Cara Cek Samsung Original

Cara Cek Samsung Original atau KW, 100% Valid!

PindahLubang.com – Bagaimana cara cek Samsung original atau HDC dengan mudah? Beberapa orang mungkin sudah tahu, Samsung masih menjadi merk HP Android paling diminati saat ini. Selain itu, banyak model dan tipe perangkat yang sangat menyita atensi masyarakat sejak awal melihatnya.

Tak ayal, kondisi tersebut membuat Samsung semakin gencar meluncurkan berbagai macam model HP Android dengan harga kompetitif. Meski begitu, kualitasnya tetap nomor wahid dan diperhitungkan sebagai smartphone paling berkelas saat ini.

Kamu tidak boleh tergiur, apalagi langsung spontan membeli HP Samsung kalau mendapatkan tawaran harga murah lho. Pasalnya, kemungkinan besar produk yang akan dibeli bukan smartphone Samsung asli alias barang tiruan. Jangan biarkan kamu mengalami momen sial tersebut, di mana pemeriksaan bagian luar dan dalam perangkat wajib dilakukan.

Cara Cek Samsung Original

Cara Cek Samsung Original
Cara Cek Samsung Original

Semua orang yang menggunakan HP Samsung harus tahu, tidak semua perangkat telepon genggam yang sedang kamu pegang adalah produk asli keluaran Samsung. Sebab, banyak pihak tertentu mulai berani meluncurkan barang serupa, bahkan tampilannya nyaris sama dengan produk sesungguhnya.

Kami akan membantumu untuk mengetahui, segala hal tentang karakteristik dari HP Samsung original. Jika kamu sedang berencana membeli smartphone tersebut, sebaiknya pahami semua poin penting yang akan kami bahas lewat artikel ini.

Cara Cek Samsung Original Melalui KIES

Sebagai informasi, Samsung KIES merupakan software asli dan resmi dari Samsung untuk menyambungkan ponsel atau tablet Samsung ke PC. Kamu bisa menggunakannya, guna mengetahui keaslian perangkat lewat tutorial berikut:

Terkait:  Cara Cek Gratis Nelpon Telkomsel, Cepat dan Mudah!

Langkah 1: Pasang Samsung KIES di PC

Kamu harus memastikan kalau Samsung KIES sudah diunduh dan dipasang di laptop atau PC. Jika belum, maka bisa download melalui laman www.samsung.com/id/support/kies. Tools ini dapat diperoleh dengan cepat, mudah dan gratis lho.

Langkah 2: Hubungkan HP Samsung ke PC

Kalau Samsung KIES sudah terpasang di laptop, maka kamu bisa segera menyambungkan HP ke PC menggunakan kabel data alias USB. Namun, sangat dianjurkan untuk memakai kabel USB asli dari Samsung, demi mencegah kerusakan pada ponselmu.

Langkah 3: Lihat Status Perangkat

HP Samsung yang sudah dihubungkan ke PC, ternyata akan dideteksi oleh Samsung KIES terlebih dulu. Jika software tersebut berhasil membaca ponselmu, berarti smartphone yang digunakan adalah produk asli. Sebaliknya, kalau tidak terbaca sama sekali tentunya disimpulkan kalau barangnya palsu.

Cara Cek Samsung Original Melalui IMEI

International Mobile Equipment Identity alias IMEI adalah nomor rahasia yang berfungsi untuk mencegah penyalahgunaan HP Samsung, khususnya ketika dicuri orang lain. Di samping itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengetahui keaslian perangkat via IMEI seperti panduan berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Pengguna HP Samsung semua tipe bisa membuka aplikasi Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Kamu dapat menggunakan setelan perangkat, jika tidak ingin memeriksa sekaligus mengetahui nomor IMEI lewat metode lain.

Langkah 2: Pilih Menu Umum

Jika sudah dibuka, kamu dapat memilih menu Umum atau General di bagian atas. Pada bagian tersebut, cari opsi Tentang Ponsel atau About Phone. Bagian ini akan menampilkan semua informasi tentang HP Samsung yang digunakan.

Langkah 3: Cek Nomor IMEI

Pada halaman berikutnya, kamu akan melihat semua informasi hingga spesifikasi tentang HP Samsung pribadimu. Cari kolom IMEI dan jangan lupa mencatat atau menyalinnya, sehingga kamu dapat memeriksanya lebih lanjut.

