Cara Cek Jaringan 4G Telkomsel

Cara Cek Jaringan 4G Telkomsel dengan 6 Metode Berikut Ini!

Telkomsel merupakan salah satu provider Indonesia yang punya sinyal stabil dan jangkauan 4G yang luas. Bahkan hampir di semua daerah sudah bisa menggunakan Telkomsel dengan jaringan 4G. Ada cara cek jaringan 4G Telkomsel untuk mengetahui apakah wilayahmu termasuk dalam jangkauan tersebut. 

Meskipun hampir merata, mungkin saja masih ada daerah yang belum terjamah sinyal 4G Telkomsel. Akibatnya, hanya bisa akses internet di jaringan 3G yang tentunya dari segi kecepatan berbeda jauh. Jadi, Kamu bisa cek jangkauan sinyal dulu dan memutuskan untuk segera upgrade ke 4G.

Jika Kamu belum tahu, di sini akan dijelaskan cara untuk melihat jangkauan sinyal 4G tersebut. Selain itu, juga diterangkan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki jaringan ini. Terakhir, Kamu harus tahu bagaimana cara meng-upgrade kartu dari 3G ke 4G.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 4G Telkomsel

Saat ini sepertinya jarang pengguna smartphone yang masih memakai sinyal 3G. Karena hampir semua HP sudah mendukung jaringan 4G dan menjangkau seluruh wilayah. Kalaupun kartunya masih 3G, bisa melakukan upgrade

Ada banyak keuntungan jika menggunakan kartu 4G Telkomsel dibandingkan 3G. Sepertinya ini jadi pertimbangan yang bagus untuk segera beralih ke jaringan ini. Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan:

  • Lebih cepat. Sinyal 4G jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan 3G. Kecepatan upload saja mencapai 75 Mbps, dan bisa sampai 300 Mbps untuk download
  • Streaming tanpa buffering. Kelebihan yang kedua ini Kamu dapatkan ketika streaming, baik nonton film atau tayangan live. Kamu tidak perlu menunggu proses pemuatan yang lama. Selain itu saat nonton tidak macet-macet. 
  • Internet lebih cepat. Selain saat nonton film, kelebihan dari jaringan 4G dirasakan juga ketika akses internet. Contohnya saat membuka situs web tertentu untuk mencari informasi. Begitu pula dirasakan saat chatting dan melakukan panggilan video. 
  • Memberikan pengalaman terbaik. Dengan semua kelebihan tersebut, tentunya 4G Telkomsel mampu memberikan pengalaman terbaik. Pelanggan akan lebih nyaman memakai kartu tersebut. 
Terkait:  Cara Daftar Paket Umroh Telkomsel yang Mudah & Murah💌

Tapi di samping semua kelebihan tersebut, ternyata ada juga kekurangannya. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki sinyal 4G Telkomsel:

  • Kuota cepat habis. Mengakses internet lewat jaringan ini tentunya lebih banyak makan kuota. Kecepatan yang diberikan membuatmu tidak terasa kalau ternyata sudah menghabiskan paket data yang besar.
  • Jangkauan lokasi belum luas. Salah satu jaringan baru yang saat ini banyak digunakan adalah 4G LTE. Tapi kendalanya, layanan ini belum ada di semua daerah, terutama yang terpencil. Kebanyakan LTE ada di Pulau Jawa dan ibu kota. 
  • Sinyal belum stabil. Kekurangan lainnya sinyal mudah timbul hilang. Ini terjadi ketika Kamu keluar kota dan masuk ke wilayah yang belum terjangkau jaringan 4G Telkomsel. 

Cara Cek Jaringan 4G Telkomsel

Cara Cek Jaringan 4G Telkomsel
Cara Cek Jaringan 4G Telkomsel

Kamu bisa cek apakah bisa menggunakan jaringan 4G Telkomsel di daerah. Ada beberapa cara yang dapat Kamu coba. Tentunya dengan memastikan juga kalau wilayah, perangkat, dan kartu mendukung sinyal tersebut. Berikut ini penjelasannya. 

1. Cek Jaringan 4G Telkomsel dengan Kode USSD

Pertama kali, Kamu bisa melihat apakah kartu Telkomsel yang digunakan sudah mendukung sinyal 4G atau belum dengan kode USSD. Kamu harus memastikan kalau SIM card yang terpasang di HP memang bisa mengakses jaringan 4G.

