Biaya Haji ONH Plus

  • Whatsapp

Berapa sebenarnya biaya haji ONH Plus? Seperti kita tahu bahwa menunaikan ibadah haji merupakan salah satu kegiatan spiritual yang harus dilaksanakan umat muslim bila sudah mampu secara finansial.

Bagaimana tidak, ibadah haji termasuk salah satu rukun Islam setelah syahadat, sholat, puasa dan zakat yang bukan hanya dilakukan umat muslim dengan kemampuan finansial, namun juga fisik dimana ibadah suci ini paling tidak dilakukan sekali seumur hidup.

Read More

Ibadah Haji mungkin sudah menjadi salah satu aktivitas spiritual yang ingin sekali dilakukan semua umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, banyak orang tidak bisa menunaikannya karena mereka bahkan kamu sendiri tidak punya cukup uang untuk bertolak ke Tanah Suci.

Seiring berjalan waktu ternyata ibadah haji tidak hanya bersifat reguler, namun juga khusus atau ONH Plus yang ternyata semakin diminati para calon jemaah dari seluruh Indonesia.

Haji ONH Plus merupakan salah satu program ibadah yang sudah diselenggarakan Kemenag (Kementerian Agama) RI dan Pemerintah Republik Indonesia. Selain itu, orang-orang bisa mencari jasa haji dan umrah terpercaya yang sudah mengantongi izin Kemenag RI agar dapat menginjakkan kaki di Tanah Suci.

Kalian harus tahu bahwa ONH Plus berbeda dengan haji biasa karena banyak fasilitas dan layanan yang berdampak terhadap kenaikan ongkos keberangkatannya nanti.

Biaya Haji ONH Plus

Biaya Haji ONH Plus
Biaya Haji ONH Plus

Di Indonesia, ibadah haji terbagi ke dalam dua golongan berbeda yaitu secara reguler (ONH Reguler) dan plus (ONH Plus). Apabila ONH Reguler digelar Pemerintah, maka ONH Plus hanya bisa diselenggarakan pihak swasta (biro haji dan umrah) yang sudah mendapatkan izin sekaligis diawasi pemerintah.

Terkait:  Biaya Kuliah UDINUS

Meski begitu, kalian tidak perlu khawatir karena sebagian besar jasa haji dan umrah tersebut sudah terpercaya dan punya calon jemaah haji sangat banyak.

Kalian harus tahu bahwa ONH Plus berbeda dengan reguler karena sejak awal kalian memilih programnya, maka kamu bisa melihat perbedaan signifikan mulai dari alur pendaftaran sampai biaya haji ONH Plus yang harus dikeluarkan nanti.

Tak bisa dipungkiri sebagian besar calon jemaah yang memilih program ibadah ini mengaku lebih mudah berangkat ke Tanah Suci lho. Mereka bahkan mengaku masa tunggunya lebih cepat dibandingkan haji biasa yang mencapai belasan tahun.

Biaya Haji ONH Plus, Berapa Tarif Baru Per Jemaahnya?

Barangkali kalian masih penasaran berapa biaya haji ONH Plus yang harus dikeluarkan per jemaahnya. Kendati demikian, semuanya bergantung pada tempat menginap dan jumlah kamar yang bakal kalian sewa selama berada di Tanah Suci nanti.

Apabila lokasinya semakin dekat dengan Masjidil Haram, maka bisa saja budget yang harus dikeluarkan lebih banyak daripada perhitungan sebelumnya lho. Daripada penasaran, silakan simak ulasan lengkapnya sebagai berikut :

Daftar Biaya Haji ONH Plus Terbaru

Nama Biro Paket Haji ONH Plus Harga
Khazzanah Tour & Travel Haji VIP (Double) USD 30.500
Haji Executive (Quad) Quota : USD 11.000
Percepatan : USD 17.000
Haji Excellent Quota : USD 11.000
Percepatan : USD 15.000
Arminareka Perdana 1 Kamar 4 Orang USD 10.250
1 Kamar 3 Orang USD 10.750
1 Kamar 2 Orang USD 11.500
ESQ Tours & Travel Paket A (Quad) USD 12.000 – USD 14.000
Amana Tours & Travel Quota Kementerian Agama USD 12.000
Paket Quad USD 17.500
Paket Triple USD 18.500
Paket Double Rp.19.000
Alhijaz Tour & Travel Paket Quad USD 11.750
Paket Triple USD 12.500
Paket Double USD 13.500
Terkait:  Biaya Les Kumon

Kami merangkum informasi mengenai biaya haji ONH Plus melalui beberapa biro haji dan umrah di seluruh Indonesia. Perlu diingat bahwa harga tersebut tidak permanen dan mungkin saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dan keputusan dari Kemenag RI dan Pemerintah Indonesia.

