Cara Blast WhatsApp Tanpa Save Nomor

Cara Blast WhatsApp Tanpa Save Nomor: 3 Tahapan

Apakah Kamu pernah mendengar fitur bernama blast WhatsApp? Untuk pelaku bisnis atau industri marketing, tentu tidak asing lagi dengan fitur pengiriman pesan massal tersebut. Jika Kamu tertarik, dapat mencari tahu cara blast WhatsApp tanpa save nomor berikut ini. 

Fitur tersebut memberikan kemudahan jika ingin mengirim pesan hingga 1000 nomor. Tentunya cara seperti ini lebih efektif dan efisien. Menariknya lagi, chat akan diterima seperti WA biasa, sehingga peluang dibaca lebih besar. 

Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan blast WA. Selain itu, diberikan pengertian dan perbedaannya dengan broadcast. Semuanya diuraikan secara lengkap. 

Apa Itu Blast WhatsApp? 

Tapi sebelum menerangkan lebih lanjut tentang cara blast WhatsApp tanpa save nomor, pahami dulu pengertiannya. Seperti yang disebutkan di awal, fitur tersebut berfungsi untuk mengirimkan pesan massal ke ribuan nomor. Chat dapat dikirim meskipun nomor tidak disimpan. 

Fitur blast tersedia secara resmi dalam WhatsApp Business API. Seperti pesan biasanya, chat massal tersebut juga diamankan dengan sistem end-to-end. Jadi tidak akan ada kebocoran data bisnis karena hanya pihak yang terlibat dalam percakapan yang bisa mengetahuinya. 

Perbedaan Blast WhatsApp dengan Broadcast

Bagi orang yang awam, pasti mengira jika fitur ini sama seperti yang terdapat di WhatsApp Messenger dan Business. Padahal, antara blast dan broadcast itu berbeda. Meskipun dari segi fungsi sama-sama untuk mengirimkan banyak pesan secara bersamaan. 

Mengingat sering digunakan dalam bidang marketing, blast tentunya lebih unggul dibandingkan broadcast. Berikut ini dijelaskan beberapa perbedaannya:

  • Limit pengiriman. Perbedaan pertama dari segi batas pengiriman pesan. Untuk broadcast, Kamu hanya bisa mengirimkan ke 256 kontak saja. Sedangkan blast bisa sampai 1000 pesan dalam satu waktu, tergantung pada pihak ketiga yang Kamu gunakan. 
  • Nomor tujuan. Menariknya, memakai blast tidak perlu menyimpan nomor tujuan dan nomormu juga tidak harus disimpan oleh penerima. Lain hal dengan broadcast yang hanya bisa dikirimkan ke daftar kontak saja. 
  • Waktu delay. Kamu tidak dapat melakukan konfigurasi jika mengirim chat dengan broadcast. Jeda waktu pengiriman tidak bisa diatur, karena sudah otomatis. Bahkan terkadang tidak terkirim ke semua pengguna di hari yang sama. Kalau dengan blast, jeda waktu tidak otomatis. 
  • Personalisasi. Perbedaan selanjutnya adalah dengan blast Kamu dapat melakukan personalisasi. Jadi, fitur ini lebih dinamis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan hal tersebut tidak ditemukan jika menggunakan broadcast. 
Terkait:  Cara Ganti No WhatsApp Tanpa Verifikasi? Lihat Penjelasannya

Cara Blast WhatsApp Tanpa Save Nomor

Cara Blast WhatsApp Tanpa Save Nomor
Cara Blast WhatsApp Tanpa Save Nomor

Jika Kamu sedang berusaha mengembangkan bisnis dan ingin menjalin komunikasi yang lebih profesional dengan pelanggan, harus menggunakan blast WhatsApp. Meskipun bagi sebagian orang masih asing, ternyata caranya lumayan mudah. Berikut ini tahapannya:

1. Mendaftarkan Nomor Untuk WhatsApp Business

Cara blast WhatsApp tanpa save nomor yang pertama kali adalah mendaftarkan nomor untuk WA Bisnis. Kamu dapat menggunakan fitur ini jika memiliki akun WhatsApp Business. Jadi, tidak bisa kalau hanya memakai WA Messenger seperti biasa. 

Nomor yang didaftarkan juga berbeda dengan WhatsApp Messenger, melainkan khusus untuk bisnis. Selain itu, jangan mengaktifkan fitur pemblokiran telepon, aplikasi, dan task-killer pada HP. Kalau sudah dipersiapkan, Kamu bisa daftar dengan langkah-langkah berikut:

  • Download WhatsApp Business dari Play Store atau App Store. 
  • Buka aplikasinya setelah diinstal. 
  • Selanjutnya masukkan nomor HP aktif yang digunakan untuk bisnis. 
  • Tekan tombol NEXT
  • Kode OTP akan dikirim ke SMS sebagai langkah verifikasi. Masukkan kode tersebut. 
  • Tulis nama bisnis pada halaman Create your profile. Pastikan menggunakan nama yang sesuai dengan ketentuan WA Business. 
  • Kemudian tentukan kategori yang tepat untuk bisnis. 
  • Lengkap profil yang lain, seperti alamat, jam buka, deskripsi, website, dan email. 
  • Tekan Save untuk menyimpan pengaturan tersebut. 

