Biaya Bangun Rumah Kost 2 Lantai

  • Whatsapp

Bagi orang yang berkenginan untuk investasi rumah kost, mungkin rincian Biaya Bangun Rumah Kost 2 Lantai di bawah ini bisa menjadi referensi. Pasalnya disini kami akan memaparkan tentang tips dan juga simulasi penghitungan biaya pembangunan.

Seperti yang kita ketahui, investasi properti memang tidak akan ada habisnya jika dibahas secara terperinci. Terlebih lagi menyangkut keuntungan yang begitu menjanjikan.

Bisa disebut jika memulai bisnis di dunia properti sangatlah mudah. Khususnya dari segi perhitungan dan praktik yang perlu dilakukan.

Akan tetapi, jangan sampai kamu menganggap remeh. Sebab bisa menjadi pemicu jebolnya keuangan. Terlebih kamu yang masih pemula.

Bisnis rumah atau kos-kosan merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis properti yang memberikan bukti nyata akan hasil yang diperoleh.

Bahkan tidak bisa dipungkiri jika tingginya minat banyak orang untuk belajar sekaligus mengelola bisnis kos-kosan menjadikan bisnis ini cukup populer.

Lantas, bagaimana cara dan tips supaya bisa memulai bisnis kos-kosan? Untuk lebih jelasnya, akan lebih baik jika menyimak ulasan berikut.

Biaya Bangun Rumah Kost 2 Lantai

Biaya Bangun Rumah Kost 2 Lantai

Merangkum dari beberapa sumber, setidaknya ada beberapa poin yang bisa kamu pelajari tentang biaya sekaligus tetek bengek dalam pembangunan kos-kosan.

Baik itu dari sisi modal usaha kamar kos-kosan yang harus disiapkan. Atau beberapa poin lain yang tercakup dalam perencanaan tersebut.

Nah, untuk bisa membangun kamar kos, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu luas tanah dan luas kamar yang akan dibangun. Hal ini bertujuan untuk mengetahui modal yang harus dikeluarkan.

Sebagai contoh, kamuingin membangun kamar kos 10 pintu, dengan luas kamar 4×4 meter persegi dengan kamar mandi berada di dalam.

Luas tanah yang kamu miliki sekitar 20 meter persegi, dengan harga per meter sebesar Rp 1 juta. Perhitungannya ialah :

  • Harga tanah x luas total tanah
  • Rp 1 juta x 20 m2 = Rp 20 juta.
Terkait:  Biaya Franchise Indomaret

Oleh karena itu, untuk melakukan perhitungan luas kamar kos dengan biaya bangun rumah kos. Yakni sebesar Rp 2,5 juta / meter persegi.

  • Kamar kos : 4m x 4m = 16 meter persegi
  • Kos 10 pintu : 10 pintu x 16 m2 = 160 meter persegi.

Biaya untuk bangun rumah kos, terdapat dua metode atau cara yang bisa kamu lakukan. Yaitu :

  • Luas 1 kamar kos x harga per meter persegi
  • 16 m2 x Rp 2,5 juta = Rp 40 juta

Atau bisa pula dengan :

  • Luas kamar kos 10 pintu x harga per meter persegi
  • 160 meter persegi x Rp 2,5 juta = Rp 400 juta

Rincian Jangka Waktu Balik Modal

Bagi kamu yang ingin mengetahui seberapa besar keuntungan yang bisa diperoleh. Khususnya dengan modal yang sudah diperhitungkan di atas. Maka cara paling mudah ialah dengan :

  • Sewa satu bulan : Rp 1,2 juta
  • Total sewa 1 tahun : Biaya sewa x jumlah kamar x jumlah bulan
  • Total sewa : Rp 1,2 juta x 10 pintu x 12 bulan = Rp 144 juta

Sedangkan untuk pengeluaran :

