Biaya Buat Rumah Minimalis

Biaya Buat Rumah Minimalis
Biaya Buat Rumah Minimalis

Kalian pasti tahu rumah minimalis mempunyai konsep sederhana dan tidak memakan ruang besar. Di sisi lain perhitungan biaya buat rumah minimalis tidak pernah menghabiskan dana fantastis sejak perancangan awal sampai akhir.

Bagaimana tidak, seseorang bahkan mampu membangun hunian tersebut hanya dengan menghabiskan budget kurang dari Rp.100 juta. Banyak orang penasaran terhadap hasil skema Rencana Anggaran Biaya (RAB) rumah minimalis.

Read More

Walaupun terdengar aneh, namun sebenarnya orang-orang bahkan kamu sendiri memang bisa membuat rumah minimalis dengan jumlah budget yang kami sebutkan di atas. Pasalnya, seseorang yang berencana membangun rumah dengan konsep apapun memang disarankan membuat RAB terlebih dahulu.

Mengapa? Hal ini dikarenakan setiap pemilik rumah harus tahu alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan, serta berapa jumlah biaya yang akan dihabiskan untuk setiap komponennya.

Seandainya kalian masih tidak percaya dengan pembangunan rumah minimalis yang memakan dana minim, maka kamu bisa mengikuti asumsi kami dalam menghitung setiap material sampai tukang bangunan secara detail.

Kami bakal memberikan gambaran sederhana soal hitungan membuat rumah minimalis tiga kamar yang tidak akan menguras dompet terlalu dalam. Pastikan kamu tahu pembuatan RAB nya dengan benar seperti beberapa ulasan serupa sebelumnya.

Biaya Buat Rumah Minimalis

Biaya Buat Rumah Minimalis
Biaya Buat Rumah Minimalis

Bukan rahasia umum mempunyai sebuah rumah indah dan nyaman adalah mimpi semua orang. Maka dari itu, seseorang bahkan kamu sendiri akan selalu menyimpan uang supaya bisa membangun rumah dari kerangka awal daripada membeli langsung melalui pihak perantara.

Terkait:  Cara Mengetahui Password Instagram Tanpa Email dan Nomor Hp

Hal ini dikarenakan membangun rumah minimalis sendiri terbilang murah dan kamu bisa tahu rincian budget yang harus dikeluarkan, mulai dari bahan material sampai upah pekerja.

Untuk membangun rumah minimalis sejak awal memang tidak terlalu mudah. Kalian harus menyiapkan budget dan melakukan perhitungan dengan cermat. Jangan sampai rencana kalian mempunyai hunian nyaman yang bisa dihuni bertahun-tahun hanya wacana, serta tidak memberi ketenangan bagi diri sendiri.

Kalian juga bisa menentukan objek tambahan dari rumah minimalis 3 kamar yang bakal dibangun tanpa membuat tampilannya menjadi aneh dan pengap.

Biaya Buat Rumah Minimalis, Rumah Indah Budget Rendah

Kalian pasti akan mengira membangun rumah minimalis membutuhkan dana tinggi, bukan? Padahal asumsi tersebut tidak selalu benar. Hal ini diikarenakan seseorang bisa memiliki rumah idaman berkonsep minimalis tanpa habiskan uang ratusan juta rupiah.

Di samping itu, seseorang harus mempunyai RAB berisi daftar perhitungan material dan upah pekerja secara rinci, serta menekan biaya tak terduga. Berikut merupakan informasi anggaran buat rumah minimalis, yakni :

Batu Bata Merah

Seperti kalian tahu pembangunan rumah apapun pasti membutuhkan batu bata merah. Oleh karena itu, kalian bisa menyisihkan alokasi dana untuk membelinya dalam merancang rumah minimalis. Biasanya batu bata merah dibanderol seharga Rp.800, sedangkan batu bata oven senilai Rp.1,000 per batangnya.

Semen

Semen merupakan salah satu material utama dalam pembuatan rumah minimalis. Biasanya harga semen per sak alias 50 kg dibanderol seharga Rp.50,000 s/d Rp.60,000. Tak bisa dipungkiri seseorang harus membelinya lebih dulu daripada komponen lain sebelum pembangunan rumah dimulai.

Batu Kali

Apabila kamu pergi ke toko material, maka kamu bisa menemukan harga batu kali ditawar mulai dari Rp.1,2 juta per meter kubik. Akan tetapi, kalian mampu mendapatkannya dengan harga miring bila membelinya ke penambang batu secara langsung, lantaran batu kali pasti dibutuhkan dalam pembuatan rumah minimalis.

Terkait:  Cara Parkir Mobil

Pasir

Pasir berperan penting dalam pembangunan rumah minimalis karena fungsinya adalah penguat struktur bangunan yang dicampur dengan semen. Oleh sebab itu, kalian bisa membelinya pada toko material yang membanderolnya sekitar Rp.200,000 per meter kubik. Namun, harga tersebut bisa saja berbeda dengan toko bangunan lain.

