Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Telkomsel

Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Telkomsel dengan 5 Tips Ini

Pernahkah pulsamu tiba-tiba hilang setelah diisi padahal belum digunakan? Jika itu sering terjadi padamu, cobalah beberapa cara agar pulsa tidak tersedot Telkomsel yang akan dijelaskan berikut ini. Pastikanlah pulsa tetap aman. 

Yang membuat pulsa tersedot itu bermacam-macam. Mungkin saja secara tidak sengaja Kamu mengaktifkan paket atau layanan tertentu. Bisa juga karena berlangganan tiap bulan dan lupa belum unreg, hingga akhirnya mengambil sisa pulsa. 

Apabila terjadi terus-menerus pasti akan membuatmu rugi. Karena itulah, coba cari tahu bagaimana cara menanganinya berikut. Selain itu pahami juga beberapa sebabnya agar ke depannya pulsa tidak hilang misterius lagi. 

Penyebab Pulsa Tersedot Telkomsel

Sebelum Kamu mengetahui cara agar pulsa tidak tersedot Telkomsel, simak dulu penyebabnya. Ini bisa saja terjadi tanpa Kamu ketahui, entah saat masih ada sisa kuota maupun tidak. Beberapa faktor yang mungkin tidak disadari yaitu:

1. Menjadikan Kartu Telkomsel Sebagai Metode Pembayaran

Seharusnya Kamu sudah sering mendengar jika pulsa Telkomsel bisa dijadikan sebagai metode pembayaran. Contohnya saat membeli paket langganan dari aplikasi tertentu. Biasanya aplikasi streaming video, seperti YouTube premium dan WeTV. 

Hal itulah yang jadi penyebab pulsamu akan tersedot. Terutama lupa tidak menonaktifkannya lagi setelah paket langganan berakhir. Apalagi harga berlangganan di aplikasi seperti itu juga lumayan. 

2. Berlangganan NSP

Sebab kedua yaitu berlangganan Nada Sambung Pribadi (NSP). Faktor ini memang bisa saja terjadi, meskipun Kamu tidak merasa berlangganan. Karena cara kerjanya juga cukup unik. 

Terkait:  Cara Cek Zona Telkomsel yang Benar: Pakai 4 Metode Saja!

NSP terdengar saat Kamu menelepon seseorang. Dalam waktu menunggu telepon diangkat, akan disambungkan dulu ke NSP tersebut. Tapi terkadang ada perintah untuk menekan tombol yang disarankan, dan ternyata itu membuatmu berlangganan secara tidak sengaja. 

3. Berlangganan Paket Internet

Telkomsel menyediakan berbagai jenis paket internet. Seharusnya Kamu lebih jeli dan membaca ketentuan paket sebelum membelinya. Karena ada yang sistemnya hanya satu kali beli dan ada juga yang diperpanjang otomatis saat paket sudah habis. 

Yang akan membuat pulsa tersedot adalah berlangganan paket yang diperpanjang otomatis tersebut. Jika ternyata saat paket berakhir dan ada sisa pulsa yang mencukupi, akan langsung diperpanjang. Itu akan terus terjadi kalau Kamu tidak berhenti berlangganan. 

4. Sambungan Internet Masih Aktif

Penyebab yang keempat kenapa pulsa Telkomsel bisa tiba-tiba terpotong adalah masih ada sambungan internet, sedangkan kuota sudah habis. Biasanya Kamu tidak sadar atau bahkan jarang mengecek sisa kuota. Akhirnya saat benar-benar habis, pulsa digunakan untuk akses internet. 

Hal ini akan terjadi meskipun Kamu sedang tidak membuka program atau aplikasi apapun. Karena tetap terjadi proses transfer data pada aplikasi yang berjalan di belakang layar. Sebaiknya matikan sambungan internet saat Kamu sudah mendapatkan notifikasi kuota akan habis. 

5. Berlangganan SMS Premium

Pernahkah Kamu menerima SMS tertentu dari provider Telkomsel berisi layanan berbayar? Inilah yang juga bisa membuat pulsa tersedot. Contohnya berlangganan SMS premium yang berisi ramalan zodiak dan berita artis. Setiap kali pesan tersebut masuk, akan memotong sisa pulsa. 

Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Telkomsel

Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Telkomsel
Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Telkomsel

Dengan penyebab di atas, Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Pastikan pulsa tetap aman, terutama saat kuota habis. Inilah beberapa cara yang dapat Kamu lakukan:

Terkait:  Cara Perpanjang Masa Aktif Telkomsel dengan Pulsa: 2 Metode (VALID)

1. Mematikan Jaringan Internet

Cara yang pertama adalah menonaktifkan sambung internet. Ini harus Kamu lakukan apabila sisa kuota tinggal sedikit. Karena walaupun tidak digunakan langsung untuk mengakses internet, tetap terjadi proses transfer data di belakang layar. 

