatsApp: 4 Trik Anti Gagal

Bagaimana cara menghilangkan online di WhatsApp? Fitur privasi pada WhatsApp seperti menyembunyikan status online yang muncul pada kolom chat kini dapat disembunyikan. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan atau WhatsApp Mod untuk menonaktifkan fitur tersebut. Kamu bisa tetap online tapi tidak terlihat online di WhatsApp dengan mengikuti panduan lewat artikel ini.

Pengguna WhatsApp juga dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat akun WA kamu sedang online. Sebelumnya, WhatsApp hanya menyediakan opsi Kontak saya kecuali atau My Contact Except pada fitur Last Seen. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih siapa saja yang dapat melihat status online. Kini, fitur tersebut telah diperbaharui dengan tambahan opsi Last Seen and Online. Dengan begitu, akses kontrol pengguna WhatsApp pada status online menjadi lebih lengkap.

Untuk informasi bagaimana cara menghilangkan online di WhatsApp Android maupun iPhone, cara menghilangkan online di WA tanpa aplikasi, hingga cara agar WhatsApp tidak terlihat online dan mengetik, simak tutorial berikut.

Bagaimana Cara Menghilangkan Online di WhatsApp

Bagaimana Cara Menghilangkan Online di WhatsApp
Bagaimana Cara Menghilangkan Online di WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu platform chatting paling populer di dunia, yang memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga menjadi lebih mudah. Namun, tidak jarang ada situasi di mana kamu ingin menjaga privasi dan menghilangkan status online di WhatsApp. 

Cukup dengan beberapa langkah, kamu dapat menghilangkan status online dan mengurangi eksposur untuk menjaga kegiatan online di WA tetap rahasia. Berikut ini adalah beberapa panduan tentang cara menghilangkan online di WhatsApp dengan mudah (semua platform).

Terkait:  Cara Follow Up Customer Lewat WhatsApp Agar Cepat Closing💛

Cara Menghilangkan Status Online di WA Android

Para pengguna Android yang ingin menyembunyikan status online di WhatsApp dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp seperti biasa di HP Android.
  • Ketuk ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu Setelan (Settings), lalu klik opsi Akun (Account).
  • Klik tombol Privasi (Privacy).
  • Selanjutnya, pilih opsi Terakhir Dilihat dan Online (Last Seen and Online). Pada opsi ini, pengguna bisa mengatur dan menentukan siapa saja dari daftar kontak yang dapat melihat kapan terakhir kali kamu online atau saat sedang online (Last Seen and Online).
  • Kamu dapat menekan tombol Tidak Ada (Nobody) pada opsi Terakhir Dilihat (Last Seen), sehingga siapapun tidak akan mengetahui bahwa akun WA kamu sedang online termasuk teman di daftar kontak.
  • Akan tetapi, jika kamu tetap ingin memperlihatkan status online ke daftar kontak di WhatsApp, pilih opsi Kontak Saya (My Contacts) atau Kontak Saya Kecuali (My Contacts Except) untuk memilih beberapa kontak yang boleh lihat dan dikecualikan. Nantinya, ini akan mempengaruhi status online kamu.
  • Setelah itu, pilih opsi Sama Seperti Terakhir Dilihat (Same as Last Seen) pada kolom Online.
  • Dengan demikian, status online pada WhatsApp tidak dapat dilihat oleh orang yang bukan dalam daftar kontak atau yang diperbolehkan untuk melihatnya. Pengaturan tersebut juga akan diaplikasikan sama pada opsi Terakhir Dilihat (Last Seen).

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, status online WA kamu di Android telah berhasil disembunyikan.

