Home » Biaya » Biaya Bangun Rumah Ukuran 7×9

Biaya Bangun Rumah Ukuran 7×9

Pada dasarnya biaya bangun rumah ukuran 7×9 akan selalu menyesuaikan dengan luas tanah dan bangunan yang bakal kalian bangun. Selain itu, kami beritahu harga lahan atau tanah akan selalu berbeda antar setiap wilayah di Indonesia.

Rumah berukuran 7×9 juga bisa menghasilkan dua atau tiga kamar yang cukup jarang ditemui sekarang. Kamu bisa mengusung tema modern dan minimalis untuk rumah ukuran 7×9 yang akan ditempati bersama keluarga.

Beberapa orang mengklaim bahwa rumah ukuran 7×9 dinilai sebagai struktur bangunan ideal. Hal ini dikarenakan konstruksinya mampu dibuat ke dalam dua lantai maupun rumah tingkat lainnya. Di samping itu pula kalian bisa menambah satu atau dua ruang sesuai kebutuhan masing-masing.

Ruangannya bisa dimanfaatkan sebagai kamar tidur sampai kamar mandi yang minimalis. Konsep elegan nan modern bakal memberi kesan mewah meski rumahnya tidak terlalu besar.

Walaupun dinilai modern dan luas, namun hasil akhirnya ditentukan dari sistem pengerjaan dan bahan material yang digunakan. Maka dari itu, kalian harus mempunyai daftar perencanaan alias RAB rumah ukuran 7×9 sejak saat ini.

Hal ini dikarenakan RAB maupun rincian biaya pembangunan rumah berukuran 7×9 bakal kalian gunakan sebagai acuan utama dalam mengarahkan tukang bangunan. Kamu juga bisa tahu estimasi anggaran dan waktu pengerjaannya.

Biaya Bangun Rumah Ukuran 7×9

Biaya Bangun Rumah Ukuran 7x9

Biaya Bangun Rumah Ukuran 7×9

Masyarakat Indonesia biasanya selalu membangun hunian pribadi berkonsep minimalis. Bagaimana tidak, siapapun yang mengusung tema ini biasanya cukup membutuhkan luas tanah secukupnya karena ruangan yang digunakan tidak terlalu banyak.

Di sisi lain pun rumah minimalis berukuran 7×9 hanya bisa memanfaatkan titik tertentu yang bakal dipakai untuk kamar utama, kamar mandi sampai ruang tamu. Kamu juga bisa menambah satu lantai tanpa meninggalkan akses minimalisnya.

Untuk merealisasikan pembangunan rumah minimalis 7×9, maka kamu bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini hingga akhir. Kamu juga bakal tahu rincian biaya yang dibutuhkan dalam memberi upah jasa tukang bangunan yang diandalkan.

Kami juga bakal menguraikan nama-nama bahan material yang pasti dibutuhkan untuk merancang dan membangun rumah berukuran 7×9. Siapapun yang membangun rumah juga harus siapkan budgetnya sebelum proses pengerjaannya.

Biaya Bangun Rumah Ukuran 7×9, Estimasi Biaya dan Waktu Terbaru

Kamu akan bingung bahkan tidak tahu mengenai estimasi biaya dan waktu pembangunan rumah ukuran 7×9. Maka dari itu, kamu tidak bisa melakukan perencanaan seorang diri karena pemilik rumah harus melibatkan salah satu pihak yang berpengalaman di bidangnya.

Kamu bisa meminta bantuan arsitek, kontraktor atau jasa tukang bangunan terpercaya. Mereka akan membantu kalian mengusung konsep bangunan, serta menentukan budget yang dibutuhkan.

Mereka juga tidak segan bertanya kepada kalian soal tampilan rumah yang bakal dihuni, apakah satu atau dua lantai. Untuk meminimalisir dana pembangunan, maka kamu bisa melihat jumlah anggota keluarga terlebih dahulu.

Apabila kamu punya empat orang dalam satu keluarga, kami sarankan kamu membangun rumah berukuran 7×9 satu lantai. Namun, andaikan keluargamu berjumlah lebih dari 4 orang bisa mengusung konsep dua lantai pada rancangannya.

Biaya Bahan Material

Apabila kamu sudah mengusung konsep rumahnya, maka kamu bisa melanjutkan ke tahap perhitungan biaya bahan material. Umumnya bahan bangunan yang kalian butuhkan adalah semen, pasir, batu kerikil, batu bata, plester, pengacian dan lainnya.

Apabila rumah ukuran 7×9 kamu menerapkan satu lantai, maka kamu bisa menyiapkan budget sebesar Rp.15 juta s/d Rp.20 juta. Kamu bisa memisahkannya untuk dikonsultasikan kepada kontraktor sebelum pembeliannya nanti.

