Cara Aktifkan 4G Telkomsel

Cara Aktifkan 4G Telkomsel: Hanya 4 Langkah Cepat dan Praktis

Jika Kamu masih menggunakan kartu dengan jaringan 3G, wajib tahu cara aktifkan 4G Telkomsel berikut ini. Karena layanan tersebut memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan sinyal stabil. Cocok untuk bekerja maupun sekedar akses game dan streaming

Telkomsel sendiri memiliki program yang bernama Untung Jadi 4G. Melalui program tersebut pelanggan diajak untuk beralih maupun ganti kartu ke 4G. Tentunya dengan berbagai persyaratan yang harus Kamu ketahui juga.

Karena itulah, akan dijelaskan bagaimana layanan 4G dari kartu Telkomsel bisa diaktifkan. Selain itu, diterangkan pula apa saja kelebihan dan kekurangan yang Kamu dapatkan dengan beralih ke 4G. Simak penjelasan lengkapnya di bawah. 

Kelebihan dan Kekurangan 4G Telkomsel

Sepertinya sekarang jarang pengguna smartphone yang masih menggunakan sinyal 3G Telkomsel. Karena memang hampir semua HP sudah mendukung jaringan 4G dan menjangkau banyak wilayah. Kalaupun kartu sebelumnya masih 3G, bisa melakukan upgrade

Lantas, apa saja keuntungan yang diperoleh dengan beralih ke sinyal 4G? Sebelum menjelaskan cara aktifkan 4G Telkomsel, lihat dulu beberapa kelebihan yang dimiliki oleh layanan ini:

  • Lebih cepat. Kalau dibandingkan dengan 3G, tentunya sinyal 4G jauh lebih cepat. Untuk upload saja kecepatannya mencapai 75 Mbps. Sedangkan bisa sampai 300 Mbps dalam kecepatan download
  • Streaming anti buffering. Kelebihan yang kedua ini Kamu rasakan saat streaming, baik itu film maupun tayangan live. Kamu tidak perlu menunggu lama proses loading dan pemuatan film. Bahkan saat menontonnya juga tidak macet-macet. 
  • Internet lebih cepat. Selain untuk nonton film, Kamu juga merasakan manfaat dengan beralih ke 4G saat akses internet. Contohnya ketika browsing dan mencari informasi. Begitu pula saat Kamu sedang chatting dan melakukan panggilan video lewat platform perpesanan. 
  • Memberikan pengalaman terbaik. Dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh jaringan 4G Telkomsel, tentunya Kamu mendapatkan pengalaman terbaik. Terutama saat akses internet yang cepat, stabil, dan lebih maksimal. 
Terkait:  Cara Stop NSP Telkomsel

Namun di samping semua kelebihan tersebut, ternyata jaringan 4G ini juga memiliki kekurangan. Kamu bisa lihat beberapa kekurangannya berikut ini:

  • Kuota mudah habis. Karena akses internet yang lebih cepat, sudah pasti memakan banyak kuota. Lain hal dengan penggunaan data internet di jaringan 3G.
  • Jangkauan lokasi belum luas. Salah satu jaringan baru yang saat ini banyak digunakan adalah 4G LTE. Tapi masalahnya, layanan tersebut belum tersedia di semua wilayah, terutama daerah terpencil. Kebanyakan tersebar di Pulau Jawa dan ibu kota. 
  • Belum stabil. Terkadang pula jenis layanan ini belum stabil. Terlebih ketika Kamu membawanya ke luar kota maupun wilayah terpencil yang belum terjangkau. 

Cara Aktifkan 4G Telkomsel

Cara Aktifkan 4G Telkomsel
Cara Aktifkan 4G Telkomsel

Dengan melihat kelebihan dan kekurangan di atas, rasanya Kamu harus segera beralih ke jaringan 4G Telkomsel. Meskipun membuat kuota cepat habis, tapi akses internet di jaringan tersebut memberikan pengalaman yang lebih baik. Inilah langkah-langkah untuk mengaktifkannya yang harus Kamu ketahui:

1. Cek Kartu

Langkah pertama jika ingin beralih dari 3G ke 4G yaitu cek kartu. Lihat dulu apakah kartu Telkomsel yang Kamu gunakan sudah mendukung jaringan 4G ataukah belum. Karena percuma jika ingin mengaktifkan, tapi kartunya masih menggunakan jaringan 3G.

Jenis kartu yang sudah 4G ini dinamakan dengan USIM. Melihat kartu Telkomsel sangat mudah. Kamu bisa cek dengan kode dial lewat telepon di HP. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Telepon yang ada di HP. 
  • Selanjutnya masukkan kode *888*47# pada papan telepon. 
  • Kemudian tekan OK atau ikon untuk memanggil. 
  • Pada beberapa opsi yang ditampilkan, tulis angka 1 untuk Cek Kartu. 
  • Berikutnya akan diberikan informasi apakah kartumu sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Jika belum, maka Kamu bisa upgrade.
Terkait:  Cara Cek Kartu Telkomsel Masih Aktif Atau Tidak: Penting!