Matikan data seluler untuk sementara sampai membeli paket yang baru. Untuk pengguna iPhone, inilah langkah-langkah menonaktifkan sambungan internet:

  • Kamu dapat mematikannya secara cepat lewat panel kontrol dengan cara swipe down layar. 
  • Selain itu dapat dilakukan dengan membuka menu Setting
  • Kemudian carilah menu Cellular
  • Setelah itu matikan pengaturan Cellular Data agar menjadi off

Di ponsel android juga sama, bisa Kamu matikan dari panel kontrol. Tapi jika ingin melakukannya dari menu Pengaturan, inilah caranya:

  • Buka Pengaturan yang ditandai dengan roda gerigi. 
  • Selanjutnya masuk ke bagian SIM Cards & Mobile Network. 
  • Gesel toggle yang ada di menu Mobile Data. 

2. Memakai Fitur Jaga Pulsa

Cara agar pulsa tidak tersedot Telkomsel yang paling jitu adalah menggunakan fitur Jaga Pulsa. Fitur tersebut dapat Kamu akses dari aplikasi MyTelkomsel. Dikhususkan bagi pelanggan prabayar supaya tidak terkoneksi ke internet ketika tidak ada paket data yang aktif. 

Apabila kuota habis dan tidak berlangganan, secara otomatis fitur ini menjaga pulsa supaya tidak digunakan untuk akses internet. Jadi, dijamin tidak ada pemakaian pulsa yang mungkin tidak Kamu ketahui. Cara menggunakan fitur ini adalah:

  • Unduh aplikasi MyTelkomsel yang paling baru. Jika sudah punya, update ke versi minimal 6.9.0 bagi android dan 6.9.1 untuk iOS. 
  • Pada halaman dashboard aplikasi, cari bagian Menu
  • Setelah itu klik fitur Jaga Pulsa. 
  • Kamu akan mendapatkan informasi mengenai fitur ini dan ikuti panduan aktivasinya. 
Terkait:  Cara Internet Gratis Telkomsel Seumur Hidup Update Januari 2024

3. Menghentikan Paket Internet

Cara agar pulsa tidak tersedot Telkomsel ketiga yaitu menghentikan paket internet. Sebaiknya lakukan ini saat masih ada sedikit sisa kuota. Karena dengan begitu, Kamu tidak akan lupa dan pulsa tetap aman, bahkan bisa dipakai beli paket yang baru. 

Unreg paket internet bisa Kamu lakukan lewat kode dial dan aplikasi MyTelkomsel. Jika menggunakan kode dial, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Panggilan
  • Selanjutnya masukkan mode *363# dari papan ketik. 
  • Masukkan kode nomor yang menunjukkan pilihan Paket Lainnya. 
  • Lakukan cara yang sama untuk memilih opsi Berhenti/S&K.
  • Terakhir, pilih Berhenti untuk unreg paket. 

Langkah lain yang mudah yaitu lewat aplikasi MyTelkomsel. Tapi aplikasi tersebut bisa dibuka jika ada sambungan internet. Karena itulah, sebaiknya lakukan saat masih ada kuota sedikit. Inilah caranya:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel versi terbaru. 
  • Pada bagian dashboard, lihat informasi paket internet yang aktif. 
  • Buka paket tersebut. 
  • Kemudian pilih Berhenti untuk melakukan unreg

4. Menghentikan Layanan Berbayar

Cara agar pulsa tidak tersedot Telkomsel yang lainnya yaitu dengan menghentikan layanan berbayar. Contohnya seperti Nada Sambung Pribadi dan layanan premium lainnya. Apabila Kamu salah pencet dan tidak sengaja mengaktifkan NSP, hentikan dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi Pesan
  • Lalu masukkan format pesan STOP
  • Kirim SMS tersebut ke nomor 1212.
  • Selanjutnya tinggal menunggu balasan yang mengkonfirmasi permintaanmu. 

Kamu juga dapat melakukan hal yang sama untuk menghentikan layanan berbayar lainnya. Kirim SMS dengan format STOP ke nomor 726. Selain itu bisa lewat kode UMB *726# dan memilih untuk menonaktifkannya. 

5. Menghubungi Customer Service

Lalu cara agar pulsa tidak tersedot Telkomsel terakhir yaitu menghubungi customer service. Opsi ini dapat dipilih jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil. Kamu dapat membuat pengaduan lewat salah satu CS Telkomsel berikut:

Itulah beberapa cara agar pulsa tidak tersedot Telkomsel yang harus Kamu coba. Pahami pula apa yang membuat pulsa tiba-tiba hilang. Sebaiknya jangan berlangganan paket dan aktifkan dengan sistem satu kali beli saja. 

Similar Posts