Cara Absen di ELearning

Cara Absen di ELearning
Cara Absen di ELearning

Kalian pasti tahu sebagian besar lembaga pendidikan masih belum membuka akses untuk kegiatan pembelajaran tatap muka, sedangkan pelajar dan tenaga didik cenderung mengandalkan ELearning. Secara umum kalian harus tahu cara absen di ELearning supaya tetap mengikuti jadwal yang tersedia.

Orang-orang mengandalkan aplikasi untuk menunjang pembelajaran secara online selama sistem pendidikan nasional belum digelar tatap muka. Aplikasinya juga bisa diunduh dan digunakan secara gratis tanpa pemakaian daya baterai maupun kuota daya terlalu besar.

Read More

Aplikasi pembelajaran online atau ELearning menjadi kebutuhan tersendiri untuk siapapun yang sedang menempuh pendidikan sejak jenjang SD sampai kuliah. Hal ini dikarenakan sebagian besar pelajar maupun mahasiswa akan selalu memakainya selama belajar tatap muka belum digelar.

Tak hanya itu, sebagian besar aplikasi belajar online memberikan kelebihan dan kelemahan tersendiri untuk penggunanya. Pasalnya, absensi merupakan tolak ukur untuk pelajar yang hendak mengenyam pendidikan agar memastikan dirinya dapat mengikuti pelajaran dari setiap gurunya.

Cara Absen di ELearning

Cara Absen di ELearning
Cara Absen di ELearning

Tak sedikit pelajar mengalami kendala saat melakukan proses pembelajaran dengan gurunya masing-masing. Oleh karena itu, ELearning menjadi salah satu solusi untuk siapapun yang sedang butuh partner belajar selama di rumah.

Aplikasi ini membantu siapapun baik pelajar maupun tenaga didik dalam menunjang proses pembelajaran sesuai bidang studi yang dipelajari. Kamu juga bisa melakukan absensi dengan menggunakan ELearning, sedangkan guru akan melacak dan rekap semuanya secara efektif dan transparan.

Masalah umum seperti materi tidak lengkap sampai jawaban pembahasan sulit dipecahkan membuat siapapun lebih menyukai proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan ELearning.

Terkait:  Cara Absen di ELearning Madrasah

Di samping itu, kamu bahkan tidak perlu repot melakukan absensi harian sambil menulis di atas kertas yang menumpuk dan belum tentu diperiksa setiap hari. Maka dari itu, ELearning menjadi solusi efektif agar kamu dapat belajar lebih nyaman dan absensi bisa berjalan dengan baik yang mana datanya akan selalu diperiksa oleh guru setiap hari.

Cara Absen di ELearning dengan Baik dan Benar

Barangkali kalian belum pernah absen melalui ELearning, maka kami bisa membantumu untuk mengulas soal cara absen di ELearning yang baik dan benar. Pasalnya, tidak semua pelajar memakai dan mengetahuinya untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran daring.

Kamu bisa memanfaatkan smartphone berbasis Android atau iOS agar mendapatkan layanan ELearning. Selain itu, penggunaan aplikasinya cepat dan fleksibel sehingga kamu dapat memakainya dimana saja maupun kapan saja sesuai kebutuhan masing-masing.

Pengertian E-Learning

ELearning atau pembelajaran online merupakan sistem pembelajaran formal dan non formal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi, supaya pelajar dan pengajar bisa melakukan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) memanfaatkan media elektronik.

ELearning dilakukan dalam jaringan, sehingga guru dan siswa dapat mengaksesnya secara fleksibel. Meski begitu, guru dan siswa tetap harus mempunyai smartphone untuk mengjangkau jaringan internet demi mengikuti program pembelajaran setiap hari.

ELearning juga disebut sebagai seminar online, kursus online dan sebagainya. Secara umum program ini dilakukan melalui perantara internet berbasis website. Tak hanya itu, semua materi sampai bahan ajar juga bisa diakses lewat laman tersebut.

Secara umum bahan ajar dan materi yang dipelajari bisa berupa teks yang diubah dalam bentuk PDF, pesan suara maupun video streaming YouTube. Layanan ini membantu kalian untuk memahami dan mempelajari materi yang dipelajari secara detail, sedangkan proses pembelajarannya juga lebih menyenangkan.

Terkait:  Cara Membuat Password Windows 10 (2 Metode), Lengkap dan Valid!