Terkait:  Cara Flash Samsung J2 Prime Dengan PC dan Tidak 💃

Langkah 4: Akses Laman imei.info

Kalau IMEI sudah dicatat atau disalin, kamu harus segera mengakses laman www.imei.info melalui peramban browser di ponselmu. Sebagai informasi, website ini adalah situs utama yang berfungsi untuk mengecek keaslian HP lewat nomor IMEI.

Langkah 5: Masukkan Nomor IMEI

Masukkan nomor IMEI yang sudah disalin ke kolom tersedia. Kamu harus memastikan data yang didapatkan sudah benar dan valid. Kalau IMEI telah ditambahkan ke website tersebut, tekan tombol Check untuk mulai proses pemeriksaannya.

Langkah 6: Lihat Informasi HP Samsung

Jika IMEI sudah diperiksa, informasi tentang spesifikasi HP Samsung yang kamu miliki akan langsung ditampilkan pada layar. Cek semua datanya dengan benar dan teliti, kalau salah satunya berbeda maka bisa disimpulkan barangnya palsu. Jika sama keseluruhan, berarti smartphone kamu produk asli.

Cara Mengecek Samsung Original Melalui Aplikasi AIDA64

AIDA64 sudah menjadi aplikasi yang berguna untuk memeriksa keaslian smartphone lewat spesifikasinya. Kamu bisa mendapatkan dan menggunakannya secara gratis, sedangkan petunjuk pemakaiannya adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi AIDA64 via Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Informasi tentang spesifikasi HP Samsung kamu akan ditampilkan, samakan dengan keterangan pada dusbook atau situs resmi Samsung.

Cara Mengecek Samsung Original Melalui Aplikasi CPU-Z

Aplikasi berikutnya yang direkomendasikan untuk mengetahui originalitas sebuah ponsel adalah CPU-Z. Semua orang bisa mendapatkannya secara gratis dari HP Android lho. Cara menggunakannya bisa diikuti lewat poin-poin di bawah ini:

  • Download aplikasi CPU-Z via Google Play Store.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Terakhir, ikuti instruksi berikutnya sampai keaslian HP Samsung kamu berhasil diketahui.

Cara Mengecek Samsung Original Melalui Harga

Bukan rahasia umum kalau harga adalah poin penting, di mana perannya sangat krusial untuk membedakan smartphone asli dan palsu. Contohnya, kamu akan membeli HP Samsung Galaxy S23 Ultra yang baru, sedangkan harganya dibanderol sekitar belasan hingga puluhan juta rupiah.

Terkait:  3+ Cara Cek Paket Darurat Telkomsel: Hutang Pulsa Cepat!🧙

Jika kamu menemukan produk tersebut dengan harga sekitar Rp.5 jutaan, dipastikan produknya palsu. Pasalnya, tipe tersebut masih sangat baru dan jarang ada produk second nya, di mana harga rata-ratanya di atas Rp.10 jutaan.

Cara Mengecek Samsung Original Melalui Kamera

Masyarakat Indonesia yang sangat fanatik terhadap perkembangan dan gencarnya model HP baru, pasti sulit berpaling dari smartphone Samsung. Pasalnya, banyak orang sudah tahu kalau ponsel ini memiliki kamera super jernih, sedangkan kualitas gambarnya tajam yang sama dengan iPhone.

HP Samsung asli biasanya punya fitur auto zoom berkali-kali lipat lho. Bahkan, kamu dapat memperbesar foto apa saja tanpa pecah dan tetap jernih. Produk yang palsu tidak bisa melakukan hal tersebut, gambarnya pun buram.

Cara Mengecek Samsung Original Melalui Baterai

Samsung original sudah pasti memiliki kapasitas baterai lebih besar, sedangkan daya tahannya lebih lama. Beberapa orang bahkan mengklaim, HP Samsung versi terbaru yang sudah mereka gunakan memiliki ketahanan baterai sampai seharian lho.

Ponsel ini memang cocok untuk beragam aktivitas, mulai dari kegiatan sederhana hingga berat. Kamu tidak perlu khawatir lowbat, di mana HP Samsung palsu sudah pasti punya kesehatan baterai rendah. Tak ayal kamu akan sering isi ulang dayanya berulang kali dalam sehari.

Demikian tutorial lengkap mengenai cara cek Samsung original melalui IMEI, baterai, kamera, hingga Samsung KIES yang perlu diketahui. Jangan biarkan uangmu habis jutaan rupiah, namun barang yang dibeli adalah produk palsu. Simak dan ikuti pembahasan di atas, demi mencegah pembelian HP Samsung replika. Semoga membantu!

Similar Posts