Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot Saat Kuota Habis

Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot Saat Kuota Habis (Valid)

Mungkin Kamu tipe orang yang tidak selalu mengecek sisa kuota internet Telkomsel. Akibatnya, saat paket sudah habis malah lupa tidak mematikan sambungan data, sehingga memotong pulsa. Karena itulah, berikut akan dijelaskan cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis yang harus diketahui. 

Aktivitas searching dan surfing tentunya dilakukan semua orang tiap hari. Hal tersebut yang memerlukan kuota internet. Telkomsel jadi pilihan karena punya kualitas sinyal stabil. Masalahnya, saat kuota habis, pulsa pelanggan bisa terpotong karena tidak sadar digunakan. 

Agar hal tersebut tidak Kamu alami lagi, simak bagaimana cara mengatasinya. Selain itu pahami pula apa saja penyebabnya supaya Kamu bisa lebih aware. Inilah penjelasannya. 

Penyebab Pulsa Telkomsel Tersedot Saat Kuota Habis

Sebelum menerangkan cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis, alangkah lebih baik mengetahui penyebabnya. Kamu bisa mencari beberapa faktor yang membuat pulsa tiba-tiba hilang. Padahal mungkin saja tidak Kamu gunakan. Di antaranya sebabnya yaitu:

1. Berlangganan Paket Internet

Kamu harus paham paket internet apa yang Kamu gunakan. Karena Telkomsel itu punya syarat dan ketentuan berbeda di tiap paketnya. Contohnya, apakah paket tersebut hanya dibeli satu kali ataukah diperpanjang otomatis saat ada sisa pulsa yang mencukupi. 

Jika yang Kamu beli paket internet dengan perpanjangan otomatis, mungkin inilah penyebab pulsa tersedot. Karena jika jumlah pulsamu mencukupi harga paket yang habis, otomatis akan diperpanjang. Dan kebanyakan pelanggan Telkomsel ada yang tidak menyadari hal ini. 

Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel: Jangan Sampai Kadaluarsa!

Sebaiknya Kamu pilih saja paket yang tidak diperpanjang otomatis. Karena saat kuota sudah habis masa pakainya, tidak akan mengambil pulsamu yang tersisa. Terlebih lagi Kamu tidak rutin cek kapan paket internet berakhir. 

2. Data Internet Masih Menyala

Penyebab yang kedua adalah tetap menyalakan data internet di saat kuota sudah habis. Tentunya Kamu sudah paham dengan hal ini. Karena kalau kuota habis, otomatis akan memotong pulsa yang ada untuk mengakses internet. 

Bahkan ini terjadi tanpa Kamu membuka aplikasi apa saja yang memerlukan data internet. Karena walaupun berjalan di belakang layar, tetap terjadi proses transfer data. Meski tidak sebesar saat mengakses langsung, tetap saja membutuhkan sambungan internet. 

Apabila Kamu tipe orang yang pelupa berapa sisa kuota internet, sebaiknya mematikan fitur background data. Karena dengan begitu tidak akan menyedot pulsa saat kuota habis. Jadi, pulsa akan tetap aman. 

3. Penyebab Lain Pulsa Telkomsel Tersedot

Faktor yang ketiga ini mungkin tidak disadari banyak pelanggan. Sebab pulsa Telkomsel bisa tersedot bukan hanya saat paket internet sudah habis. Tapi karena berlangganan layanan tertentu, yang terkadang diaktifkan secara tidak sengaja. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Berlangganan Nada Sambung Pribadi (NSP). 
  • Layanan SMS premium, seperti pesan yang berisi berita kegiatan artis dan informasi zodiak.
  • Menjadikan pulsa Telkomsel sebagai metode pembayaran untuk berlangganan paket premium dari aplikasi tertentu, seperti WeTV dan YouTube. 

Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot Saat Kuota Habis

Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot Saat Kuota Habis
Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot Saat Kuota Habis

Akan sangat menjengkelkan jika Kamu baru isi pulsa, tapi tiba-tiba hilang karena tidak sadar kuota sudah habis. Supaya tidak dirugikan lagi, segera cari solusi untuk mengatasinya. Beberapa cara yang bisa Kamu lakukan adalah:

Terkait:  Cara Cek Langganan Telkomsel dan Menghentikannya (Penting)

1. Membeli Paket Internet

Cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis yang pertama adalah membeli paket internet. Sudah pasti ini solusi yang paling efektif. Karena jika tidak segera beli paket yang baru, pulsa akan terus terpotong untuk akses internet, meskipun dari aplikasi yang berjalan di belakang layar. 

