Home » Berlangganan » Biaya Abonemen Indihome

Biaya Abonemen Indihome

Berapa sih biaya abonemen Indihome? Pertanyaan ini bisa saja muncul saat anda hendak memasang atau tengah mengkalkulasi biaya tagihan yang kian hari semakin mahal.

Meski saat ini penggunaan smartphone atau perangkat mobile lainnya seperti tablet semakin pesat. Akan tetapi kondisi tersebut tidak lantas menjadikan telepon rumah kehilangan minat.

Bagi mereka yang menjalankan bisnis dari rumah, telepon bisa menjadi salah satu alat telekomunikasi yang praktis dan efisien.

Sebab terlepas dari biaya pemasangan yang relatif murah, tarif yang diterapkan pada telepon rumah juga sangat terjangkau.

Layanan telekomunikasi rumah atau kabel di Indonesia, dioperasikan oleh BUMN PT Telkom.

Seperti yang kita ketahui, lembaga ini bergerak pada bidang jasa layanan telekomunikasi dan juga jaringan.

Dengan kinerja yang terbilang sudah melanglang buana, PT Telkom setidaknya sudah melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan. Yang diantaranya terdiri dari 125 juta pelanggan seluler (Telkomsel) dan 25,8 juta pelanggan tetap.

Pada penerapan tarif layanan, PT Telkom mengacu pada ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam hal ini, pemerintah membagi jenis tarif menjadi dua kategori, yakni tarif untuk menyediakan jasa layanan telekomunikasi serta tarif untuk layanan jaringan telekomunikasi.

Pada penetapan selanjutnya, operator telekomunikasi bisa menyesuaikan besaran tarif yang nantinya akan dikenakan pada pelanggan.

Tarif tersebut bersaing secara sehat dengan operator telekomunikasi lainnya, serta disesuaikan dengan peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika.

Nah, terlepas dari arahan dan ketentuan pemerintah, pihak Telkom juga menentukan tarif berdasar pada panduan tertentu yang sudah ditetapkan oleh pihak direksi perusahaan.

Jika anda memang berniat untuk memasang telepon rumah, atau memang sudah berlangganan telepon dari Telkom. Ada baiknya mengetahui informasi terkait pemasangan serta berlangganan telepon rumah.

Meski pada dasarnya informasi ini bisa ditanyakan langsung pada Customer Service Telkom, namun terkadang mereka menyarankan untuk berkunjung langsung ke Plasa Telkom terdekat.

Sehingga mau tidak mau, anda pun harus mengunjungi Plasa Telkom untuk memperoleh beberapa informasi yang dibutuhkan.

Biaya Abonemen Indihome

Informasi Biaya Abonemen Indihome

Dalam menetapkan tarif berlangganan, PT Telkom menerapkan biaya layanan yang terbagi pada tiga (3) kategori. Informasi ini pada dasarnya bisa di cek langsung pada laman resmi.

Tagihan Biaya Abonemen Indihome

Tagihan dan biaya layanan IndiHome terdiri dari :

  • Biaya pasang baru, biaya mutasi, biaya IKR/G, biaya aktivasi fitur/konten/Jasnita, serta beberapa biaya lainnya.
  • Biaya untuk layanan IndiHome, biaya pemakaian lokal dan SLJJ off net, biaya pemakaian lokal dan SLJJ on net yang melebihi ambang kuota, biaya panggilan ke operator seluler lain (selain Telkomsel), biaya pemakaian panggilan ke Telkomsel yang melebihi kuota, biaya panggilan internasional, biaya sewa perangkat, biaya fitur, konten dan Jasnita.
  • Biaya lain yang umumnya mencakup materai, tagihan tunggakan, mutasi, serta pembayaran denda karena menunggak.

Syarat dan Ketentuan Layanan IndiHome

Terlepas dari tiga poin yang sudah kami jelaskan diatas, nyatanya pihak Telkom juga menetapkan beberapa tagihan yang diwajibkan bagi pelanggan tertentu. Biaya yang dimaksud mencakup :

  1. PT Telkom mewajibkan pelanggan untuk membayar uang jaminan ketika melakukan registrasi Layanan IndiHome, yakni sebesar biaya layanan indihome berdasar jumlah paket yang sudah dipilih oleh pelanggan.
  2. Biaya tersebut nantinya akan dipakai untuk pembayaran tagihan jika pelanggan menunggak selama dua bulan serta memilih untuk berhenti berlangganan.
  3. Akan tetapi, jika pelanggan tidak mempunyai tunggakan seperti yang sudah disebutkan diatas serta tidak berniat untuk mengakhiri kontrak berlangganan, maka pihak Telkom Wajib mengembalikan uang jaminan tersebut pada pelanggan sesuai jumlah yang sudah dibayar.
  4. Biaya penetapan dan pembaaran Layanan IndoHome, ditagihkan pada satu invoice. Dengan kata lain, pembayaran sudah menjadi satu serta tidak bisa dibayar terpisah (parsial).
  5. Uang jaminan wajib dibayar pasca proses instalasi IndiHome di rumah Pelanggan. Layanan akan aktif saat pelanggan sudah membayar uang jaminan tersebut.
  6. Uang jaminan yang harus dibayar sebesar 1 kali abonemen paket IndiHome yang dipilih. Apabila berhenti berlangganan, maka uang jaminan akan dikembalikan pada akhir masa berlangganan.

