Cara Daftar IP Dynamic IndiHome

Cara Daftar IP Dynamic IndiHome yang Mudah Berikut Ini!

Pindahlubang.com | IndiHome merupakan Internet Service Provider (ISP) di Indonesia yang berada di bawah naungan Telkom Indonesia. Provider tersebut menggunakan alamat IP publik dinamis. Kamu bisa cari tahu bagaimana cara daftar IP dynamic IndiHome dan berapa harganya. 

IP dinamis adalah alamat yang diberikan secara default oleh provider kepada pelanggan IndiHome. Alamat IP tersebut akan berubah-ubah ketika Kamu me-restart modem. Tapi Kamu dapat membeli IP dynamic untuk melakukan konfigurasi sendiri. 

Alamat IP dinamis memang yang paling cocok untuk pengguna biasa. Pasalnya, banyak manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan. Berikut penjelasannya.

Apa Itu IP Dynamic IndiHome? 

Tapi sebelum menerangkan cara daftar IP dynamic IndiHome, Kamu bisa pahami dulu definisi dari alamat satu ini. IP Dinamis atau Protokol Internet Dinamis adalah alamat sementara yang diberikan ke node atau perangkat komputasi ketika terhubung ke internet. IP diberikan oleh penyedia layanan internet, seperti IndiHome. 

Alamat IP yang didapatkan oleh perangkat yang sama bisa berubah setiap kali tersambung ke internet. Itulah kenapa setiap kali Kamu restart modem IndiHome akan mendapatkan alamat yang berbeda. Karena seperti itulah cara kerja dari alamat IP dinamis. 

IndiHome menggunakan alamat IP publik dinamis karena bisa menghemat proses. Selain itu, memungkinkan provider untuk meminta alamat dari kumpulan alamat menggunakan DHCP. Ketika pengguna memutus sambungan internet, IP address tersebut diberikan ke perangkat yang baru atau dikembalikan ke kumpulan alamat. 

Bagaimana Cara Mendapatkan IP Dynamic IndiHome yang Baru? 

Sebenarnya dengan restart modem Kamu sudah mendapatkan alamat IP yang berbeda dari sebelumnya. Restart modem bisa dilakukan dengan menekan tombol ON/OFF dan nyalakan kembali setelah beberapa saat. 

Terkait:  Cara Cek ID Pelanggan IndiHome dengan 10 Metode Ini

Di samping itu, IP dinamis IndiHome bisa berubah ketika terjadi konfigurasi secara tidak sengaja. Kalau Kamu ingin mendapatkan alamat IP publik yang tetap (statis), bisa datang langsung ke Plasa Telkom. Tapi harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga normal. 

Sedangkan kalau cara daftar IP dynamic IndiHome bisa Kamu lakukan secara online. Penyedia layanan internet ini memiliki halaman resmi yang bisa diakses pengguna untuk mendapatkan IP dinamis. Daripada berlangganan dari Telkom, tentu cara ini jauh lebih praktis untuk dicoba. Cek pada penjelasan selanjutnya. 

Cara Daftar IP Dynamic IndiHome

Cara Daftar IP Dynamic IndiHome
Cara Daftar IP Dynamic IndiHome

Untuk daftar alamat IP ini, Kamu bisa cek langsung pada halaman resmi IP Dynamic. Pada halaman ini, dijelaskan bahwa alamat tersebut menjadi cara untuk mengenali perubahan IP dinamis pada layanan IndiHome secara otomatis. Proses ini menggunakan Dynamic DNS. 

Domain Name Service (DNS) adalah perangkat yang bertugas untuk menerjemahkan sebuah alamat web yang ada di internet menjadi IP address. Jika melihat peran tersebut pastinya sangat penting. Seperti halnya gateway jaringan agar terhubung dengan internet. 

Untuk mendapatkan alamat IP dinamis IndiHome lewat laman resmi tersebut sangat mudah. Kamu tinggal membuat akun, kemudian memilih paket harga sesuai kebutuhan. Agar lebih jelas, lihat panduan lengkapnya di bawah ini:

