Cara Cek Zona Telkomsel

Cara Cek Zona Telkomsel yang Benar: Pakai 4 Metode Saja!

Pindahlubang.com | Saat ini Telkomsel masih jadi provider yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terlebih untuk akses internet. Operator dari kartu tersebut juga menerapkan pembagian wilayah dalam beberapa zona. Kamu harus tahu cara cek zona Telkomsel agar paham saat ini berada di kategori mana. 

Mengetahui zona Telkomsel itu penting, terutama jika Kamu ingin mengaktifkan paket internet. Pasalnya, tiap wilayah mendapatkan penawaran berbeda. Termasuk jumlah kuota lokal yang akan diterima. 

Ada beberapa cara untuk mengecek zona paket Telkomsel. Kamu dapat melihatnya pada penjelasan berikut. Selain itu, akan diterangkan pula daftar zona Telkomsel. Simak uraiannya di bawah ini. 

Apa Itu Zona Telkomsel? 

Tapi sebelum menerangkan cara cek zona Telkomsel, ada baiknya Kamu menyimak penjelasan ini. Jadi, zona Telkomsel adalah pembagian wilayah yang diterapkan oleh operator untuk paket internet yang ditawarkan kepada pelanggan. Adanya zona tersebut memberikan penawaran yang tidak sama. 

Tidak seperti dulu, saat ini Telkomsel tidak mencantumkan daftar zona wilayah operasional secara detail. Sekarang operator tersebut menerapkan kebijakan baru. Jadi, harga dan kuota internet itu sesuai dengan tempat aktivasi paket, bukan lokasi Kamu membeli nomor pertama kali. 

Contoh dari sistem zona Telkomsel yaitu misalkan Kamu membeli kartu perdana di Bandung. Kemudian melakukan perjalanan ke Bali untuk bekerja atau liburan. Saat perjalanan tersebut Kamu kehabisan kuota internet dan membeli paket internet yang baru di sana. 

Melihat contoh di atas, maka harga paket yang ditawarkan mengikuti zona wilayah Bali sebagai tempat aktivasi. Kamu juga mendapatkan jumlah kuota yang sesuai dengan wilayah tersebut. Jadi, tidak lagi menggunakan kebijakan zona Bandung. 

Terkait:  Cara Mengecek NIB Perusahaan

Cara Cek Zona Telkomsel

Cara Cek Zona Telkomsel
Cara Cek Zona Telkomsel

Sekarang Kamu sudah paham mengenai zona Telkomsel dan bagaimana penerapannya. Setelah itu, ketahui bagaimana cara untuk melihat Kamu saat ini berada di zona apa saja. Dengan begitu bisa tahu keuntungan dan fitur yang akan diterima saat mengaktifkan paket di wilayah tersebut.

1. Cek Zona di Situs Resmi Telkomsel

Untuk cara cek zona Telkomsel yang pertama ini bisa Kamu lakukan jika hendak membeli paket. Jadi, lihat dulu lokasinya, lalu sistem akan menampilkan penawaran yang berhak diterima. Hanya paket dan daftar harga di zona itu saja yang akan diberikan oleh sistem. 

Dari cara ini membuatmu bisa menentukan untuk membeli paket internet yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya dengan melihat penawaran harga dan jumlah kuota yang akan diperoleh. Bagaimana langkah-langkah mengeceknya? Lihat panduannya di bawah ini. 

Langkah-Langkah Melihat Zona Telkomsel di Situs Resmi

  1. Pertama, buka browser yang Kamu gunakan di perangkat. 
  2. Masukkan alamat https://www.telkomsel.com/telkomsel-internet pada kolom pencarian. 
  3. Tekan Enter atau Go
  4. Setelah itu, pilih layanan yang akan Kamu pakai. 
  5. Scroll layar sampai menemukan kolom Cek Paket Berdasarkan Lokasi. 
  6. Isi dengan nama kota atau kabupaten tempatmu domisili saat ini. 
  7. Tidak perlu waktu lama, sistem akan menampilkan daftar harga yang berlaku dan jumlah kuota di tempat domisili tersebut. 

2. Cek Zona Telkomsel di Aplikasi MyTelkomsel

Selain lewat situs resmi, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Bedanya, cara cek Zona Telkomsel ini dengan memilih paket terlebih dahulu. Jadi, ketuk salah satu paket dan lihat jangkauan wilayahnya. 

Kamu harus membeli paket internet yang menjangkau tempatmu saat ini. Jika tidak begitu, maka Kamu hanya dapat menggunakan kuota nasional saja. Sedangkan kuota lokal tidak bisa dipakai kalau berada di luar wilayah jangkauan tersebut. Simak caranya di bawah ini. 

