Cara Ganti TV Analog ke Digital dengan Set Top Box 📺

Cara Ganti TV Analog ke Digital
Cara Ganti TV Analog ke Digital

Pindahlubang.com | Kamu sudah tahu kabar kalau pemerintah akan menghapus siaran televisi analog dan berganti ke digital? Tidak punya biaya untuk beli TV digital yang baru? Jangan khawatir, sebaiknya coba cara ganti TV analog ke digital yang lebih mudah dan murah. 

Meskipun masih menggunakan televisi analog, tetap bisa menikmati siaran digital. Caranya dengan menambahkan perangkat Set Top Box. Untuk pemasangan, simak panduan di bawah. Selain itu, diterangkan mengenai TV digital, kelebihan dan kekurangan, hingga cara setting-nya. 

Read More

Apa Itu TV Digital? 

Tapi sebelum menerangkan cara ganti TV analog ke digital, ada baiknya Kamu simak penjelasan ini dulu. Lewat informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, bahwa secara bertahap akan menghentikan siaran analog. Bahkan sekarang ini di beberapa daerah wajib ganti digital agar tetap bisa nonton tayangan favorit. 

Lalu, televisi digital itu yang bagaimana? Jadi, digital adalah siaran televisi yang sudah memakai modulasi sinyal digital dan sistem kompresi. Itulah kenapa sering dikatakan bahwa penayangan yang dihasilkan lebih jernih, baik gambar maupun suaranya. 

Siaran digital sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Kamu tidak akan mendapatkan tayangan bersemut seperti sebelumnya. Karena TV digital hanya menangkap sinyal yang bagus saja. Kalau sinyal buruk karena kendala tertentu, maka televisi tidak menampilkan gambar. 

Ini menjadi salah satu perbedaan dengan siaran analog. Di mana kalau lokasinya tidak tepat dan jauh dari pemancar, sinyal yang diterima menjadi lemah. Akibatnya, penerimaan gambar buruk dan tayangan televisi tidak terlihat jelas karena ada semutnya. 

Terkait:  Cara Mengganti Wallpaper Telegram di Android, iPhone dan PC

Sedangkan kalau di TV digital, yang ditampilkan hanyalah program yang bisa menerima sinyal. Yang dapat terdeteksi dan ditampilkan hanya tayangan digital saja. Sebaiknya Kamu segera beralih dengan cara ganti TV analog ke digital tanpa perlu beli perangkat baru, hanya membeli alat tambahan saja. 

Kelebihan dan Kekurangan TV Digital

Sejak akhir tahun 2022, pemerintah sudah mengadakan program ASO (Analog Switch Off) secara bertahap. Itu berarti TV analog perlahan akan berganti siaran digital. Tidak heran kalau masyarakat Indonesia berbondong-bondong migrasi dengan cara ganti TV analog ke digital pakai STB. 

Ternyata, langkah migrasi ini diambil mengingat ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh layanan televisi digital. Kamu akan mendapatkan pengalaman menonton lebih maksimal dengan kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

  • Tanpa berlangganan. Menonton siaran digital itu tidak perlu berlangganan, alias gratis seumur hidup. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekali ketika membeli Set Top Box, yang mana harganya cukup terjangkau.
  • Kualitas siaran lebih bagus. Dengan beralih ke digital, Kamu akan memperoleh siaran yang lebih baik kualitasnya. Tampilannya lebih jernih dan resolusi tinggi karena sudah memakai teknologi canggih. Begitu pula dengan suara yang dihasilkan. 
  • Tahan terhadap cuaca buruk. Kalau Kamu memakai TV kabel atau satelit, pasti sering terganggu saat cuaca buruk. Contohnya sinyal yang tiba-tiba hilang ketika hujan deras. Tapi hal tersebut tidak terjadi pada TV digital. 
  • Lebih stabil. Kelebihan siaran digital yang lain adalah menghasilkan tayangan yang stabil, meskipun dalam kondisi bergerak. Lain hal dengan TV analog yang saat digerakkan pasti langsung buram dan bersemut. 

