Cara Cek Garansi HP Xiaomi Lewat IMEI, Cepat dan Mudah

Cara Cek Garansi HP Xiaomi
Cara Cek Garansi HP Xiaomi

PindahLubang.com | Pengguna HP Xiaomi mungkin masih belum tahu cara cek garansi HP Xiaomi dengan benar. Pasalnya, kamu berhak mengajukan klaim garansi jika terdapat kerusakan pada perangkat smartphone selama periodenya masih tersedia.

Tak bisa dimungkiri bahwa banyak orang masih belum tahu tentang ini, padahal masa garansi sangat penting dalam pemakaian gadget nya. Kamu bisa mengajukan klaimnya secara offline maupun online, asalkan benar-benar sesuai dengan kebijakan berlaku yang dimiliki oleh pihak Xiaomi.

Read More

Cara mengecek garansi HP Xiaomi offline maupun online tidak butuh waktu lama, karena kamu dapat memeriksanya dengan IMEI sampai dusbook lho. Jika kamu belum pernah melakukannya, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel kami ini sampai akhir.

Ketentuan Garansi HP Xiaomi

Pihak Xiaomi mempunyai kebijakan tentang garansi HP maupun perangkat lain yang diproduksinya, di mana setiap konsumen sekaligus penggunanya wajib mematuhi aturan tersebut. Simak ketentuan garansi HP Xiaomi tersebut di bawah ini:

  • Garansi terbatas hanya berlaku untuk semua produk resmi Xiaomi. Pihak Xiaomi akan memberikan layanan penggantian dan perbaikan produk gratis selama masa garansi untuk smartphone masih tersedia.
  • Garansi mulai berlaku sejak hari pertama produk dibeli atau diterima oleh konsumen. Setiap kerusakan yang terdaftar dalam daftar kerusakan smartphone maupun tablet wajib diperbaiki gratis oleh pihak Xiaomi (selama garansi masih ada).
  • Untuk smartphone, produk yang akan mendapatkan garansi adalah perangkat keras maupun baterai bawaan (selama 15 bulan), aksesoris bawaan dan charger (6 bulan), produk Redmi Note 7 (18 bulan), Redmi 8 dan 8A (24 bulan), serta Redmi 9 dan 9C (24 bulan) dengan ruang lingkup garansi ongkos kerja beserta suku cadang.
  • Daftar kerusakan pada smartphone maupun tablet bakal mendapatkan garansi oleh pihak Xiaomi merupakan kerusakan layar seperti blank dan tidak normal, tidak bisa hidup, tidak dapat melakukan panggilan , tidak berdering dan bergetar, tombol rusak, volume suara tidak normal, retak karena faktor material dan koneksi buruk terhadap kartu SIM.
  • Kerusakan seperti charger tidak berfungsi, baterai tidak dapat diisi ulang sampai kabel data tidak bekerja normal akan menerima garansi oleh pihak Xiaomi.
Terkait:  Cara Cek IMEI Samsung

Penyebab Garansi HP Xiaomi Tidak Berlaku

Pihak Xiaomi bisa saja menolak pengajuan klaim garansi terhadap perangkatmu, di mana semuanya berpacu pada kondisi gawai maupun faktor-faktor lainnya. Beberapa penyebab garansi HP Xiaomi tidak berlaku di antaranya:

  • Garansi yang diberikan hanya berlaku untuk wilayah Indonesia, bukan internasional. Jika kamu ingin mendapatkan layanan garansi, penuhi ketentuan dan syarat dengan mendatangi pusat layanan resmi Xiaomi.
  • Garansi tidak berlaku jika nomor IMEI, nomor seri produk maupun segel garansi sudah hilang. Kerusakan di bagian luar penggunaan produk bukan sesuatu yang akan ditanggung oleh pihak Xiaomi. Selain itu, kerusakan akibat pembongkaran maupun pemakaian secara normal pun tidak dapat di cover.
  • Kamu dapat menghubungi agen layanan Xiaomi untuk mengetahui tentang nomor seri, IMEI dan model perangkat. Pastikan kontak bisa dihubungi dan duplikat faktur pembelian asli.
  • Xiaomi berhak melakukan pengujian untuk memastikan apakah terdapat kerusakan pada perangkat atau tidak, biasanya dilakukan sebelum perangkat diberikan untuk diperbaiki lebih lanjut. Kehilangan dan kerusakan data maupun program di dalam perangkat bukan menjadi tanggung jawab pihak Xiaomi.
  • Xiaomi berhak menentukan suatu produk kehilangan kebijakan perusahaan maupun klaim garansinya. Misalnya, melakukan pelanggaran terhadap ketentuan garansi, garansi berakhir, membatalkan maupun alasan lainnya.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi

Cara Cek Garansi HP Xiaomi
Cara Cek Garansi HP Xiaomi

Barangkali kamu sedang mencari cara mengecek garansi HP Xiaomi offline maupun online dengan benar, alangkah baiknya mengikuti dan menyimak pembahasan artikel kami sampai akhir. Kami sudah merangkum dan menyiapkan panduannya, sehingga kamu dapat mengklaim garansinya.

