Cara Uninstall Adobe Creative Cloud

Cara Uninstall Adobe Creative Cloud

Banyak yang ingin mengetahui cara uninstall Adobe Creative Cloud karena dianggap tidak begitu penting. Sebab, aplikasi ini jarang dibutuhkan pada PC atau laptop sehingga lebih baik diuninstall daripada memenuhi disk memory system.

Umumnya, program Adobe Creative Cloud ikut terinstal ketika kamu menginstal aplikasi dari Adobe. Misalkan saja saat kamu menginstal Adobe Premiere Pro dan program ini akan ikut terinstal juga dalam perangkatmu.

Namun, setelah mencoba uninstall program dari laptop atau komputer, malah tidak bisa dan muncul error sehingga gagal dihapus aplikasinya. Selain itu, beberapa pengguna juga mengalami masalah serupa ketika mencoba menghapus instalasi Adobe Photoshop, Premiere Pro, Illustrator, dan sebagainya. Hal tersebut mungkin terjadi karena adanya error pada program Adobe Creative Cloud yang tidak bisa dihapus secara paksa.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menghapus program satu ini hingga ke akar-akarnya.

Cara Uninstall Adobe Creative Cloud

Cara Uninstall Adobe Creative Cloud
Cara Uninstall Adobe Creative Cloud

Adobe adalah salah satu perusahaan perangkat lunak bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web terkemuka. Banyak sekali software buatan Adobe yang digunakan oleh pengguna di seluruh dunia, salah satu yang terkenal adalah Adobe Photoshop.

Sedangkan Adobe Creative Cloud adalah salah satu software buatan Adobe inc yang memiliki fitur seperti layanan media cloud storage pada umumnya. Software ini biasanya sudah termasuk dalam software Adobe yang kamu install, seperti Adobe Premier Pro, Adobe After Effect, Adobe Animate, Adobe Audition, dan aplikasi Adobe lainnya versi tahun 2018 hingga 2019 ke atas. 

Terkait:  Cara Hapus Akun Gmail

Oleh karena itu, sebagian besar orang tidak merasa mengunduh ataupun menginstalnya namun tiba-tiba sudah terinstal di laptop atau komputer.

Alasan lain mengapa banyak yang ingin uninstall dikarenakan pop up atau jendela aplikasi Adobe Creative Cloud seringkali muncul sendiri dan lumayan bikin terganggu. Lantas, bagaimana cara uninstall Adobe Creative Cloud dengan mudah? Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Lewat Control Panel

Cara pertama yang paling mudah dilakukan untuk menghapus instalasi Adobe Creative Cloud adalah melalui control panel. Untuk langkah-langkah detailnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Task Manager dengan cara mencarinya lewat kolom search di taskbar, lalu pilih Task Manager. Atau kamu bisa menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard untuk mengakses menu Task Manager.
  • Pilih program Adobe Creative Cloud, lalu klik kanan dan tekan End Task.

Selanjutnya, copot instalasi program melalui control panel dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke menu control panel dengan cara mencarinya lewat kolom search di taskbar, lalu pilih control panel.
  • Selanjutnya klik Program, lalu pilih Program and Features.
  • Pada aplikasi Adobe Creative Cloud, klik kanan dan pilih uninstall atau copot pemasangan.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan hingga proses uninstall berhasil.

Dengan Creative Cloud Uninstaller

Cara ini bisa jadi alternatif lain apabila kamu tidak bisa menghapus program Adobe Creative Cloud. Kamu perlu menggunakan bantuan aplikasi lain seperti Creative Cloud Uninstaller untuk memudahkan proses uninstall.

Creative Cloud Uninstaller merupakan aplikasi milik Adobe yang berfungsi untuk mengatasi kesulitan dalam uninstall aplikasi Adobe, seperti Creative Cloud dan lainnya. Aplikasi ini memungkinan proses uninstal Adobe menjadi lebih mudah.

Adapun langkah-langkah cara uninstall Adobe Creative Cloud dengan uninstaller adalah sebagai berikut:

  • Pertama, download Creative Cloud Uninstaller Windows dan Mac terlebih dahulu.
  • Aplikasi tersebut masih dalam bentuk rar, kamu ekstrak file tersebut.
  • Setelah itu, jalankan program Uninstall the Creative Cloud desktop app dan ikuti instruksinya hingga selesai.
Terkait:  Cara Reset HP Samsung Tanpa Menghapus Data (3 Metode), Valid!

