Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik Tanpa Aplikasi

Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik Tanpa Aplikasi

Sering kali Kamu merasa tidak nyaman menggunakan WhatsApp karena ada orang yang mengganggu dan mengirim spam chat. Karena itulah, berikut dijelaskan cara agar WhatsApp tidak terlihat online dan mengetik tanpa aplikasi. Orang lain pasti akan mengira Kamu sedang offline

Biasanya kedua fitur tersebut dapat disembunyikan dengan bantuan WA Mod. Tapi aplikasi ilegal seperti ini membahayakan perangkat dan privasi pengguna. Bahkan diklaim mengambil data-data milik pengguna. Jadi yang paling aman adalah mengaturnya tanpa aplikasi. 

Jika tidak menggunakan aplikasi lain, sebenarnya hanya berupa trik yang membuatmu seolah-olah offline dan tidak menampilkan status mengetik. Meskipun pada kenyataannya saat itu Kamu sedang aktif dan bermain WhatsApp. Berikut cari tahu caranya dan alasan menyembunyikannya. 

Kenapa Membuat WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik? 

Tapi sebelum menerangkan caranya, sebaiknya Kamu pahami dulu kenapa harus menyembunyikan status online dan mengetik. Hal ini bisa menjadi pertimbangan apakah memang perlu tidak menampilkannya. Beberapa alasan pengguna WhatsApp yaitu:

1. Mendapatkan Lebih Banyak Privasi

WhatsApp adalah platform chatting yang digunakan banyak orang. Tidak menutup kemungkinan jika jumlah kontakmu juga banyak. Terkadang salah satu atau beberapa dari nomor tersebut ada yang mengganggu privasimu. 

Karena alasan tersebut, Kamu lebih memilih menghilangkan notif online dan mengetik untuk menjaga privasi. Kamu tentu memiliki hal yang tidak mungkin dibagikan di WhatsApp. Begitu pula dengan privasi masing-masing yang tidak sama.

Terkait:  Cara Ganti No WhatsApp Tanpa Verifikasi? Lihat Penjelasannya

Dengan cara ini, berarti Kamu sudah membatasi diri dari sesuatu yang tidak menjadi kepentingan. Seperti memantau waktu orang lain aktif. Pastinya Kamu juga risih jika terus dipantau dan diganggu dengan spam chat. 

2. Bermaksud Menghargai Orang Lain

Alasan lain membuat WhatsApp seolah-olah offline yaitu untuk menghargai orang lain. Karena dengan cara ini membuatmu lebih paham soal privasinya. Selain itu juga menjadi pilihan bijak saat Kamu tidak dapat membalas chat dengan cepat. 

Kebanyakan orang pasti merasa sakit hati jika pesan tidak dibalas dan saat itu posisinya sedang online. Padahal sebenarnya Kamu memang tidak ada waktu untuk membalasnya. Karena itulah, dikatakan bertujuan untuk menghargainya dan bisa memikirkan balasan yang tepat. 

3. Sedang Sibuk dengan Pekerjaan

Bagi Kamu yang tidak bisa segera membalas chat, sangat tepat untuk tahu cara agar WhatsApp tidak terlihat online dan mengetik tanpa aplikasi. Karena jika menyembunyikan kedua status tersebut, Kamu dianggap sedang offline. Terlebih saat sibuk dengan pekerjaan. 

Langkah ini pun bisa Kamu jadikan cara agar fokus dalam bekerja. Selain itu juga dapat mengutamakan prioritas terlebih dahulu. Kamu pun memiliki jangka waktu lebih lama untuk memikirkan balasan atau memang didiamkan saja. Jadi, orang lain tidak perlu menunggu balasanmu. 

4. Menghindari Banyak Notifikasi

Alasan terakhir adalah menghindari banyak notifikasi. Apabila WA terlihat aktif, orang-orang yang biasa mengganggu akan mengirim pesan. Ketika itu terjadi di waktu bersamaan, membuatmu tidak bisa fokus bekerja atau melakukan aktivitas penting lainnya.

Karena itulah, mematikan status online dan mengetik jadi pilihan tepat. Kamu bisa mengelabui daftar kontakmu agar mereka mengira Kamu offline. Selanjutnya akan lebih fokus dan tidak terlibat dengan pesan yang tidak penting. 

