Home » Biaya » Biaya Bikin SIM C

Biaya Bikin SIM C

Berapa biaya bikin SIM C? Seperti kamu tahu bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) mempunyai pilihan berbeda sesuai jenis-jenis kendaraannya. Siapa saja bisa membuat SIM A, B, C dan D berdasarkan transportasi yang digunakan saat berada di jalan raya.

Pembahasan ini akan membahas soal pembuatan SIM C yang dimiliki para pengendara kendaraan roda dua. Tak hanya itu, biaya bikinnya juga berbeda dengan SIM A dan B karena penerapannya untuk transportasi lain.

SIM C hanya berlaku untuk kendaraan roda dua alias motor. Apabila kamu tidak punya SIM C saat mengendarai motor di jalan raya. Dipastikan berkendara dianggap sebagai aktivitas ilegal dan tidak sah dalam hukum yang berlaku.

Di samping itu banyak orang bahkan kamu sendiri kurang paham dan tidak mengerti sama sekali megenai prosedur dan anggaran bikin SIM. Situasi tersebut membuat beberapa orang ragu bahkan enggan mendatangi Gerai Samsat untuk membuat SIM.

Apabila kamu baru saja mempunyai sepeda motor dan ingin membuat SIM C, maka kalian bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan dokumen persyaratan mana saja yang perlu disiapkan.

Kami juga bakal menguraikan rincian biaya pembuatan SIM secara rinci supaya kamu bisa menyesuaikannya dengan budget, serta kendaraan yang dimiliki dan masih dipakai sampai sekarang.

Biaya Bikin SIM C

Biaya Bikin SIM C

Biaya Bikin SIM C

Seiring berjalannya waktu ternyata pembuatan SIM tidak butuh biaya dan waktu banyak. Bagaimana tidak, kalian bisa memperoleh SIM hanya dengan menghabiskan uang sebesar ratusan ribu rupiah.

Di sisi lain setiap orang yang mempunyai kendaraan pribadi atau umum harus melewati beberapa tahapan sesuai aturan berlaku. Hal ini dikarenakan kamu hanya bisa mengajukan permohonan bikin SIM melalui Gerai Samsat maupun Satpas SIM di wilayah masing-masing.

Sementara itu, banyak orang ingin sekali mempunyai SIM C secara instan. Tak bisa dipungkiri mereka akan membayar seseorang untuk mengurusnya, tindakan ini disebut sebagai nembak SIM.

Orang-orang melakukannya lantaran tidak ingin menghabiskan waktu untuk menghadapi pihak polisi dalam mengurus dan menyelesaikan pembuatan SIM. Kamu padahal tidak bakal melewati prosedur rumit dan membutuhkan waktu berjam-jam lantaran semuanya bisa dilakukan dengan cepat.

Biaya Bikin SIM C, Prosedur dan Syaratnya Mudah

Apabila kamu baru berencana membuat SIM C untuk motor di rumah, silakan pahami ulasan ini sampai akhir. Kami selalu siap membantu kalian dalam mengulas informasi terkini soal pembuatan SIM C secara efektif dan lengkap.

Kami pastikan siapapun tidak perlu habiskan uang banyak demi memperolehnya. Tak sedikit pula orang-orang yang melakukan sistem tembak SIM demi menghindari prosedur berlaku. Beberapa informasi tersebut antara lain :

Apa Itu SIM C?

SIM C adalah dokumen kendaraan yang harus dimiliki setiap pengendara kendaraan roda dua (sepeda motor). Kamu harus tahu bahwa semua pengendara kendaraan roda dua harus mempunyai SIM C yang patut di bawah kemana saja dan kapan saja.

Apabila kalian tidak punya SIM C, dipastikan kalian melanggaran peraturan lalu lintas yang sudah disahkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Kepolisian tidak akan segan melakukan razia serta melayangkan sanksi bagimu.

Biaya Pembuatan SIM C Resmi

Beberapa orang masih memperdebatkan biaya pembuatan SIM C sampai sekarang. Meski begitu, siapa saja juga bisa mengandalkan Smart SIM daripada SIM biasa yang masih kalian gunakan sampai sekarang. Kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.50,000 s/d Rp.120,000 untuk mendapatkan Smart SIM.

Kendati demikian, prosedur dan syarat bikin SIM C konvensional masih dianggap lebih mudah dan biayanya juga murah untuk seluruh lapisan masyarakat.

Apabila kamu ingin membuat SIM C, maka cukup menyiapkan uang sebesar Rp.100,000 yang langsung diserahkan kepada petugas yang berada di Gerai Samsat maupun Satpas SIM. Tak hanya itu, kalian juga perlu menyerahkan uang tambahan lainnya seperti berikut :

  • Asuransi : Rp.30,000.
  • Biaya Surat Keterangan Uji Klinik Pengemudi (SKUKP) : Rp.50,000.

Persyaratan Bikin SIM C Resmi

  • Fotokopi KTP.
  • Surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit.
  • Formulir dan keterangan lulus tes psikologi di Satpas.
  • Lampirkan dokumen persyaratan tambahan secara lengkap.
  • Verifikasi sidik jari dengan mengambil foto dan tanda tangan di Satpas SIM.

Apa Itu Nembak SIM?

Nembak SIM adalah metode yang dilakukan beberapa orang untuk memperoleh SIM bagi kendaraannya masing-masing. Secara umum pemohon bakal memberi sejumlah uang kepada oknum Kepolisian, sedangkan tindakan ini dianggap sebagai alternatif untuk mendapat SIM dengan cepat dan mudah.

Meski begitu, aksi tersebut masih dipandang sebagai hal tabu bahkan ilegal karena pemerintah pusat dan daerah sudah mengeluarkan aturan resmi dalam pembuatan SIM.

Berapa Biaya Pembuatan Nembak SIM?

Nembak SIM sebenarnya adalah kegiatan ilegal dan tidak patut ditiru bahkan dilakukan terus menerus. Hal ini dikarenakan pemohon tidak akan pernah patuh bahkan ikuti semua aturan yang ada selama di jalan raya. Pihak Kepolisian juga telah membatasi aktivitas oknum polisi nakal.

Mereka tidak segan memberi teguran bahkan sanksi keras kepada oknum yang terlibat dan berbuat curang. Kamu bahkan harus menghabiskan dana lebih banyak dibandingkan membuat SIM resmi.

Walaupun banyak orang menganggapnya sebagai hal efektif, tetapi kalian harus merogoh kocek mulai dari Rp.500,000 untuk membuat SIM lewat metode tersebut.

Tak bisa dipungkiri beberapa oknum polisi bahkan siap menerima permintaan kalian dalam pembuatan SIM secara instan dengan meminta uang sebesar Rp.800,000. Selain itu, ada orang lain ingin membuat dua SIM sekaligus hanya dengan menyerahkan uang mulai dari Rp.1,6 juta s/d Rp.2 juta.

Bagaimana Proses Pembuatan Nembak SIM?

Kami sarankan kamu membuat SIM C resmi dibandingkan nembak lewat oknum polisi. Pasalnya, oknum tersebut bakal bermain curang dengan metodenya masing-masing. Mereka tidak segan merayu kalian yang selalu gagal melewati ujian teori sampai praktik untuk mendapat SIM C dengan mudah.

Di samping itu oknum tersebut bisa saja diketahui petugas Satpas lainnya, sehingga kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak agar semuanya dapat menikmati hasil budget nembak SIM.

Manfaat Pembuatan SIM Resmi

Bukan rahasia umum membuat SIM C resmi bakal memberi berbagai macam manfaat untuk setiap orang yang mengemudi. Kalian akan terhindar razia dan risiko buruk seperti kriminalitas selama berkendara di jalan raya.

Kepolisian tetap memeriksa semua orang melalui dokumen kendaraan secara berkala untuk memastikan motor yang ditumpangi adalah barang legal, sedangkan kamu juga berhak menikmati semua fasilitas lalu lintas. Kamu juga cukup menghabiskan uang di bawah Rp.250,000 saja.

Demikian informasi tentang biaya bikin SIM C beserta prosedur dan syaratnya yang mudah. Kalian tidak perlu menghabiskan waktu dan budget fantastis lantaran petugas yang bekerja di Gerai Samsat dan Satpas SIM bakal setia menerima permohonanmu untuk itu.

Kamu cukup menyiapkan uang dan dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Pastikan semuanya lengkap agar kamu dapat mengikuti ujian teori dan praktik supaya SIM C bisa keluar dalam hitungan jam.