Bagaimana Cara Membuka WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka

Bagaimana Cara Membuka WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka (9 Metode)

Tiba-tiba saja WhatsApp kamu tidak dapat dibuka? Tenang dan jangan panik karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Kamu bisa mengetahui penyebab serta bagaimana cara membuka WhatsApp yang tidak bisa dibuka lewat ulasan berikut.

Bagaimana Cara Membuka WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka
Bagaimana Cara Membuka WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, suara, panggilan suara, panggilan video, dan lainnya dengan mudah. Pengguna WhatsApp pun telah tersebar di berbagai negara di seluruh dunia. Tidak heran jika WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling populer dan banyak digunakan.

Namun, terkadang ada kendala yang dihadapi oleh pengguna saat mengakses WhatsApp, seperti tidak bisa dibuka. Ada beberapa penyebab mengapa WhatsApp kamu tidak bisa dibuka, diantaranya adalah:

Adanya kendala pada koneksi internet: WhatsApp memerlukan koneksi internet yang stabil untuk berfungsi. Jika koneksi internet kamu lemah atau tidak stabil, itu dapat menyebabkan masalah dalam membuka aplikasi.

Versi aplikasi tidak kompatibel: Jika kamu menggunakan aplikasi WhatsApp versi yang sudah usang atau tidak kompatibel dengan sistem operasi perangkat milikmu, itu dapat menyebabkan masalah dalam membuka aplikasi.

Cache atau data aplikasi: Terkadang, cache atau data yang disimpan oleh aplikasi WhatsApp dapat menjadi rusak atau bermasalah, sehingga dapat menghambat proses pembukaan aplikasi.

Kapasitas memori penuh: Jika memori internal atau penyimpanan perangkat kamu hampir penuh, itu dapat menghambat kinerja aplikasi, termasuk WhatsApp.

Masalah sistem operasi: Beberapa masalah yang berkaitan dengan sistem operasi perangkat Anda, seperti bug atau konflik perangkat lunak, dapat mempengaruhi kemampuan WhatsApp untuk dibuka. Pastikan sistem operasi perangkat Anda diperbarui dengan versi terbaru dan stabil.

Pemblokiran akun: Jika akun Anda telah diblokir oleh WhatsApp karena pelanggaran aturan penggunaan mereka, Anda tidak akan dapat membuka aplikasi. Jika Anda merasa akun Anda diblokir tanpa alasan yang jelas, Anda dapat menghubungi dukungan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Bagaimana Cara Membuka WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka

Untuk mengatasi WhatsApp kamu yang tidak bisa dibuka, coba lakukan beberapa tips berikut.

Terkait:  Bagaimana Cara Mengetahui WhatsApp Kita Diblokir: Ikuti 7 Tips Ini

1. Periksa koneksi internet

WhatsApp kamu tidak bisa dibuka mungkin karena koneksi internet sedang tidak stabil atau bahkan sedang tidak ada sinyal. Coba periksa koneksi internet kamu untuk mengetahuinya. Kamu bisa mencoba buka situs web atau aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet untuk memastikan koneksi kamu berfungsi dengan baik.

2. Mulai ulang WhatsApp

Jika koneksi internet tidak bermasalah, mungkin kamu bisa mencoba cara lainnya, seperti muat ulang aplikasi WhatsApp. Tutup aplikasi WhatsApp sepenuhnya dari latar belakang, lalu buka kembali. Pada beberapa perangkat, kamu dapat melakukan ini dengan menekan tombol multitasking dan menggeser aplikasi WhatsApp keluar dari daftar aplikasi yang berjalan.

3. Restart perangkat

Bagaimana cara membuka WhatsApp yang tidak bisa dibuka lainnya adalah dengan restart HP. Matikan sepenuhnya perangkat HP, tunggu beberapa detik, lalu nyalakan kembali. 

Untuk melakukannya, silakan tekan dan tahan tombol power sampai muncul pilihan untuk mematikan. Tekan tombol restart. Langkah ini akan memuat ulang HP, yang bisa dijadikan opsi untuk mengatasi masalah yang mungkin dikarenakan oleh aplikasi atau proses yang berjalan di background (latar belakang). 

Setelah perangkat dinyalakan kembali, cobalah untuk membuka aplikasi WhatsApp lagi.

4. Hapus cache

Kamu bisa menghapus cache WhatsApp sebagai salah satu cara untuk mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka. Untuk melakukannya, silakan buka menu Settings atau Pengaturan. Cari opsi Aplikasi atau Pengelolaan Aplikasi, temukan WhatsApp, dan pilih Hapus Cache. Setelah itu, coba buka WhatsApp kembali.