Biasanya sebagian besar jasa perjalanan haji dan umrah terpercaya di Indonesia tidak pernah menaikkan ongkos keberangkatan seperti rincian di atas. Selain itu, mereka pun sudah mengantongi izin resmi dari Kemenag RI untuk menampung dan memberangkatkan para calon jemaah sesuai estimasi waktu tanpa antrean yang panjang.

Persyaratan Haji ONH Plus

  • Beragama Islam.
  • Memiliki kemampuan finansial untuk membayar setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang disahkan Kemenag RI.
  • KTP yang masih berlaku.
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter.
  • Kartu Keluarga.
  • Akta Kelahiran / Kutipan Akta Nikah.
  • Surat Keterangan dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) maupun biro haji dan umrah pilihan calon jemaah.
  • Pas foto berwarna berlatar putih tampak wajah minimal 80 persen.

Cara Pendaftaran Haji ONH Plus

  • Pertama, calon jemaah harus menentukan agen haji dan umrah terpercaya yang sudah mendapat izin dari Kemenag RI.
  • Calon jemaah menyetor uang tabungan Haji Plus sebesar USD 5.000 (sekitar Rp.70 juta) untuk mendapat nomor porsi ONH Plus.
  • Apabila nomor porsinya sudah didapat, calon jemaah menyerahkan berkas persyaratan kepada agen haji dan umrah.
  • Kemudian, kalian bisa menunggu jadwal keberangkatan sekaligus mengikuti serangkaian manasik haji yang digelar pihak biro perjalanan.
  • Calon jemaah yang sudah menerima nomor porsi bisa melihat jadwal keberangkatan secara online melalui website resminya.
  • Untuk mengeceknya, masukkan nomor porsi pada kolom tersedia pada laman resminya untuk melihat estimasi tahun keberangkatan.
  • Selesai.

Keunggulan Haji ONH Plus

  • Masa tunggu lebih cepat.
  • Tempat penginapan ONH Plus lebih dekat, bahkan hanya di depan pintu masuk Masjidil Haram, sedangkan haji biasa berkisar 3-5 km dari Masjidil Haram.
  • Fasilitas tempat penginapan ONH Plus lebih banyak dan berbintang 5.
  • Kebutuhan akomodasi dan konsumsi calon jemaah ONH Plus ditanggung biro perjalanan, sedangkan kebutuhan calon jemaah haji reguler ditanggung pribadi.
  • Jemaah menerima bimbingan haji yang lebih eksklusif dan intensif.
Terkait:  Biaya Haji Reguler

Perbedaan Haji Reguler dan ONH Plus

Perbedaan ONH Plus dan Haji Reguler terletak pada lokasi daerah keberangkatan. Di Indonesia, Aceh merupakan satu-satunya provinsi dengan budget terendah daripada wilayah lainnya. Hal ini dikarenakan Aceh mempunyai jarak tempuh agak dekat dibandingkan provinsi mana pun di tanah air.

Apabila dibandingkan dengan Jawa dan Bali, maka bisa dipastikan selisih harganya berbeda cukup jauh bahkan mencapai belasan juta rupiah untuk setiap jemaah nya.

Sementara itu, perbedaan signifikan lainnya terdapat pada lokasi penginapan jemaah selama berada di Tanah Suci. Biasanya jemaah ONH Plus berhak menginap di tempat yang sangat dekat dengan Masjidil Haram, bahkan tidak sampai 500 meter.

Di sisi lain jemaah haji biasa justru memiliki lokasi menginap yang jarak tempuhnya cukup jauh dari Masjidil Haram, tepatnya kurang dari 5 km yang bisa saja menghabiskan waktu selama 1-2 jam perjalanan.

Demikian informasi mengenai biaya haji ONH Plus yang harus diketahui semua pembaca muslim di seluruh Indonesia. Semoga pembahasan kami bermanfaat dan bisa jadi referensi agar kalian dapat menyiapkan diri secara fisik dan keuangan untuk bertolak ke Tanah Suci.

Pastikan kalian memilih jasa perjalanan haji dan umrah terpercaya yang sudah mendapat izin resmi dari Kemenag RI, agar kamu dapat berangkat dengan aman dan nyaman hingga tiba kembali ke Tanah Air.

Related posts