Terkait:  Cara Melihat Status WA Tanpa Berteman

Kekurangan Membuat WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik

Menyembunyikan status online dan mengetik memang dipilih karena beberapa alasan. Kelebihannya bisa menjaga privasi dan membuatmu fokus untuk menjalankan aktivitas. Tapi ternyata, ada beberapa kekurangan yang harus Kamu pertimbangkan. Di antaranya yaitu:

  • Orang lain akan kesal karena tidak mendapatkan kepastian dari pesan yang dikirim. Terlebih lagi saat itu sedang penting. 
  • Dalam dunia kerja, bisa saja dianggap tidak profesional. 
  • Jika memiliki online shop yang terhubung ke WhatsApp, bisa membuatmu kehilangan pelanggan. Karena calon konsumen menganggap akunmu tidak aktif. 
  • Pekerjaan terbengkalai karena urusan pribadi. 

Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik Tanpa Aplikasi

Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik Tanpa Aplikasi
Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik Tanpa Aplikasi

Kalau Kamu ingin menjaga privasi, berikut akan dijelaskan cara-caranya. Tidak perlu menggunakan aplikasi mod yang ilegal dan berbahaya. Kamu bisa mencoba beberapa trik di bawah ini:

1. Membalas Chat dari Panel Notifikasi

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online dan mengetik tanpa aplikasi pertama yaitu dengan membalas chat dari panel notifikasi. Kalau membuka WA pasti akan terdeteksi sedang aktif. Karena itulah, cara ini membuatmu seolah-olah tidak membuka aplikasinya sama sekali. 

Tapi agar cara ini berjalan, harus mengaktifkan pop up notifikasi aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di pengaturan. Karena kalau belum diaktifkan, pesan baru tidak akan muncul pada panel notifikasi. Jika sudah diaktifkan, bisa membalas dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka panel notifikasi, biasanya dengan mengusap layar dari atas ke bawah. 
  • Selanjutnya pilih chat yang hendak Kamu balas. 
  • Tekan dropdown menu yang ada di samping pesan tersebut. 
  • Ketuk opsi Balas
  • Tulisan pesan balasan dan tekan logo pesawat kertas. 

Kalau di HP iPhone ada perbedaan untuk balas pesan WA dari panel notifikasi. Caranya seperti ini:

  • Swipe down layar untuk membuka panel notifikasi. 
  • Berikutnya tahan bubble yang memunculkan chat baru. 
  • Tulis pesan di kolom balasan dan kirimkan. 
Terkait:  Cara Mengunci WA di HP Vivo (6 Metode) Cepat dan Mudah

2. Menyembunyikan Status Terakhir Dilihat

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online dan mengetik tanpa aplikasi kedua dengan mengubah pengaturan terakhir dilihat. Jika fitur ini dimatikan, maka tidak akan ada yang bisa menebak kapan terakhir membuka WhatsApp. Dengan begitu dianggap terus offline

Menonaktifkan terakhir dilihat juga memberikan keleluasaan menggunakan WhatsApp. Kamu dapat memilih untuk chatting dengan orang penting saja. Untuk menyembunyikan status last seen, bisa mengikuti panduan di bawah:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Selanjutnya, pada halaman Chat, tekan titik tiga yang terdapat di kanan atas. 
  • Kemudian masuk ke Setelan
  • Pengaturan dapat dilakukan di menu Privasi
  • Pilih Terakhir dilihat & online untuk mengubah settingan awalnya. 
  • Pada opsi Siapa yang dapat melihat terakhir dilihat saya, ganti dengan Tidak Ada. 

3. Mengganti Status Online

Cara berikutnya dengan mengganti status online. Informasi Kamu sedang aktif biasanya akan muncul di bawah nama kontak saat membuka ruang obrolan. Kalau dimatikan, orang lain tidak bisa melihatnya. 

Ini merupakan trik paling efektif dan penting. Karena bisa diatur langsung di aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp. 
  • Lalu klik titik tiga di kanan atas. 
  • Cari menu Setelan untuk mengubah pengaturan. 
  • Atur di bagian Privasi
  • Buka menu Terakhir dilihat & online.
  • Selanjutnya, ubah bagian Online menjadi Sama seperti terakhir dilihat. 

4. Mematikan Data Seluler

Cara terakhir dengan mematikan data seluler. Lakukan ini saat membuka dan membalas chat. Orang lain tidak akan tahu bahwa Kamu sedang aktif karena tidak ada sambungan internet. 

Chat yang diketik saat data seluler mati akan tetap terkirim setelah Kamu nyalakan. Dengan cara ini juga bisa membalas pesan yang penting saja. Menonaktifkan data seluler di semua HP hampir sama, yakni lewat control panel. 

Itulah cara agar WhatsApp tidak terlihat online dan mengetik tanpa aplikasi. Kamu tidak perlu memakai WA Mod yang berbahaya. Sebaiknya menggunakan beberapa trik di atas supaya dianggap offline terus. 

Similar Posts