Cara Cek Mbps WiFi IndiHome

6 Cara Cek Mbps WiFi IndiHome dengan SpeedTest dan Lainnya, Mudah!

Kecepatan koneksi WiFi menjadi faktor penting untuk memastikan pengalaman internet yang optimal. Bagi pengguna IndiHome, penting untuk mengetahui berapa kecepatan Mbps internet yang digunakan. Cara cek Mbps WiFi IndiHome bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jika kamu ingin mengecek kecepatan Mbps WiFi IndiHome di rumah atau lainnya, simak tutorialnya di bawah ini.

Sekilas Tentang IndiHome

IndiHome adalah sebuah layanan telekomunikasi dan internet yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom). IndiHome menyediakan layanan internet WiFi, TV kabel, telepon rumah, dan lainnya melalui jaringan fiber optic dan infrastruktur kabel milik Telkom.

Layanan IndiHome dapat diakses oleh rumah tangga dan bisnis di Indonesia. Melalui layanan IndiHome, pelanggan dapat menikmati akses internet yang stabil dan cepat, layanan TV berkualitas, serta layanan telepon yang andal. IndiHome juga terus mengembangkan layanan tambahan seperti layanan streaming, keamanan rumah pintar, dan fitur lainnya untuk memenuhi kebutuhan digital pengguna.

Sebagai penyedia layanan telekomunikasi dan internet terkemuka di Indonesia, IndiHome telah menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat untuk mendapatkan koneksi internet yang handal dan berkualitas. Telkom, melalui merek IndiHome, terus berupaya meningkatkan jangkauan dan kualitas layanan mereka guna memberikan pengalaman internet yang optimal bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Cara Cek Mbps WiFi IndiHome

Cara Cek Mbps WiFi IndiHome
Cara Cek Mbps WiFi IndiHome

IndiHome menawarkan berbagai paket dan opsi layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, termasuk kecepatan internet yang berbeda, paket TV kabel dengan berbagai saluran, dan opsi layanan telepon yang komprehensif.

Kecepatan internet yang berbeda ini disesuaikan dengan paket yang dipilih. Semakin besar kecepatan Mbps yang dipilih, semakin cepat juga koneksi internet yang didapatkan.

Terkait:  Cara Bayar WiFi IndiHome di Indomaret dan Alfamart, Mudah!

Mbps adalah kepanjangan dari Megabit per second atau detik. Mbps merupakan satuan pengukuran kecepatan koneksi internet. Mengetahui berapa Mbps IndiHome dapat membantu untuk memahami dan mengukur kecepatan koneksi internet layanan ini.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara cek Mbps WiFi IndiHome yang bisa dilakukan.

1. Aplikasi MyIndiHome

Cara yang pertama adalah melalui aplikasi resmi milik IndiHome, yaitu MyIndiHome. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengakses berbagai informasi dan layanan WiFi IndiHome yang kamu gunakan. Aplikasi MyIndiHome dapat diinstal di Play Store maupun App Store secara gratis. Untuk langkah-langkah mengecek kecepatan Mbps IndiHome lewat MyIndiHome adalah sebagai berikut.

  • Pastikan untuk menginstalnya terlebih dahulu jika belum memiliki aplikasi MyIndiHome. Selanjutnya, daftar akun dan ikuti instruksi hingga berhasil.
  • Buka aplikasi MyIndiHome.
  • Login akun dengan memasukkan nomor telepon atau email yang sebelumnya sudah didaftarkan..
  • Pilih menu Lainnya yang terletak di bagian kanan bawah pada halaman utama aplikasi.
  • Klik opsi Informasi Layanan.
  • Pada layar akan muncul detail informasi terkait paket WiFi yang digunakan dan kecepatan Mbps.

2. Website IndiHome

Cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome lainnya adalah melalui situs web resmi IndiHome. Ini bisa jadi solusi jika tidak memiliki aplikasi MyTelkomsel di HP.

Untuk langkah-langkah cara cek kecepatan Mbps WiFi Indihome yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi laman indihome.co.id lewat browser di HP atau laptop.
  • Klik tombol masuk ke myIndiHome yang ada di sebelah kanan.
  • Layar akan diarahkan ke halaman login akun IndiHome.
  • Selanjutnya, masukkan nomor ponsel atau email (yang terdaftar pada layanan IndiHome). Apabila kamu belum memiliki akun, silakan daftar terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil login, klik  tombol Informasi Layanan pada halaman utama website.
  • Terakhir, semua informasi paket IndiHome kamu akan ditampilkan termasuk kecepatan Mbps.
Terkait:  Cara Cek Speed IndiHome yang Akurat dan Cepat

3. Call Center IndiHome

Cara lain yang tak kalah mudah untuk mengecek Mbps WiFi IndiHome adalah dengan menghubungi call center.