Biaya Instalasi Listrik dan Air

Tak bisa dipungkiri sebuah rumah pasti membutuhkan air dan listrik. Kamu bisa menganalisa bahan-bahan yang dibutuhkan seperti peralon, sampai jasa instalasi air dan listriknya. Namun, kami tegaskan pemasangan listrik belum termasuk listrik baru dari PLN.

Kamu cukup menyisihkan budget sebesar Rp.20 juta secara keseluruhan. Kamu juga bisa mendatangi Kantor Cabang PLN terdekat pasca pembangunan rumah. Instalasi air dan listrik biasanya tidak memakan waktu lebih dari 3 hari.

Biaya Tukang Bangunan

Kamu harus mempertimbangkan jasa tukang bangunan yang akan diandalkan dalam pengerjaan rumah berukuran 7×9. Jika kamu memilih arsitek, maka kamu harus menyiapkan budget besar untuk membayar tenaga mereka. Arsitek akan meminta honor atas kinerja mereka sebesar < 10% dari jumlah anggaran keseluruhan.

Contohnya bila kamu punya anggaran membangun rumah senilai Rp.100 juta, maka kamu bisa membayar arsitek sebesar Rp.10,000,000. Sementara itu, kamu juga bisa mengandalkan jasa tukang bangunan harian atau borongan. Siapa saja yang memilih tukang bangunan bersistem harian harus membayar Rp.70,000 s/d Rp.100,000 per orang.

Apabila kamu memanfaatkan tiga orang, maka kamu bisa sisihkan budget sebesar Rp.210,000 s/d Rp.300,000 per hari (berdasarkan kinerja). Akan tetapi, kamu bisa mengandalkan jasa tukang bangunan bersistem borongan, harganya lebih murah dengan pengerjaan lebih cepat.

Biaya Lain-lain

Tak menutup kemungkinan kamu bakal menemukan hal-hal penting diluar prediksi dari pembangunan rumah. Kamu mungkin ingin menambahkan kesan berbeda bagi rumah berukuran 7×9 seperti taman atau kebun mini di halaman depan.

Oleh karena itu, sisihkan uang sedikit untuk mewujudkannya. Kamu cukup memaksimalkan budget hingga Rp.10 juta dalam pembuatan taman. Taman ini bisa kalian simpan di dalam atau luar ruangan sesuai kebutuhan.

Kamu juga bisa memanfaatkan budget tersebut untuk menciptakan ruangan khusus anak-anak bermain. Akan tetapi, kamu harus meminimalisir salah satu ruangan yang tidak terlalu penting seperti dapur yang diperkecil. Tak mustahil anak-anak kalian butuh ruang khusus bermain daripada berkeliaran di luar rumah.

Jangan lupa menambahkan sekat untuk memberi tampilan minimalis bagi ruang tambahan agar tidak dapat menyatu dengan ruangan pribadi atau umum.

Berapa Perhitungan Biaya Bangun Rumah 7×9 Minimalis Satu Lantai?

Jika kamu menargetkan rumah ukuran 7×9 dibangun dalam kurun waktu sebulan (dipotong libur 5 hari), maka kamu bisa menggaji tukang bangunan borongan per meternya.

Namun, andaikan kamu memilij tukang bangunan harian, maka kamu bisa menghitungnya seperti berikut : Rp.210,000 x 3 = Rp.630,000. Rp.630,000 x 25 = Rp.15,750,000. Kamu bisa menambahkannya dengan anggaran lain, yaitu Rp.15,750,000 + Rp.20,000,000 + Rp.20,000,000 + Rp.10,000,000 + Rp.10,000,000 = Rp.75,750,000.

Bisakan Bangun Rumah Ukuran 7X9 Dibawah Rp 100 Juta?

Semua orang bisa membangun rumah ukuran 7×9 minimalis satu lantai dengan budget maksimal Rp.100 juta. Kamu bisa mengambil sampel yang sudah kami sampaikan di atas sebagai referensinya.

Kami sarankan kamu mengandalkan jasa tukang borongan lantaran upahnya dihitung per meter persegi, sedangkan mereka tahu estimasi waktu sesungguhnya untuk mengerjakan bangunannya. Tujuannya supaya kamu bisa menghemat anggaran pembangunannya.

Demikian pembahasan mengenai biaya bangun rumah ukuran 7×9 minimalis satu lantai yang bisa menginsiprasi kalian. Jangan pernah berasumsi rumah konsep ini butuh anggaran lebih dari Rp.100 juta.

Contoh RAB di atas membuktikan rumah berukuran 7×9 satu lantai juga bisa dirancang hanya dengan bermodalkan Rp.100 juta saja. Kamu juga bisa meminimalisir penggunaan ruang untuk menciptakan kesan luas dengan menambah sekat yang memisahkan ruang tertentu.