Biaya Bikin Kamar Mandi

Biaya Bikin Kamar Mandi
Biaya Bikin Kamar Mandi

Kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai ruang khusus untuk membersihkan tubuh, namun keberadaannya punya keterkaitan dengan ruangan lain di rumah kalian. Oleh sebab itu, siapa saja harus tahu konsep dan penempatannya dengan benar, serta rincian biaya bikin kamar mandi perlu diperhatikan supaya kamu bisa menghemat anggaran.

Hal ini dikarenakan kamar mandi tidak berbeda dengan dapur, lantaran punya fungsi semi primer alias tidak terlalu aktif selama 24 jam non stop. Kalian harus memaksimalkan fungsi kamar mandi dimana keberadaannya sangat esensial terhadap rumahmu.

Read More

Selain itu, beberapa orang mulai tertarik mempunyai kamar mandi yang mengusung konsep minimalis bahkan ala hotel nan mewah. Tak bisa dipungkiri kamar mandi dengan tampilan seperti ini masih menjadi primadona bagi banyak orang.

Bagaimana tidak, kamu akan betah bahkan ingin relaksasi saat mandi lebih lama dengan konsepnya yang menawan. Kalian tidak mungkin berkunjung ke hotel untuk menikmatinya, bukan? Maka dari itu, siapkan rencana anggaran pembuatan kamar mandi minimalis untuk rumah kamu.

Siapa saja bisa mewujudkannya dan budget yang dihabiskan tidak terlalu besar, bahkan kurang dari Rp.15 juta. Tertarik, kan? Kalian bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini untuk tahu apa saja yang harus disiapkan, serta kalian gunakan selama pembangunan kamar mandi minimalis ala hotel.

Biaya Bikin Kamar Mandi

Biaya Bikin Kamar Mandi
Biaya Bikin Kamar Mandi

Secara umum kamar mandi ala hotel tidak membutuhkan budget besar untuk perancangan awal sampai akhir. Pasalnya, peralatan dan perlengkapan yang diperlukan cukup terbatas agar tidak dapat membuat ruang semakin pengap.

Terkait:  Biaya Kirim Indah Cargo

Walaupun luas tanahnya hanya sekitar 2×3 atau 3×6, namun kamu dapat mempunyai kamar mandi ala hotel yang elegan dan mewah. Jangan lupa mengatur struktur penempatan sampai aksesoris apa saja yang harus disimpan di dalamnya.

Untuk mewujudkan impian mempunyai kamar mandi minimalis, maka kamu bisa melakukan analisa terhadap penempatannya terlebih dahulu. Kamu harus tahu lokasi strategis untuk meletakkan kamar mandinya, sebisa mungkin tidak jauh dari dapur dan kamar tidur kalian.

Hal ini dikarenakan dua ruangan tersebut harus dekat dengan kamar mandi agar kamu dapat mandi sampai membilas apa saja secara instan. Jangan lupa hindari penempatannya dekat ruang tamu sehingga tidak dapat dilihat orang lain.

Biaya Bikin Kamar Mandi, Berapa Lama Waktu Pengerjaannya?

Kami akan memberitahu soal biaya pembuatan kamar mandi minimalis ala hotel secara jelas dan lengkap. Apabila kamu sedang berencana membuatnya, silakan simak dan pahami pembahasan ini dengan seksama.

Kami pastikan kalian tidak akan menyesal terhadap hasil akhir perancangan yang dilakukan tukang bangunan andalanmu. Selain itu, anggaran yang dihabiskan juga sesuai dengan rencana kalian sebelumnya seperti rincian di bawah ini :

Gunakan Keramik Putih Polos

Biasanya warna putih bersifat netral dan sesuai untuk semua kombinasi warna apapun di dalam rumah, termasuk kamar mandi. Oleh karena itu, gunakan keramik warna putih polos untuk kamar mandi minimalis untuk memberi kesan estetik dan mewah.

Kalian bisa memakai unit berukuran lebar seperti 40 x 40 cm. Apabila kamar mandinya berukuran 3×4, maka kamu bisa menyiapkan 85 buah alias 15 dus, sedangkan satu dus keramik harganya Rp.50,000 dan jumlah biaya yang dibutuhkan adalah Rp.750,000.

Pilih Bathtub Oval untuk Berendam

Secara umum kamar mandi minimalis ala hotel belum lengkap bila tidak menambah bathtub sebagai komponen primer di dalamnya. Kalian bisa menggunakan bathtub berukuran oval untuk memaksimalkan ruang kosong yang tersisa.

