Cara Daftar Kartu Baru Telkomsel

7 Cara Daftar Kartu Baru Telkomsel yang Benar dan Cepat

Pindahlubang.com | Cara daftar kartu baru Telkomsel ternyata sangat mudah. Jika Kamu baru beli kartu perdana, pastikan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Registrasi merupakan langkah penting agar Kamu bisa menggunakan semua layanan yang disediakan oleh Telkomsel. 

Ini pun sesuai dengan ketentuan dari pemerintah, bahwa setiap kartu perdana wajib diregistrasikan. Jika tidak, maka nomor tersebut akan diblokir. Sedangkan untuk nomor baru tidak bisa digunakan. Kamu tidak dapat SMS, telepon, maupun akses internet dengan nomor tersebut. 

Berikut akan dijelaskan cara untuk mendaftarkan nomor baru Telkomsel. Ada banyak cara yang bisa dijajal. Selain itu, dijelaskan pula pentingnya melakukan registrasi. 

Cara Daftar Kartu Baru Telkomsel

Cara Daftar Kartu Baru Telkomsel
Cara Daftar Kartu Baru Telkomsel

Seperti yang disebutkan bahwa ada beberapa metode untuk mendaftarkan kartu baru Telkomsel. Bisa secara langsung, lewat SMS, datang ke GraPARI, dan lainnya. Cek cara lengkapnya di bawah ini. 

1. Daftar Kartu Baru Telkomsel Secara Langsung

Tidak sulit sebenarnya jika ingin daftar kartu perdana Telkomsel. Karena saat SIM card dimasukkan ke slot HP, biasanya akan langsung muncul pop up untuk melakukan proses registrasi. Kamu tinggal mengikuti instruksi yang ditampilkan pada layar. 

Metode inilah yang paling mudah dan praktis. Pasalnya, Kamu tidak perlu mengakses kode ataupun layanan registrasi online. Hanya saja, sebaiknya persiapkan dokumen berikut ini untuk daftar kartu perdana baru Telkomsel:

  • Warga Indonesia: Kartu Keluarga dan KTP elektronik. 
  • Warga Asing: Salah satu data diri, paspor, KITAP, atau KITAS. 
Terkait:  Cara Registrasi Kartu Indosat Tanpa KTP dan KK

2. Daftar Kartu Baru Telkomsel Via SMS

Bagaimana jika pop up registrasi tidak muncul ketika Kamu mengaktifkan kartu perdana? Tidak perlu khawatir, karena Kamu bisa mencoba cara daftar kartu baru Telkomsel yang kedua ini. Caranya yaitu dengan melakukan pendaftaran via pesan singkat. 

Cara aktivasi ini termasuk mudah dan simpel. Kamu cukup mengirimkan SMS sesuai dengan format untuk registrasi kartu baru. Yang harus dipersiapkan juga sama, yakni KK dan KTP bagi Warga Negara Indonesia. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan berikut:

Langkah-Langkah Daftar Kartu Baru Telkomsel Via SMS
  1. Buka aplikasi Pesan Singkat di HP.
  2. Selanjutnya ketuk ikon Tambah untuk membuat pesan baru.
  3. Tulis pesan dengan format REG (spasi) NIK#Nomor KK#.
  4. Pastikan semua angka di-input dengan benar dan tidak ada yang kurang.
  5. Setelah itu, kirim SMS ke nomor 4444.
  6. Kamu akan mendapatkan notifikasi jika pendaftaran berhasil dilakukan.

3. Daftar Kartu Baru Telkomsel Via Kode UMB

Memang banyak opsi untuk registrasi kartu perdana Telkomsel jika pop up notifikasi tidak muncul pertama kali. Selain lewat SMS, Kamu juga bisa mendaftarkannya via kode UMB. Ini menjadi alternatif lain yang lebih mudah dan cepat. 

Melalui kode UMB, Kamu akan diminta melengkapi data diri sebagai syarat registrasi. Yang perlu disiapkan adalah nomor KK dan NIK. Langkah-langkah lengkapnya bisa dicek pada penjelasan berikut ini:

Langkah-Langkah Daftar Kartu Baru Telkomsel Via Kode UMB
  1. Buka aplikasi Telepon di HP.
  2. Selanjutnya input kode UMB *444# dari keypad.
  3. Tekan tombol OK atau Call untuk memanggil.
  4. Setelah berada di menu registrasi kartu, pilih dengan membalas memakai kode angka. Biasanya angka 1.
  5. Ketuk tombol Kirim.
  6. Berikutnya masukkan nomor KTP dan KK sesuai instruksi
  7. Tekan lagi tombol Kirim.
  8. Tidak perlu waktu lama, biasanya akan diberikan pemberitahuan bahwa registrasi berhasil melalui SMS.
Terkait:  Cara Daftar Telkomsel Prabayar Online dan Offline: Penting!💘

4. Daftar Kartu Baru Telkomsel Secara Online

Cara daftar kartu baru Telkomsel yang selanjutnya bisa juga dilakukan secara online. Kamu bisa akses halaman untuk registrasi. Pastikan sebelumnya sudah menyiapkan dokumen persyaratan agar registrasi lebih mudah dilakukan. 

