Home » Biaya » Biaya Bikin Rumah Minimalis

Biaya Bikin Rumah Minimalis

Bagaimana menghitung biaya bikin rumah minimalis? Secara umum rumah selalu dinilai sebagai aset berharga yang harus dimiliki semua orang. Hal ini dikarenakan rumah akan tetap ditempati dan diwarisi secara turun temurun, sedangkan kalian bisa membelinya dengan memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) maupun kontan (cash).

Akan tetapi, kamu juga dapat membangun hunian pribadi idaman setelah mempunyai tanah dengan menciptakan konsep minimalis. Apabila kamu berencana membangun rumah sendiri, maka kamu bisa menghitung budget yang harus disiapkan untuk membeli berbagai macam bahan materialnya, upah tukang bangunan sampai biaya lainnya.

Tak bisa dipungkiri perhitungan tersebut wajib kamu lakukan dan disiapkan dari awal agar kamu dapat mengetahui berapa Rincian Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rumah minimalis sesungguhnya.

Setiap orang pun punya nominal anggaran berbeda dalam pelaksanaannya. Kalian harus membangun rumah minimalis sesuai kemampuan finansial, alias tidak boleh memaksakan diri demi mencegah kendala selama proses pembangunannya.

Andaikan budget terbatas, maka kamu bisa mengurangi penambahan objek tertentu bahkan lebih menekankan konsep minimalis bagi hunian pribadi yang akan dimiliki. Hal ini dikarenakan rumah minimalis semakin digandrungi masyarakat luas daripada sebuah bangunan berkonsep besar nan mewah.

Biaya Bikin Rumah Minimalis

Biaya Bikin Rumah Minimalis

Biaya Bikin Rumah Minimalis

Apa itu rumah minimalis? Secara umum konsepnya terinspirasi dari ajaran filosofis asal Negeri Matahari, Jepang. Hal ini dikarenakan orang-orang Jepang selalu menerapkan standar hidupnya sesuai Zen yang ditekankan untuk melangsungkan kehidupan secara harmonis bagi pikiran dan tubuhnya.

Di samping itu pula ajaran Zen selalu menekankan konsep minimalis lantaran kenyamanan, serta ketenangah mampu dicapai apabila seseorang selalu menyatu dengan alam. Bukan rahasia umum rumah minimalis mempunyai standarisasi yang sama seperti ajaran Zen tersebut, sedangkan konsepnya selalu menyatu dengan alam.

Maka dari itu, sifat inilah yang selalu dimiliki rumah minimalis dan wajar saja bila siapapun ingin sekali mempunyainya sebagai investasi masa depan. Rincian biaya pembangunannya juga berbeda sesuai luas bangunan dan tanah yang digunakan, serta bahan material sampai tukang bangunan yang kalian andalkan.

Biaya Bikin Rumah Minimalis, Berapa Detail Anggarannya?

Untuk membangun rumah minimalis maka seseorang harus mempertimbangkan hal kecil sampai besar sebelum proses perancangan berlangsung.

Pasalnya, bahan material yang akan digunakan harus sesuai dengan kebutuhan kalian maupun tukang bangunan. Di sisi lain pun tukang bangunan yang dipercaya harus sesuai dengan budget kamu sendiri, apakah sistemnya harian atau borongan. Semuanya akan kami bahas pada ulasan berikut :

Luas Bangunan dan Tanah

Langkah awal yang harus diperhatikan dalam membangun rumah minimalis adalah perhatikan luas bangunan dan tanah. Kami bakal mengambil ilustrasi dengan mengusung konsep rumah berukuran 23/60.

Maka dari itu, kamu harus membutuhkan tanah seluas 60 m2 dengan harga tanah di lokasi pilihan misalkan sebesar Rp.2,200,000 per meter persegi. Biaya pembelian tanah yang harus kalian siapkan dari sekarang pasca perhitungan luasnya adalah Rp.2,200,000 x 60 = Rp.132,000,000.

Jangan lupa menghitung biaya bangunannya, seperti bahan material yang akan digunakan dalam merancang rumah minimalis. Apabila kamu tidak tahu rinciannya, silakan bertanya kepada mandor atau kepala tukang bangunan yang akan kalian libatkan.

Kita bisa mengambil ilustrasi mengandalkan sistem borongan penuh seharga Rp.2,700,000 per m2 yakni 23 x Rp.2,700,000 = Rp.62,100,000. Jadi, jumlah biaya keseluruhannya adalah Rp.132,000,000 + Rp.62,100,000 = Rp.194,100,000.

