Cara Agar Orang Tidak Tahu Kita Online di WhatsApp

Cara Agar Orang Tidak Tahu Kita Online di WhatsApp dengan 7 Tips Ini

Kamu bisa mengatur privasi dengan beberapa cara agar orang tidak tahu kita online di WhatsApp. Jadi, yang sebenarnya nomor masih aktif, oleh pengguna lain dianggap sedang offline. Padahal Kamu tetap bisa membalas pesan maupun lihat story tanpa terlihat online

Cara ini pun menjadi langkah antisipasi yang tepat dari para stalker. Orang-orang yang biasa menghubungimu lewat WA akan berhenti ketika targetnya tidak online lagi. Karenanya, Kamu dapat mempraktikkan langsung saat merasa terganggu. 

Di sini akan diberikan beberapa tips untuk Kamu coba. Seperti mematikan status online, terakhir dilihat, maupun membalas chat pada panel notifikasi. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan yang diterangkan di bawah ini. 

Cara Agar Orang Tidak Tahu Kita Online di WhatsApp

Cara Agar Orang Tidak Tahu Kita Online di WhatsApp
Cara Agar Orang Tidak Tahu Kita Online di WhatsApp

1. Mengubah Pengaturan Last Seen

Cara pertama agar pengguna lain tidak tahu kalau Kamu sedang online WA yaitu mengubah pengaturan last seen. Ketika fitur ini dinonaktifkan, maka tidak akan ada yang memprediksi kapan terakhir Kamu buka aplikasi WhatsApp. Dengan begitu dianggap sedang offline

Mematikan last seen juga membuatmu lebih leluasa untuk bermain WhatsApp dan hanya chatting dengan orang penting saja. Karena itulah kalau ada pengganggu, bisa diminimalisir dengan mematikan terakhir dilihat. Lantas, bagaimana caranya? Ikuti saja panduan di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp yang Kamu gunakan. 
  • Selanjutnya, pada halaman awal, tekan titik tiga yang terdapat di kanan atas. 
  • Kemudian masuk ke menu Setelan
  • Pengaturan dapat dilakukan di menu Privasi
  • Pilih Terakhir dilihat & online untuk mengubah settingan awalnya. 
  • Pada opsi Siapa yang dapat melihat terakhir dilihat saya, ganti dengan Tidak Ada. 
Terkait:  Cara Foto WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri: Gampang!🍅

2. Mematikan Status Online

Cara agar orang tidak tahu kita online di WhatsApp selanjutnya yaitu dengan mematikan status online. Langkah ini merupakan lanjutan dari cara pertama. Jadi, setelah menyembunyikan last seen, Kamu juga harus mematikan status online

Jika dinonaktifkan, otomatis semua orang yang menghubungimu tidak tahu kalau Kamu sedang aktif. Meskipun saat itu sedang chattingan, telepon, maupun scroll lihat story. Seolah-olah tidak ada aktivitas pada akun WhatsApp-mu. 

Pengaturan status online ini disesuaikan dengan fitur terakhir dilihat. Lakukan pada menu yang sama seperti langkah-langkah berikut ini:

  • Pada halaman awal WhatsApp, tekan titik tiga. 
  • Lalu pilih menu Setelan
  • Selanjutnya masuk ke halaman Privasi
  • Ubah pengaturannya di menu Terakhir dilihat & online. 
  • Kemudian di bagian Siapa yang dapat melihat ketika saya online, ganti dengan Sama seperti status terakhir dilihat. 

Setelah itu tidak akan ada yang tahu Kamu online. Tapi, cara ini  juga berlaku sama pada semua kontakmu. Kamu pun tidak bisa tahu status terakhir dilihat dan online dari pengguna lain. 

3. Membalas Chat dari Panel Notifikasi

Cara agar orang tidak tahu kita online di WhatsApp yang ketiga ini juga dapat dicoba. Mungkin Kamu terlalu malas mengubah setting seperti yang dijelaskan di atas. Jadi solusi lainnya yaitu dengan membalas pesan masuk dari panel notifikasi. 