Kalau HP Xiaomi kamu mengalami kerusakan sedang bahkan serius, jangan dibiarkan dan segera datangi service center Xiaomi terdekat. Lampirkan buku garansi dan bukti kerusakan agar pihak Xiaomi dapat memproses perbaikan perangkatnya.

Terkait:  Cara Melihat Stalker Instagram

Langkah 1: Kunjungi Situs Resmi Xiaomi

Cara cek garansi HP Xiaomi online yang pertama adalah mengakses situs resmi Xiaomi via www.m.buy.mi.co.id/id/registration. Kamu dapat membukanya dengan menggunakan aplikasi browser dari ponsel.

Langkah 2: Buka Pengaturan

Jika website nya sudah diakses, cara cek garansi HP Xiaomi online berikutnya adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting. Kamu bisa menemukan aplikasinya dengan logo roda gerigi pada bagian home screen alias halaman depan.

Langkah 3: Pilih Menu Tentang Ponsel

Pada halaman Pengaturan, kamu harus menekan tombol Tentang Ponsel atau About Phone. Jika sudah masuk ke bagian tersebut, cari nomor IMEI yang terdiri dari 15-17 digit angka acak sebagai nomor identitas HP Xiaomi kamu. Kalau IMEI sudah ketemu, klik Salin atau Copy.

Langkah 4: Paste ke Website

Kalau IMEI sudah disalin, cara cek garansi HP Xiaomi selanjutnya adalah menempelkan nomor unik tersebut ke website yang sudah diakses sebelumnya. Caranya dengan menekan kolom yang ada selama beberapa saat, lalu klik Tempel atau Paste.

Langkah 5: Verifikasi HP Xiaomi

Cara cek garansi HP Xiaomi online yang terakhir adalah verifikasi smartphone kamu. Tugasmu hanya mengikuti petunjuk yang ada dalam website tersebut. Jika sudah selesai, kamu bisa melihat langsung keterangan tentang masa garansinya, apakah masih tersedia atau tidak.

Cara Cek Garansi HP Xiaomi Lewat Dusbook

Jika kamu tidak ingin membuang kuota data terlalu banyak, maka cara cek garansi HP Xiaomi berikutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan dusbook. Bagi kamu yang membeli perangkat telepon genggam Xiaomi dalam kondisi baru, biasanya akan mendapatkan kardus pembeliannya.

Kamu hanya perlu melihat bagian belakang dusbook tersebut, apakah ada stiker TAM atau tidak. Jika ada, produknya berarti barang resmi dari PT.Telematika Artha Mandiri yang merupakan distributor resmi Xiaomi di Tanah Air.

Terkait:  Cara Melihat Nomor Smartfren

Cara Cek Garansi HP Xiaomi Lewat IMEI

IMEI merupakan nomor unik yang pasti dimiliki semua smartphone, sedangkan setiap ponsel punya nomor IMEI berbeda. Selain itu, keberadaannya dapat dimanfaatkan untuk mengetahui sisa masa garansi perangkat tersebut. Cara cek garansi HP Xiaomi melalui IEMi adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telepon atau Phone dari HP Xiaomi kamu.
  • Ketik *#06#.
  • Tekan tombol Panggil atau Call.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul nomor IMEI secara otomatis.
  • Jika menggunakan dua nomor seluler, nomor IMEI pun akan menampilkan dua jenis berbeda.
  • Kemudian, salin nomornya dengan menekan sekaligus menahan kolomnya selama beberapa saat, lalu klik Copy atau Salin.
  • Kalau IMEI sudah disalin, akses website imei.kemenperin.go.id melalui browser dari ponselmu.
  • Masukkan IMEI yang sudah disalin ke kolom pencarian tersedia.
  • Klik Cari.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai data IMEI beserta HP Xiaomi kamu ditampilkan.

Demikian informasi lengkap tentang cara cek garansi HP Xiaomi online yang dapat dilakukan dengan mudah. Kamu berhak mengklaim garansinya jika terjadi kerusakan eksternal maupun internal pada perangkat. Ikuti metode salah satu metode dari kami dengan memperhatikan kebijakannya yang berlaku. Selamat mencoba!

Related posts