Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Cara menghapus riwayat pesanan di shopee merupakan cara yang sering digunakan para pengguna dari layanan e-commerce atau tempat belanja online di mana dengan menggunakan cara ini mereka tidak akan lagi melihat history atau riwayat pesanan yang sudah mereka lakukan atau mereka beli di shopee. Karena seperti yang kita tahu saat ini ada banyak sekali layanan e-commerce yang bisa diakses para pengguna smartphone untuk membeli kebutuhan mereka, mulai dari kebutuhan sehari-hari, hobi, gadget, dan alat-alat elektronik serta masih banyak lagi.

Terlepas dari itu tak jarang juga para pengguna shopee merasa terganggu atau mungkin Ingin Lebih mendapatkan privasi mereka, dengan tidak menampilkan riwayat pesanan yang sudah mereka lakukan di aplikasi shopee. Biasanya hal ini juga digunakan para pengguna shopee yang tak ingin diketahui oleh pasangan mereka Apabila mereka sedang melakukan atau sudah melakukan pembelian

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee
Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Walaupun begitu sayangnya tak semua pengguna mengerti tentang cara menghapus riwayat pesanan di shopee mereka, karena biasanya hal ini sendiri Memang disebabkan oleh minimnya informasi mengenai cara yang mana memungkinkan para pengguna untuk melakukan penghapusan riwayat pesanan di aplikasi shopee mereka.

Karena sebenarnya caranya juga sangat mudah untuk dilakukan loh

Langkah 1 – Buka Aplikasi Shopee

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah jelas yakni membuka aplikasi shopee, di mana cara ini bisa kamu lakukan untuk para pengguna smartphone Android ataupun pengguna iPhone. Karena untuk aplikasi shopee sendiri tersedia di Google Play Store ataupun App Store.

Terkait: Cara Hutang di Shopee

Langkah 2 – Login ke Akun Shopee

Kemudian untuk langkah yang kedua adalah kamu harus login atau masuk ke dalam aplikasi shopee menggunakan akun yang sudah kamu gunakan sebelumnya. Di sini ada beberapa metodologi yang bisa kamu gunakan, Yakni dengan menggunakan username dan juga password, kemudian kamu juga bisa login menggunakan nomor telepon, apa yang ketiga kamu bisa login dengan menggunakan akun sosmed lain seperti Twitter ataupun Google.

Pastikan ketika login kamu berhasil masuk ke dalam aplikasi shopee dengan melakukan verifikasi, atau memang login ke dalam akun yang memang ingin dihapus history atau riwayat pesanannya.

Langkah 3 – Masuk Ke Notifikasi Shopee

Kemudian untuk langkah yang ketiga adalah kamu bisa masuk ke bagian notifikasi atau pusat notifikasi dari aplikasi shopee itu sendiri. Jika kamu kesulitan untuk menemukannya kamu bisa melihat di bagian bawah aplikasi shopee atau kamu bisa masuk ke dalam bagian profile kemudian klik pada icon lonceng atau notifikasi di sebelah icon chat.

Setelah itu kamu bisa melihat notifikasi mana saja yang merupakan riwayat pesanan dari perbelanjaan atau pembelanjaan yang sudah kalian lakukan sebelumnya di aplikasi shopee.

Jika sudah menemukannya kamu bisa langsung tap agak lama pada bagian notifikasi atau pada notifikasi mana yang ingin kamu hapus, kemudian kamu bisa klik pada tombol atau icon tong sampah.

Selain menampilkan notifikasi dari akun shopee kamu juga di sini bisa menemukan notifikasi dari riwayat belanjaan yang kamu lakukan di shopee. Dan tentu saja kamu bisa menghapus riwayat pesanan yang sudah kamu lakukan tadi lewat notifikasi ini

Langkah 4 – Hapus Cache dan Data

Setelah riwayat pesanan dari notifikasi sudah berhasil kamu hapus, maka di langkah keempat adalah kamu bisa melakukan penghapusan cache ataupun data dari aplikasi shopee itu sendiri.