Kayu

Kamu bisa mengandalkan kayu sebagai bahan baku utama dalam pembangunan rumah minimalis. Kalian tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk membeli kayu berkualitas dan kokoh. Seseorang cukup mengeluarkan dana mulai dari Rp.70,000 s/d Rp.100,000 untuk membeli satu meter kayu.

Baja Ringan atau Besi

Seseorang yang hendak membangun rumah minimalis tiga kamar pasti membutuhkan baja ringan atau besi sebagai pondadi bangunannya. Tujuannya supaya rumah bisa terlihat kuat dan kokoh.

Berapa harganya? Kalian perlu mengeluarkan anggaran sebesar Rp.160,000 untuk besi, sedangkan harga baja ringan dibanderol sekitar Rp.100,000 per batangnya.

Paku

Jangan lupakan material paku dalam perencaan membuat rumah minimalis. Kamu sebenarnya tidak perlu habiskan budget tinggi dalam pembangunan hunian dari pembelian bahan baku tersebut. Kamu perlu menyisihkan uang sebesar Rp.20,000 untuk membeli sekilo paku berukuran 7 cm.

Tukang Bangunan

Kalian harus mengandalkan tukang bangunan berpengalaman dalam pembuatan rumah minimalis berukuran 6×9. Seandainya kamu memilih pekerja harian, maka kamu bisa melibatkan tiga orang dengan upah sebesar Rp.100,000 per orang dalam sehari. Hasil perhitungannya adalah Rp.300,000 dan budget dalam 25 hari adalah Rp.7,500,000.

Contoh RAB Rumah Minimalis Tiga Kamar

  • Batu Bata Merah : Rp.800 x 500 = Rp.400,000.
  • Semen : Rp.55,000 x 3 = Rp.165,000.
  • Batu Kali : Rp.1,200,000 x 5 m3 = Rp.6,000,000.
  • Pasir : Rp.200,000 x 6 m3 = Rp.1,200,000.
  • Kayu : Rp.80,000 x 10 meter = Rp.800,000.
  • Baja Ringan : Rp.100,000 x 200 = Rp.20,000,000.
  • Paku : Rp.20,000 x 2 = Rp.40,000.
  • Genteng Tanah Liat : Rp.15,000 x 100 = Rp.1,500,000.
  • Tukang Bangunan : Rp.7,500,000.
Terkait:  Biaya Buat Rumah Ukuran 6x9

Jumlah Keseluruhan = Rp.37,605,000.

Biaya Lainnya

Untuk memaksimalkan tampilan rumah minimalis, kalian bisa menambahkan ornamen atau objek tertentu. Kalian bisa membuat taman minimalis atau spot lain yang menyempurnakan desain rumah kalian.

Dalam merealisasikannya, maka kamu bisa menambahkan anggaran sebesar 10% s/d 20% dari hasil perhitungan final di atas. Jadi hasil akumulasinya adalah Rp.3,760,500 (10%) dan Rp.7,521,000 (20%), sedangkan asumsi nilai tersebut terbilang rendah.

Di samping itu, kami menegaskan bahwa RAB rumah minimalis tersebut hanya mencakup bahan material dan tukang bangunan saja. Untuk biaya lainnya sampai instalasi belum termasuk ke dalamnya.

Oleh karena itu, kalian mungkin harus menyiapkan dana maksimal sebesar Rp.60 juta. Tak menutup kemungkinan uang sebesar itu masih menyisakan biaya sekian persen yang bisa kalian simpan sebagai dana darurat untuk kebutuhan rumah minimalis.

Bagaimana Merawat Rumah Minimalis?

Kalian tidak perlu repot dalam merawat rumah minimalis. Pasalnya, seseorang hanya perlu memperhatikan warna cat interior maupun eksterior sehingga dapat terlihat luas dan bersih. Gunakan warna putih untuk memberi kesan cerah dan menarik, serta menghindari kesan pengap bagi seluruh ruangan.

Di sisi lain penggunaan ornamen atau furnitur juga perlu diperhatikan dan pastikan tidak mengganggu penampilan setiap sudut ruang yang sudah ditata rapi.

Demikian pembahasan mengenai biaya buat rumah minimalis beserta contoh RAB lengkap dan terbaru. Kalian puas dengan hasil perhitungannya, bukan? Kami pastikan kalian percaya terhadap asumsi anggaran yang harus dikeluarkan sesuai bayangan di atas.

Siapa saja tidak selalu dituntut menghabiskan budget hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah untuk membangun rumah minimalis. Kalian bisa membuatnya hanya dengan dana sebesar Rp.50 juta untuk menghuni bangunan modern tiga kamar.

Related posts

Leave a Reply