Langkah-Langkah Daftar IP Dynamic IndiHome
  1. Kamu bisa buka browser apa saja lewat HP maupun laptop.
  2. Kemudian masukkan alamat ip-dynamic.com pada kotak pencarian.
  3. Tekan tombol Enter atau ikon Search untuk mengakses halaman IP Dynamic IndiHome.
  4. Jika laman awal situs sudah terbuka, Kamu langsung buat akun dengan klik tombol Register.
  5. Di sini Kamu cukup menuliskan alamat email aktif dan kata sandi.
  6. Ulangi password yang Kamu masukkan sebelumnya.
  7. Jika sudah benar, tekan tombol SUBMIT di bawahnya.
  8. Langkah selanjutnya yaitu melakukan verifikasi. Cek email untuk registrasi dan konfirmasi akun. Apabila email dari IP Dynamic tidak muncul, Kamu bisa cek pada bagian Spam atau Bulk.
  9. Tapi jika sebelumnya email sudah login di browser, biasanya akan langsung diverifikasi secara otomatis.
  10. Selanjutnya Kamu akan diarahkan ke halaman login.
  11. Masuk ke akun dengan menuliskan alamat email dan password yang sudah didaftarkan.
  12. Ketuk tombol LOGIN yang ada di bawah.
  13. Setelah berhasil membuka halaman awal IP Dynamic, klik tombol Tambah yang ada di kanan layar.
  14. Lalu masukkan nomor IndiHome.
  15. Pilih paket yang akan dibeli. Kamu bisa mencoba Trial 30 hari sebelum berlangganan.
  16. Tekan tombol Kirim.
  17. Ikuti instruksi hingga selesai dan aktifkan layanan IP Dynamic melalui jaringan IndiHome yang didaftarkan.
Terkait:  Cara Cek WiFi IndiHome Digunakan oleh Perangkat Apa Saja

Harga IP Dynamic IndiHome

Kamu sudah tahu bagaimana cara daftar IP dynamic IndiHome. Sekarang akan diberikan rincian harga dari layanan yang tersedia pada situs resmi ini. Pada bulan pertama, Kamu tidak perlu membayar karena bisa menggunakan paket Trial. Di sini Kamu mendapatkan satu hostname saja. 

Lalu setelah trial 30 hari, Kamu bisa memilih salah satu dari tiga paket yang disediakan dalam halaman IP Dynamic. Kamu tidak perlu khawatir, karena harganya sangat murah. Berikut ini rinciannya:

  • Paket 1 bulan dengan harga Rp10.000 saja dan diberikan 10 hostname
  • Intermediate (paket 3 bulan) seharga Rp30.000 dengan layanan 10 hostname
  • Paket untuk 1 tahun dengan 10 hostname yang harganya hanya Rp100 ribu. 

Cara Membatalkan Langganan IP Dynamic IndiHome

Mungkin banyak yang penasaran, apakah IP dinamis yang sudah dibeli bisa dibatalkan? Ternyata IP Dynamic menawarkan opsi tersebut. Cara membatalkannya dengan mengirim email ke Pusat Bantuan IP Dynamic. Berikut ini panduannya:

  • Buka email dan masukkan [email protected] pada alamat tujuan. 
  • Kemudian bagian subjek diisi dengan “Berhenti Langganan IP Dynamic/DDNS.”
  • Jangan lupa masukkan rincian nomor pelanggan IndiHome, kode pelanggan, alamat pemasangan, dan nomor HP pada badan email. 
  • Kirimkan email dan tunggu permintaan disetujui yang biasanya memakan waktu tujuh hari. 
  • Kalau sudah lewat tujuh hari, Kamu bisa datang ke kantor Plasa Telkom. 

Manfaat Menggunakan IP Dynamic IndiHome

Seperti yang disinggung di atas bahwa menggunakan IP dinamis itu memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Tidak heran kalau ini jadi pilihan bagi penyedia layanan internet seperti halnya IndiHome. Beberapa manfaatnya antara lain sebagai berikut:

  • Cara berlangganan mudah. Berdasarkan panduan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa cara daftar IP dynamic IndiHome sangat mudah. Kamu tinggal buat akun dan menyelesaikan pembelian sesuai paket yang dipilih.
  • Biaya rendah. Sudah menjadi hal umum kalau IP dinamis itu harganya jauh lebih murah dibandingkan statis. Konfigurasi secara otomatis yang membuat biayanya rendah terkait dengan ISP. 
  • Memberi keamanan siber yang tinggi. Karena sering diberi alamat baru, maka tingkat risikonya lebih rendah. Hal ini menyulitkan penjahat siber dalam melakukan serangan jaringan. 
  • Memungkinkan penggunaan beberapa perangkat. Setiap perangkat dengan IP dinamis yang ditambahkan akan diberi alamat baru. Perangkat juga bisa menggunakan lagi alamat IP yang sama. Jika ada perangkat dengan IP dinamis terputus dari internet, perangkat lain bisa menggunakan alamat tersebut. 
  • Memberi fleksibilitas. Dengan IP dinamis Kamu lebih fleksibel dalam melakukan konfigurasi dan manajemen sederhana. Contohnya bisa remote server dari rumah, IP camera monitoring, hingga membuat nama domain simpel dengan mudah. 
Terkait:  Cara Ganti Password WiFi IndiHome Fiberhome (Yang Benar)🐅

Itulah cara daftar IP dynamic IndiHome lewat layanan resmi. Kamu bisa pilih paket dengan harga terjangkau atau mencoba layanan trial selama 30 hari terlebih dahulu. IP dinamis lebih umum digunakan dibandingkan statis karena murah dan fleksibel. 

Similar Posts