Cara Enter di WhatsApp Web Agar Tidak Salah Kirim Lagi 🐧

Cara Enter di WhatsApp Web
Cara Enter di WhatsApp Web

Pindahlubang.com | WhatsApp merupakan media perpesanan yang paling populer saat ini. Bukan hanya digunakan lewat HP, tapi juga laptop dan PC. Salah satunya mengakses melalui browser menggunakan WhatsApp Web. Penggunaannya memang mudah, tapi beberapa orang kesulitan dengan cara enter di WhatsApp Web. 

Meskipun tidak mempengaruhi fitur dalam WhatsApp Web, keberadaan enter sangat penting. Kamu bisa membuat chat yang rapi dan mudah dipahami jika menggunakan enter. Namun ternyata, baris baru di WhatsApp Web tidak dapat dibuat hanya dengan menekan tombol Enter seperti di HP android. 

Read More

Karena alasan itulah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara memunculkan karakter tersebut di WhatsApp Web. Selain itu, diterangkan pula apa saja fungsi yang dimiliki oleh tombol Enter ketika digunakan di WA. Semua dijelaskan secara rinci pada uraian berikut ini. 

Fungsi Tombol Enter di WhatsApp Web

Sebelum menjelaskan cara enter di WhatsApp Web, Kamu bisa simak penjelasan ini terlebih dahulu. Seperti yang disinggung di atas, bahwa akan dijelaskan apa saja fungsi tombol enter ketika dipakai di WA. Mungkin ada beberapa pengguna yang belum mengetahuinya. 

Jadi, tombol enter ketika sudah masuk di WhatsApp, baik versi aplikasi maupun WhatsApp Web, itu ada dua macam fungsi. Pertama digunakan untuk membuat baris baru. Ketika Kamu menekannya, otomatis teks akan turun ke baris bawahnya. 

Fungsi yang pertama ini akan membuat tulisan menjadi rapi. Orang yang menerima chat juga lebih mudah untuk memahaminya. Terlebih lagi pesan panjang yang memiliki banyak karakter. Jika ditulis hanya dengan satu baris, kebanyakan buat bingung dan kurang rapi. 

Terkait:  Cara Agar WhatsApp Web Tidak Keluar Sendiri dengan Keep Me Sign In

Kegunaan enter untuk membuat baris baru juga sama seperti ketika Kamu menggunakannya di aplikasi olah kata atau lainnya. Saat kursor ada di karakter terakhir, lalu di-enter, otomatis berganti ke baris selanjutnya. Sangat praktis untuk menuliskan pesan formal, seperti chat dosen atau atasan. 

Kemudian fungsi yang kedua yaitu untuk mengirim pesan. Kegunaan ini menjadi pengaturan default dari WhatsApp Web. Saat Kamu menekan tombol enter, bukannya membuat baris baru tapi malah berganti send atau mengirimkan pesan tersebut. 

Karena fungsi itulah yang bisa saja membuatmu bingung ketika menggunakan WhatsApp Web. Mungkin Kamu tidak dapat membuat baris baru saat menekan enter. Tapi yang terjadi, pesan malah terkirim padahal Kamu belum selesai mengetiknya. Karenanya, simak penjelasan di bawah ini. 

Cara Enter di WhatsApp Web

Cara Enter di WhatsApp Web
Cara Enter di WhatsApp Web

Berikut ini akan diberikan solusi untuk membuat baris baru atau enter di WhatsApp Web. Bagi pengguna baru, wajib tahu cara enter di WhatsApp Web berikut ini. Karena chat harus dibuat rapi agar lebih mudah dipahami, terlebih saat mengirim pesan dengan suasana formal. Cek dua cara di bawah. 

1. Dengan Kombinasi Tombol

Enter atau baris baru berfungsi untuk membuat chat tampak lebih rapi dan nyaman saat dibaca. Jika pesan panjang ditulis hanya dalam satu baris saja, maka akan lebih sulit dipahami. Bahkan chat yang berderet seperti spam. 

