Cara Koneksi HP ke Smart TV Update Januari 2024

Cara Koneksi HP ke Smart TV
Cara Koneksi HP ke Smart TV

Pindahlubang.com | Jika kalian merupakan penggemar dan pencari hiburan di TV pasti mengetahui tentang koneksi antara HP dengan TV. Tetapi jika kalian belum mengetahui bagaimana cara koneksi HP ke Smart TV silahkan simak penjelasan di bawah ini sampai selesai.

Jika kalian ingin menyambungkan handphone ke Smart TV maka kalian sudah tidak memburuhkan internet lagi pada TV, karena yang menggunakan internet hanya di HP saja, sedangkan TV hanya digunakan untuk memutar apa yang ada di handphone. Itu lah salah satu kecanggihan dari Smart TV.

Read More

Ukuran layar di handphone tentu lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran layar TV. Oleh karena itu membuat pengalaman pengguna kurang terpuaskan. Karena ukuran layar HP yang kecil membuat kalian kesusahan saat menggunakannya menonton film atau video, sehingga kalian harus repot memegang HP dengan ukuran yang kecil tersebut.

Akan tetapi sekarang sudah tidak usah bingung untuk mengatasi masalah tersebut, karena kalian bisa menyambungkan handphone ke TV sehingga kalian bisa menikmati hiburan yang ada di handphone melalui TV uang ukuran layarnya jauh lebih besar dan tentunya jauh lebih mudah dan nyaman.

Akan tetapi sebelum kalian mengetahui cara koneksi HP ke Smart TV, ada baiknya kalian mengetahui beberapa syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi terlebih dahulu sebelum menyambungkan HP ke TV.

Syarat dan ketentuan menghubungkan HP ke Smart TV

Kalian perlu mengetahui syarat dan ketentuannya terlebih dahulu karena itu menjadi salah satu penentu keberhasilan koneksi kalian. Jika dari sini kalian sudah kurang maka kemungkinan besar usaha kalian juga akan gagal. Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi dahulu.

Terkait:  Cara Update Google Chrome

Pastikan terlebih dahulu bahwa HP kalian telah menyediakan fitur Screen Miroring, yang mana fitur tersebutlah yang akan menampilkan layar di HP untuk ditransmisikan ke layar TV. Pastikan juga TV yang kalian gunakan telah mendukung sambungan HDMI dan USB.

Kalian juga harus memiliki jaringan WiFi yang stabil untuk menghubungkan HP ke TV supaya proses dan hasil tidak tersendat-sendat.

Kalian harus memiliki perangkat dongle HDMI sebagai sarana untuk menyambung TV ke WiFi. Jika kalian belum punya silahkan beli terlebih dahulu, biasanya harga mencapai kisaran Rp100.000 an.

Kalian juga harus memiliki aplikasi Screen Miroring di handphone yang akan gunakan, biasanya aplikasi tersebut menyesuaikan kompatibilitasnya dengan perangkat dongle HDMI.

Silahkan kalian lengkapi terlebih dahulu semua persyaratan dan ketentuan yang diberikan seperti di atas. Jika semua persyaratan dan ketentuan telah kalian lengkapi baru masuk ke tahap berikutnya yaitu menyambungkan handphone ke TV.

Cara Koneksi HP ke Smart TV

Cara Koneksi HP ke Smart TV
Cara Koneksi HP ke Smart TV

Jangan pernah bingung jika kalian ingin menyambungkan handphone ke Smart TV, karena cara yang harus kalian lakukan tidak sulit. Kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk menyambungkannya. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini sampai selesai.

  • Pertama silahkan kalian buka Play Store.

Cara Koneksi HP ke Smart TV

  • Kemudian silahkan kalian cari dulu aplikasi ‘Casto’, setelah menemukannya silahkan kalian instal dulu aplikasi tersebut.

  • Setelah kalian mendownload aplikasi tersebut, kemudian silahkan buka aplikasinya.
  • Setelah kalian masuk ke dalam tampilan aplikasinya, kemudian silahkan pilih opsi ‘Memilih’ yang ditandai dengan gambar TV.

Cara Koneksi HP ke Smart TV

  • Kemudian kalian akan masuk ke bagian rekam layar, nah pada bagian ini silahkan kalian aktifkan opsi ‘Rekam Layar’ dengan cara menggeser saja bulatan yang ada di sebelah kanan sampi warna berubah menjadi hijau.
Terkait:  Cara Menggunakan ShopeePay

  • Setelah kalian aktifkan rekam layat tersebut maka secara otomatis akan ada perangkat TV yang disandibgkan, silahkan kalian klik saja perangkat tersebut.

Cara Koneksi HP ke Smart TV

  • Setelah kalian klik perangkat TV yang tersambung tadi maka secara otomatis hadphone kalian akan tersambung pada Smart TV.
  • Selesai.

Setelah kalian selesai mengikuti beberapa langkah tersebut dan handphone berhasil disambungkan ke TV, maka kalian dapat membuka seluruh aplikasi yang ada di HP dan ditampilkan pada layar TV.

Periksa Spesifikasi HP dan TV

Jika kalian menggunakan cara di atas tadi dan ternyata tidak berhasil mungkin ada kekurangan pada kedua perangkat yang digunakan. Oleh karena itu silahkan kalian cek terlebih dahulu spesifikasi HP dan juga TV kalian.

Jadi perlu diketahui bahwa jika kalian ingin menyambungkan HP ke TV, maka handphone yang kalian gunakan minimal sudah menggunakan sistem OS 4.2 Jelly Bean ke atas. Selain itu handphone yang kalian gunakan juga harussudah memiliki fitur Miracast.

Selain handphone, Smart TV juga harus memiliki fitur Miracast dan bluetooth. Jadi sebelum kalian menyambungkan handphone ke Smart TV pastikan terlebih dahulu kedua perangkat tersebut sudah seperti yang dipaparkan barusan.

Berikut tadi cara koneksi HP ke Smart TV yang dapat kalian lakukan. Caranya sangat mudah dan simpel, kalian hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Akan tetapi syarat dan ketentuanya harus sesuai supaya HP berhasil disambungkan ke TV.

Related posts