Upah Jasa Tukang Bangunan

Pertimbangkan jasa tukang bangunan yang bakal diandalkan selama membangun rumah minimalis. Apabila kamu memilih sistem kerja harian, maka kamu bisa menyiapkan budget untuk satu orang sebesar Rp.100,000 s/d Rp.150,000 per hari.

Di sisi lain kalian juga bisa memanfaatkan sistem kerja borongan dengan pembayarannya sebesar Rp.600,000 s/d Rp.800,000 per meter persegi, sedangkan borongan penuh mampu mencapai Rp.3,000,000 s/d Rp.5,000,000 per meter persegi. Akumulasi lengkapnya adalah :

Jumlah Pekerja Harian x Upah Harian

3 x Rp.100,000 = Rp.3,000,000 per hari.

Namun, bila kamu menargetkan pembangunan rumah minimalis bakal selesai dalam waktu satu bulan, maka bisa melakukan perhitungan seperti berikut :

Jumlah Pekerja Harian x Upah Harian x Jumlah Hari Kerja

(3 x Rp.100,000) x 25

Rp.3,000,000 x 25

Rp.75,000,000

Jumlah biaya pembayaran upah jasa tukang bangunan harian dalam sebulan adalah Rp.75,000,000. Kami informasikan pula sistem harian biasanya paham dan tahu desain rumah minimalis seperti apa yang kamu inginkan.

Biaya Lain-lain

Selama pembangunan berlangsung biasanya kamu bakal menemukan beberapa peruubahan yang ingin dilakukan, seperti ornamen maupun sejenisnya. Kendati demikian, pelaksanaannya harus dihitung secara cermat dan teliti.

Hal ini dikarenakan biaya lainnya yang tidak terduga biasanya tidak membutuhkan anggaran besar seperti membeli tanah sampai membayar upah tukang bangunan. Kamu bisa menyiapkan budget sekitar 10% dari jumlah anggaran yang sudah disiapkan.

Apabila kamu mempunyai modal bikin rumah minimalis sebesar Rp.300,000,000 maka kalian bisa menyisihkan uang sekitar Rp.30,000,000. Oleh karena itu, budget yang sudah disisihkan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam menambahkan objek khusus bagi rumahmu nanti.

Total Biaya Pembangunan Rumah Minimalis

Apabila kamu mengandalkan jasa tukang bangunan bersistem borongan, maka kamu tidak perlu fokus terhadap perhitungan anggaran lain karena pemilik rumah cukup memperhatikan budget pembelian tanah dan bangunannya saja, yakni sebesar Rp.194,100,000 berdasarkan hasil perhitungan di atas.

Rahasia Menghemat Biaya Bikin Rumah Minimalis

Siapa saja bisa memangkan anggaran pembangunan rumah minimalis sehingga tidak perlu menghabiskan dana fantastis. Pertama, pastikan kamu memilih jasa tukang bangunan profesional dan berpengalaman yang bisa diajak negosiasi mengenai upah.

Kalian tidak perlu habiskan uang sampai Rp.150,000 per hari untuk memberi gaji mereka sesuai kisaran maksimal yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Pertimbangan bahan material yang akan digunakan, lantaran penghematan budget bisa saja timbul dari pemilihan bahan baku yang benar. Untuk memperoleh bahan dasarnya, maka kamu bisa survei ke beberapa toko bangunan demi mendapatkan harga kompetitif.

Terakhir, pilihlah lokasi lahan pembangunan rumah lantaran semakin strategis tempatnya, maka kamu harus menyiapkan dana besar dan pastikan titik utamanya tidak terlalu mudah dijangkau.

Tips dan Trik Manfaatkan Rumah Minimalis

Rumah minimalis sebenarnya tidak membutuhkan lahan dan bangunan besar untuk penghuninya. Di samping itu kamu bisa memanfaatkan keberadaannya dengan menciptakan beberapa ruang utama sampai tambahan sesuai kebutuhan masing-masing.

Kami sarankan kalian cukup membangun tiga ruang utama seperti kamar tidur dan kamar mandi, serta ruang tamu sampai tempat ibadah mungil yang satu sama lain dipisahkan menggunakan sekat sesuai warna konsepnya.

Demikian informasi tentang biaya bikin rumah minimalis beserta rincian anggaran yang harus kamu siapkan. Meski begitu, siapa saja bisa memangkan budget pembangunan rumah minimalis hanya dengan melakukan perhitungan secara cermat dari pemilihan pekerjanya terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan kamu melakukan survei ke beberapa toko bangunan supaya bisa tahu dan mendapatkan bahan material berkualitas yang harganya bersaing bahkan lebih murah.