Home » Beli » Biaya Cetak Emas Pegadaian

Biaya Cetak Emas Pegadaian

Banyak sekali cara yang digunakan oleh masyarakat untuk menabung. Mulai dari menabung di bank, menabung dalam bentuk saham sampai dengan investasi berupa emas ataupun logam mulia lainnya. Tapi, tahukah kalian berapa biaya cetak emas pegadaian terkini?

Emas yang tersedia di pegadaian ternyata cukup beragam, mulai dari emas Antam, UBS, Lotus Archi, hingga Galeri24. Merek-merek logam mulia tersebut, telah diketahui kredibilitas perusahaannya dimana, masing-masing perusahaan memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Contohnya saja emas Antam, yang diproduksi dan dicetak oleh PT Aneka Tambang atau dikenal sebagai PT Antam Tbk. Selain populer, merek satu ini menyediakan berbagai macam pilihan motif emas batangan yang menarik dan dapat dijadikan sebagai pilihan kado.

Berikutnya emas UBS yang tidak kalah populer di kalangan masyarakat. Walaupun tidak menyediakan cetakan emas dengan motif yang beragam, harga emas merek UBS memiliki selisih harga yang cukup lebih rendah alias lebih murah dibandingkan emas Antam.

Berpindah ke emas Lotus Archi. Sebenarnya merek satu ini sudah lama ad bahkan sejak tahun 1975. Perusahaan yang bertanggung jawab mengelola dan memproduksinya, bernama Lotus Lingga Pratama (LLP). Kadar kemurniannya sama seperti merek lainnya yakni 99,99%.

LLP sendiri, merupakan sebuah perusahaan yang telah bergabung menjadi salah satu dari banyaknya anggota resmi yang tergabung dalam World Gold Council (WGC) serta Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia disingkat menjadi APEPI.

Merek Galeri24 ini, adalah salah satu dari anak perusahaan yang didirikan oleh PT Pegadaian (Persero). Keahlian bidangnya, bergerak di bagian penjualan dan pembelian emas dalam bentuk perhiasan ataupun batangan. Kadar kemurnian yang ditawarkan, mencapai 24 karat.

Tabungan Emas di Pegadaian?

Pegadaian yang melekat di masyarakat, dikenal sebagai tempat untuk menggadaikan barang-barang hingga surat-surat berharga demi ditukarkan dalam bentuk pinjaman uang. Padahal, fungsi dari pegadaian tidak hanya terbatas di bidang itu saja. Ada layanan tabungan emas.

Layanan satu ini, menyediakan jasa penitipan saldo emas yang nantinya nasabah dapat mengambil dan menjual kembali emas yang dimilikinya dengan mudah dan aman. Akan tetapi, percetakan emas di pegadaian hanya dapat diproses mulai dari berat emas 1 gram.

Namun, tabungan emasnya sendiri dapat dilakukan dari graman paling terendah yaitu sebesar 0,1 gram. Bahkan, top upnya dimulai dari angka 0,01 gram. Cara pembeliannya sangatlah mudah melalui aplikasi belanja online terpercaya seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya.

Pembelian dan top up melalui pegadaian digital, sangat membantu masyarakat yang memiliki kepadatan aktivitas tinggi dalam keseharinnya. Akan tetapi, sebelum menabung emas di pegadaian, ada beberapa persyaratan yang perlu kalian penuhi, diantaranya:

  • Memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku, dapat menggunakan KTP atau paspor
  • Melengkapi formulir pembukaan rekening tabungan emas di kantor pegadaian terdekat
  • Dikenakan biaya admin sebesar Rp 10.000,- lengkap dengan tambahan biaya penitipan dalam jangka waktu 1 tahun sebesar Rp 30.000,-
  • Setelah mendapatkan buku tabungan emas, transaksi dapat dilakukan mulai dari 0,01 gram
  • Cetak fisik berlaku hanya mulai dari berat emas sebesar 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, hingga 100 gram
  • Percetakan emas hanya dapat dilakukan dengan mendatangi secara langsung kantor pusat ataupun kantor cabang pegadaian di daerah tempat tinggal kalian sambil membawa buku rekening tabungan emas dan kelengkapan identitas diri.

Biaya pembukaan buku rekening emas pegadaian, jika kalian datang langsung ke outlet akan dikenakan Rp 10.000,-. Lalu, biaya fasilitas penitipas emas dalam kurun waktu satu tahunnya, dibebankan sebesar Rp 30.000,- berlaku untuk pembelian emas mulai dari 0,01 gram.