Karena itulah, pastikan Kamu tahu cara enter di WhatsApp Web. Sebenarnya Kamu tidak perlu bingung, karena ternyata membuat teks turun ke baris bawahnya sangat mudah. Hanya saja ada trik khusus agar saat ditekan, tombol enter tidak menjadi send atau mengirim chat. Berikut ini cara lengkapnya:

  • Buat obrolan baru di WhatsApp Web. 
  • Kemudian letakkan kursor di belakang karakter sebelum teks yang ingin dibuat baris baru. 
  • Kalau mengirimkan pesan hanya dengan tekan tombol Enter. Tapi untuk enter, tekan dan tahan tombol Shift
  • Setelah itu, ikuti dengan menekan tombol Enter. Komisi Shift + Enter ini akan membuat baris baru di WhatsApp Web. Kamu bisa langsung cek kalau kursor berpindah ke baris bawahnya. 
Terkait:  Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus

Itu merupakan cara buat enter untuk laptop atau PC berbasis Windows. Beda lagi dengan pengguna perangkat Apple. Untuk memunculkan baris baru, Kamu harus menekan kombinasi tombol Command dan Return secara bersamaan. 

2. Dengan Aplikasi Olah Kata

Selain yang sudah dijelaskan, ternyata ada cara enter di WhatsApp Web lainnya yang menjadi alternatif. Kamu tidak perlu menekan kombinasi tombol Shift dan Enter atau Command dan Return secara bersamaan. Tapi menggunakan aplikasi olah kata untuk menuliskan pesan. 

Caranya yaitu dengan membuat chat dulu di Notepad atau Microsoft Word. Atur tulisan yang rapi dan sekira mudah dipahami oleh penerima pesan. Selanjutnya, tinggal salin pesan tersebut dan paste-kan di chat room WhatsApp Web. Selesai, Kamu bisa buat enter tanpa kesulitan sama sekali. 

Alternatif ini juga menjadi solusi yang tepat untuk menghindari chat terkirim secara tidak sengaja. Mungkin Kamu lupa bahwa tombol Enter di laptop digunakan untuk mengirimkan pesan di WhatsApp Web. Padahal sebenarnya Kamu belum selesai menulis pesan. 

Daripada pesan terkirim dan terpotong sebelum menyelesaikannya, Kamu bisa menggunakan trik satu ini. Kamu pun lebih leluasa untuk memastikan bahwa pesan sudah ditulis dengan benar. Jika ada yang typo juga lebih mudah diperbaiki. 

Bisakah Mengganti Fungsi Tombol Enter di WhatsApp Web? 

Pasti Kamu bertanya-tanya apakah tombol enter di WhatsApp Web itu bisa dibuat seperti yang ada di aplikasi WA android? Yang mana fungsi utamanya untuk membuat baris baru, bukan mengirimkan chat. Jadi lebih mudah dan chat tidak akan terkirim tanpa sengaja. 

Memang kalau aplikasi WA yang ada di HP android bisa mengubah fungsi tombol enter. Kamu dapat membuatnya untuk mengirimkan pesan arah membuat baris baru. Caranya dengan masuk ke menu Setelan, lalu memilih Chat, dan aktifkan Enter Untuk Mengirim. 

Terkait:  Cara Membuka Whatsapp di Laptop

Sayangnya, menu tersebut tidak ada di WhatsApp Web. Kamu tidak dapat mengubah fungsi tombol enter untuk membuat baris baru. Kegunaan utama tombol enter di WA Web yaitu send atau mengirimkan chat. Ini merupakan pengaturan default yang tidak bisa Kamu ganti. 

Solusi Jika Tombol Shift Tidak Berfungsi

Kamu sudah tahu bahwa fungsi enter di WhatsApp Web diganti dengan menekan Shift dan Enter secara bersamaan. Tapi bagaimana jika tombol Shift tidak berfungsi? Bukan hanya tidak bisa membuat baris baru, pastinya juga mengganggu produktivitas. 

Tenang saja jika Kamu mengalami permasalahan tersebut. Gunakan saja software AutoHotKey yang berguna memetakan fungsi kunci yang rusak ke kunci lain. Contohnya mengganti Shift dengan Ctrl atau sebaliknya. Seperti inilah caranya:

  • Install dulu software AutoHotKey
  • Pada beranda desktop, klik kanan. 
  • Pilih opsi Baru
  • Kemudian klik Text Document. 
  • Ketik script RCtrl::LShift di jendela aplikasi Notepad yang muncul. 
  • Simpan dan berikan format .ahk setelah nama file. 
  • Kemudian klik dua kali ikon yang muncul di desktop. 

Script tersebut memberikan perintah pada perangkat untuk mengubah Ctrl kanan menjadi Shift yang rusak. Jadi, jika ingin membuat baris baru dengan menekan Ctrl (kanan) + Enter. 

Itulah cara enter di WhatsApp Web. Fungsi tersebut bisa dibuat dengan menekan kombinasi tombol. Jika khawatir pesan terkirim tanpa sengaja, dapat menulisnya dulu di aplikasi olah kata. 

Related posts