Selain untuk mengatasi uninstall program Adobe Creative Cloud Uninstaller juga dapat digunakan untuk memperbaiki program Adobe yang error.

Menggunakan CcCleaner

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk uninstal aplikasi Adobe adalah dengan CC Cleaner. Selain antivirus yang cukup bagus performanya, CC Cleaner juga dapat digunakan untuk membersihkan yang tidak begitu dibutuhkan dan membersihkan sampah pada laptop atau perangkat PC seperti cara kerja antivirus pada umumnya.

Cara menggunakan CC Cleaner untuk menghapus aplikasi Adobe Creative Cloud sangatlah mudah. Kamu hanya perlu membuka menu tools pada CC Cleaner, lalu klik uninstall pada aplikasi yang ingin dihapus. Lalu, tunggu proses unsintalasi hingga selesai.

Revo Uninstaller

Apabila cannot uninstall Adobe Creative Cloud you still have atau tidak bisa uninstall aplikasi Adobe, maka kamu bisa menggunakan Revo Uninstaller. Revo Uninstaller merupakan aplikasi yang berfungsi untuk uninstall program yang ingin dihapus dari laptop atau komputer.

Sebenarnya program atau aplikasi dapat dihapus langsung melalui fitur yang disediakan oleh Windows. Hanya saja, ada beberapa program yang sulit dan tidak dapat di uninstall lewat fitur tersebut. Nah, Revo Uninstaller bisa jadi salah satu alternatif apabila kamu kesulitan menghapus aplikasi termasuk Adobe Creative Cloud.

Berikut adalah cara menggunakan Revo Uninstaller untuk uninstall Adobe, antara lain:

  • Download dan install  Revo Uninstaller terlebih dahulu.
  • Setelah terinstall, buka Revo Uninstaller.
  • Kemudian, pilih Adobe Creative Cloud sebagai aplikasi yang ingin dihapus. 
  • Klik tombol Uninstall pada menu di bagian atas, lalu klik Continue.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses uninstall Adobe Creative Cloud berhasil.

Menggunakan Cleaner Tool

Rekomendasi aplikasi lain yang juga bisa digunakan untuk menangani aplikasi Adobe sulit dihapus adalah Cleaner Tool. Untuk langkah-langkahnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya.

  • Pertama, kamu harus menginstal dan download Cleaner Tool terlebih dahulu di website resminya, http://bit.ly/CleanerTools.
  • Setelah itu, jalankan program dengan cara klik kanan dan pilih Run as Administrator.
  • Kemudian, muncul program CMD pada layar.
  • Pilih bahasa dengan klik English.
  • Ketik E dan tekan Enter.
  • Selanjutnya, ketikkan Y dan tekan Enter.
  • Pada layar akan ditampilkan beberapa aplikasi Adobe yang terpasang di laptop.
  • Kamu pilih Creative Cloud Only, lalu ketik angka 6 dan tekan Enter.
  • Pilih opsi Clean All (nomor 2) untuk menghapus seluruh data secara keseluruhan.
  • Lalu, ketik angka 2 dan tekan Enter.
Terkait:  Cara Logout Akun Google di Android (5 Langkah) Cepat dan Mudah!

Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai.

Cara Menghapus Adobe Creative Cloud di Mac

Bagaimana uninstall Adobe Creative Cloud sepenuhnya pada Mac? Selain Creative Cloud Uninstaller, kamu bisa menggunakan CleanMyMac X untuk uninstall Adobe.

CleanMyMac X memiliki tampilan antarmuka yang mudah digunakan khususnya para pemula. Aplikasi ini berfungsi untuk membersihkan sampah, menghapus malware, dan mengoptimalkan Mac. Adapun cara menghapus Adobe Creative Cloud di Mac dengan CleanMyMac X adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, download dan instal CleanMyMac X terlebih dahulu (tersedia versi percobaan).
  • Buka aplikasinya, lalu pilih tab Uninstaller.
  • Tunggu hingga pemindaian selesai, lalu klik aplikasi yang ingin dihapus seperti Adobe Creative Cloud.
  • Pilih tombol Uninstall.
  • Kini aplikasi Adobe kamu telah dihapus sepenuhnya tanpa ada data yang tersisa.

Itulah cara uninstall Adobe Creative Cloud di Windows maupun Mac dengan mudah. Kamu bisa memilih salah satu cara di atas untuk menghapus instalasi Adobe.

Semoga bermanfaat.

Similar Posts