Cara Mengganti Metode Pembayaran di Google Play

  • Whatsapp

Apakah ada cara mengganti metode pembayaran di Google Play? Dan, metode pembayaran apa saja yang bisa digunakan di Google Play?

Untuk pengguna android pasti udah gak asing sama aplikasi yang bernama google play. Bagaimana tidak? Google play sendiri merupakan ‘jantung’ atau toko bagi pengguna android untuk mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan.

Read More

Gak cuma itu aja kok, mereka juga sering mendownload beragam aplikasi dan game offline ataupun online yang bisa dimainkan di smartphone mereka. Dan juga, mereka bisa mengunduh beragam buku, ataupun film yang ada di play store. Wah, lengkap banget ya.

Itulah mengapa, smartphone Android tanpa Google Play diibaratkan seperti ‘sayur kurang garam’. Sebab, tanpa adanya play store, tentunya pengguna android tidak bisa melakukan apa apa. Sebab didalam Google Play sendiri sudah include dengan Google Play Services yang mengatur berjalannya semua aplikasi.

Tak hanya itu aja, jika tidak ada Google Play, maka pengguna Android tidak bisa melakukan pembaruan dari aplikasi yang mereka gunakan. Tentunya hal ini menjadi penghambat ketika ada sebuah perbaikan dari Aplikasi yang sudah terinstall sebelumnya.

Karena menjadi hal penting dalam smartphone Android, inilah yang membuat pihak google menjadikan Play Store sebagai marketplace untuk para pengguna Android. Maksudnya disini adalah, para pengguna bisa melakukan pembelian didalam google play.

Selain itu, tak jarang juga banyak pengguna android yang melakukan pembelian pada Aplikasi, agar tidak ada iklan dan mendapatkan akses premium dengan menggunakan beragam metode pembayaran.

Terlebih untuk para pemain game online seperti mobile legends, free fire, ataupun pubg mobile. Tak jarang dari mereka membeli diamond mobile legends ataupun kebutuhan untuk game yang mereka mainkan.

Tentunya ini memberikan keuntungan bagi pihak developer aplikasi yang ada di Play Store, dan juga pihak Play Store itu sendiri.

Terkait:  Cara Mengganti Akun OVO di Grab

Tapi ternyata, masih saja ada para pengguna smartphone yang gagal ketika melakukan pembayaran di Google Play. Biasanya, hal ini dikarenakan oleh beberapa hal. Yakni

  • Metode Pembayaran yang tidak mendukung
  • Password atau Data login yang salah saat verifikasi pembayaran
  • Kurangnya saldo saat melakukan pembelian
  • Belum memperbarui layanan play store
  • Dan masih banyak lagi

Selain itu, sebelum mengganti metode pembayaran, pastikan kamu sudah mengetahui metode pembayaran apa saja yang bisa digunakan di Play Store, pada negara Indonesia. Seperti:

Kartu kredit atau debit

  • MasterCard
  • Visa
  • Visa Electron

Pulsa Operator

  • Indosat
  • Smartfren
  • Telkomsel
  • XL/AXIS
  • Tri

Kode Reedem

  • Google Gift Card
  • Kode Voucher yang dapat dibeli dari Alfamart atau convenience store lain

Gopay

  • Untuk pengguna yang sudah melakukan Upgrade ke Gopay+ ataupun belum (namun terbatas)

Cara Mengganti Metode Pembayaran di Google Play

Cara Mengganti Metode Pembayaran di Google Play
Mengganti Metode Pembayaran di Google Play | IMG: 9to5google.com

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas sedikit cara mengganti metode pembayaran di Google Play dengan beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Seperti:

Cara Mengganti Metode Pembayaran di Android atau Tablet

  1. Pada ponsel atau Tablet androidmu, buka Aplikasi Google Play Store
  2. Klik pada menu hamburger (garis 3) yang terletak pada pojok kiri atas Google Play
  3. Pilih pada menu Metode Pembayaran
  4. Setelah itu, pilih pada Tambahkan Metode Pembayaran

Disini, kamu bisa memilih beberapa metode pembayaran yang tersedia, seperti

  • Kartu kredit atau debit
  • GoPay
  • Pulsa Operator
  • Kode Reedem
  • Kode Voucher Google Play dari Alfamart
  1. Pilih salah satu diantara pilihan Metode pembayaran tersebut
  2. Ikuti Instruksi yang ditampilkan pada Google Play
  3. Setelah berhasil menambahkan metode pembayaran baru, silahkan coba untuk membeli Aplikasi ataupun diamond mobile legends
  4. Pilih pada Metode pembayaran yang sudah ditambahkan tadi.
Terkait:  Cara Memperbarui Play Store

Selesai! Sampai sini kamu sudah berhasil menambahkan metode pembayaran baru, dan juga melakukan perubahan metode pembayaran pada Google Play.