Jika menggunakan pegadaian digital, baik biaya pembukaan sampai dengan biaya fasilitasnya tidak akan dikenakan biaya sepeserpun atau gratis. Hanya saja, pembelian saldo emasnya minimal seharga Rp 50.000,-.

Melalui channel pegadaian syariah digitai nasabah terbebas dari biaya admin pembukaan rekening, tapi tetap dikenakan biaya sebesar Rp 30.000- per tahunnya sebagai biaya penitipan emas. Berlaku untuk setiap pembelian saldo emas sebesar RP 70.000,-.

Cara terakhir yaitu melalui agen pegadaian yang bisa ditemukan di dekat tempat tinggal kalian ini, biaya pembukaannya dikenakan sebesar Rp 10.000,-. Sedangkan biaya penitipannya Rp 30.000,- per satu tahun sekali, serta saldo emasnya minmal Rp 57.500,- belum termasuk biaya cetak emas pegadaian.

Biaya Cetak Emas Pegadaian

Biaya cetak emas pegadaian

Biaya cetak emas pegadaian

Biaya cetak emas pegadaian

Trend harga emas pegadaian kerap berubah-ubah seiring berjalannya waktu. ketidakstabilan tersebut, bahkan bisa terjadi saat hari ini, besok lusa, dan seterusnya. Oleh karena itu, tidak ada harga pasti yang ada hanya rata-ratanya saja.

biaya cetak fisik emas Antam sendiri, ternyata terbilang cukup mahal hingga berkisar Rp 100.000,-an atau lebih mulai dari berat emas sebesar 1 gram. Kemudian, biaya cetak untuk berat emas yang mencapai 100 gram, dapat mencapai angak Rp 700.000,- keatas.

Harga yang disebutkan, hanya berlaku untuk biaya cetaknya saja. Biaya cetak fisik ini, diakumulasikan secara otomatis ketika nasabah ingin mengambil saldo tabungan emas digital yang dimilikinya. Belum termasuk dari keseluruhan pembelian harga emas secara utuh.

Keuntungan menabung emas di Pegadaian

Ada beberapa keuntungan yang bisa nasabah rasakan saat melakukan transaksi tabungan emasi melalui layanan PT Pegadaian. Penjelasan selengkapnya, simak dibawah ini:

  1. Outlet pegadaian yang tersebar luas secara merata di seluruh Indonesia, serta dapat juga diakses melalui pegadaian digital service supaya prosesnya lebih mudah dan cepat, atau melalui agen pegadaian serta marketplace
  2. Pemesanan cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan emas dengan berat minimalnya 1 gram
  3. Harga penjualan kembali atau buy backnya kompetitif
  4. Tarif biaya administrasi hingga pengelolaan tabungan emas yang dikenakan kepada para nasabah ringan tidak memberatkan
  5. Tersedia jaminan karatase emas bernilai 24 karat
  6. Penjualan kembali emas berlaku mulai dari kepingan 1 gram
  7. Proses transfer ke rekening tabungan emas dapat diproses mulai dari berat emas sebesar 0,1gram
  8. Tersedia jaminan pengelolaan yang bersifat profesional serta transparan
  9. Top up dilakukan mulai dari ukuran berat emas sebesar 0,01 gram.

Biaya cetak yang dibebankan kepada para nasabah, sebenarnya sudah diambil dari angka terkecil dari pembelian logam mulianya saja. Oleh karena itu, nasabah harus lebih memahami harga yang telah ditetapkan dan tidak mengeluh apalagi sampai menawar.

Jadi, sebaiknya jika ingin membeli emas dengan harga rendah kalian perlu menganalisa pergerakan nilai emas di pasar saham. Saat mengalami penurunan, segeralah membeli emas yang diinginkan sesuai dengan kemampuan finansial diri masing-masing.

Sedangkan penjualan kembali atau buy backnya dilakukan ketika harga emas sedang melonjak naik. Umumnya, emas akan disimpan dalam jangka waktu hingga 8 atau 10 tahun supaya keuntungan yang diperoleh juga dapat berlipat ganda.

Hal inilah, yang kerap disebut sebagai investasi jangka panjang oleh masyarakat. Semoga penjelasan mengenai baiaya cetak emas pegadaian, pegadaian digital, trend harga emas pegadaian kali ini dapat bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya.