Biaya Bikin Dapur Minimalis

  • Whatsapp

Rumah mungil maupun subsidi biasanya berukuran kecil dan tidak memakan ruang, termasuk bagian dapurnya lebih sederhana. Tak mustahil rincian biaya bikin dapur minimalis pasti kamu butuhkan untuk menambah ruang masak yang nyaman di rumah saat ini.

Dapur selalu identik sebagai ruangan pengap dan penuh, namun sudut pandang ini bakal berubah setelah kalian mengikuti dan menyimak pembahasan soal informasi biaya pembuatan dapur minimalis dari kami.

Apabila dapur kalian masih dipenuhi berbagai macam peralatan yang membuatnya terlihat berantakan, maka kamu bisa mengubahnya supaya terlihat lebih nyaman dan stylish.

Walaupun biaya renovasi dapur terbilang besar, terutama mengganti keramik atau perubahan desain counter top maka kamu bisa meminimalisirnya dengan menekan anggaran untuk item tertentu. Tak bisa dipungkiri kalian juga dapat menggunakan anggaran lebih murah daripada renovasi dapur pada umumnya.

Kami menyarankan kalian untuk melakukan renovasi ringan, yakni mengganti bagian tertentu untuk meninggalkan kesan pengap agar kamu dapat memasak dengan nyaman.

Secara umum renovasi ringan tidak akan meninggalkan kesan tampilan sesungguhnya pada saat perancangan awal. Pasalnya, kalian hanya perlu mengganti sebagian kecil dari bagian yang tidak terlalu penting di dapur. Kamu juga akan tahu berapa budget yang dibutuhkan untuk pengerjaan keseluruhan.

Biaya Bikin Dapur Minimalis

Biaya Bikin Dapur Minimalis
Biaya Bikin Dapur Minimalis

Untuk kalian yang berniat mengubah tampilan dapur menjadi minimalis, maka kami pastikan anggarannya tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan pemilik rumah harus memperhatikan luas dapurnya terlebih dahulu.

Apabila tampilan dapurnya besar, dipastikan biaya pembuatan konsep minimalisnya juga lebih tinggi. Oleh karena itu, dapur adalah salah satu bagian rumah yang sebenarnya tidak perlu memakan ruang besar lantaran kalian tidak pernah menghabiskan waktu terus menerus di sana.

Terkait:  Biaya ke Jepang

Meski demikian, kalian sebagai pemilik rumah harus mempertimbangkan metode renovasi yang bakal diterapkan untuk menciptakan dapur minimalis di rumah. Siapa saja bisa memilih renovasi ringan sampai berat sesuai tampilan dapurnya masing-masing.

Apabila kamu ingin merenovasi dengan tingkat berat, budget yang dibutuhkan cukup besar dan sebaliknya. Kami bakal menjabarkan anggaran pembuatan dapur minimalis secara rinci dan singkat pada kesempatan ini.

Biaya Bikin Dapur Minimalis, Berapa Rincian Budgetnya?

Apabila kalian belum pernah merenovasi dapur, maka kamu bisa mengikuti ulasan ini sampai akhir. Untuk melakukan perbaikan ruang masak biasanya tidak butuh biaya besar seperti ruang tertentu di dalam rumah.

Kamu juga bisa meminimalisir penggunaan ruang agar tidak dapat meninggalkan kesan berantakan bahkan penuh. Lantas, berapa rincian budget yang dibutuhkan? Apa saja hal penting yang harus dibutuhkan? Informasinya seperti di bawah ini :

Perhatikan Desain Dapur Minimalis

Secara umum rumah sederhana maupun subsidi mempunyai ukuran lebih kecil. Oleh sebab itu, penerapan desain minimalis sangat dibutuhkan untuk memanfaatkan semua ruang kecil di dalam rumah, termasuk dapur.

Konsep minimalis bakal membuat dapur terlihat lewat pemakaian dekorasi maupun peralatan yang sederhana, tetapi begitu fungsional. Kalian juga bisa memasak lebih nyaman dan tenang tanpa merasa sesak akibat ruangan yang pengap.

Pakai Batu Tempel dan Meja Granit

Kalian bisa mengubah tampilan dapur dengan menambah sentuhan meja granit maupun dapur tempel. Secara umum batu tempel bakal memberi kesan estetik bila ditempatkan pada bagian depan.

Di sisi lain meja granit harus diletakkan pada bagian pinggir yang harus dihaluskan terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak dapat mengenai kulit siapapun sehingga menimbulkan luka goresan. Kamu juga bisa memilih corak meja granit sesuai keinginan.

