Cara Daftar IMEI iPhone Gratis

Cara Daftar IMEI iPhone Gratis yang Wajib Kamu Ketahui

Pindahlubang.com | International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk slot kartu HP. Setiap ponsel, termasuk iPhone wajib mendaftarkan IMEI-nya. Terutama yang dibeli dari luar negeri. Berikut dijelaskan cara daftar IMEI iPhone gratis yang harus Kamu ketahui. 

Kamu wajib mendaftarkan IMEI iPhone supaya bisa memakai SIM card Indonesia. Selain itu, masih ada alasan lain pentingnya memiliki IMEI terdaftar. Di sini akan dijelaskan pula bagaimana caranya agar ponselmu tercatat resmi. Berikut uraiannya. 

Syarat dan Ketentuan Daftar IMEI iPhone

Tapi sebelum menerangkan cara daftar IMEI iPhone gratis, ada baiknya Kamu menyimak penjelasan ini. Terlebih dahulu, pahami apa saja syarat dan ketentuan mendaftarkan IMEI secara mandiri. Khususnya iPhone ex inter yang Kamu beli dari luar negeri. 

Persyaratan ini sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan, tepatnya Nomor 203/PMK.04/2017. Dijelaskan secara rinci dalam bab Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut. Kurang lebih, seperti inilah syarat dan ketentuannya:

  • Jumlah iPhone yang dibeli dan dibawa ke Indonesia maksimal dua unit. 
  • Untuk nilai dari kedua unit tersebut tidak lebih dari 500 dolar AS. Mungkin setara kira-kira Rp7,3 juta (tergantung kurs dolar AS saat ini). Ketentuan ini berlaku baik iPhone dikirim lewat jasa ekspedisi maupun handcarry (dibawa sendiri). 
  • Kalau melebihi jumlah unit yang sudah ditetapkan, maka kelebihannya itu akan disita. 
  • Apabila kelebihan nilai, maka Kamu akan dikenai pajak PPN sebesar 10 persen dan PPh 7,5 persen dari harga awal barang. 
  • iPhone yang masuk ke Indonesia melalui perusahaan ekspedisi, maka akan dilakukan registrasi IMEI oleh perusahaan jasa kiriman tersebut melalui Bea Cukai. 
  • Bagi turis asing, tidak perlu melakukan registrasi IMEI jika ingin menggunakan kartu SIM Indonesia. Cukup datang ke gerai seluler untuk daftar dan mendapatkan akses selama 90 hari. 
Terkait:  Cara Hapus Kontak di Iphone

Cara Daftar IMEI iPhone Gratis

Cara Daftar IMEI iPhone Gratis
Cara Daftar IMEI iPhone Gratis

Kalau Kamu sudah paham mengenai syarat dan ketentuan di atas, sekarang akan diterangkan bagaimana cara daftar IMEI iPhone gratis. Sebenarnya registrasi IMEI dilakukan ketika Kamu masih berada di kawasan pabean. Tepatnya tidak lama sejak kedatangan perangkat dari luar negeri. 

Tapi kalau sudah keluar dari kawasan pabean, maka harus melakukan pendaftaran ke Kantor Bea Cukai terdekat. Pendaftaran ini akan dilayani paling lambat 60 hari sejak kedatangan. Sebelum itu, Kamu perlu membuat registrasi online dengan dua cara berikut ini:

1. Daftar IMEI iPhone di Situs Web Resmi Bea Cukai

Sebelum datang ke kantor Beas Cukai, Kamu bisa melakukan registrasi online dulu di situs web resminya. Cara ini pastinya jauh lebih mudah, karena mempersingkat proses ketika ada di kantor. Apalagi bisa Kamu lakukan dari mana saja, asal memiliki sambungan internet. 

Proses registrasi ini gratis. Biaya mungkin diperlukan ketika Kamu ada di kantor Bea Cukup dengan rincian sesuai perangkat yang Kamu bawa. Karena itulah, sudah dikatakan bahwa membawa perangkat telekomunikasi dari luar negeri tidaklah simpel jika ingin terdaftar secara resmi. 

Sebelum melakukan langkah-langkah dari cara daftar IMEI iPhone gratis, Kamu harus tahu berapa nomor identitas tersebut. Nomor ini diperlukan ketika Kamu mengisi data barang saat pendaftaran. Berikut ini cara melihat nomor IMEI HP iPhone ex inter:

  • Buka menu Pengaturan HP iPhone. 
  • Kemudian masuk ke bagian Umum
  • Selanjutnya arahkan ke menu Tentang
  • Coba cek bagian nomor seri HP. Nomor IMEI/MEID dan ICCID biasa berada di bagian bawah. 