2. Cek HP

Langkah kedua dari cara aktifkan 4G Telkomsel yaitu cek HP. Bukan hanya jenis kartu saja yang harus dilihat, tapi juga smartphone yang Kamu gunakan. Pastikan sudah memakai HP yang memang mendukung jaringan 4G.

Tapi sekarang ini hampir semua jenis smartphone sudah mendukung jaringan 4G dan  mulai meninggalkan sinyal 3G. Terutama tipe ponsel baru semua merek. Entah itu iPhone atau yang berbasis android, seperti Samsung, Xiaomi, Realme, dan lainnya.

Namun kalau masih ragu apakah HP yang Kamu pegang sudah 4G atau belum, bisa mengeceknya dulu. Untuk pelanggan Telkomsel, bisa mengikuti panduan berikut:

  • Buka aplikasi Telepon dan masukkan kode *888*47#.
  • Tekan tombol untuk memanggil.
  • Selanjutnya pilih kode nomor 2 untuk Cek Ponsel. 
  • Lihat hasil yang ditampilkan pada layar. 
  • Pada HP keluaran baru yang sudah mendukung layanan 4G LTE, biasanya indikator muncul di bar atas bagian sinyal. 

3. Pastikan Jangkauan Lokasi

Langkah penting dari cara aktifkan 4G Telkomsel yaitu memastikan jangkauan lokasi. Kartu dan HP sudah mendukung sinyal 4G, tapi Kamu berada di wilayah yang belum ter-cover. Pastikan akan percuma, bukan? 

Untuk Telkomsel, Kamu bisa membuka halaman 4G Coverage. Selanjutnya masukkan nama wilayah dan lihat apakah ada ketersediaan layanan 4G. Jika belum, Kamu harus bersabar. Namun saat ini hampir semua daerah sudah mendukung layanan 4G Telkomsel. 

4. Setting HP ke 4G

Inilah tahapan penting dari cara aktifkan 4G Telkomsel. Kalau semua langkah itu sudah Kamu lakukan, sekarang tinggal setting smartphone untuk beralih jaringan. Cara ini juga mengunci HP untuk menangkap sinyal 4G saja. Untuk pengguna android, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Setting di HP. 
  • Lalu masuk ke menu Mobile Networks. 
  • Selanjutnya tap opsi Preferred Network Type. 
  • Pilih Preferred LTE. Penyebutan LTE ini di setiap tipe ponsel terkadang berbeda. 
Terkait:  Cara Melacak Nomor HP Telkomsel Secara Detail

Kemudian ini cara mengunci jaringan 4G di iPhone. Kamu bisa mengikuti panduan di bawah:

  • Buka menu Setting di iPhone. 
  • Selanjutnya cek bagian Cellular Data Options. 
  • Ketuk opsi Voice & Data. 
  • Terakhir, pilih layanan LTE

Cara upgrade Kartu 4G Telkomsel

Sebelumnya sudah dijelaskan cara aktifkan 4G Telkomsel. Tapi yang tak kalah penting, Kamu harus tahu bagaimana langkah-langkah untuk meng-upgrade kartu. Karena syarat utama agar bisa menikmati layanan ini adalah menggunakan USIM atau kartu yang sudah mendukung 4G.

Kamu dapat melakukan upgrade dengan sangat mudah. Bisa lewat marketplace dengan cara berikut:

  • Buka marketplace yang Kamu gunakan. Bisa Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau lainnya. 
  • Kemudian cari Telkomsel Official Store. 
  • Berikutnya masukkan produk Kartu 4G Telkomsel. 
  • Kamu tinggal pilih kartu dan melakukan checkout. Tenang saja, harganya hanya Rp5.000 belum termasuk ongkos kirim. 
  • Tinggal tunggu kartu diantar ke rumahmu. 

Cara mudah lainnya yaitu secara offline lewat GraPARI terdekat. Kamu dapat meminta petugas untuk mengaktifkan mode 4G. Cukup bawa data diri dan isi formulir untuk bermigrasi dari layanan 3G. Tidak perlu waktu lama, kartu yang sudah 4G akan diberikan. 

Demikian penjelasan cara aktifkan 4G Telkomsel. Layanan ini memberikan pengalaman akses internet yang cepat dan stabil. Tapi Kamu harus memastikan jika ponsel dan lokasi sudah mendukung jaringan 4G. Untuk kartu selain jenis USIM, harus di-upgrade dulu. 

Similar Posts