Bagaimana Cara Cepat Mengonversi Gambar menjadi Teks Menggunakan Ponsel Anda?

Cara Cepat Mengonversi Gambar menjadi Teks
Img by: https://www.imagetotext.info

Teknologi telah mempermudah pengoptimalan berbagai tugas yang memakan waktu dan mengonversi gambar menjadi teks adalah salah satunya.

Berkat Pengenalan Karakter Optik “OCR“, yang telah maju selama bertahun-tahun, kini Anda dapat mengekstraksi teks dari gambar secara akurat dalam beberapa detik. Oleh karena itu, dalam panduan ini, kami akan membahas dua metode termudah yang dapat Anda gunakan di ponsel cerdas apa pun untuk mengekstrak tipografi dari gambar Anda dan menggunakannya di mana saja. Dan karena saat ini ada 6,92 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia, panduan ini hanya untuk mereka.

Namun, sebelum masuk ke pendekatan langkah demi langkah dari setiap metode, kami akan memulai panduan ini dengan membahas secara singkat konsep teknologi OCR.

Cara Cepat Mengonversi Gambar menjadi Teks
Img by: https://www.imagetotext.info

Apa itu OCR? – Pengantar Singkat Teknologi Ini

OCR adalah teknologi yang memungkinkan komputer atau mesin membaca teks dari dokumen yang dipindai, seperti gambar, PDF, dll., dan mengubah teks yang dipindai menjadi bentuk yang dapat diedit. Jadi, Anda dapat mengonversi teks tulisan tangan atau cetakan menjadi format digital yang dapat dibaca mesin dengan teknologi ini.

Tapi bagaimana teknologi ini mengekstrak tipografi dari dokumen yang dipindai? Nah, jawaban atas pertanyaan ini terletak pada proses berikut:

  • Pertama, teknologi OCR melakukan pra-pemrosesan pada dokumen yang dipindai, di mana ia mencoba meningkatkan kualitas dokumen yang diperoleh (diunggah). Jadi, selama fase ini, teknologi OCR akan menghilangkan artefak, distorsi, atau noise dari dokumen yang dipindai atau diperoleh.
  • Fase selanjutnya adalah fase deteksi teks. Dan seperti yang digambarkan namanya, di sini, teknologi OCR mencoba mengidentifikasi wilayah dokumen yang diperoleh di mana beberapa teks berada.
  • Setelah mendeteksi wilayah yang berisi teks, teknologi OCR membagi wilayah tersebut menjadi karakter dan kata individual. Fase ini sangat penting untuk deteksi teks yang akurat dari dokumen yang dipindai.
  • Selanjutnya, teknologi OCR mencoba mencocokkan bentuk karakter yang dipindai dengan karakter yang ada di database-nya. Dan untuk itu, teknologi ini mengandalkan pembelajaran mesin dan strategi pengenalan pola.
  • Setelah teknologi OCR mengenali semua karakter dalam dokumen yang dipindai, kemudian menerapkan strategi pascapemrosesan. Dan dalam strategi tersebut, teknologi ini semakin menyempurnakan keakuratan teks yang ditingkatkan dengan melakukan analisis konteks dan memeriksa tata bahasa dan ejaan.
Terkait:  Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Jadi, ini adalah fase yang digunakan sebagian besar alat OCR untuk mengekstrak teks dari dokumen yang dipindai secara akurat.

Bagaimana Cara Menyalin Teks Dari Gambar di Ponsel Android atau iOS?

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman dasar tentang teknologi yang bekerja di backend semua alat pengonversi gambar-ke-teks, saatnya untuk melihat penerapan praktis teknologi OCR. Jadi, inilah dua metode yang akan membantu Anda mengonversi gambar menjadi teks di ponsel cerdas Anda.