IndiHome menyediakan layanan call center yang siap melayani berbagai kendala yang dialami para pelanggan. Call center IndiHome tersedia di berbagai platform media sosial, khususnya Twitter dan Instagram.

Kamu cukup menghubungi akun resmi call center IndiHome di Twitter atau Instagram, @indihomecare.

Sampaikan keluhan kamu seperti ingin mengetahui kecepatan Mpps dan lainnya lewat Direct Message ke akun resmi IndiHome, @indihomecare. Nantinya, call center IndiHome di akun media sosial tersebut akan membantu pelanggan dalam menangani berbagai kendala yang sedang dialami.

4. SpeedTest

Jika menurutmu ketiga cara di atas ini kurang praktis dan cenderung agak ribet, maka bisa mencoba yang satu ini. Jadi, kamu bisa mengecek kecepatan internet, termasuk WiFi IndiHome lewat Speedtest.

Dalam hal mengecek kecepatan koneksi internet, nama Speedtest memang sudah tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya.

Bagi yang belum tahu, Speedtest adalah sebuah platform yang digunakan untuk menguji kecepatan koneksi internet. Platform ini dikembangkan oleh Ookla yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan unduh (download) dan unggah (upload) koneksi internet.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Ikuti panduannya di bawah ini.

  • Kunjungi situs web resmi SpeedTest di alamat https://www.speedtest.net/id lewat browser HP. Atau kamu bsia mencarinya lewat Google.
  • Pada beranda website SpeedTest, tekan tombol Mulai.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan kecepatan internet Indihome kamu selesai.
  • Nantinya, pada layar akan ditampilkan hasil kecepatan wifi Indihome yang digunakan baik kecepatan unduh (download) dan kecepatan unggah (upload) dalam Mbps.

Speedtest tidak hanya menampilkan berapa kecepatan WiFi IndiHome, tapi juga menyertakan informasi operator (ISP) yaitu PT Telekomunikasi Indonesia beserta PING dan IP Address.

Terkait:  Cara Hutang Kuota Indosat

5. Fast.com

Sama seperti Speedtest, Fast.com juga sebuah platform yang memungkinkan kamu untuk mengukur kecepatan internet. Platform ini dikembangkan oleh Netflix. Fast dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengukur kecepatan jaringan internet dengan mudah.

Fast bisa diakses lewat Hp maupun laptop. Kamu hanya perlu mengunjungi website resminya untuk mengecek kecepatan internet secara otomatis. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama, kunjungi website Fast atau langsung klik link Iki https://fast.com/id/ lewat browser laptop atau HP.
  • Fast akan secara otomatis mengecek kecepatan internet begitu kamu mengqkses situs tersebut.
  • Tunggu proses pengecekan kecepatan internet WiFi IndiHome hingga selesai 
  • Selanjutnya akan ditampilkan informasi berapa kecepatan WiFi Indihome yang kamu gunakan dalam Mbps.
  • Terakhir, klik tombol Informasi selengkapnya untuk melihat informasi lain secara terperinci  mengenai kecepatan WiFi IndiHome kamu.

6. Speedcheck

Selain Speedtest dan Fast, kamu juga bisa menggunakan website satu ini untuk mengecek Mbps WiFi rumah atau kecepatan koneksi internet yang sedang digunakan. Berikut langkah-langkah mengecek Mbps WiFi IndiHome lewat Speedcheck, antara lain:

  • Kunjungi website Speedcheck atau langsung klik alamat ini https://www.speedcheck.org/ lewat browser laptop atau HP.
  • Klik tombol Start Test untuk memulai pengukuran kecepatan koneksi.
  • Tunggu proses pengecekan kecepatan internet WiFi IndiHome hingga selesai.
  • Selanjutnya akan ditampilkan hasil kecepatan internet WiFi Indihome yang digunakan dalam Mbps, seperti Upload, Download, Latency, dan lainnya.

Itulah 6 cara cek Mbps WiFi IndiHome lewat aplikasi dan tanpa aplikasi. Mudah sekali, bukan?

Similar Posts