Telkomsel sendiri memiliki layanan khusus yang digunakan untuk registrasi nomor baru. Situs tersebut dapat Kamu akses secara gratis. Seperti inilah caranya:

Langkah-Langkah Daftar Kartu Baru Telkomsel Online
  1. Ketuk link ini https://www.telkomsel.com/registrasiprabayar dan buka melalui browser apa saja.
  2. Jika sudah berada di halaman registrasi kartu prabayar Telkomsel, ikuti panduan untuk memasukkan data diri berupa NIK dan nomor KK.
  3. Pastikan dulu bahwa tidak ada nomor yang salah.
  4. Apabila sudah benar, ketuk tombol OK dan tunggu konfirmasi berhasil.

5. Daftar Kartu Baru Telkomsel Langsung ke GraPARI

Tidak menutup kemungkinan kalau proses registrasi ini gagal dilakukan karena beberapa sebab. Kalau Kamu mengalaminya, sebaiknya untuk datang langsung ke kantor GraPARI terdekat. Umumnya GraPARI terdapat di setiap wilayah, sehingga lebih mudah untuk dijangkau. 

Di sana, Kamu akan mendapatkan panduan langsung dari customer service. Karenanya jika ada kendala bisa diperbaiki segera. Kamu juga dipandu untuk melakukan pendaftaran nomor baru mulai dari awal hingga berhasil diaktifkan. 

Tapi cara daftar kartu baru Telkomsel dengan datang ke GraPARI hanya dapat Kamu lakukan jika benar-benar punya waktu luang. Pasalnya, proses registrasi ke sana tidak dapat diwakilkan. Itu artinya, mau tidak mau harus datang sendiri. Seperti inilah prosedur registrasi di GraPARI:

Langkah-Langkah Daftar Kartu Baru Telkomsel di GraPARI
  1. Pastikan Kamu sudah membawa dokumen persyaratan, yakni KTP elektronik dan Kartu Keluarga.
  2. Kunjungi kantor GraPARI terdekat.
  3. Setelah tiba di sana, langsung saja ambil nomor antrean. Tunggu nomormu dipanggil oleh petugas sesuai dengan urutan.
  4. Jika sudah dipanggil, sampaikan kepada CS jika Kamu tidak bisa registrasi kartu baru.
  5. Jangan lupa serahkan dokumen yang sudah diperlukan.
  6. Tunggu registrasi dilakukan dan coba cek apakah Kamu sudah aktif dan bisa digunakan untuk menikmati layanan dari Telkomsel.
Terkait:  Cara Daftar M Banking BNI

6. Daftar Kartu Baru Telkomsel Melalui Call Center

Sebenarnya Kamu tidak perlu datang ke GraPARI jika terus gagal registrasi kartu baru. Karena Kamu bisa meminta bantuan customer service Telkomsel dengan menghubunginya lewat call center. Tapi untuk satu kali panggilan memerlukan biaya Rp300. Jadi, pastikan masih ada sisa pulsa. 

Karena di sini nomor Telkomsel yang baru belum aktif, Kamu bisa menggunakan nomor yang lain. Gunakan untuk menghubungi CS dan meminta bantuan registrasi. Berikut panduannya:

Langkah-Langkah Daftar Kartu Baru Telkomsel Via Call Center
  1. Hubungi call center Telkomsel di nomor 188.
  2. Tunggu tersambung dengan CS.
  3. Jika sudah terhubung, sampaikan jika Kamu ingin registrasi kartu baru, tapi terus gagal.
  4. Ikuti instruksi yang diberikan oleh CS.

7. Daftar Kartu Baru Telkomsel Via Media Sosial

Cara daftar kartu baru Telkomsel yaitu lewat media sosial. Mungkin ini bisa jadi alternatif lain untuk melakukan registrasi. Jika tidak, ada asisten virtual Telkomsel yang siap memberikan panduan. 

Ada berbagai akun media sosial Telkomsel yang bisa dihubungi. Tinggal kirim permintaan untuk registrasi kartu perdana dan ikuti panduannya. Biasanya Kamu diberi link yang mengarah ke halaman registrasi. Kamu dapat cek akun-akun berikut ini:

Kenapa Harus Daftar Kartu Baru Telkomsel? 

Sebagai pengguna Telkomsel, Kamu harus mendaftarkan kartu. Registrasi merupakan prosedur wajib jika ingin mengaktifkan nomor. Berikut ini beberapa alasan pentingnya melakukan registrasi kartu baru dengan data yang valid:

  • Agar bisa menikmati layanan Telkomsel, seperti SMS, telepon, dan internet. 
  • Memberikan perlindungan dari aksi penyalahgunaan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Contohnya penipuan, spamming, dan kejahatan siber lainnya. 
  • Memudahkan provider dalam menyediakan layanan bagi pelanggan. 
  • Data dipakai untuk kepentingan keuangan, seperti penyaluran dana. 

Seperti itulah cara daftar kartu baru Telkomsel. Ada banyak metode yang bisa Kamu coba. Jika proses registrasi gagal, Kamu dapat meminta bantuan dari customer service lewat panggilan atau datang langsung ke GraPARI. 

Similar Posts