Cara Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet (7 Langkah) Mudah

PindahLubang.com – Laptop tidak berbeda dengan smartphone karena keduanya punya baterai yang sangat menunjang penggunaannya. Oleh karena itu, cara merawat baterai laptop sangat penting untuk diketahui.

Secara umum baterai sudah menjadi bagian internal yang bersifat vital dalam semua alat elektronik, salah satunya laptop. Pasalnya, desktop yang mempunyai baterai kurang berkualitas biasanya tidak dapat digunakan dalam waktu lama lho. Tak menutup kemungkinan pula laptop kamu akan cepat rusak atau selalu drop.

Kamu harus tahu bahwa perawatan baterainya tidak berbeda dengan cara merawat laptop seperti biasa, asalkan dilakukan secara konsisten dan teratur. Jika kamu merawatnya sembarangan, kemungkinan besar baterai laptop akan cepat rusak dan perangkatnya harus diganti dengan yang baru.

Cara Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Baterai Laptop
Cara Merawat Baterai Laptop

Baterai berperan sebagai daya agar perangkat elektronik bisa tetap menyala saat digunakan. Maka dari itu, kamu harus merawatnya dengan baik dan benar. Jika kamu mempunyai laptop di rumah, baterainya tidak boleh dibiarkan habis saat digunakan.

Penggunaan perangkat tersebut tidak berbeda dengan alat-alat elektronik lainnya, di mana kamu jangan membiarkannya menembus angka 0 persen. Kamu harus tahu kalau perawatan baterai laptop sangat mudah, sedangkan pedomannya akan kami bahas lewat artikel ini.

Cara Merawat Baterai Laptop

Berikut merupakan beberapa pedoman perawatan baterai laptop yang benar dan mudah untuk diketahui, di antaranya:

Langkah 1: Meminimalisir Penggunaan Aplikasi

Laptop kamu pasti mempunyai beberapa aplikasi, kan? Untuk mencegah kerusakan baterai, kamu cukup menggunakan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja. Jangan pernah menjalankan beberapa aplikasi, apalagi kalau tidak digunakan secara bersamaan.

Langkah 2: Menggunakan Cahaya Rendah

Terkait:  Cara Koneksi Laptop ke Smart TV Update Januari 2024

Tak jauh beda dengan smartphone, jangan menggunakan intensitas cahaya terlalu terang pada layar laptop. Kondisi tersebut justru membuat daya baterai cepat habis, lantaran sinar terang yang dihasilkan menyedot kinerja baterai yang membuatnya bekerja lebih ekstra saat digunakan.

Langkah 3: Menghindari Suhu Panas

Jangan pernah meletakkan atau menggunakan laptop di tempat-tempat dengan suhu sangat panas, misalnya di bawah sinar matahari langsung. Pasalnya, hal tersebut mengakibatkan overheat di mana temperatur perangkat akan naik tiba-tiba, lalu baterai laptop akan cepat habis.

Langkah 4: Matikan Saat Isi Daya

Kamu perlu mematikan perangkat laptop ketika proses charging (isi daya) berlangsung. Kondisi ini akan membuat baterainya cepat penuh, sehingga kamu dapat menggunakannya lebih lama dan baterai laptop tidak akan rusak karena penggunaannya ketika tidak sedang diisi daya.

Langkah 5: Mengisi Daya Seperlunya

Jangan hanya sekadar mematikan laptop saat sedang charging, namun perhatikan durasi waktu isi dayanya juga. Hindari proses pengisian daya dalam waktu yang lama, apalagi berjam-jam karena rentan mengakibatkan baterai laptop cepat drop dan rusak.

Langkah 6: Memperhatikan Waktu Pemakaian

Semua peralatan elektronik mempunyai batas waktu penggunaannya masing-masing. Oleh karena itu, kamu tidak boleh memakai laptop secara terus menerus, alias 24 jam non stop. Jika kebiasaan tersebut dilakukan, jangan heran baterainya akan cepat habis dan perangkatnya pun rentan rusak.

Langkah 7: Mencegah Laptop Mati Total

Poin terakhir yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah hindari perangkat laptop mati total saat digunakan. Seperti kami sebutkan sebelumnya, kamu harus segera isi ulang dayanya setelah menyentuh angka 20%, agar baterainya bisa awet dan tahan lebih lama.

Demikian infomasi lengkap seputar cara merawat baterai laptop dengan mudah. Jangan biarkan layarnya terlalu terang, apalagi banyak aplikasi berjalan secara bersamaan. Gunakan tips-tips simpel dari kami di atas, agar baterai laptop kamu dapat tahan lama dan tidak cepat rusak. Semoga membantu!

Terkait:  Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot dan Tahan Lama

Similar Posts