Ini bisa jadi opsi untuk memperbaiki masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka.

5. Periksa pembaruan aplikasi

Pastikan kamu menggunakan versi terbaru WhatsApp. Pasalnya, mungkin saja masalah WhatsApp tidak dapat dibuka karena sistem operasi yang digunakan sudah tidak sesuai. Lakukan pengecekan apakah WhatsApp kamu belum diupdate dengan mengunjungi Google Play Store (Android) dna App Store (iOS).

Terkait:  Cara Memperbaiki WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka di HP, Ampuh!

Periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk WhatsApp. Jika ada, lakukan pembaruan aplikasi dengan klik Update.

6. Hapus dan instal ulang aplikasi

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, coba hapus aplikasi WhatsApp dari perangkat dan instal ulang versi terbaru dari toko aplikasi resmi. Pastikan kamu memiliki salinan cadangan pesan penting sebelum melakukan ini, karena menghapus aplikasi dapat menghapus riwayat percakapan. 

Cara melakukan backup chat WhatsApp sebelum dihapus adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu klik ikon titi tiga.
  • Pilih Opsi lainnya dan klik Setelan/Pengaturan.
  • Pilih Chat dan tekan Cadangan chat atau Backup Chat.
  • Selanjutnya, pilih akun Google yang ingin digunakan untuk mencadangkan chat. 

Sebagai Catatan, kamu dapat mengaktifkan fitur pencadangan riwayat chat secara otomatis ke Google Drive setiap bulan, minggu, hingga hari.

Setelah berhasil mencadangkan chat, kamu bisa uninstall WhatsApp. Tunggu beberapa saat, kemudian instal kembali aplikasi WhatsApp di Play Store atau App Store. Jika bingung cara instal WhatsApp, berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  • Install WhatsApp di Google Play Store atau App Store.
  • Setelah itu, masuk dengan nomor lama yang sama seperti sebelumnya.
  • Pilih tombol verifikasi, dan kode OTP akan dikirimkan lewat SMS.
  • Masukkan kode OTP sebagai verifikasi.
  • Akan muncul menu untuk pulihkan riwayat chat.
  • Tekan tombol Pulihkan melalui akun Google Drive kamu.
  • Tunggu proses restore chat selesai.
  • Setelah seluruh chat dipulihkan,  kamu akan melihat tampilan beranda WhatsApp.

7. Menghapus memori

Menghapus sebagian memori handphone dapat dicoba sebagai salah satu cara untuk memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka. Sebab, memori yang penuh dapat membuat kinerja handphone semakin lambat. Selain menghapus cache, kamu juga bisa mencoba membersihkan memori HP secara berkala.

Terkait:  Cara Mempercantik Video Call WhatsApp Oppo A12, Praktis!

Hapus semua file yang tidak diperlukan, seperti screenshot, foto, video, hingga audio yang rasanya tidak begitu penting. Jika perlu, hapus juga aplikasi yang jarang dibuka sehingga memori penyimpanan HP menjadi lebih besar.

8. Mengembalikan ke setelan pabrik

Jika berbagai cara di atas masih belum berhasil mengatasi WhatsApp tidak dapat dibuka, kamu bisa coba cara satu ini. Mengembalikan handphone ke setelan pabrik artinya adalah membuatnya kembali kosong seperti saat pertama kali dibeli, termasuk melakukan ulang pengaturan yang mungkin dapat membuat WhatsApp kembali bisa dibuka.

Akan tetapi, pastikan kamu telah melakukan backup data penting yang tersimpan terlebih dahulu sebelum mengembalikan ke setelan pabrik. Kamu bisa menggunakan layanan penyimpanan awan, seperti Google Drive atau lainnya agar nanti dapat dengan mudah mengembalikan data dengan mengunduhnya saja.

9. Hubungi dukungan WhatsApp

Jika mengembalikan ke setelan pabrik menurut kamu terlalu beresiko dan khawatir jika semua data yang ada di handphone hilang, kamu bisa coba cara ini. Coba untuk menghubungi tim dukungan WhatsApp melalui situs web resmi mereka atau melalui opsi dukungan yang tersedia di aplikasi.

Pastikan untuk mengikuti instruksi dan saran yang mungkin diberikan oleh WhatsApp atau dukungan teknis resmi mereka dalam memperbaiki masalah yang kamu alami.

Bagaimana cara membuka WhatsApp yang tidak bisa dibuka di atas bisa dicoba pada semua jenis dan merek HP. Semoga membantu!

Similar Posts