Sebaiknya beli paket baru saat masih ada sedikit sisa kuota. Tindakan ini akan mengantisipasi pulsa tersedot karena baru menyadari kalau kuota sudah habis. Kamu dapat memilih paket dari kode dial *363# atau lewat aplikasi MyTelkomsel. Provider ini menawarkan banyak pilihan paket dengan harga beragam. 

2. Mematikan Jaringan Internet

Cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis yang kedua yaitu mematikan jaringan internet. Saat perangkat tidak tersambung ke internet, maka otomatis tidak akan terjadi proses transfer data. Pulsa juga aman dan tidak perlu khawatir kalau terpotong. 

Kamu dapat mematikan sementara sampai membeli paket data yang baru. Sambungan internet bisa dimatikan dari control panel. Tapi cara lain untuk perangkat android seperti ini:

  • Buka menu Setting di HP. 
  • Kemudian masuk ke bagian SIM Cards & Mobile Network. 
  • Geser panel yang ada di opsi Mobile Data ke arah kiri supaya dalam kondisi off

Untuk HP iPhone sebenarnya juga sama, bisa dimatikan dari panel kontrol. Selain itu Kamu juga dapat mematikan dari pengaturan dengan cara berikut:

  • Buka Setting di HP iPhone. 
  • Lalu pilih menu Cellular
  • Selanjutnya matikan toggle yang terdapat di menu Cellular Data. 

3. Melakukan Unreg Paket

Inilah cara menjaga pulsa Telkomsel saat kuota habis yang paling penting. Apabila Kamu sudah mendapatkan notifikasi data habis, sebaiknya langsung hentikan paket. Karena jika paket tersebut diperpanjang otomatis, akan memotong sisa pulsa. 

Terkait:  Cara Bikin Paket Darurat Telkomsel: Ada 5 Metode Mudah Berikut Ini!

Ada dua cara untuk unreg paket internet. Kamu bisa melakukan dari aplikasi MyTelkomsel dengan cara seperti di bawah:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel. Jika belum punya, unduh terlebih dahulu. 
  • Pastikan sudah login dengan nomor yang Kamu gunakan. 
  • Berikutnya cari paket internet yang masih aktif. 
  • Pilih opsi Berhenti agar saat kuota habis tidak menyedot pulsa. 

Cara unreg yang kedua yaitu lewat kode dial. Kamu bisa mengikuti panduan berikut:

  • Buka aplikasi Telepon di HP. 
  • Lalu masukkan kode dial *363#.
  • Pada pilihan yang ditampilkan, pilih Paket Layanan. 
  • Berikutnya masukkan kode nomor untuk opsi Berhenti/S&K.
  • Pilih Berhenti untuk unreg paket. 

4. Menggunakan Fitur Jaga Pulsa

Inilah keuntungannya jika Kamu menjadi pelanggan Telkomsel prabayar. Karena ada fitur Jaga Pulsa yang akan memutus koneksi internet ketika tidak ada paket data yang aktif. Jadi, saat kuota internet habis, tidak akan memakai pulsa untuk mengakses internet. 

Fitur ini bisa Kamu gunakan di semua smartphone, baik iPhone dan android. Tapi syarat, untuk OS android minimal sudah upgrade MyTelkomsel ke versi 6.9.0. Sedangkan di iOS memakai versi aplikasi 6.9.1 ke atas. 

Cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis dengan menggunakan fitur Jaga Pulsa sangat mudah. Kamu bisa mengikuti panduan berikut:

  • Pastikan sudah memasang aplikasi MyTelkomsel sesuai minimal versi yang disebutkan. 
  • Masuk ke bagian Menu yang ada di dashboard
  • Selanjutnya cari dan klik fitur Jaga Pulsa. 
  • Lihat informasi yang ditampilkan dan ikuti panduan untuk melakukan aktivasi. 

5. Menghubungi Customer Service Telkomsel

Opsi terakhir yang bisa Kamu lakukan jika pulsa masih saja terpotong yaitu dengan menghubungi customer service. Sampaikan keluhan kepada CS agar mendapatkan solusi. Bahkan jika itu kesalahan dari provider Telkomsel, biasanya pulsa akan diganti. Inilah beberapa CS Telkomsel:

Demikian penjelasan cara agar pulsa Telkomsel tidak tersedot saat kuota habis. Kamu bisa mengunci pulsa dengan fitur yang ada di MyTelkomsel. Selain itu harus unreg paket untuk mengamankan pulsa. 

Similar Posts