Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus

Thursday, January 23rd, 2020 - Review Kelebihan dan Kekurangan, Samsung
Bagikan Ke:

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus itu apa saja sih? Samsung telah menghadirkan seri Galaxy A yang membidik konsumen di kelas menengah, salah satunya ialah Samsung Galaxy A6 Plus.

Harga Samsung Galaxy A6+ dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp. 3,6 juta hingga Rp. 3,9 jutaan. Tentu saja di rentang harga tersebut, ada beberapa smartphone kompetitor, diantaranya seperti Xiaomi Mi A2, Vivo V9, dan Oppo F7.

Sebagaimana diketahui bahwa Samsung Galaxy A6+ ini tengah rilis lebih awal yakni pada Mei 2018 lalu dengan membawa model SM-A605FN, SM-A605G, SM-A605F, SM-A605GN, SM-A6050, dan SM-A605K.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Jika kamu tertarik dengan smartphone kelas menengah dari Samsung ini, tentu harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung A6 Plus.

Kelebihan Samsung Galaxy A6 Plus

Apa saja kelebihan Samsung Galaxy A6+ ? Untuk kelebihannya sendiri, mari kita simak ulasannya berikut :

1. Desain Bodi Menawan dan Kokoh

Smartphone Samsung ini memiliki desain bodi keseluruhan yang begitu solid dan kokoh. Meskipun desainnya sendiri tak begitu istimewa, hampir sama dengan kebanyakan smartphone lainnya, hanya saja ponsel pintar ini memiliki build quality jempolan. Memiliki dimensi yang cukup kompak, berukuran 160,2 x 75,7 x 7,9 mm.

Memiliki desain yang cukup memanjang, dilengkapi port USB bertipe C pada bagian bawah, merupakan port kekinian bagi ponsel seharga Rp 3 jutaan ini.

Selain itu, meskipun bagian belakangnya terkesan kaku dan tidak glossy, namun penampilan A6 masih bisa terlihat nyaman dan keren saat digenggam. Dengan penggunaan material logam/metal, kamu juga tak perlu khawatir ponsel pintar Samsung A6 Plus kamu akan hancur atau patah di bagian belakangnya.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo A5S

2. Bentangan Layar Cukup Besar

Samsung Galaxy A6+ telah hadir dengan dukungan layar bertipe Super AMOLED 6,0 inches dengan resolusi sebesar 1080 x 2220 pixels. Rasio layarnya sebesar 18,5 : 9. Bisa dikatakan, spesifikasi layar yang diusung oleh Galaxy A6+ ini mirip seperti Samsung Galaxy A8, perbedaannya dimensi Samsung Galaxy A8 sendiri lebih kecil disbanding A6+.

Untuk kualitas layar ponselnya sendiri tentu kualitas dukungan layar bertipe AMOLED sudah tak perlu diragukan lagi. Sebab Super AMOLED Samsung telah dikenal sebagai sebuah layar yang hemat daya dan kontras. Tipe layar ini juga mempunyai tingkat kecerahan cukup baik. Layarnya bisa dibilang cukup jelas walaupun terpapar di bawah sinar matahari.

3. Dual Kamera 16 MP

Samsung rasanya cukup adil dalam hal spesifikasi kamera Galaxy A6, karena selain kamera belakang yang disokong oleh resolusi 16 MP, kamera depan Samsung Galaxy A6 juga didukung oleh resolusi yang sama dengan dukungan live focus.

Kamera belakang pada ponsel pintar ini tentu saja kualitasnya tak kalah dari perangkat smartphone eksklusif yang dijual di pasaran. Meskipun masih belum mampu menyaingi kualitas kamera sungguhan.

Kamera depannya juga memiliki kualitas yang tak kalah unggul. Flash yang ada dalam kamera depan bisa diatur tingkat kecerahannya, sehingga cocok bagi Anda yang gemar berswafoto.

4. Daya Tahan Baterai Lama

Keunggulan Galaxy A6+ lainnya ialah bisa dilihat dari ketahanan baterainya yang bisa dipakai cukup lama. Galaxy A6+ mempunyai kapasitas baterai berukuran 3.500 mAH yang sudah bisa dikatakan mumpuni untuk pemakaian sehari-hari.

Akan tetapi, penggunana baterai tersebut tentu saja tidak hanya dilihat dari kapasitas baterainya, melainkan resolusi layar tak terlalu tinggi dan chipset-nya yang hemat daya.