Ada kelebihan pasti ada kekurangan. Begitu pula dengan siaran digital. Dengan semua kelebihan di atas, ternyata masih terdapat kekurangan yang sering dirisaukan pengguna. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Banyak pengguna awal yang tidak paham bagaimana cara pasang Set Top Box. 
  • Ketika tidak ada sinyal digital yang tertangkap, maka televisi hanya menampilkan gambar pemandangan (tergantung jenis STB). 
  • Jangkauan sinyal digital di masing-masing daerah tidak sama. Jangan heran kalau jumlah channel yang dapat ditonton berbeda. 
  • Memindahkan satu channel ke lainnya lebih lama dibandingkan analog. 
  • Belum semua stasiun televisi menggunakan tayangan digital. Contohnya channel lokal. 
Terkait:  Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Cara Ganti TV Analog ke Digital

Cara Ganti TV Analog ke Digital
Cara Ganti TV Analog ke Digital

Melihat pengumuman yang diberikan oleh pemerintah tersebut, sebaiknya Kamu segera migrasi dengan cara ganti TV analog ke digital. Daripada ketinggalan tayangan favorit, lebih baik cepat beralih. Karena secara bertahap siaran analog akan dimatikan. Mungkin sebentar lagi sampai ke wilayahmu. 

Buat Kamu yang masih pakai TV analog, tidak perlu membeli televisi baru. Yang harus Kamu lakukan hanyalah beli alat tambahan yang disebut dengan dekoder atau Set Top Box DVB-T2. STB merupakan alat pengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang ditampilkan pada televisi analog atau tabung. 

Kamu harus membeli STB jenis DVB-T2, karena itulah yang mendukung sambungan antena pada televisi analog. Belilah STB yang bersertifikat resmi Kominfo, sehingga pasti bisa digunakan. Pasalnya, banyak sekali STB abal-abal dan tidak resmi. 

Jika Kamu sudah membeli alat tambahan tersebut, tahapan selanjutnya yang perlu diketahui adalah pemasangan. Banyak yang tidak tahu caranya, padahal sangat mudah. Langsung saja perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan televisi dalam kondisi mati. Sebaiknya jangan hanya power off, tapi cabut kabelnya juga. 
  • Kemudian sambungkan kabel antena ke port ANT IN yang terdapat di punggung STB. Kamu bisa cek tulisannya agar tidak salah. 
  • Langkah selanjutnya adalah menyambungkan kabel HDMI dari port STB ke televisi analog. Apabila TV milikmu belum mendukung sambungan HDMI, bisa menghubungkannya dengan kabel AV. Kabel tersebut punya tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih. 
  • Pastikan STB sudah terhubung dengan daya. 
  • Jika sudah selesai, nyalakan Set Top Box dan televisi digital. 
  • Pada televisi, masuk ke menu AV atau Kamu mengganti input ke HDMI yang terpasang STB. 
Terkait:  Cara Berlangganan TV Digital: Apakah Perlu? Berikut Penjelasannya!

Cara Setting TV Digital

Set Top Box memang sudah dipasang pada TV analog. Tapi mungkin Kamu tidak bisa langsung menonton tayangan favorit karena masih harus men-setting-nya. Jangan khawatir dan bingung, karena cara setting TV digital sangat mudah. 

Setting ini berfungsi untuk menemukan siaran digital yang bisa tertangkap. Dengan begitu Kamu bisa menikmati channel kesukaan yang kualitas tayangannya lebih bagus. Cukup gunakan remote untuk mencari channel digital. Seperti inilah panduan lengkapnya:

  • Tekan tombol Setting yang ada di remot TV. 
  • Arahkan ke menu Program dan pilih Auto Tuning untuk mencari siaran secara otomatis. 
  • Pilih alat penangkap sinyal, ada antena, STB, atau cable. Karena menggunakan STB, maka pilih opsi tersebut.
  • Lalu tekan tombol Start untuk memulai scanning
  • Tunggu siaran terbaca. 
  • Simbol DTV yang muncul menunjukkan jumlah program siaran digital yang bisa ditangkap.

Rekomendasi Set Top Box Bersertifikat Kominfo

STB menjadi alat utama jika Kamu ingin ganti dari TV analog ke digital. Pastikan membeli yang sudah resmi Kominfo. Berikut ini rekomendasinya:

  • Nexmedia (NA 1300/DVB-T2 MPEG4 HD): Rp260.000
  • Polytron (PDV 600T2): Rp250.000
  • Ichiko (8000HD): Rp250. 000
  • Akari (ADS-2230): Rp275.000
  • Venus (Brio): Rp155.000
  • Tanaka (T2): Rp182.000
  • Evercross (STB1): Rp160.000
  • Nextron (TR1000): Rp290.000
  • Evinix H1: Rp189.000

Itulah cara ganti TV analog ke digital dengan menggunakan Set Top Box. Alat tersebut akan mengubah sinyal analog menjadi digital. Daripada beli perangkat baru, lebih baik menggunakan STB yang murah dan mudah dipasang. 

Related posts