Dengan kode USSD, artinya Kamu dapat mengeceknya secara mudah tanpa perlu terhubung ke jaringan internet. Selain itu juga tidak memerlukan pulsa. Berikut ini cara menggunakan kode USSD untuk cek jaringan 4G:

  • Buka menu Telepon di HP.
  • Kemudian masukkan kode USSD *888*47# dari keypad
  • Setelah dimunculkan pilihan dalam pop-up, balas dengan memasukkan angka untuk pilihan Cek Kartu. 
  • Langkah berikutnya memilih Cek 4G dengan cara membalas angka untuk menu tersebut. 
  • Kamu akan menerima informasi status kartu pada layar. 
Terkait:  Cara Daftar Paket Unlimited Telkomsel Internet Tanpa Batas🤎

2. Cek Jaringan 4G Telkomsel dari Aplikasi MyTelkomsel

Kalau cara cek jaringan 4G Telkomsel yang kedua ini perlu terhubung ke jaringan internet. Karena Kamu harus mengakses aplikasi resmi bernama MyTelkomsel. Lewat aplikasi ini pula dapat mencari berbagai penawaran paket dan layanan menarik dari Telkomsel. 

Untuk menggunakan MyTelkomsel, Kamu perlu melewati proses login dulu. Berikut ini langkah-langkah lengkapnya:

  • Download dan instal dulu aplikasi MyTelkomsel
  • Kemudian di halaman awal, login dengan menuliskan nomor Telkomsel. 
  • Centang kolom Syarat dan Ketentuan. 
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS. 
  • Setelah berhasil login, cek simbol 4G Ready pada halaman utama. 
  • Kamu dapat melihat kesiapan dalam menggunakan jaringan 4G LTE dari sisi kartu SIM dan HP. 

3. Cek Jaringan 4G Telkomsel Lewat Pengaturan

Selanjutnya Kamu juga bisa mengeceknya dari menu Pengaturan di HP. Cara ini juga mudah dan praktis, sebab Kamu tidak perlu mengakses internet. Kalau sudah terjangkau jaringan 4G Telkomsel, maka dapat mengaktifkannya. Seperti inilah cara cek jaringan 4G Telkomsel lewat Pengaturan:

  • Buka menu Pengaturan di HP. 
  • Kemudian arahkan ke menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler. 
  • Setelah itu, tap kartu Telkomsel yang Kamu gunakan. 
  • Selanjutnya masuk ke bagian Mode Jaringan SIM. 
  • Kalau di sana ada pilihan 4G atau LTE, berarti sudah terjangkau jaringan tersebut. 

4. Cek Jaringan 4G Telkomsel Lewat Call Center

Daripada bingung untuk cek jaringan 4G, Kamu bisa langsung tanya kepada customer service. Tanyakan apakah di daerahmu sudah terjangkau jaringan tersebut dan bisa digunakan untuk akses internet. Untuk menghubungi call center, lihat panduan di bawah ini:

  • Buka menu Telepon, lalu masukkan nomor call center 188 dari keypad
  • Tekan tombol untuk memanggil. 
  • Tunggu beberapa saat sampai terhubung dengan CS.
  • Setelah itu, tanyakan ketersediaan jaringan 4G di daerahmu. Sebutkan alamat dengan lengkap. 
  • Biasanya Kamu juga diminta menyebutkan nomor Telkomsel dan merek HP. 
  • CS akan menyampaikan informasi yang Kamu butuhkan. 
Terkait:  Cara Jaringan Telkomsel Lancar

5. Cek Jaringan 4G Telkomsel dari Ikon Koneksi

Cara cek jaringan 4G Telkomsel kelima inilah yang paling mudah. Kamu cukup lihat ikon koneksi yang muncul pada bagian atas layar HP. Coba nyalakan koneksi internet, kemudian lihat apakah ada simbol 4G di samping bar sinyal. 

6. Cek Jaringan 4G dengan 4G Coverage

Terakhir, Kamu bisa cek jangkauan sinyal 4G di daerahmu pada halaman 4G Coverage. Masukkan alamat rumah dan lihat apakah terdapat dalam daftar. Jika ada, berarti di wilayahmu sudah tersedia jaringan 4G.

Cara Upgrade Sinyal 3G ke 4G

Sebelumnya sudah dijelaskan cara cek jaringan 4G Telkomsel secara lengkap. Kalau ternyata jaringan ini sudah menjangkau wilayahmu dan memakai HP yang mendukung sinyal 4G, maka bisa meng-upgrade kartu. Ubah kartu yang sebelumnya 3G menjadi 4G.

Kamu dapat beli kartu yang baru atau datang langsung ke GraPARI untuk melakukan upgrade. Jangan lupa membawa dokumen yang diperlukan, biasanya KTP dan KK. Kalau sampaikan kepada petugas jika ingin upgrade kartu dan mengaktifkan jaringan 4G.

Demikian penjelasan cara cek jaringan 4G Telkomsel. Kamu harus tahu apakah bisa menggunakan layanan tersebut agar bisa mengakses internet dengan cepat. Selain lokasi, juga tergantung dengan HP dan jenis kartu. 

Similar Posts