Home » Daftar » Cara Daftar Rental Mobil di Traveloka

Cara Daftar Rental Mobil di Traveloka

Bagaimana cara daftar rental mobil di Traveloka? Ya, kendaraan bermotor, khususnya mobil saat ini memang sangat dibutuhkan, entah itu untuk keperluan individu, kelompok, maupun perusahaan. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila Kamu mencoba peluang untuk membuka usaha rental mobil.

Usaha rental mobil sendiri, belakangan ini bisa dibilang sangat menjanjikan sebab dianggap lebih mudah dan praktis. Mobil yang harganya cenderung lebih mahal, belum dengan biaya pajak dan lainnya membuat kebanyakan orang merasa enggan membelinya sendiri. Di samping itu, keperluan akan kapasitas kendaraan yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Ada kalanya hanya membutuhkan mobil kecil saja untuk berwisata dengan keluarga, tapi di waktu tertentu kita juga memerlukan mobil cukup besar agar bisa mengangkut anggota keluarga lebih banyak.

Alih-alih membeli mobil, tentu saja sebagian besar orang masih memilih menggunakan jasa rental mobil yang selalu siap menyediakan kendaraan sesuai dengan kapasitasnya. Di samping kebutuhan yang bisa dibilang cukup urgent, membuka usaha sewa mobil juga memberikan banyak keuntungan untuk para pegiatnya.

Apa Saja Sih Keuntungan Buka Usaha Rental Mobil?

Keuntungan Rental Mobil di Traveloka

1. Memungkinkan Tanpa Tambahan Modal

Mungkin Kamu mengira jika memulai bisnis rental mobil memerlukan modal yang tidak sedikit. Harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli kendaraan roda empat tersebut dengan tambahan biaya perawatan.

Akan tetapi, hal ini sebenarnya dapat disiasati supaya Kamu bisa membuka bisnis sewa mobil, baik itu dengan modal cukup rendah maupun tanpa moda. Mulai dari kredit mobil hingga menggunakan kendaraan mitra.

Cara yang pertama ialah dengan melakukan kredit mobil. Kita tahu bahwa harga kendaraan roda empat ini berkisar ratusan juta rupiah, hal ini tentu sangat memberatkan apabila harus membayarnya dengan lunas.

Namun kini hanya dengan DP/uang muka sampai Rp. 5 juta – Rp. 10 jutaan, Kamu sudah bisa memperole satu unit kendaraan untuk diseakan.

Mungkin Kamu memerlukan biaya perawatan mobil pertama, tapi jumla tersebut pun sebenarnya tak melampaui harga kendaraan jika dibayar tunai.

Jika bisnis sudah mulai berjalan, Kamu dapat menggunakan hasil sewaan untuk membayar biaya perawatan serta cicilan mobil. Jadi tidak begitu memberatkan sebenarnya.

Cara kedua, Kamu dapat menjalin kerja sama dengan partner atau mitra usaha. Untuk cara ini, Kamu memang tidak perlu mempunyaimobil sendiri untuk membuka bisnis rental mobil.

Hanya perlu bekerja sama saja dengan partner usaha yang memiliki unit kendaraan lalu hubungkan mereka kepada penyewa. Jika bisnis ini dapat dikelola dengan baik, tentu akan memberikan banyak keuntungan.

2. Keuntungan Menggiurkan

Keuntungan dalam usaha rental mobil sebenarnya tidak sedikit. Sekarang ini, kebutuhan mobil tidak hanya digunakan untuk kepentingan perseorangan/pribadi, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai aset usaha.

Misalnya, Kamu bisa merentalkan mobil ke salah satu mitra taksi online karena mereka memerlukan kendaraan roda empat untuk menunjang usahanya. Kamu juga dapat bermitra dengan pihak korporasi untuk kebutuhan perusahaannya.

3. Jangkauan Pasar yang Luas

Meskipun persaingan usaha rental mobil bisa dikatakan cukup ketat, tapi ada kemungkinan Kamu memasarkan usahamu karena pasarnya cukup luas.

Terlebih lagi, sekarang bermitra dengan partner taksi online atau perusahaan cukup menjanjikan. Di samping itu, Kamu dapat membuat usaha sampingan lainnya, yakni menyewakan mobil ke perusahaan tertentu untuk keperluan perusahaan tersebut.

Kamu juga bisa menyewakan ke perusahaan yang menyelenggarakan event. Usaha rental mobil termasuk usaha yang mempunyai jangkauan lebih luas serta beragam.