Apabila Kamu sudah mencatat nomor IMEI, baru bisa melakukan registrasi. Kamu bisa daftar dari perangkat apa saja, baik ponsel maupun laptop. Agar tidak keliru, cek langkah-langkahnya di bawah ini. 

Terkait:  Cara Beli iPhone di iBox dan Daftar Harga Terbaru
Langkah-Langkah Daftar IMEI iPhone Via Web Bea Cukai
  1. Akses https://www.beacukai.go.id/register-imei.html melalui browser apa saja yang Kamu gunakan.
  2. Jika sudah berada di halaman IMEI Registration Form Bea Cukai, saatnya mengisi data diri. Ikuti instruksi sesuai kolom yang disediakan.
  3. Kemudian masukkan data barang pada halaman selanjutnya.
  4. Kamu juga diminta konfirmasi pengiriman jika ada.
  5. Jangan lupa masukkan nomor IMEI yang sebelumnya sudah Kamu cek.
  6. Upload Surat Karantina Kesehatan (jika ada).
  7. Lalu Isi kode captcha yang ditampilkan pada layar.
  8. Setelah itu, tekan tombol Send.
  9. Tunggu kode QR dan Registration ID muncul.
  10. Datang ke kantor Bea Cukai untuk scanning kode di bagian pemeriksaan.
  11. Dapatkan persetujuan dari pejabat Bea Cukai.

2. Daftar IMEI iPhone Via Aplikasi Bea Cukai

Selain lewat situs web, cara daftar IMEI iPhone gratis juga bisa dilakukan via mobile app bernama Bea Cukai. Tapi aplikasi ini dapat berjalan di HP android. Jadi, Kamu bisa melakukan registrasi dulu dari ponsel tersebut. 

Download dulu aplikasinya di Play Store. Jika sudah diinstal, buka Bea Cukai untuk melakukan pendaftaran. Seperti inilah langkah-langkahnya:

Langkah-Langkah Daftar IMEI iPhone Via Aplikasi Bea Cukai
  1. Pilih menu IMEI pada halaman awal aplikasi.
  2. Pada tahap awal, lengkapi data diri dan data penerbangan. Termasuk waktu kedatangan, paspor, nama lengkap, dan kewarganegaraan.
  3. Tahap selanjutnya isi data iPhone yang Kamu bawa. Mulai dari merek, tipe, dan nomor IMEI.
  4. Jika sudah benar, ketuk Complete.
  5. Kemudian tunggu kode QR dan Registration ID yang harus Kamu bawa ke kantor Bea Cukai untuk menyelesaikan proses registrasi. Jangan lupa download halaman konfirmasi pendaftaran ini.

Prosedur Daftar IMEI iPhone di Kantor Bea Cukai

Setelah mendapatkan kode QR dan ID Registrasi Kamu masih harus datang ke kantor Bea Cukai. Berikut ini persyaratan yang wajib dibawa:

  • Tanda terima registrasi berupa scan barcode.
  • Paspor halaman depan dan halaman yang terdapat stempel imigrasi ketika tiba di bandara. 
  • Tiket saat boarding pass
  • NPWP (jika ada). 
  • Bukti pembayaran saat membeli iPhone (jika ada). 
  • HP iPhone ex inter yang Kamu bawa. 
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7 Plus

Tunjukkan semua persyaratan tersebut ke bagian pemeriksaan. Jika sudah selesai, maka Kamu bisa aktivasi HP iPhone dengan SIM card Indonesia maksimal 2×24 jam. Data yang didaftarkan akan terkirim ke database Kominfo. Kamu bisa mengecek di situs resminya menggunakan nomor IMEI. 

Mengapa Harus Daftar IMEI iPhone? 

Mendaftarkan IMEI iPhone ex inter merupakan hal wajib yang harus Kamu lakukan. Kalau membeli perangkat dari Indonesia tentu tidak dipusingkan dengan proses ini. Contohnya membeli iPhone dari distributor resmi, seperti iBox, karena IMEI sudah pasti terdaftar. 

Tapi kalau membawa perangkat dari luar negeri, maka registrasi IMEI dapat dilakukan di kawasan pabean atau setelahnya secara online. Berikut ini beberapa alasan pentingnya daftar IMEI:

  • Supaya HP iPhone bisa menggunakan kartu SIM Indonesia. 
  • Menunjukkan sebagai perangkat resmi dan terdaftar. 
  • Ketika iPhone hilang atau dicuri, bisa lapor ke provider operator seluler menggunakan IMEI. Di sini bisa melakukan pelacakan atau memblokir perangkat tersebut. 
  • Membuktikan asli tidaknya perangkat. 

Demikian penjelasan cara daftar IMEI iPhone gratis. Kamu bisa melakukannya lewat situs resmi atau aplikasi Bea Cukai. Setelah registrasi datang ke kantor Bea Cukai untuk menyelesaikan pendaftaran. 

Similar Posts