Terkait:  Cara Copy Link Instagram Sendiri

Langkah-Langkah Melihat Zona Telkomsel di MyTelkomsel App

  1. Download dulu aplikasi MyTelkomsel dari Play Store atau App Store. 
  2. Kemudian buka aplikasinya dan masukkan nomor Telkomsel sebagai langkah login
  3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. 
  4. Setelah berada di halaman awal, ketuk menu Belanja yang ada di bawah. 
  5. Lalu pilih salah satu paket yang ingin Kamu beli. 
  6. Geser ke tab Syarat dan Ketentuan, kemudian lihat detail paket dan jangkauan wilayahnya. 
  7. Biasanya jika mengaktifkan paket tersebut, Kamu akan diberi link untuk cek lokasi kuota lokalnya. 

3. Cek Zona Telkomsel Via Asisten Virtual

Cara cek zona Telkomsel yang selanjutnya dengan menghubungi asisten virtual Telkomsel bernama Veronika. Layanan bot tersebut akan menjawab semua informasi yang ingin Kamu ketahui. Berikut ini tautan Veronika yang dapat Kamu gunakan:

Cara mencari informasi lewat Veronika sangat mudah. Kamu bisa lihat panduan yang benar seperti penjelasan di bawah ini:

Langkah-Langkah Melihat Zona Telkomsel Via Asisten Virtual

    1. Klik salah satu link di atas. Otomatis Kamu akan diarahkan ke room chat berdasarkan platform yang dipilih.
    2. Lalu mulai chat dengan menuliskan kata kunci Cek zona Telkomsel.
    3. Ikuti instruksi dari Veronika untuk memasukkan nomor Telkomsel dan kode OTP.
    4. Tunggu balasan yang menginformasikan wilayahmu saat ini.

4. Cek Zona Telkomsel dengan Menghubungi Call Center

Panduan terakhir yang diberikan adalah cara cek zona Telkomsel dengan menghubungi call center. Kamu bisa menelepon 188 untuk bertanya jangkauan wilayah Telkomsel. Pastikan memiliki sisa pulsa yang cukup sebelum melakukan panggilan. Selanjutnya ikuti instruksi sesuai arahan CS. 

Daftar Zona Telkomsel

Mungkin Kamu penasaran saat ini berada di zona mana? Telkomsel sendiri membagi paket internetnya ke dalam 12 zona, terutama untuk paket BundlingMAX. Berikut ini rinciannya

Terkait:  Cara Cas Aki Mobil

Zona 1

Bangkalan, Batang, Brebes, Cianjur, Kota Cilegon, Kota Mataram, Kota Pekalongan, Kota Serang, Kota Sukabumi, Kota Tegal, Lebak, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Pamekasan, Pandeglang, Pekalongan, Pemalang, Purwakarta, Sampang, Serang, Sukabumi, Sumenep, dan Tegal.

Zona 2

Gunung Kidul, Indramayu, Jombang, Klaten, Kota Magelang, Kota Mojokerto, Magelang, Mojokerto, Ngawi, Sumbawa Barat, dan Tuban.

Zona 3—4

Sebagian wilayah Pulau Sumatra, Bali, dan Jawa seperti Kota Malang, Kota Pasuruan, Kota Salatiga, Kota Semarang, Lamongan, Musi Rawas Utara, Pasuruan, Semarang, Subang, Sukoharjo, Tabanan, Temanggung, Badung, Bangli, Banyumas, Belitung, Belitung Timur, Bogor, Buleleng, Demak, Gianyar, Gresik, Jembrana, Karawang, Kendal, Klungkung, dan Kota Denpasar. 

Zona 5—8

Sebagian wilayah di Pulau Jawa dan pulau lainnya, seperti Aceh Tengah, Bandung, Bandung Barat, Bangka Tengah, Bantul, Batanghari, Bekasi, Bener Meriah, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Boyolali, Cirebon, Jakarta, Grobogan, dan lainnya.

Zona 9—10

Sebagian wilayah Aceh, Bangka, Sumedang, Takalar, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tanggamus, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tapanuli Tengah, Tasikmalaya, Tebo, Timor Tengah Selatan, Toba Samosir, Trenggalek, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Way Kanan, dan wilayah lainnya.

Zona 11—12

Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Timur, Agam, Asahan, Asmat, Balangan, Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Barito Timur, Barito Utara, Barru, Batu Bara, Bengkayang, Berau, Biak Numfor, Boalemo, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, dan wilayah timur lainnya.

Demikian penjelasan cara cek zona Telkomsel. Kamu harus melihat detail paket dulu agar tahu jangkauan wilayahnya. Dengan begitu bisa tahu harga dan penawaran lain yang berhak diterima jika ada di lokasi tersebut. 

Similar Posts