Terkait:  Biaya Buat Kamar Mandi

Ganti Kompor dan Wastafel

Dapur pada rumah sederhana biasanya mempunyai desain simpel. Tak hanya itu, peralatan yang dipakai tidak terlalu banyak bahkan biasa saja. Maka dari itu, kalian bisa mengganti berbagai macam alat dapur dengan item lain yang lebih fungsional.

Kamu cukup mengganti meja kompor biasa dengan kompor tanah. Kalian pun perlu mengubah struktur bak cuci menjadi wastafel yang minimalis. Tujuannya agar kamu dapat memanfaatkan keduanya selama proses masak berlangsung.

Gunakan Kitchen Set

Kamu juga bisa menambahkan kabinet dapur alias kitchen set pada ruang masak di rumah. Hal ini dikarenakan dapur pada rumah sederhana tidak pernah menghadirkan kitchen set sebagai bagian inti di dalamnya.

Dimana penempatannya? Kamu bisa menempatkan kitchen set di bawah meja untuk menyimpan peralatan dapur yang selalu dipakai memasak setiap hari. Selain itu, keberadaannya juga bisa memangkas ruang dan tidak menciptakan kesan pengap.

Pilih Warna Cat Dinding dan Kabinet yang Tepat

Tak bisa dipungkiri warna cat dinding dan kabinet dapur merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, pilihlah warna yang sesuai dengan mood agar kamu dapat memasak dengan nyaman.

Gunakan warna cerah atau netral seperti putih untuk meninggalkan kesan luas bagi dapur minimalis di rumah kalian. Kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.400,000 s/d Rp.500,000 untuk membeli cat paling berkualitas berukuran 25 kg.

Gunakan Pelapis Meja

Kamu bisa mengganti penggunaan counter top (meja) dengan pelapis meja untuk menghemat anggaran pembuatan dapur minimalis. Pada dasarnya, bagian ini berbahan dasar vinyl atau silicon supaya bisa melindungi meja dari berbagai macam kotoran bahkan noda saat kamu sedang memasak. Berapa harganya? Kamu bisa membelinya lewat toko online yang biasanya memasang harga mulai dari Rp.30,000 per meter.

Terkait:  Biaya Transfer dari BCA ke BRI

Atur Komponen dan Peralatan Masak

Kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengatur komponen dan peralatan masak. Kami pastikan salah satu faktor dapur terlihat berantakan dan pengap adalah pemilik rumah tidak bisa mengatur lokasi penyimpanan peralatan memasak dengan benar.

Untuk menciptakan kesan indah dan nyaman, maka kamu bisa menggunakan beberapa peralatan yang paling penting dan tidak perlu membeli alat masak terlalu banyak. Kamu juga tidak wajib membongkar rak dapur setiap hari.

Berapa Biaya Pembuatan Dapur Minimalis?

  • Tukang Bangunan : Rp.100,000/orang x 2 x 5 hari = Rp.1,000,000.
  • Cat : Rp.500,000.
  • Keramik Dinding : Rp.300,000.
  • Granit Meja : Rp.400,000 x 2 = Rp.800,000.
  • Kawat : Rp.20,000.
  • Pelapis Meja : Rp.30,000.
  • Besi 8 : Rp.35,000 x 2 = Rp.70,000.
  • Pasir : Rp.300,000.
  • Semen : Rp.40,000/sak x 2 = Rp.80,000.
  • Batu Bata : Rp.1,000 x 30 = Rp.30,000.
  • Bata Tempel : Rp.125,000/dus x 2 = Rp.250,000.
  • Nat Khusus Hitam : Rp.15,000.
  • Bak Cuci (Wastafel) : Rp.300,000.

Jumlah Keseluruhan : Rp.3,695,000.

Bagaimana Cara Bikin Dapur Minimalis Lebih Fungsional?

Untuk membuat dapur minimalis lebih fungsional, maka kamu bisa mengganti lampu dapur sehingga pencahayaannya dapat mendukung kegiatan memasak setiap hari. Apabila kamu selalu beraktivitas di dapur pada malam hari, pencahayaan adalah faktor utama yang harus diperhatikan.

Kalian juga dapat mengganti ubin dengan stiker lantai menggunakan beberapa motif unik sesuai konsep dapur dan warna cat yang digunakan, sedangkan kamu dapat menghemat biaya renovasinya.

Demikian pembahasan seputar biaya bikin dapur minimalis beserta rincian anggaran dan peralatan yang dibutuhkan. Kami tegaskan bagian dapur pada rumah sederhana tidak pernah butuh luas lahan besar lantaran ruang ini tidak pernah dihuni terus menerus.

Sementara itu, kamu juga hanya perlu menyiapkan budget di bawah Rp.5 juta untuk membuat dapur minimalis yang nyaman. Gunakan warna cat putih agar dapat meninggalkan kesan luas dan tidak pengap saat kamu memasak.

Related posts