4. Gampang Dikelola

Bisnis rental mobil adalah usaha dalam bidang otomotif paling gampang untuk dijalankan. Usaha ini dapat dijalankan di rumah, dengan begitu mempermudah dalam mengontrol usaha maupun keluarga.

Kamu juga dapat menyerahkan mobil ke jasa rental kendaraan untuk disewakan. Apabila mobil tersebut dipakai oleh konsumen, maka Kamu akan menerima prosentasi keuntungan sesuai kesepakatan awal.

Walaupun gampang dikelola, Kamu juga tetap dapat menetapkan regulasi untuk penyewaan mobil supaya terhindar dari aksi penipuan oknum-oknum yang tak bertanggungjawab.

Kamu bisa meminta bukti seperti fotokopi SIM A, KTP, dan Kamu juga bisa membuat formulir maupun surat perjanjian yang bersi syarat dan ketentuan penyewaaan/peminjaman mobil.

5. Ada Banyak Solusi Penanganan Resiko

Walaupun gampang dikelola, Kamu tetap harus menentukan regulasi penyewaan kendaraan supaya terhindar dari berbagai macam resiko, seperti terjadinya kerusakan mobil, dibawa kabut, hingga mobil hilang.

Kamu bisa meminta identitas seperti fotokopi SIM A, KTP dan Kamu juga bisa membuat surat perjanjian atau formulir berisi ketentuan dalam peminjaman mobil.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan saat memutuskan menjalankan usaha rental mobil. Akan tetapi dari keuntungan-keuntungan di atas, Kamu juga perlu memperhatikan kemungkinan paling buruk yang dapat terjadi.

Membuat analisis resiko dan rencana dengan matang sebelum memutuskan memulai usaha rental mobil.

Inilah salah satu keuntungan usaha rental mobil, yaitu Kamu bisa bekerjasama dengan perusahaan travelling, dan salah satunya ialah menjadi mitra di Traveloka.

Kita tahu bahwa Traveloka adalah salah satu situs web penyedia jasa travelling terkemuka di Indonesia.

Jadi, dengan memanfaatkan situs ini Kamu bisa menjalankan usaha rental mobil dengan mudah. Apalagi cara daftar rental mobil di Traveloka sendiri cukup mudah.

Kamu juga akan mendapatkan komisi lebih banyak, karena Traveloka mampu menjangkau pengguna atau pengunjung situsnya dalam jangkauan yang luas.

Cara Daftar Rental Mobil di Traveloka

Cara Daftar Rental Mobil di Traveloka

Daftar Rental Mobil di Traveloka

Untuk menjadi mitra rentla mobil di Traveloka, Kamu hanya perlu mengikuti panduan cara daftar rental mobil di Traveloka berikut :

  1. Kunjugi situs Traveloka di link https://www.traveloka.com/en/partnership.
  2. Kemudian di halaman partner Traveloka, Kamu bisa memilih menu Ground Transport yang terdapat ikon mobil/bus.
  3. Setelah itu, pilih “Get Started”.
  4. Selanjutnya Kamu akan dibawa ke menu pendaftaran dan klik “Register Now”.
  5. Lalu ada tampilan Google Form berisi formulir yang harus diisi, untuk layanan bahasa silahkan klik di samping “Bahasa Indonesia” jika ingin memakai layanan bahasa Indonesia untuk mempermudah.
  6. Kemudian pilih “Next” dan pilih produk maupun layanan yang Kamu miliki.
  7. Pilih “Rental Mobil” untuk layanan mitra rental mobil. Lalu klik “Next”.
  8. Selanjutnya isi data-data yang diminta lainnya, seperti nama perusahaan, alamat perushaaan, nomor telepon, alamat email, nama badan hukum, dan centang kelengkapan dokumen yang Kamu miliki, seperti Akta Pendirian Perusahaan, SIUP, TDP, NPWP, dan SKT/SKPP, dan lainnya.
  9. Jika semua data yang diminta sudah diisi dengan lengkap, silahkan klik “Submit”.

Dalam keterangan, Traveloka akan menghubungi pemilik usaha yang telah memenuhi kriteria untuk jangka waktu 1 bulan maksimal.

Nah, itulah panduan cara daftar rental mobil di Traveloka untuk membangun atau memperluas bisnis rental mobilmu agar lebih dikenal masyarakat luas, sehingga mampu menjangkau klien/pelanggan lebih luas lagi!