2. Mendaftarkan Nomor ke Platform Penyedia Blast WhatsApp

Tahapan kedua dari cara blast WhatsApp tanpa save nomor adalah mendaftarkan nomor ke mitra resmi. Fitur ini memang dapat digunakan jika Kamu memiliki akun WA Bisnis. Tapi, masih harus menggunakan WhatsApp Business API dari platform yang menyediakan blast. 

Platform tersebut dibuat oleh pihak ketiga dan sudah mengintegrasikannya dengan WhatsApp Business. Jadi, lewat platform dari mitra resmi itulah Kamu bisa mengirimkan pesan secara massal. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat panduan di bawah:

  • Kamu harus memiliki akun WhatsApp Business API dari Business Solution Provider (BSP). Ada banyak mitra resmi yang bisa ditemukan, baik dalam dan luar negeri. Mungkin Kamu bisa mencari di sini
  • Siapkan nomor WA Bisnis. 
  • Kemudian daftarkan nomor tersebut ke mitra resmi. 
  • Siapkan dokumen yang akan digunakan untuk verifikasi bisnis. 
  • Selanjutnya Kamu harus melakukan verifikasi juga pada Facebook Business Manager. 
  • Jika kesulitan, mitra resmi akan memberikan bantuan. 
  • Tunggu proses verifikasi selesai dan Kamu siap menggunakan fitur blast. 
Terkait:  Cara Backup WhatsApp iPhone

3. Melakukan Konfigurasi di Platform Penyedia Blast WhatsApp

Berikut ini cara blast WhatsApp tanpa save nomor yang merupakan tahapan paling penting. Setelah memiliki akun WA Business API, Kamu masih harus melakukan konfigurasi. Lakukan beberapa pengaturan untuk mengirimkan pesan secara massal ke banyak nomor. 

Untuk konfigurasi sebenarnya akan diberikan panduan oleh BSP yang Kamu pilih. Tapi secara umum, caranya sebagai berikut:

  • Pilih nomor yang akan dikirim pesan blast. Kamu dapat memasukkannya ke daftar secara manual. Tapi ada juga platform yang memungkinkanmu untuk menambahkan nomor yang sudah disimpan di Excel atau CSV. 
  • Buatlah template untuk pesan WA blast. Tentukan apakah isinya informasi penting atau promosi dalam bentuk teks, gambar, video, maupun dokumen. 
  • Isi bagian campaign name dan sender
  • Jangan mencantumkan kalimat hard selling, seperti diskon, buy one get one, dan promo. 
  • Sebaiknya buat template minimal 1×24 jam untuk direview oleh pihak WA. Kalau tidak melanggar ketentuan, Kamu bisa melakukan submit
  • Sistem akan bekerja secara otomatis untuk mengirim pesan di waktu yang sama. 

Manfaat Blast WhatsApp

Dalam dunia bisnis, tentunya blast WhatsApp memberikan manfaat yang besar. Terutama untuk mengenalkan bisnis ke calon pelanggan. Beberapa manfaatnya yaitu:

  • Personifikasi pesan. Manfaat ini membuat pesan terlihat seperti ditujukan untuk orang tertentu. Jadi, penerima merasa pantas untuk mendapatkan content marketing, sehingga hubungan erat bisa terjalin. 
  • Menjangkau banyak pelanggan baru. Bukan hanya pelanggan lama saja, tapi Kamu juga dapat menjangkau masyarakat secara massal yang belum tahu brand-mu. Brand awareness yang meningkat bisa menambah angka penjualan. 
  • Mendapatkan feedback langsung. Ini adalah cara berinteraksi dua arah dengan pelanggan yang efektif, baik membicarakan produk atau meminta feedback. Pelanggan merasa senang jika saran dan kritiknya diterima. 
Terkait:  Cara Agar Notifikasi WhatsApp Muncul: 7 Tips Penting

Apakah Blast WhatsApp Berbayar? 

Perlu Kamu paham juga WA blast itu berbayar. Pihak Meta akan mengirimkan invoice ke email di minggu pertama setiap bulan. Namun Kamu bisa menggunakannya secara gratis untuk 1000 chat pertama tiap bulan. 

Pemakaian gratis tersebut ada batasannya. Jika melebihi kuota, akan dikenakan biaya normal. Biaya tersebut berlaku untuk semua percakapan yang diinisiasi oleh pelanggan maupun pelaku bisnis. 

Demikian adalah penjelasan dari cara blast WhatsApp tanpa save nomor. Dengan fitur ini Kamu bisa kirim banyak pesan secara efisien. Tapi harus memiliki akun dulu lewat mitra resmi WhatsApp Business API. 

Similar Posts