Terkait: Cara Rekber Shopee

Buat yang belum tahu, cara ini sendiri bisa menjadi alternatif di mana nantinya kamu akan melakukan reset pada aplikasi shopee sehingga tidak ada lagi notifikasi ataupun history pembayaran atau pembelian yang sudah kamu lakukan di aplikasi shopee.

Cara ini bisa kamu lakukan di perangkat smartphone Android ataupun iPhone hanya saja untuk kedua Smartphone ini memiliki cara yang berbeda

Android

  1. Masuk ke bagian pengaturan atau settings dari ponsel kalian
  2. Setelah itu kamu bisa cari pada bagian manajemen aplikasi atau aplikasi
  3. Kemudian kamu bisa cari aplikasi shopee di manajemen aplikasi atau daftar aplikasi yang terinstal di smartphone Android kalian
  4. Lalu kamu bisa pilih pada bagian storage atau penyimpanan
  5. Langkah terakhir adalah kamu bisa klik pada clear cache dan juga clear data. Lalu klik pada force stop atau paksa henti

iPhone

  1. Masuk pada bagian home screen dari iPhone kalian
  2. Kemudian cari icon atau aplikasi shopee di layar ponsel iPhone kalian
  3. Tekan atau tap agak lama pada aplikasi shopee, hingga muncul icon X di bagian pojok kanan atas
  4. Klik pada icon tersebut dan tunggu sampai proses uninstallnya selesai

Karena berbeda dengan sistem operasi Android, untuk iPhone sendiri Kamu tidak bisa melakukan penghapusan data ataupun chat secara terpisah. Namun di sini kamu bisa melakukan uninstall kemudian menginstal kembali aplikasi shopee di iPhone kalian

Dengan begitu tentunya Kamu tidak akan lagi memiliki aplikasi shopee dan jika kamu ingin menginstalnya kembali, Mimin menyarankan kamu untuk login atau masuk ke dalam aplikasi shopee dengan menggunakan akun yang lain sehingga riwayat atau History pembelian kamu di shopee tak akan lagi muncul

Terkait: Cara Menghapus Akun Whatsapp Business

Mengapa Harus Menghapus Riwayat Pembelian di Shopee?

Hal ini juga sempat Jadi pertanyaan dari beberapa orang yang mungkin merasa bingung lantaran mengapa mereka harus melakukan penghapusan riwayat pesanan pada aplikasi shopee mereka.

Namun tentunya alasan lain dari bagaimana pengguna melakukan cara ini adalah tentu ingin mendapatkan privasi lebih dari aplikasi shopee mereka, sehingga tak lagi melihat riwayat pesanan yang mereka beli.

Terlebih bagi para orang tua yang mungkin ponselnya sering digunakan oleh anak-anak mereka, riwayat pesanan yang kadang muncul di shopee bisa saja diklik untuk melakukan pembelian kembali dan tentunya ini menjadi hal yang tak diinginkan bagi para orang tua. Terlebih lagi jika pembelian produk yang dibeli di shopee cukup mahal.

Apakah Menghapus Riwayat Shopee Memiliki Keuntungan Lain Bagi Pengguna?

Bicara tentang keuntungan lain yang didapatkan bagi para pengguna shopee yang melakukan penghapusan riwayat pesanan, tentunya hal ini memang memberikan keuntungan bagi para penggunanya.

Sebab semua riwayat pesanan yang disimpan pada database atau pada aplikasi shopee, tentu akan menjadi sebuah file cache yang kadang membuat aplikasi shopee menjadi kurang optimal atau sering dirasa lemot. Jadi dengan kamu melakukan penghapusan riwayat ini, kamu sudah berhasil untuk membuat aplikasi shopee jadi lebih ringan dan tak Lemot lagi.

Tentunya cara ini jadi sebuah alternatif bagi para pengguna smartphone yang mungkin saja masih memiliki ponsel dengan spesifikasi yang memiliki RAM tidak begitu besar atau penyimpanan yang sudah mulai penuh.

Dan itulah tadi beberapa cara menghapus riwayat pembelian di shopee yang bisa kamu coba, kamu bisa ikuti langkah-langkah di atas tadi sesuai dengan urutannya dan kamu juga bisa menggunakan opsi lain yang sudah Mimin Tuliskan di atas tadi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Related posts