Cara Koneksi Laptop ke Smart TV Update Januari 2024

Cara Koneksi Laptop ke Smart TV
Cara Koneksi Laptop ke Smart TV

Pindahlubang.com | Kemauan teknologi saat ini memang begitu canggih, terbukti dengan adanya berbagai layanan hiburan yang dapat kalian nikmati. Seperti halnya menonton keseruan film. Akan tetapi menonton film hanya di laptop dengan ukuran layan kecil rasanya kurang luas, apalagi menonton bersama keluarga. Oleh karena itu ini cara koneksi laptop ke Smart TV yang harus kalian ketahui.

Salah satu alasan kalian ingin menyambungkan laptop ke TV adalah menikmati hiburan pada layar kaca lebih menyenangkan dari pada melalui laptop. Tentu ada banyak kelebihan jika menontonnya menggunakan TV dari pada di laptop, seperti layar yang ditampilkan lebih lebar, gambar jauh lebih jernih, serta suara yang ada jauh lebih keras sehingga menambah keseruan dalam menukmati hiburan.

Apa lagi menikmati hiburan tersebut tidak sendirian melainkan bersama keluarga atau bersama teman, pasti kalian lebih memilih menggunakan TV dibandingkan menggunakan laptop yang layarnya tidak sebesar TV, resolusi gambarnya juga tidak sejernih pada TV, dan yang jelas suaranya pun tidak sekeras ketika menggunakan televisi.

Hiburan yang disajikan di internet memang selalu menarik minat, karena dengan mencari hiburan melalui internet kalian bisa memilih berbagai hiburan. Untuk mencarinya pun sangat mudah. Terlebih lagi jika hiburan dari internet tersebut disambungkan ke TV, tentu dapat menambah kepuasan. Untuk mengatasi hal tersebut kalian perlu mengetahui Smart TV terlebih dahulu.

Apa Sih Sebenernya Smart TV itu?

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu bahwa Smart TV merupakan televisi yang dilengkapi dengan beberapa sistem operasi khusus, seperti Linux, Android TV, webOS, Tizen, dan HomeOS. Dengan adanya sistem tersebut pada Smart TV membuat kalian bisa menikmati berbagai aplikasi yang ada di internet, seperti YouTube, Netflix, dan sebagainya.

Terkait:  Cara Merekam Layar Laptop Windows 10

Akan tetap jika ingin menggunakan Smart TV tersebut maka kalian harus tersambung dengan internet. Seperti menggunakan WiFi atau pun melalui kabel port internet. Semua itu perlu miliki karena semua aplikasi yang akan kalian buka pada Smart TV membutuhkan yang namanya internet, tidak berbeda ketika kalian membukanya di laptop maupun handphone.

Walaupun dengan berbagai sistem operasi khusus yang berada pada Smart TV seperti yang dijelaskan di atas, akan tetapi Smart TV tidak bisa membuka seluruh aplikasi. Jadi kalian harus menyambut laptop ke Smart TV tersebut terlebih dahulu supaya kalian bisa menikmati platfrom tertentu yang sesuai dengan keinginan.

Pada umumnya jika ingin menyambungkan laptop pada TV pasti membutuhkan yang namanya kabel HDMI atau perangkat lain yang mendukungnya. Akan tetapi pada saat ini kalian sudah tidak perlu repot menggunakan kabel lagi jika ingin menyambungkan laptop pada TV. Karena pada Smart TV ini sudah tidak menggunakan kabel lagi seperti pada umumnya.

Selain mudah untuk dilakukan, tanpa menggunakan kabel juga jadi lebih simpel dan tentunya memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Jika masih menggunakan kabel maka rumah akan terlihat lebih berantakan serta membahayakan. Apa lagi kalian memiliki keluarga atau anak yang masih kecil, jadi sudah tidak perlu khawatir kabel ditarik atau tersetrum listrik.

Cara Koneksi Laptop ke Smart TV

Cara Koneksi Laptop ke Smart TV
Cara Koneksi Laptop ke Smart TV

Apa bila kalian memiliki keinginan untuk menyambungkan laptop ke TV sebenarnya cara yang harus kalian lakukan itu sangat mudah. Karena cara koneksi laptop ke Smart TV itu sangat simbel. Kalian hanya membutuhkan beberapa langkah saja, untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini sampai selesai.

  • Pertama pastikan laptop yang akan kalian gunakan sudah memiliki windows 8 ke atas.
  • Setelah kalian memastikan hal tersebut, selanjutnya silahkan kalian klik opsi ‘Device’.
Terkait:  Cara Mengatasi Speaker Laptop Pecah (5 Langkah), 100% Ampuh!

Cara Koneksi Laptop ke Smart TV

  • Selanjutnya kalian klik ikon plis yang berada di bagian paling atas yang diberi keterangan ‘Add Bluetooth or Other Device’.

Cara Koneksi Laptop ke Smart TV

  • Kemudian kalian akan diberikan tiga pilihan, silahkan kalian pilih saja yang opsi ‘Wireless Display or Dock’.

  • Setelah itu kalian akan ditunjukan tautan Smart TV yang berada di sekitar laptop. Jika ada lebih dari satu maka secara otomatis yang tersedia juga lebih dari satu.

Cara Koneksi Laptop ke Smart TV

  • Selanjutnya silahkan kalian pilih dan klik saja Smart TV yang ingin kalian sambungkan.
  • Setelah kalian pilih maka pada layar TV akan muncul notifikasi konfirmasi penyambungan, kalian pilih yes saja untuk melanjutkan penyambungan.
  • Tungu beberapa saat sampai proses selesai dilakukan.
  • Setelah itu otomatis tampilan yang ada pada laptop akan masuk ke Smart TV yang kalian sambungkan.
  • Jadi nantinya apapun yang kalian buka pada laptop akan memutar juga pada layar Smart TV.
  • Selesai.

Berikut tadi merupakan cara koneksi laptop ke Smart TV yang bisa kalian lakukan. Dengan menghubungkan laptop ke TV memiliki banyak sekali manfaatnya. Selain untuk mendapatkan kepuasan dalam menikmati hiburan, juga mudah untuk prsentasi atau urusan kerja melalui layar TV. Untuk cara melakukannya sangat mudah dan simpel sekali, silahkan kalian coba sendiri.

Related posts