Mengganti Metode Pembayaran di Google Play Lewat Komputer

Selain melalui Android atau Tablet, kalian juga bisa mengaksess Google Play dan mengganti metode pembayarannya melalui komputer. Yakni dengan cara

  1. Pastikan kamu sudah melakukan login dengan Email yang sama dengan yang ada di Google Play
  2. Kunjungi situs https://play.google.com/store/paymentmethods
  3. Setelah itu, kalian akan otomatis diarahkan ke Metode Pembayaran Google Play
  4. Silahkan pilih metode pembayaran yang tersedia, yakni Menggunakan Kartu Debit atau Kredit, ataupun Tukarkan Kode (kode voucer reedem)
  5. Isi data data yang diperulkan dalam kolom pembayaran, dan kemudian ikuti Instruksi yang ditampilkan Google Play
  6. Selesai! Kamu bisa langsung melakukan pembelian melalui Google Play di Komputer

Walaupun terbilang mudah, namun cara ini memiliki kekurangan, yakni keterbatasan pada pilihan metode pembayaran. Sebab hanya tersedia kartu debit / kredit, dan juga kode voucher reedem saja.

Tapi setidaknya, cara ini bisa menjadi alternatif ketika kamu lupa membawa smartphone dan harus melakukan pembelian di Google Play.

Lewat Google Pay

Google Pay atau Gpay adalah semacam kontrol baru yang disajikan google, untuk mengorganisir metode pembayaran yang sudah kamu masukkan di Google Play ataupun Akun Google.

Selain itu, kamu juga bisa kok mengubah metode pembayaran yang sudah ada di Google play lewat Google Pay. Yakni dengan cara

  1. Download terlebih dulu aplikasi Google Pay di Play Store, atau kunjungi situs pay.google.com
  2. Setelah terbuka aplikasinya atau login kedalam pay.google.com, pilih pada metode pembayaran yang ada > lalu tap pada Edit
  3. Jika belum ada metode pembayaran yang muncul, silahkan pilih pada tambahkan metode pembayaran seperti halnya pada Google Play
  4. Setelah melakukan perubahan metode pembayaran, kamu bisa langsung melakukan pembelian di Google Play dengan metode pembayaran baru yang sudah di tambahakan atau di edit
Terkait:  Cara Mengganti Wajah di Video

Gimana, gampang banget kan caranya?

Mengubah Metode Pembayaran Saat Melakukan Pembelian

Adapun cara lain yang bisa kamu lakukan setelah menambahkan metode pembayaran lebih dari 1 di Google Play, adalah dengan mengganti metode pembayaran saat akan melakukan pembelian.

Misalnya, kamu akan melakukan pembelian aplikasi dengan harga 9.000 atau 10.000 di Google Play, maka yang bisa kamu lakukan adalah

  1. Cari Aplikasi yang akan di beli di Google Play
  2. Klik pada nominal pembelian yang tertera pada aplikasi tersebut
  3. Akan muncul pop up yang menanyakan metode pembayaran apa yang akan digunakan
  4. Klik pada Metode Pembayaran yang muncul, lalu pilih metode pembayaran lain yang sudah terdaftar
  5. Terakhir, kamu tinggal meng klik buy atau 1 tap buy untuk menyelesaikan pembayaran.

Selesai! Kamu sudah berhasil mengganti metode pembayaran pada saat akan melakukan pembelian.

Selain itu, cara ini tak hanya berlaku untuk mengganti metode pembelian di Google Play saja, melainkan juga bisa digunakan untuk menambahkan metode pembayaran baru, ataupun melakukan pembelian di Google Play dengan memasukkan kode voucher yang sudah dibeli. Mudah bukan?

Kesimpulan

Adapun dari beberapa Cara Mengganti Metode Pembayaran di Google Play diatas, ketersediaan metode pembayaran biasanya akan disesuaikan dengan ketentuan yang diperbarui oleh pihak Google itu sendiri.

Adapun metode pembayaran yang paling populer saat ini adalah dengan menggunakan GoPay, ataupun membeli Voucer Kredit Google Play yang tersedia di Alfamart ataupun convenience store lainnya.

Demikianlah pembahasan kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Related posts