Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Bagaimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati? Bagi kamu pengguna setia provider Telkomsel dan memilki kartu SIM-nya yang sudah mati tapi ingin mengaktifkannya kembali. SIM atau kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif tersebut, bisa kok kamu aktifkan kembali, sehingga kamu bisa tetap menggunakan nomor yang sama untuk berkomunikasi.

Telkomsel sebagai salah satu provider yang memiliki cukup banyak pengguna karena Telkomsel memiliki kecepatan jaringan yang lebih cepat. Berdasarkan laman resminya, nomor hangus/mati/expired adalah nomor Telkomsel PraBayar yang telah melewati batas hari terakhir masa tenggang. Ketika Anda tidak melakukan isi pulsa atau pembelian paket pada masa tenggang, nomor Anda melewati hari terakhir masa tenggang dan kemudian hangus/expired.

Untuk cara mengaktifkannya, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati
Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Berbicara mengenai cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati, mungkin penggunanya ada yang masih belum mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati. Berdasarkan laman resmi Telkomsel juga, jika kamu tidak mengaktifkannya kembali kartu Telkomsel yang mati, maka kamu tidak dapat menggunakan nomor kamu kembali dan data kamu akan terhapus oleh sistem setelah melewati periode waktu yang telah ditentukan oleh Telkomsel.

Terkait:  Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah Terdaftar atau Belum: Penting!

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati.

1. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Lewat GraPARI

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kartu Telkomsel atau kartu SIM yang sudah mati adalah kamu bisa langsung datang ke gerai GraPARI. GraPARI yang merupakan pusat layanan pelanggan Telkomsel ini memiliki singkatan dari Graha Pari Sraya.

Gerai GraPARI ini sudah memiliki cabang di berbagai daerah di Indonesia, jadi kamu hanya perlu mencari di internet gerai GraPARI terdekat dari tempat kamu tinggal. Di pusat layanan ini, kamu bisa meminta bantuan kepada customer service yang ada di gerai dan mereka akan membantu kamu menyelesaikan apa kendalamu. Salah satunya yang bisa kamu lakukan di gerai ini adalah mengaktifkan kartu Telkomsel, berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Langkah pertama, silakan persiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel kamu yang sudah mati. Dokumen yang perlu kamu persiapkan adalah KTP, Kartu Keluarga, dan kartu SIM Telkomsel yang sudah mati.

Langkah 2: Langsung Datang ke GraPARI

Selanjutnya, jika dokumen yang kamu butuhkan untuk pengaktifan kembali kartu Telkomsel telah siap, maka kamu bisa langsung datang ke gerai GraPARI terdekat dari lokasi kamu.

Langkah 3: Sampaikan Tujuanmu ke GraPARI

Kemudian, setelah sampai di gerai GraPARI, kamu bisa langsung sampaikan keluhan atau kebutuhanmu datang ke GraPARI. Kamu bisa mengatakan bahwa kamu ingin mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati.

Biasanya kamu akan diminta menyerahkan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang dibutuhkan ini adalah dokumen yang sebelumnya telah kamu persiapkan. Perlu kamu perhatikan juga, bahwa pengajuan pengaktifan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati ini tidak dapat diwakilkan, berarti harus dilakukan oleh yang bersangkutan.

Terkait:  Cara Aktifkan Nomor Telkomsel yang Hangus, Mudah!

2. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Lewat Kode USSD

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kartu Telkomsel kamu yang telah mati adalah dengan melalui Kode USSD. Nah, kode USSD ini sama melakukannya seperti saat kamu mengecek pulsa, yaitu melalui panggilan atau telepon.

Cara ini terbilang cukup mudah dan simpel, karena kamu tidak perlu repot mengunjungi gerai GraPARI lagi. Apalagi jika tempat tinggalmu memiliki jarak yang jauh dari gerai GraPARI. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kartu Telkomsel melalui Kode USSD.

Langkah 1: Buka Aplikasi Telepon atau Panggilan

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah silakan buka aplikasi Telepon atau Panggilan di hp kamu.

Langkah 2: Ketik *888*89#

Selanjutnya, silakan ketik *888*89# di kolom keyboard angka yang tersedia, kemudian tekan Panggil atau Call. Untuk mengirim kode USSD ini, kamu harus menggunakan nomor telepon yang sudah mati tersebut.

Kemudian, setelah kamu tekan Panggil, maka akan muncul menu dari kode USSD yang sebelumnya kamu ketik dan panggil. Nah, kamu bisa memilih opsi 1 (Reaktivasi Kartu), kemudian kamu akan diarahkan ke halaman baru dan selanjutnya silakan pilih opsi 1 (Setuju).

Langkah 3: Masukkan NIK KTP dan KK

Kemudian, langkah selanjutnya, masih melanjutkan cara yang sebelumnya. Kamu akan diminta memasukan NIK KTP dan Nomor KK.

Langkah 4: Telkomsel akan Mengirim SMS

Selanjutnya, Telkomsel akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor Telkomselmu yang kamu gunakan untuk mengirim kode USSD sebelumnya. Telkomsel akan memberitahu mengenai nomor hp dari kartu Telkomselmu tersebut masih bisa diaktifkan atau sudah tidak bisa.

Apabila

3. Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Lewat Telkomsel E-Care

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati adalah melalui Telkomsel E-Care. Ini juga merupakan layanan online melalui media sosial resmi Telkomsel yang bisa kamu manfaatkan untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati. Nah, kamu juga tentunya bisa lebih menghemat waktu dna juga biaya, karena kamu tidak perlu repot datang ke gerai GraPARI.

Terkait:  Cara Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G Tanpa Kartu Upgrade

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengaktifkan kartu Telkomsel lewat Telkomsel E-Care.

Langkah 1: Kirim DM Ke Twitter atau Instagram Resmi Telkomsel

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah silakan kirim pesan atau DM (Direct Message) ke akun media sosial resmi Twitter atau Instagram Telkomsel. Silakan ketik Reaktivasi Prepaid dan kirim ke media sosial Telkomsel yang kamu inginkan.

Langkah 2: Tunggu Hingga Admin Telkomsel Membalas Pesan

Silakan tunggu beberapa saat hingga admin media sosial dari Telkomsel membalas pesan yang kamu kirimkan. Admin akan membalas dan mengirimkan link untuk pengguna mengunggah foto dokumen KTP, nomor KK, dan foto kartu SIM fisik yang telah mati atau yang akan direaktivasi.

Langkah 3: Kamu Akan Mendapatkan Antrean untuk Layanan Video Call

Kemudian, Telkomsel akan mengantrekan kamu ke layanan video call untuk validasi data. Apabila disetujui, maka proses aktivasi nomor Telkomsel selesai. Kartu Telkomsel kamu yang telah mati pun akan kembali aktif dan kamu bisa mulai menggunakannya untuk berkomunikasi dan untuk kebutuhan lainnya.

Berdasarkan laman resmi Telkomsel, Telkomsel tidak mengenakan tarif kepada pelanggan, tetapi mereka menganjurkan pelanggan untuk langsung melakukan isi ulang pulsa atau paket minimal Rp10.000 agar masa aktif nomor kamu langsung diperpanjang setelah nomor berhasil diaktifkan kembali.

Kesimpulan

Demikian cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu mudah untuk kamu ikuti. Usahakan apabila kartu Telkomsel kamu sudah melewati masa tenggang, kamu langsung untuk mengurusnya untuk pengaktifan kembali. Karena dikhawatirkan apabila terllau lama tidak diaktifasi maka akan hangus dan tidak bisa diaktifkan lagi. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Similar Posts