Biaya Arsitek Rumah

Tidak bisa dipungkiri jika referensi terkait dengan Biaya Arsitek Rumah sangatlah dibutuhkan. Apalagi kamu sedang berencana untuk membangun rumah yang tidak luput dari anggaran pembiayaan.

Dalam hal ini, menginginkan rumah yang nyaman tidak hanya dimulai dari perencanaan denah ataupun desain. Akan tetapi dalam prosesnya, butuh bantuan arsitek yang memang sudah ahli dibidangnya.

Jasa arsitek tidak hanya terbatas pada memutuskan desain bangunan secara fisik. Namun juga memperhitungkan segala aspek agar hasil lebih maksimal, serta rumah idaman sesuai yang diinginkan.

Salah satu peran penting dari arsitek ialah, untuk menetapkan struktur, material bangunan, sekaligus memperhitungkan budget yang nantinya mungkin harus dikeluarkan saat pembangunan rumah.

Secara dasar, menyewa jasa arsitek hanya sebagai opsi saja. Apalagi kamu mempunyai banyak waktu luang, atau mempunyai sedikit ilmu tentang arsitektur rumah.

Nah sekedar untuk menambah wawasan saja, kali ini kamu akan paparkan tentang tarif jasa arsitek dan bagaimana cara menemukan jasa arsitek yang benar.

Namun sebelumnya, kamu juga harus paham dengan beberapa poin yang terkait dengan pembangunan rumah. Apa saja poin yang dimaksud? Yuk kita baca artikel ini hingga tuntas.

Biaya Arsitek Rumah

Biaya Arsitek Rumah

Secara umum, pehitungan tarif jasa arsitek di Indonesia sudah diatur oleh Ikatan Arsitek Indonesia (AIA). Tarif penetapan ini dipengaruhi oleh total keseluruhan biaya pembangunan, sekaligus oleh kategori jenis bangunan yang direncanakan.

Dengan besaran tarif yang dibayarkan tersebut, nantinya klien yang bersangkutan akan memperoleh layanan jasa arsitek. Mulai dari tahap perencanaan, pengembangan, dan juga pengawasan secara berkala.

Agar pemahaman lebih jelas, berikut perhitungan serta tarif jasa arsitek di Indonesia yang bisa kamu pelajari :

Tarif Jasa Arsitek Berdasar Rencana Anggaran

Perhitungan umum untuk tarif arsitek ialah dengan menerapkan acuan rencana anggaran pembangunan rumah. Akan tetapi, perlu juga diketahui kategori bangunan yang direncanakan.

Penjelasan singkatnya, yang dimaksud dengan kategori jenis bangunan ialah berdasar dari tingkat kesulitan serta kegunaan bangunan.

Tipe bangunan sendiri terbagi menjadi lima kategori, yakni bangunan khusus, sosial, kategori bangunan 1, 2 dan 3. Kesemuanya, mempunyai persentasi besaran tarif yang berbeda.

Sebagai contoh, jika anggaran biaya pembangunan rumah sebesar Rp 300 juta, dan disebut masuk pada kategori 3, maka perhitungan kasarnya ialah :

8% x Rp 300.000.000 = Rp 24.000.000,-

Intinya, tarif yang akan dikenakan untuk jasa arsitek dengan rencana anggaran pembangunan Rp 300 juta ialah sebesar Rp 24 juta.

Tarif Jasa Arsitek Berdasar Luas Per Meter Persegi

Perhitungan lain yang digunakan untuk menetapkan jasa arsitek ialah berdasar pada luas per meter persegi bangunan yang akan dibangun.

Jumlah tarif dari arsitek per meter umumnya berkisar antara 150 hingga 800 ribu per m2. Akan tetapi, ada pula beberapa arsitek yang bisa menerapkan harga dibawah ataupun di atas tarif umum.

Kondisi tersebut tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Baik dari sisi pengalaman ataupun portofolio arsitektur yang pernah digarap sebelumnya.

Pada poin ini, lingkup kerja jasa arsitek mempunyai pengaruh dari penetapan tarif. Ruang lingkup ini umumnya jugaterbagi dengan beberapa tahap. Seperti halnya konsep perencanaan, hingga proses pengawasan dalam pembangunan rumah.

Dengan bermodal ruang lingkup ini, menjadikan arsitek mempunyai peran sebagai kontraktor yang mempunyai tanggung jawab dalam hal pengawasan, pemilihan material, dan kewajiban yang lain.

Keuntungan Menggunakan dan Mengetahui Biaya Arsitek Rumah

Dengan mempertimbangkan menggunakan jasa arsitek, khususnya dalam perencanaan pembangunan rumah. Maka diharap bisa memberikan manfaat dari segala aspek.

