Cara Cek Kartu 4G Telkomsel

Cara Cek Kartu 4G Telkomsel dengan 5 Metode Berikut Ini!

Sudahkah Kamu menggunakan kartu 4G? Ataukah Kamu tidak tahu jaringan apa yang mampu ditangkap oleh kartu tersebut? Jika belum, Kamu harus tahu cara cek kartu 4G Telkomsel berikut ini. Jenis jaringan ini memiliki banyak kelebihan. 

4G merupakan jaringan generasi keempat yang lebih cepat dan stabil dibandingkan 3G. Kamu bisa mengecek kesiapan jaringan 4G secara mandiri. Kalau ternyata masih 3G, bisa segera meng-upgrade kartu agar mendapatkan pengalaman lebih baik. 

Selain menjelaskan cara untuk cek kartu 4G atau belum, akan diterangkan pula cara mengaktifkannya di HP. Di samping itu juga diterangkan apa saja kelebihan dari 4G. Lihat penjelasannya di bawah ini. 

Cara Cek Kartu 4G Telkomsel

Cara Cek Kartu 4G Telkomsel
Cara Cek Kartu 4G Telkomsel

Kamu bisa cek kartu Telkomsel 4G dengan berbagai cara. Bisa melihatnya dengan kode USSD, lewat menu Pengaturan, maupun aplikasi MyTelkomsel. Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

1. Cek Kartu 4G dengan Kode USSD

Kamu bisa melihat kesiapan 4G dari kartu Telkomsel menggunakan kode USSD. Cukup masukkan kodenya di menu Telepon, kemudian cari menu untuk mengecek kartu. Nantinya akan ada informasi kalau kartu sudah support 4G. Berikut ini cara cek kartu 4G Telkomsel lewat kode USSD:

  • Buka aplikasi Telepon yang ada di HP. 
  • Selanjutnya masukkan kode *888*47# pada papan telepon. 
  • Kemudian tekan OK atau ikon untuk memanggil. 
  • Pada beberapa opsi yang ditampilkan, tulis angka 1 untuk Cek Kartu. 
  • Berikutnya akan diberikan informasi apakah kartumu sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Jika tidak mendapatkan informasi tersebut, berarti masih 3G.
Terkait:  Cara Menggunakan Kuota MAXstream Telkomsel

2. Cek Kartu 4G di Pengaturan

Cara cek kartu 4G Telkomsel selanjutnya dari menu Pengaturan. Dari menu tersebut, Kamu bisa lihat jenis jaringan yang dapat ditangkap oleh SIM card tersebut. Kalau ternyata di lokasimu juga sudah ter-cover, bisa dipastikan kalau kartunya 4G.

Memang untuk menggunakan SIM card 4G ditentukan oleh faktor lokasi juga. Karena ada beberapa daerah yang ternyata belum terjangkau sinyal 4G, terutama wilayah terpencil. Kamu bisa memastikannya dengan cara berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP. 
  • Kemudian arahkan ke menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler. 
  • Setelah itu, tap kartu Telkomsel yang Kamu gunakan. 
  • Selanjutnya masuk ke bagian Mode Jaringan SIM. 
  • Kalau di sana ada pilihan 4G atau LTE, berarti sudah terjangkau jaringan tersebut. 

3. Cek Kartu 4G di Signal Bar

Berikut ini cara yang paling mudah untuk memastikan kalau kartu Telkomsel milikmu sudah 4G. Kamu tidak perlu buka menu Pengaturan maupun mendial kode USSD, melainkan cukup lihat ikonnya di signal bar. Caranya pertama kali aktifkan dat seluler dari SIM card tersebut. 

Setelah tersambung ke internet, akan ada ikon jaringan yang dapat di-cover kartu Telkomsel. Kalau memang sudah 4G, maka terlihat tandanya di sebelah kiri signal bar. Saat data seluler dimatikan, simbol tersebut akan hilang. 

Menggunakan jaringan 4G untuk akses internet tentunya lebih cepat. Kamu tidak akan merasakan proses loading yang lama. Selain itu, saat menonton film atau live streaming tidak terkendala buffering yang biasanya terjadi pada sinyal 3G.

4. Cek Kartu 4G di Halaman 4G Coverage

Cara cek kartu 4G Telkomsel lainnya yang dapat Kamu coba yaitu lewat halaman 4G Coverage. Halaman tersebut sebenarnya untuk melihat ketersediaan jaringan 4G di tempat tinggalmu. Jika lokasinya sudah ter-cover, itu artinya kartu dapat menangkap sinyal 4G.

