Home » Biaya » Biaya Admin Transfer DANA Ke Bank

Biaya Admin Transfer DANA Ke Bank

Tidak sedikit orang yang masih mempertanyakan tentang Biaya Admin Transfer DANA Ke Bank. Padahal sudah banyak web atau blog yang sudah membahasnya.

Nah berperan sebagai salah satu referensi, disini kami pun merasa terpancing untuk berbagi mengenai informasi serupa. Baik dari besaran biaya, syarat transfer, dan juga tata cara transfer dari DANA ke rekening Bank.

Seperti yang kita ketahui, DANA merupakan salah satu dompet digital yang bentuknya berupa aplikasi. Umumnya aplikasi ini digunakan untuk berbagai layanan transaksi daring.

Mulai dari membeli pulsa, belanja online, membeli makanan, pembayaran tagihan, atau bahkan kebutuhan transfer ke rekening bank selayaknya dompet digital yang lain.

Yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, bagaimana langkah dan tata cara transfer saldo Dana ke rekening bank? Agar kamu tidak salah kaprah, dan bisa mengenal lebih jauh tentang fintech yang satu ini. Maka akan lebih baik jika menyimak ulasan ini hingga tuntas.

Sebelumnya perlu diketahui, aplikasi Dana hingga saat ini menjadi salah satu dompet digital yang difavoritkan banyak orang. Khususnya bagi mereka kalangan anak muda jaman sekarang.

Dengan memanfaatkan aplikasi Dana, maka kamu tidak perlu lagi menyiapkan uang cash ketika hendak melakukan transaksi. Pasalnya, cukup menggunakan aplikasi tersebut, maka transaksi bisa dilakukan dengan mudah tanpa ribet.

Tidak berbeda dengan fintech yang lain, transaksi menggunakan aplikasi Dana sangatlah mudah. Akan tetapi, kamu harus mengisi saldo (Top up) terlebih dahulu agar tidak kehabisan saldo.

Bagi kamu yang memang ingin mengetahui apa saja metode isi saldo Dana, maka bisa menyimak informasi yang sudah kami rangkum sebelumnya.

Secara dasar, Dana memberikan begitu banyak kemudahan dan metode pengisian saldo. Namun bagi kamu sudah sudah top up saldo serta ingin transfer Dana ke rekening bank. Bisa mengikuti tutorial sederhana di bawah ini.

Biaya Admin Transfer DANA Ke Bank

Biaya Admin Transfer DANA Ke Bank

Hampir bisa dipastikan bahwa semua pelayanan transaksi transfer menggunakan dompet digital dibebankan biaya tambahan atau yang lebih dikenal dengan biaya admin. Tidak terkecuali pada aplikasi dompet digital Dana.

Sehingga, sebelum melakukan transaksi saldo Dana ke rekening bank. Akan lebih baik jika pengguna memahami berapa besaran biaya admin yang harus dibayar.

Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman, ataupun beberapa hal lain yang menjadi tanda tanya terpotongnya saldo pada aplikasi Dana.

Nah, sebagai referensi bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang biaya transfer saldo Dana ke rekeing bank. Bisa disimak pada daftar berikut :

  1. Transaksi saldo Dana ke sesama pengguna aplikasi Dana, tidak dibebankan biaya admin alias gratis.
  2. Transfer saldo melalui chat, gratis lantaran tidak ada biaya administrasi yang dikenakan.
  3. Jika pengguna (nasabah) Dana melakukan transfer ke rekening bank. Khususnya dengan nominal di bawah rp 50 ribu, maka akan dibebankan biaya admin sebesar Rp 4.500,-
  4. Apabila pengguna (nasabah) Dana melakukan transaksi ke rekening jumlah di atas nominal Rp 50 ribu, maka tidak akan dibebankan biaya alias gratis.

Terlepas dari beberapa rincian yang sudah kami sebutkan di atas, khususnya teruntuk pemilik akun Dana Premium. Maka masih mempunyai hak untuk memperoleh gratis biaya admin sebanyak 10x transaksi setiap bulannya.

Syarat Kirim Saldo Dana Ke Bank

Sama halnya dengan produk dompet digital yang saat ini semakin bejibun. Dalam proses transfer saldo Dana ke rekening bank pun menetapkan syarat yang harus dilengkapi.

