Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot dan Tahan Lama

PindahLubang.com – Laptop merupakan salah satu benda elektronik yang membutuhkan perawatan cukup serius lho. Jangan pernah menggunakannya dalam mode sleep hingga berbulan-bulan, di mana cara merawat laptop agar awet bisa dilakukan dengan mudah.

Jika kamu mempunyai laptop di rumah, sangat dianjukan untuk mematikannya secara rutin lho. Tips ini memang sangat ampuh, sehingga usia laptopmu dapat bertahan lebih lama. Kamu pun tidak dianjurkan mengaktifkan mode sleep karena berisiko terhadap usia penggunaan perangkatnya.

Laptop semua merk bukan sekadar dirawat secara eksternal, melainkan internal juga. Kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana, sehingga perangkat elektronik tersebut dapat beroperasi secara maksimal. Kamu cukup melakukan hal-hal sederhana yang bisa mencegah laptop dari kerusakan agar tidak beli baru.

Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop
Cara Merawat Laptop

Secara umum semua perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, TV dan lainnya membutuhkan perawatan khusus. Jika kamu merawatnya sembarangan, kemungkinan besar alatnya akan cepat rusak dan kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk beli baru.

Untuk meminimalisir masalah tersebut, kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana dalam merawat laptop di rumah. Menariknya, perawatan tersebut tidak perlu menghabiskan budget ekstra lho. Informasinya akan kami bahas secara detail melalui artikel ini.

Cara Merawat Laptop

Kamu tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk merawat perangkat laptop di rumah. Pasalnya, terdapat beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan sebagai berikut:

Langkah 1: Membersihkan Keyboard dan Lubang Port

Laptop mempunyai papan keyboard dan satu sama lain terdapat lubang untuk celah ventilasinya. Oleh karena itu, kamu harus membersihkannya secara berkala agar tidak ada kotoran dan debu yang masuk, supaya perangkatnya bisa tetap digunakan dalam waktu yang lama.

Terkait:  Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet (7 Langkah) Mudah

Langkah 2: Membersihkan Layar Secara Rutin

Jangan hanya membersihkan papan keyboard laptop nya saja, kamu pun harus lap layarnya secara rutin. Layar merupakan bagian penting dari perangkat tersebut. Jika layarnya kotor, kamu akan sulit melihat objek yang ditampilkan dan laptop akan cepat rusak.

Langkah 3: Memilih Tas yang Tepat

Tak dapat dimungkiri bahwa kamu harus memilih jenis tas untuk menyimpan laptop saat berpergian lho. Jangan pernah memasukkan laptop sembarangan ke dalam tas, apalagi kalau baru beli. Perawatan ini membantumu dalam mencegah kerusakan dan memperpanjang usia penggunaannya.

Langkah 4: Merawat Baterai

Baterai menjadi bagian utama dalam perangkat laptop, bahkan rentan mengalami kerusakan lho. Oleh karena itu, kamu harus mencegah masalah serius dengan menghindari penggunaan laptop sampai baterainya habis, sambungkan ke daya listrik setelah kapasitasnya kurang dari 20%.

Langkah 5: Menjauhkan dari Makanan dan Minuman

Kamu harus tahu kalau makanan dan minuman adalah hal sensitif untuk peralatan elektronik. Jangan pernah mendekatkannya dengan laptop, lantaran cipratan atau remahannya bisa saja masuk ke bagian port dan membuat komponen internalnya cepat rusak.

Langkah 6: Menjaga Ventilasi

Laptop mempunyai ventilasi yang berada di bagian samping kiri atau bawah body perangkatnya. Kamu tidak boleh menutup bagian tersebut karena mengakibatkan udara panas menumpuk di dalamnya. Pastikan kamu menggunakan laptop di permukaan datar agar area tersebut tetap dingin.

Langkah 7: Matikan Laptop

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa kamu tidak boleh mengaktifkan mode sleep jika laptop sudah tidak digunakan. Oleh karena itu, segera matikan perangkatnya pada malam hari agar dapat dipakai lagi keesokkan harinya.

Demikian tutorial lengkap tentang cara merawat laptop agar awet dan tahan lama yang dapat dicoba. Kamu bisa menggunakan semua langkah di atas, supaya perangkat desktop bisa tetap digunakan tanpa beli baru. Semoga membantu!

Terkait:  Cara Mengetahui Merk Laptop

Similar Posts