5. Infinity Display

Samsung Gaaxy A6 termasuk ponsel pintar pertama dari Samsung dengan desain bingkai yang slim, yang mana tren tersebut baru berlangsung dari awal tahun 2018. Smartphone ini mengandalkan Infinity Display dengan rasio 18,5 : 9.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Huawei Y7 Pro

Lewat pemakaian fitur Infinity Display ini, membuat Samsung Galaxy A6+ terlihat mempunyai ukuran lebih kompak meskipun bodynya bisa dikatakan cukup besar.

6. Fingerprint Ready

Yang juga menjadikan ponsel A6+ menarik diantaranya adalah adanya sensor sidik jari (fingerprint) yang diletakkan pada bagian belakang bodi. Hal ini juga sekaligus menjadikan kelebihan bagi Samsung A6+ di bagian sektor keamanannya.

7. Mendukung Fitur NFC

Pembayaran dan bertransaksi secara online akan lebih mudah memakai fitur NFC yang ada pada A6+ dari Samsung. Adanya fitur NFC pada Galaxy A6+ juga sekaligus menjadi keunggulan tersendiri untuk ponsel kelas entry-level ini.

8. Mendukung Dolby Atmos Sound

Saat pakai Samsung A6+ ini, kamu juga akan dapat mendengarkan musik, menonton film dengan kualitas audio yang sangat baik. Bahkan, setara dengan bioskop yang selama ini sering kamu tonton lur. Hal ini dikarenakan kualitas audio pada A6 Plus ini telah didukung dengan Dolby Atmos.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6+ memanglah sangat menarik untuk disimak slur.

Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus

Setelah membahas kelebihannya, mari kita simak apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy A6+. Berikut ulasannya :

1. Resolusi Layar Masih Rendah

Meskipun sudah memiliki panel Super AMOLED dan Infinity Display, rasanya kualitas layar masih belum optimal karena resolusi display­-nya yang bisa dibilang rendah. Samsung Galaxy A6+ hanya mempunyai resolusi 7,20 x 1.480 pixel. Lewat resolusi tersebut, layar pada Samsung Galaxy A6+ ini masih terus mengalami pixelization.

2. Harga Terbilang Cukup Mahal

Sejak awal kemunculannya, Samsung Galaxy A6+  masih tergolong mahal, dibanderol sekitar RP. 3,7 jutaan. Lewat spesifikasi ini, tentu saja banyak konsumen yang lebih memilih smartphone lain yang sekelas dengan harga lebih murah, seperti Xiaomi.

3. Tidak Mempunyai Sertifikat Anti Debu dan Air

Berbeda dengan Samsung Galaxy A tahun 2017, yang disematkan sertifikat anti debu dan air. Sayangnya, pabrikan Samsung sekarang ini tidak menanamkan sertifikat tersebut pada tahun 2018. Justru dengan adanya fitur ini bisa memberikan daya Tarik tersendiri bagi para pencinta ponsel pintar.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6A

4. Performa Kurang Maksimal

Samsung Galaxy A6+ yang dibekali oleh chipset Snapdragon 450, rasanya kurang menarik apabila dipakai pada HP kelas menengah yang harganya lebih dari Rp. 3 jutaan. Hal ini dikarenakan masih banyak smartphone lain yang menggunakan chipset Snapdragon 450 yang harganya lebih murah 50% jika dibandingkan dengan harga dari Samsung Galaxy A6+.

Namun karena Samsung sudah sangat populer, tentu saja pemakaian Snapdragon 450 pada ponsel ini masih dapat dimaklumi walaupun banyak reviewer ponsel yang menyatakan hasilnya masih kurang maksimal. Lewat dukungan RAM sebesar 4 GB, ponsel ini sudah memiliki skor 70052 dari Antutu, dari skor Geekbench sendiri di angka 700 dan 3539.

5. Tanpa Dukungan Fast Charging

Daya tahan pada baterai yang handal memang berbeda dengan waktu tempuh untuk pengisian baterainya. HP ini, sederhananya tanpa dukungan fitur fast charging. Tanpa adanya dukungan fitur fast charging ini, tentu saja kamu memerlukan waktu cukup lama untuk mengisi daya baterai ponsel pintar ini.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus, dan tentu saja kamu bisa membaca ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J2 Prime sebagai pembanding, terutama bagi kamu yang sedang mencari smartphone Samsung yang harganya lebih terjangkau!

Terakhir, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu ya! 😉 Bantu web Pindah Lubang untuk dapat terus memberikan ulasan review ponsel terbaru setiap hari.

Apa Pendapatmu?

Topik Terkait:

  • Ketahanaan hp samsung A6 plus
  • android setara samsung a6 plus
  • kekurangan samsung a6 plus
  • kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a6 plus
Mita Mellinda
Latest posts by Mita Mellinda (see all)
Bagikan Ke:
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6 Plus | Mita Mellinda | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...