Pasalnya, manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan layanan jasa arsitek akan berdampak langsung pada kualitas bangunan yang dibangun.

Bermula dari skesta denah yang dirancang saja, kamu pasti sudah bisa melihat gambaran rumah yang nantinya akan dibangun.

Beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan ialah segi kenyamanan, keamanan, serta kesehatan penghuni dalam sebuah bangunan tersebut. Kesemuanya sudah dihitung dengan matang melalui rancangan arsitek tersebut.

Pertanyaannya, apa saja keunggulan menggunakan jasa arsitek dalam pembangunan rumah idaman? Berikut daftar yang bisa kamu ketahui :

  • Lebih efisien dalam memanfaatkan anggaran untuk material bangunan. Dimulai dari perencanaan desain yang lebih efisien.
  • Mencegah kesalahan struktur bangunan yang bisa berbahaya pada keselamatan penghuni rumah.
  • Kualitas rumah yang dibangun lebih prima dan tahan lama.
  • Mempunyai hunian yang sesuai dengan kebutuhan serta desain khusus untuk keunikan tempat tinggal. Sehingga rumah tinggal kamu beda dengan yang lain.
  • Nilai jual rumah juga bertambah.

Tips Menemukan Jasa Arsitek Terbaik

Bagi kamu yang memang ada niat untuk membangun rumah, memanfaatkan jasa arsitek akan sangat membantu meraih rumah idaman sesuai yang diinginkan. Bahkan, jasa arsitek akan memberikan beragam keuntungan dalam proses perencanaan.

Untuk membantu kamu menemukan jasa arsitek terbaik, berikut beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan acuan :

1. Mempunyai Sertifikat

Kinerja dari arsitek rumah bisa ditentukan dengan adanya sertifikat yang dimiliki. Dengan adanya sertifikat ini, maka akan diketahui kapabilitas pengetahuan, cara kerja dan keterampilan dalam merencanakan rancangan bangunan.

Setidaknya ada 13 poin standar kompetensi untuk arsitek. Poin ini sekaligus menjadi tolok ukur seseorang pada bidang arsitektur.

Dalam hal ini, kamu perlu memastikan bahwa jasa arsitek yang dipili sudah mempunyai sertifikat keahlian arsitek. Hal ini sangat penting untuk keberhasilan dan keamanan proyek pembangunan rumah.

2. Lihat Portofolio Jasa Arsitek

Portofolio bisa menjadi bukti pengalaman kerja dari jasa arsitek rumah pada proyek sebelumnya. Sehingga, dengan mengamatinya, kamu bisa menilai bahwa jasa tersebut memang sudah sesuai dengan preferensi yang dibutuhkan.

Terlepas dari itu, kualitas dan juga kuantitas dari hasil pengerjaan dari portofolio sebelumnya, bisa kamu jadian ciri khas seorang arsitek apa memang sudah sesuai dengan kriteria kamu.

Tipsnya, pastikan kamu memilih arsitek yang mempunyai latar belakang jenis bangunan yang sesuai.

3. Cek dan Lihat Testimoni Klien Sebelumnya

Testimoni yang ditinggalkan oleh klien sebelumnya, bisa dijadikan acuan apa jasa yang diberikan memang sudah cocok bagi kamu.

Umumnya, testimoni tersebut cukup untuk menggambarkan bagaimana proses dan cara kerja dari calon arsitek rumah yang akan kamu pekerjakan.

Apa hasil akhir yang diperoleh memang memuaskan, atau justru sebaliknya. Perhatikan pula durasi pengerjaan, hingga beberapa informasi yang kamu butuhkan dan perlu diketahui dari jasa arsitek tersebut.

4. Sesuaikan Budget

Poin yang juga penting kamu perhitungkan saat hendak menyewa jasa arsitek ialah ketersediaan anggaran yang kamu miliki.

Meski pada dasarnya arsitek mempunyai acuan umum, akan tetapi untuk arsitek dengan pengalaman jam terbang tinggi, akan menerapkan tarif yang lebih tinggi.

Pada poin ini, kamu perlu melihat kembali prioritas serta kebutuhan akan jasa arsitek dalam proses pembangunan rumah idaman.

Dengan demikian, kamu bisa memperhitungkan beberapa hal. Termasuk dalam hal mempersiapkan anggaran, dan juga beberapa poin yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Demikianlah ulasan singkat tentang Biaya Arsitek Rumah yang bisa kami bahas kali ini. Semoga bisa menjadi referensi yang memang dibutuhkan.