Terkait:  Cara Membuat Cover Highlight Instagram

Kenapa harus ukuran oval? Tujuannya supaya bisa meninggalkan kesan bersih dan elegan pada kamar mandimu. Biasanya harga bathtub berukuran oval tidak pernah lebih dari Rp.4,000,000, yakni berukuran 180 x 80 x 65.

Manfaatkan Shower Tiang Minimalis

Untuk menambah kesan elegan dan mewah, gunakan shower tiang pada kamar mandi minimalis ala hotel di rumahmu. Kendati demikian, shower yang digunakan harus memiliki hand shower supaya kamu bisa mengatur posisi pemakaian tanpa harus digantung pada lokasi yang sama.

Kamu juga tidak hanya memakainya untuk keramas, namun juga seluruh tubuh. Harga  shower tiang biasanya tidak pernah lebih dari Rp.700,000 sesuai model yang kalian gunakan.

Pisahkan Ruang Basah dan Kering dengan Shower Screen

Apa itu shower screen? Komponen ini akan selalu dimanfaatkan kamar mandi minimalis ala hotel untuk memisahkan ruang basah dan kering di dalamnya. Apabila kamu ingin membasahi seluruh tubuh, maka kamu bisa masuk ke dalamnya dan kamu tidak akan diketahui siapapun lantaran permukaannya gelap dan tertutup.

Apabila ukuran kamar mandinya mungil, gunakan sliding door untuk memaksimalkan pemakaiannya. Harganya mulai dari Rp.2,500,000 dengan ukuran 80 x 180.

Pilih Kloset Duduk nan Minimalis

Gunakan kloset warna putih untuk menyempurnakan tampilan kamar mandi minimalis di rumah kalian. Secara umum anggaran yang dibutuhkan untuk mendapatkan unit ini tidak pernah lebih dari Rp.2,000,000.

Akan tetapi, kami sarankan kalian menggunakan kloset duduk dibandingkan kloset jongkok untuk memaksimalkan fungsinya. Untuk meminimalisir pemakaian budget, maka kamu bisa menyiasatinya dengan mencari kloset duduk putih polos seharga Rp.1,500,000.

Maksimalkan Penggunaan Rak Minimalis Serbaguna

Jangan pernah menyimpan semua barang atau perlengkapan kamar mandi sembarangan. Oleh sebab itu, manfaatkan penggunaan rak minimalis serbaguna untuk memaksimalkan struktur kamar mandi ala hotel sehingga lebih estetik.

Terkait:  Cara Menggunakan Aplikasi Tik Tok

Hal ini dikarenakan benda tersebut mampu menyimpan perawatan wajah, perlengkapan mandi, handuk sampai perlengkapan cuci baju yang berada di dalam kamar mandi. Biasanya harga rak minimalis berada pada kisaran Rp.250,000 per unit.

Cermin Minimalis untuk Hias Diri

Kamu pasti ingin merias diri setelah mandi, bukan? Maka dari itu, belilah cermin minimalis berbentuk unik untuk memberi kesan mewah bagi kamar mandi di rumah. Kamu bisa mencari cermin berbentuk pentagonal atau hexagonal yang berbeda dengan konsep kamar mandi minimalis lainnya.

Kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan cermin unik tersebut, lantaran satu unitnya dibanderol seharga Rp.130,000 ditambah wastafel pada bagian bawahnya seharga Rp.300,000.

Berapa Rincian Biaya Pembuatan Kamar Mandi Minimalis?

  • Tukang Bangunan : Rp.1,200,000.
  • Keramik : Rp.750,000.
  • Bathtub : Rp.4,000,000.
  • Shower Tiang : Rp.700,000.
  • Kloset Duduk : Rp.1,500,000.
  • Shower Screen : Rp.2,500,000.
  • Rak Minimalis : Rp.250,000.
  • Cermin : Rp.130,000.
  • Wastafel : Rp.300,000.

Jumlah Keseluruhan : Rp.11,330,000.

Berapa Estimasi Waktu Bikin Kamar Mandi Minimalis?

Kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kamar mandi minimalis ala hotel di rumah. Pasalnya, jasa tukang bangunan hanya menghabiskan waktu paling lama 7 (tujuh) hari alias seminggu untuk merancang dan menyelesaikan semuanya sejak awal hingga akhir. Kamu harus memastikan budget upahnya sudah disiapkan agar hasil pengerjaannya dapat memberikan hasil maksimal.

Demikian pembahasan seputar biaya bikin kamar mandi minimalis ala hotel beserta estimasi budget dan waktu pengerjaannya secara rinci. Di samping itu, pemilihan warna putih masih diandalkan banyak orang karena memberi kesan elegan dan luas terhadap kamar mandi di rumah kalian.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk membersihkan diri mulai ujung kepala sampai kaki di dalamnya.

Cek Ulasan Terbaru:

Related posts

Leave a Reply