Untuk mempermudah melakukan pengecekan besaran tagihan biaya layanan IndiHome, Pelanggan bisa berlangganan electronic Billing System (sBS) yang proses daftarnya melalui seluruh channel layanan Telkom.

Berikut beberapa penetapan tarif berlangganan yang masih berlaku

1. Tarif Sambungan Rumah Telkom

Biaya ini mencakup untuk pemasangan baru sekaligus biaya berlangganan. Baik itu biaya pemasangan ataupun biaya yang harus anda bayar setiap bulannya.

Biaya Pemasangan dan Bulanan

  • Untuk pasang baru, berkisar antara Rp 175.000,- hingga Rp 450.000,-
  • Untuk abonemen, mulai dari Rp 12.500,- hingga Rp 57.600,-

Terpantau hingga 2021, tarif dan biaya pemasangan baru masih tetap dan tidak mengalami perubahan.

Biaya Penggunaan Sambungan Lokal

  • Jarak hingga 20 km, Rp 250,- (2 menit untuk jam sibuk), (3 menit untuk diluar jam sibuk)
  • Lebih dari 20 km, Rp 250,- (2 menit diluar jam sibuk), (1,5 menit untuk jam sibuk)

Pihak Telkom menetapkan regulasi terbaru, yakni utnuk 1,5 menit pada pukul 06.00 hingga 18.00 dengan pengenaan biaya sebesar Rp300.

Biaya Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ)

  • Jarak 30km (Rp 450 hingga Rp 669 per 30 detik)
  • Jarak hingga 200km (Rp 600 hingga Rp 1.125 per 30 detik)
  • Jarak hingga 500km (Rp 600 hingga Rp 1.500 per 30 detik)
  • Lebih dari 500km (Rp 1.744 per 30 detik)

2. Harga Berlangganan Paket Indihome Internet (Prestige Triple Play)

Untuk daftar harga berlangganan paket internet dari IndiHome sendiri, bisa berbeda pada setiap wilayah. Akan tetapi, secara umum mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

  • Paket 10 Mbps (Rp 470.000 / bulan) : Sudah termasuk bebas telepon 1000 menit lokal / interlokal, iflix, HOOQ, Catcthplay, 163 channels tv.
  • Paket 20 Mbps (Rp 515.000 / bulan ) : Sudah termasuk bebas telepon 1000 menit lokal / interlokal, iflix, HOOQ, Catcthplay, 163 channels tv.
  • Paket 50 Mbps (Rp 825.000 / bulan) : Sudah termasuk bebas telepon 1000 menit lokal / interlokal, iflix, HOOQ, Catcthplay, 173 channels tv.
  • Paket 100 Mbps (Rp 1.250.000 / bulan) : Sudah termasuk bebas telepon 1000 menit lokal / interlokal, iflix, HOOQ, Catcthplay, 182 channels tv.
  • Paket 200 Mbps (Rp 1.990.000 / bulan) : Sudah termasuk bebas telepon 1000 menit lokal / interlokal, iflix, HOOQ, Catcthplay, 196 channels tv.
  • Paket 300 Mbps (Rp 2.990.000 / bulan) : Sudah termasuk bebas telepon 1000 menit lokal / interlokal, iflix, HOOQ, Catcthplay, 198 channels tv.

Keterangan Informasi Biaya Abonemen Indihome Internet Prestige Triple Play

  • Harga diatas hanya berlaku untuk pelanggan baru (pemasangan baru)
  • Harga berlaku untuk pembayaran tagihan setiap bulan.
  • Jumlah channel TV bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Layanan Catchplay tidak berlaku untuk Single Rental, Iflix untuk VIP, dan HOOQ berlaku untuk SVOD (Streaming Video On Demand).
  • Pelanggan memperolah bebas akses UseeTV Go yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store.
  • Paket bisa diaktifkan melalui myIndiHome, Plasa Telkom/Grapari Telkom Group, dan Call Center 147.
  • Selama berlangganan, IndiHome menyediakan Hybrid Box (STB) dan ONT. Pemasangan alat ini akan dikenakan biaya tambahan.
  • Biaya untuk pemasangan baru (PSB) IndiHome, sebesar Rp 100.000 untuk area Jabodetabek, dan Rp 75.000 untuk area lain di seluruh Indonesia. Biaya ini akan ditagihkan pada bulan pertama serta tidak diperkenankan melakukan pembayaran secara tunai selain di Plasa Telkom.
  • Semua harga yang sudah disebutkan diatas belum termasuk PPN.

Apa Informasi Biaya Abonemen Indihome diatas sudah bisa menjawab keingintahuan anda? Sekian dari kami dan semoga bisa membantu!