Cara Menghilangkan Status Online di WA iPhone

Sementara bagaimana cara menghilangkan online di WhatsApp untuk iPhone sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Android. Adapun panduan selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp seperti biasa di iPhone atau perangkat iOS.
  • Pilih menu Setelan (Settings) yang terletak di pojok kanan atas layar.
  • Klik tombol Privasi (Privacy).
  • Selanjutnya, pilih menu Terakhir Dilihat dan Online (Last Seen and Online). Pada opsi ini, pengguna bisa mengatur dan menentukan siapa saja dari daftar kontak yang dapat melihat kapan terakhir kali kamu online atau saat sedang online (Last Seen and Online).
  • Pada opsi Terakhir Dilihat (Last Seen), kamu dapat memilih tombol Tidak Ada (Nobody) sehingga siapapun tidak akan mengetahui bahwa akun WA kamu sedang online termasuk teman di daftar kontak. 
  • Akan tetapi, jika kamu tetap ingin menunjukkan status online ke daftar kontak di WhatsApp, pilih opsi Kontak Saya (My Contacts) atau Kontak Saya Kecuali (My Contacts Except) untuk memilih beberapa kontak yang boleh lihat dan dikecualikan pada menu Terakhir Dilihat (Last Seen).
  • Setelah itu, pilih opsi Sama Seperti Terakhir Dilihat (Same as Last Seen) pada kolom Online.
  • Dengan begitu, status online pada WhatsApp tidak dapat dilihat oleh orang yang bukan dalam daftar kontak atau yang hanya diperbolehkan untuk melihatnya. Pengaturan tersebut juga akan diaplikasikan sama pada opsi Terakhir Dilihat (Last Seen).
Terkait:  Cara Membuat Status WhatsApp (Teks, Foto, Video) Mudah!

Kini, status online WA kamu di iOS telah berhasil disembunyikan dan tidak akan terlihat.

Cara Menyembunyikan Tanda Online WhatsApp di PC

Selain di Android dan iPhone, apakah bisa menyembunyikan status online saat mengakses WhatsApp Web di laptop atau PC? Pada dasarnya, WhatsApp belum melakukan pembaruan pengaturan status online secara resmi di PC. Namun, ada beberapa trik tambahan untuk melakukan langkah ini. 

Kamu memerlukan ekstensi tambahan di Google Chrome untuk menghilangkan status online di WhatsApp Web. Untuk langkah-langkahnya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi WA Web Plus for WhatsApp yang bisa akses di Chrome Web Store sebagai ekstensi tambahan di Google Chrome nantinya.
  • Kemudian, tekan tombol Add to Chrome untuk memasang ekstensi WA Web Plus for WhatsApp.
  • Setelah ekstensi berhasil terpasang, klik ikon Extension yang terletak di bagian kanan.
  • Lalu, pilih WA Web Plus for WhatsApp.
  • Pada layar akan muncul pengaturan ekstensi.
  • Kemudian, centang pada opsi Hide online status (Invisible Mode) untuk menonaktifkan status online pada WA di PC atau WhatsApp Web. Selain itu, kamu juga dapat menyembunyikan fitur lainnya, seperti sedang mengetik.

Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik

Setelah mengetahui cara untuk menyembunyikan status online, ada juga trik yang membuat status sedang mengetik tidak terlihat. 

Sebagai informasi, WhatsApp belum secara resmi merilis fitur untuk menyembunyikan opsi sedang mengetik saat kita membalas chat WA. Namun, trik berikut ini bisa membuat status sedang mengetik atau typing tidak terlihat pada layar ketika sedang membalas pesan.

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa pengaturan untuk notifikasi WhatsApp di HP sudah aktif sehingga saat ada notifikasi chat WA yang masuk dapat terlihat pada layar tanpa harus membuka aplikasi.
  • Saat ada chat masuk, kamu balas lewat notifikasi di layar (bukan membuka aplikasi). 
  • Lalu, kirimkan chat tersebut ke penerima.
  • Kini, status typing atau sedang mengetik di kolom chat kamu tidak akan muncul.
Terkait:  Bagaimana Cara Masuk ke WhatsApp Tanpa Kode Verifikasi, Lakukan Ini!

Setelah mengatur fitur Terakhir Dilihat dan Online atau Last Seen and Online dan mengikuti cara ini, dipastikan bahwa kamu tidak akan terlihat online maupun sedang mengetik.

Demikian informasi lengkap dan beberapa trik bagaimana cara menghilangkan online di WhatsApp dengan mudah. Selamat mencoba!

Similar Posts