Kamu tidak perlu membuka aplikasi WhatsApp untuk balas chat. Cukup usap layar dan tuliskan balasan. Tapi cara ini bekerja kalau sebelumnya sudah mengaktifkan pop up notifikasi. Jika belum, aktifkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Setelan di HP. 
  • Lalu masuk ke Notifikasi
  • Kemudian pada menu Notifikasi Pop-up, ganti dengan Selalu Tampilkan Pop-up. 
Terkait:  Cara Nada Dering WA Pake Lagu

Apabila sudah diaktifkan, akan menerima notifikasi setiap ada chat yang masuk. Jika Kamu pengguna android, balas pesan dengan cara berikut:

  • Buka panel notifikasi dengan mengusap layar dari atas ke bawah. 
  • Kemudian tekan dropdown menu yang terdapat di samping chat
  • Ketuk tombol Balas
  • Tulis pesan dan tekan Kirim

Selanjutnya ini cara membalasnya untuk pengguna iPhone. Lihat panduannya di bawah:

  • Swipe down layar agar panel notifikasi terbuka. 
  • Kemudian tahan bubble pesan tersebut untuk memunculkan kolom balas. 
  • Tuliskan pesan dan kirimkan. 

4. Mematikan Data Seluler

Berikut ini cara agar orang tidak tahu kita online di WhatsApp dan menganggap tidak ada aktivitas. Kamu dapat mematikan data seluler saat membuka WA. Tanpa mengatur fitur last seen dan status online pun cara ini akan berhasil. 

Jadi, saat Kamu membuka WA, baik untuk balas pesan maupun lihat story bisa mematikan data seluler dulu. Dengan cara begitu tidak akan terlihat aktif. Sambungan internet dapat dinonaktifkan dengan cepat lewat panel kontrol. 

Selain mematikan data seluler, alternatifnya dengan mengaktifkan mode pesawat. Keduanya sama-sama memutuskan jaringan internet. Meskipun membuka WA, tidak akan terdeteksi sedang online

Meski begitu, cara ini tidak mematikan centang biru. Pesan yang Kamu balas saat offline akan terkirim ketika data internet dinyalakan lagi. Kecuali jika laporan receipt pesan juga dinonaktifkan. 

5. Membiarkan Nomor Tidak Tersimpan

Cara kelima yaitu membiarkan nomornya tidak tersimpan. Langkah ini sesuai dengan layanan yang dikeluarkan WhatsApp sejak tahun 2022. Jadi, keterangan online dan terakhir dilihat akan dihilangkan bagi user yang tidak dikenal. 

Karenanya Kamu tidak perlu menyimpan nomor orang yang mengganggu di daftar kontak. Kalau sudah terlanjur menyimpannya, sebaiknya hapus saja. Cara ini pun bekerja secara otomatis walaupun fitur Hanya Saya tidak dinyalakan. 

Terkait:  Cara Buat Stiker WA di iPhone dan Android, Cepat dan Mudah

Tapi kalau Kamu masih ragu, bisa sekaligus mengatur beberapa preferensi yang dijelaskan di atas. Dengan begitu dijamin orang tersebut tidak akan tahu saat Kamu sedang aktif di WA. Cara ini dapat diterapkan pada kontak tertentu yang suka mengirim spam chat

6. Mematikan Centang Biru

Seperti yang dijelaskan, inilah cara agar orang tidak tahu kita online di WhatsApp dengan mematikan laporan dibaca. Jika dinonaktifkan, fitur centang biru tidak akan terdeteksi. Baik saat Kamu menerima maupun mengirim pesan. 

Mematikan centang biru juga membuatmu tidak bisa melihat laporan orang-orang yang melihat update story. Meski begitu, cara ini efektif untuk dicoba supaya pengguna lain tidak tahu Kamu online. Karena mengira chat yang dikirim belum terbaca. 

Pengaturan ini tidak berlaku pada obrolan grup. Jadi, kalau di grup tetap bisa melihat laporan terbaca. Apabila Kamu ingin mematikan laporan receipt pesan, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan titik tiga di halaman awal WhatsApp. 
  • Kemudian masuk ke menu Setelan
  • Lakukan pengaturan di menu Privasi
  • Geser panel yang ada di opsi Laporan dibaca ke arah kiri untuk mematikannya. 

7. Mengatur Privasi di WA Mod

Cara ini jadikan sebagai opsi terakhir. Alasannya, karena WA Mod bukanlah aplikasi legal. Sebab itulah Kamu harus hati-hati agar tidak kena malware maupun banned dari tim WhatsApp. 

Meski tidak direkomendasikan, ini bisa jadi alternatif kalau memang Kamu sudah merasa terganggu. Di WA Mod ada fitur tambahan yang tidak terdapat di versi original. Di sini juga bisa membuat last seen palsu dan menyembunyikan sedang mengetik, sehingga benar-benar dianggap offline

Itulah cara agar orang tidak tahu kita online di WhatsApp. Dengan melakukan beberapa pengaturan di atas, Kamu dianggap sedang offline. Cara ini pun akan menghindarkan dari spam chat tidak penting. 

Similar Posts