Terkait:  7+ Cara Bon Pulsa Telkomsel 😋 (Yang Benar) Tercepat

Pengecekan dilakukan secara online dengan masuk ke halaman 4G Coverage. Setelah itu, masukkan tempat tinggalmu dalam kolom dan telusuri. Jika setelah pengecekan masuk dalam daftar, maka bisa dipastikan sudah terjangkau jaringan 4G. Kalau belum ada, maka Kamu bersabar dulu.

5. Cek Kartu 4G di Aplikasi MyTelkomsel

Provider Telkomsel memiliki aplikasi resmi yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan dan promo terbaru bernama MyTelkomsel. Di aplikasi tersebut, Kamu juga dapat mengecek apakah SIM card yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G. Berikut ini cara cek kartu 4G Telkomsel dengan MyTelkomsel:

  • Download dan instal aplikasi MyTelkomsel
  • Buka aplikasinya dan login dengan nomor Telkomsel. 
  • Ceklis kolom Syarat dan Ketentuan. 
  • Cek SMS berisi kode verifikasi dan masukkan ke kolom yang disediakan. 
  • Setelah berhasil login, cek simbol 4G Ready pada halaman utama. 
  • Kamu dapat cek kesiapan menggunakan jaringan 4G LTE dari sisi kartu SIM dan ponsel. 

Kelebihan Kartu 4G Telkomsel

Hampir semua kartu Telkomsel dan ponsel keluaran baru sudah mendukung sinyal 4G. Itu artinya, Kamu tidak perlu lagi akses internet dengan jaringan 3G yang biasanya lemot. Kalau dibandingkan 3G, tentu jaringan generasi keempat ini punya banyak kelebihan. Di antaranya sebagai berikut:

  • Streaming anti macet-macet. Kelebihan dari kartu 4G Telkomsel dapat Kamu rasakan saat streaming. Kamu bisa nyaman nonton film atau tayangan live. Dengan jaringan ini, waktu pemuatan lebih cepat dan tidak macet-macet, alias anti buffering
  • Lebih cepat. Jika berbicara kecepatan, tentu 4G jauh lebih unggul dibandingkan dengan 3G. Kartu memiliki kecepatan upload mencapai 75 Mbps dan download sampai 300 Mbps. Karena itulah, proses mengunggah konten akan lebih cepat selesai. 
  • Video call tidak macet. Bagi Kamu yang sering Work from Home, internet tentu jadi kebutuhan penting. Pasalnya, semua rapat dilakukan secara online dan butuh koneksi yang cepat. Kamu bisa video call atau meeting online dengan nyaman karena memakai kartu 4G.
  • Memberikan pengalaman terbaik. Dengan semua kelebihan tersebut, tentunya 4G Telkomsel mampu memberikan pengalaman terbaik. Pelanggan lebih nyaman memakai kartu tersebut. 
Terkait:  7 Cara Daftar Kuota Telkomsel yang Mudah Anti Ribet

Cara Mengaktifkan Kartu 4G Telkomsel

Mulai sekarang, sebaiknya Kamu segera beralih ke sinyal 4G dan menjadikannya koneksi utama di HP. Terutama kalau banyak kegiatan yang mengharuskanmu tersambung ke internet. Sebelum mengaktifkan 4G Telkomsel, ada tiga hal yang wajib diperhatikan, yaitu:

  • Menggunakan kartu USIM, yakni SIM card yang sudah mendukung jaringan 4G.
  • Memakai HP yang memang support dengan jaringan tersebut. Biasanya ponsel-ponsel lama hanya bisa akses jaringan 3G saja. 
  • Berada di lokasi yang memang ter-cover jaringan 4G. Meskipun sudah tersebar luas, tapi mungkin ada daerah yang belum bisa mengakses sinyal 4G. Contohnya di daerah-daerah pedalaman. 

Jika ketiganya sudah dipastikan, Kamu bisa meng-upgrade kartu yang sebelumnya 3G menjadi 4G. Kalau tidak mau ganti nomor baru, Kamu dapat datang langsung ke GraPARI terdekat dan minta bantuan petugas. Selain itu bisa migrasi secara online lewat alamat https://tsel.me/gantikartu

Kalau sudah upgrade, aktifkan dan kunci jaringan 4G agar tidak berubah. Seperti inilah caranya:

  • Buka menu Setting di HP. 
  • Lalu masuk ke menu Mobile Networks. 
  • Selanjutnya tap opsi Preferred Network Type. 
  • Pilih Preferred LTE. 

Demikian penjelasan cara cek kartu 4G Telkomsel. Kamu harus memastikan kalau SIM card sudah menggunakan jaringan tersebut agar bisa akses internet dengan nyaman. Kalau ternyata kartunya masih 3G dapat upgrade dan mengaktifkannya di HP. 

Similar Posts