Metode #1: Menggunakan alat online untuk konversi gambar ke teks dengan cepat

Dunia mesin pencari dipenuhi dengan alat yang dapat menjalankan fungsi OCR. Bahkan, hanya dengan mencari alat OCR, Anda akan menemukan lebih dari 50 juta hasil. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan smartphone untuk mengonversi gambar berbasis tipografi menjadi teks, metode pertama yang kami miliki untuk Anda adalah menggunakan utilitas online atau berbasis web. Dan inilah pendekatan langkah demi langkah untuk menerapkan metode ini:

  • Buka browser apa pun di ponsel cerdas Anda dan cari ‘online image to text converter .
  • Seperti yang telah kami sebutkan, banyak alat yang tersedia online mampu mengubah gambar menjadi format yang dapat diedit. Namun, untuk pemahaman cepat, kami menggunakan Imagetotext.info untuk salin teks dari gambar dengan algoritme canggihnya untuk ekstraksi teks yang akurat.

  • Setelah Anda berada di beranda alat, unggah gambar Anda. Untuk contoh ini, kami akan menggunakan gambar berikut:

  • Setelah alat berhasil mengunggah gambar, klik tombol proses. Dalam kasus kami, tombol proses memiliki nama: ‘Kirim .
  • Setelah mengirimkan gambar untuk diproses, alat ini akan memakan waktu dan menjalankan algoritme pada gambar yang diunggah untuk mengekstraksi teks darinya. Dan setelah beberapa waktu, itu akan memberi Anda teks yang diekstrak. Gambar berikut menunjukkan bagaimana teks yang diekstraksi dalam contoh ini akan terlihat seperti:
Terkait:  Bagaimana Membuat Nama Pengguna Anda Spesial dengan Teks Tak Terlihat?

Metode #2: Menggunakan aplikasi Smartphone untuk ekstraksi gambar ke teks yang mudah

Beberapa orang tidak suka menggunakan aplikasi web (alat berbasis browser) di ponsel cerdas mereka. Sebaliknya, mereka lebih suka menggunakan aplikasi dari toko aplikasi smartphone mereka. Jadi, jika Anda salah satunya, metode ini cocok untuk Anda.

  • Pertama, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi OCR di perangkat seluler Anda. Jadi, buka app store di perangkat Anda dan cari image to text converter .
  • Toko aplikasi Anda akan menampilkan daftar aplikasi. Jadi, seperti metode sebelumnya, memilih aplikasi OCR sepenuhnya bergantung pada Anda. Tetapi kami telah memutuskan untuk mengunduh dan menginstal yang memiliki peringkat tertinggi untuk metode ini.

  • Setelah perangkat seluler Anda berhasil mengunduh dan memasang aplikasi pilihan Anda, buka dan unggah gambar Anda.

Catatan: Kami akan menggunakan gambar yang sama dalam contoh ini.

  • Kemudian, ketuk tombol proses. Dalam contoh ini, tombol proses berasal dari nama: ‘Scan .

  • Setelah memproses gambar untuk diekstraksi, aplikasi pilihan Anda akan menjalankan pemindaian. Dan setelah beberapa detik, aplikasi akan menampilkan teks yang diekstraksi dari gambar.

Jadi, itulah cara Anda dapat mengambil bantuan dari aplikasi smartphone untuk mengubah tipografi gambar menjadi bentuk teks.

Kesimpulan

Teknologi telah membuat pengubahan teks dari gambar dan dokumen lain menjadi bentuk yang dapat diedit menjadi lebih mudah. Dan untuk itu, dibutuhkan bantuan dari Optical Character Recognition.

Tetapi berbagai alat bekerja pada teknologi OCR. Jadi, memilih yang tepat bisa jadi menantang. Untuk memenuhi ini, kami telah menyoroti dua cara tercepat dan termudah untuk menggunakan smartphone apa pun untuk mengekstrak tipografi dari gambar. Jadi, bacalah diskusi di atas untuk mempelajari pendekatan langkah demi langkah untuk mengimplementasikan teknologi OCR di perangkat seluler.

Terkait:  Cara Investasi Saham di BRI Danareksa Sekuritas

Related posts