Karakteristik E-Learning

  • Memanfaatkan teknologi elektronik.
  • Memanfaatkan kinerja komputer (computer networks dan digital media).
  • Memakai bahan ajar secara mandiri (self learning materials) yang disimpan ke dalam PC, supaya bisa diakses pelajar maupun pengajar secara fleksibel.
  • Mengandalkan kurikulum, jadwal pembelajaran, hasil perkembangan belajar dan segalanya mengenai administrasi pendidikan bisa dilihat melalui PC setiap saat.

Manfaat E-Learning

  • Belajar Mandiri
    ELearning memberikan peluang untuk mempelajari ilmu baru secara mandiri dan memegang kendali atas kesuksesan selama mengikuti proses pembelajaran.
  • Efisiensi Biaya
    ELearning memberikan efisiensi biaya terhadap administrasi penyelenggara, efisien penyediaan sarana serta fasilitas fisik untuk menunjang proses pembelajaran. ELearning juga menghadirkan efisiensi biaya untuk pembelajar adalah biaya akomodasi dan transportasi.
  • Fleksibel
    ELearning memastikan fleksibilitas tinggi dalam memilih tempat dan waktu untuk mengakses perjalanan, sehingga pihak yang terlibat dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Cara Install E-Learning

Secara umum memasang aplikasi belajar online hampir sama dengan mengunduh aplikasi mana pun. Apabila kalian ingin belajar online melalui website, kalian bisa langsung mencarinya melalui kotak pencarian via Google Engine.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ELearning untuk mendukung proses pembelajaran melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai pengguna baru dengan menggunakan username dan password untuk login ke dalam aplikasi yang sudah ditentukan.

Kalian harus tahu bahwa pemakaian aplikasi belajar online tidak sepenuhnya gratis. Hal ini dikarenakan beberapa developer (pengembang) bisa memberikan masa percobaan (demo) selama beberapa hari, minggu atau bulan.

Di samping itu, kalian perlu melampirkan data diri saat melakukan registrasi sebagai pengguna baru seperti nama lengkap, email, nomor telepon dan sebagainya. Tujuan utamanya supaya pihak aplikasi bisa memastikan bahwa kamu adalah salah satu pengguna baru yang bertanggung jawab, sehingga mereka dapat memberikan layanannya saat digunakan.

Terkait:  Cara Membuat Absen di Google Classroom (2 Metode) Mudah

Cara Menambahkan Absensi di E-Learning

  • Buka halaman ELearning, login dan pastikan mode edit sudah menyala dengan langsung menekan bagian kanan atas layar.
  • Kemudian, buka program studimu, buat sebuah aktivitas dengan menekan tombol Tambah Aktivitas atau Sumber Daya.
  • Klik Attendance, kamu akan lihat tombol paling bawah dengan menekan tombol Tambah.
  • Berikutnya, ketik judul Absensi Mata Kuliah dan kamu bisa menyimpannya lalu kembali ke kursus atau pembelajaran.
  • Kalian bisa kembali ke layar awal, pilih menu Absensi Mata Kuliah.
  • Klik Add, kalian bisa mengatur waktu pembelajarannya.
  • Silakan tambah nama absensi, klik Add Session.
  • Kamu bisa menekan tab session, tentunya nama absen baru sudah terisi secara otomatis.
  • Klik All, maka bisa menampilkan session mingguan secara otomatis.
  • Pilih menu Setting untuk mengaturnya sesuai keinginan.
  • Kamu bisa melihat variabelnya di akronym beserta keterangan maupun nilainya bisa diatur sesuai absen.
  • Klik Update.
  • Tekan tombol Report untuk melihat absensi setiap pekan yang telah dibuat selama sebulan.
  • Untuk ekspor absensi, silakan klik Export dan hasilnya bisa diunduh dengan menggunakan format excel.
  • Selesai.

Rekomendasi Aplikasi E-Learning

ELearning merupakan salah satu aspek penting yang dibutuhkan para pelajar maupun pengajar selama mengikuti program pembelajaran daring. Di Indonesia, banyak pengembang internet meluncurkan berbagai macam aplikasi belajar online yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store.

Beberapa aplikasinya terbukti ampuh menghadirkan metode pembelajaran yang berbeda sehingga para pelajar dapat menyerap ilmu baru dengan baik. Tak hanya itu, pemakaiannya fleksibel dan simpel untuk menunjang kegiatan belajar antar dosen atau guru dan siswa setiap hari.

Related posts