Persyaratan yang harus kamu penuhi disini ialah dengan melakukan upgrade akun Dana biasa ke akun premium. Pasalnya tanpa proses ini, tentu kamu hanya bisa menikmati fitur yang terbatas.

Intinya, untuk bisa melakukan transfer ke rekening bank. Harus dilakukan upgrade akun ke premium. Sehingga semua fitur yang awalnya terkunci, bisa kamu nikmati sepenuhnya.

Nah, setelah akun Dana sudah dilakukan upgrade, barulah pengguna bisa melakukan transfer saldo dengan minimal transfer sebesar Rp 10 ribu.

Cara Transfer Saldo Dana Ke Rekening Bank

Setelah dipastikan bahwa akun nasabah sudah di upgrade, serta mengetahui seberapa besar biaya admin yang harus dibayar. Maka sudah saatnya praktek langsung cara transfer saldo Dana ke rekening bank.

Langkah yang harus dilakukan pada dasarnya tidak jauh beda dengan fitur dompet digital lain. Berikut rincian lengkap agar kamu tidak bingung.

  • Pertama kamu buka aplikasi Dana yang sudah terinsatal pada ponsel. Pastikan bahwa ponsel sudah tersambung dengan jaringan internet yang lancar.
  • Kemudian, pilih menu Kirim / Send yang terletak pada bagian atas layar aplikasi Dana.
  • Poin ketiga, kamu akan ditampilkan beberapa pilihan menu pengiriman saldo Dana. Pada tahap ini, langsung saja kamu pilih menu Kirim ke Akun Bank.
  • Apabila kamu pertama kali melakukan transfer saldo Dana ke rekening bank, maka masukkan dulu nomor rekening yang akan di tuju. Dalam hal ini, kamu bisa memilih menu Kirim ke Rekening Bank dan silahkan dilanjut dengan memilih jenis tujuan transfer. Sebagai contoh ialah Mandiri, BRI, BCA dan lainnya.
  • Dalam proses pemilihan rekening bank, kamu akan diminta untuk mengisi informasi bank tujuan. Informasi yang dimaksud mencakup nama bank, nomor akun (rekening), dan alias. Apabila semua data sudah terisi, maka lanjut dengan memilih menu Tambah Bank Baru.
  • Proses berikutnya, masukkan jumlah nominal transfer saldo Dana ke rekening bank. Kamu bisa mengisi nominal transfer minimal Rp 10 ribu dan pilih menu Atur Jumlah.
  • Sampai pada tahap ini, pengguna diminta memilih sumber dana. Klik Ganti dan pilih dari kartu kredit, kartu debit, atau yang lainnya. Klik Konfirmasi untuk lanjut
  • Kemudian kamu akan dibawa pada tampilan konfirmasi. Jika semua informasi dan besaran saldo sudah benar, langsung saja pilih KONFIRMASI.
  • Terakhir kamu cukup ketikkan nomor PIN Dana. Jika transaksi berhasil, maka akan ditampilkan konfirmasi bahwa proses kirim saldo sudah dilakukan.

Kesimpulan

Dengan melihat informasi dan tata cara yang sudah kami rangkum di atas, tentu transaksi transfer Dana ke rekening bank sangatlah mudah. Pasalnya poin pertama yang harus dilakukan oleh pengguna hanyalah mengupgrade akun ke premium.

Selain itu, proses transaksi transfer Dana ke rekenig bank membutuhkan biaya admin yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Tidak perlu kaget, sebab hal tersebut sudah termasuk ketentuan dari pihak Dana.

Untuk saat ini, pengguna akun Dana premium di gratiskan biaya admin sebanyak 10 kali transaksi setiap bulan. Sehingga bagi kamu yang jarang melakukan transaksi, akan lebih hemat biaya admin.

Akan tetapi, teruntuk pengguna yang memang kesehariannya memerlukan tranaksi berkali-kali. Maka harus menyiapkan biaya admin. Khususnya pada saat melebihi batas gratis transaksi seperti yang kami sebutkan.

Apabila proses transaksi transfer dinyatakan berhasil, maka secara otomatis saldo yang ada pada akun Dana akan masuk ke rekening tujuan.

Dalam proses ini umunya tidak memerlukan waktu yang lama. Pada saat proses transfer selesai, maka nominal saldo dalam akun Dana akan berkurang dan masuk pada rekening yang dituju.