  • Petugas kebersihan Rp 900 ribu x 12 bulan = Rp 10,8 juta
  • Listrik dan air : Rp 600 ribu x 12 bulan = Rp 7,2 juta
  • Biaya Maintenance = Rp 4 juta
  • Total Pengeluaran = Rp 22 juta

Keuntungan bersih yang diperoleh :

  • Total sewa – total pengeluaran
  • Rp 144 juta – Rp 22 juta = Rp 122 juta

Sedangkan untuk biaya perhitungan (durasi) agar bisa balik modal. Maka perhitungan tersebut ialah :

  • Total biaya pembangunan : Biaya sewa 1 bulan
  • Rp 400 juta : Rp 1, 2 juta = 333 bulan atau 27 tahun 7 bulan

Dengan demikian, kamu akan memperoleh modal kembali selama 27 tahun 7 bulan. Serta akan mengalami kenaikan setidaknya sebesar Rp 300 juta.

Strategi Memulai Bisnis Kos-kosan

Seperti yang kami lansir dari berbagai sumber, setidaknya ada beberapa poin strategi yang bisa kamu dahulukan sebelum memulai bisnis kos-kosan.

Dalam hal ini, kamu harus memperhatikan beberapa poin tersebut agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Agar kamu tidak bingung, berikut rincian yang bisa dipelajari.

Terkait:  Biaya Kuliah Widyatama

Mengenali Properti Yang Dimiliki

Apabila kamu mempunyai properti pribadi, seperti halnya rumah atau tanah, maka akan lebih baik jika memahami dan mengenali apakah properti tersebut bisa dijadikan kosan.

Sebagai contoh, kamu mempunyai rumah dengan tanah belakang yang luas, maka mungkin saja kamu melakukan pemugaran pada bangunan agar lebih luas.

Terlepas dari itu, untuk membuat kos-kosan, maka harus tahu juga ukuran standar ruang atau kamar kosan.

Dalam hal ini, kamu bisa mengukur luas tanah secara keseluruhan dibagi dengan luas standar kamar kosan. Sehingga nantinya diperoleh seberapa besar jumlah kamar yang bisa dibuat.

Memilih Bangunan Yang Tepat

Jika kamu belum mempunyai properti pribadi, maka tentu bisa terlebih dahulu membeli bangunan kosan yang sudah jadi.

Terdapat begitu banyak pilihan info jual kos yang bisa kamu pertimbangkan. Mulai dari bangunan baru ataupun bangunan lama.

Pada bangunan baru, akan lebih baik memperhatikan sertifikat properti, sedangkan untuk bangunan lama. Selain sertifikat juga harus melihat kondisi dari bangunan tersebut.

Jika kamu tidak mengecek kondisi bangunan, maka bisa saja harus mengeluarkaan biaya yang lebih banyak untuk langkah renovasi atau pemugaran.

Pilih Lokasi Yang Ramai

Dengan memilih lokasi yang ramai, maka akan semakin tinggi pula passive income yang bisa masuk setiap bulannya. Sebab lokasi ikut menentukan harga sewa dari kosan tersebut.

Lokasi yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum, seperti halnya kantor, kampus, sekolah atau hingga pusat transportasi, akan menjadi salah satu perhitungan calon penghuni kos.

Pembangunan kos-kosan dengan jarak serta lokasi yang tidak tepat, justru akan membuat modal cenderung sedikit serta terkadang tidak berputar.

Mempunyai Konsep Kosan Unik

Belakangan ini, ada begitu banyak kosan yang menawarkan desain kamar dengan konsep unik dan kekinian. Apabila kamu ignin kosan menjadi incaran, maka akan lebih baik merenovasi dengan gaya tertentu.

Terkait:  Biaya Transfer LinkAja ke OVO

Salah satu gaya yang paling diminati ialah minimalis atau industrial, bahkan bisa pula menerapkan hal-hal unik lain yang sukai kalangan milenial.

Mempunyai Fasilitas Yang Lengkap

Tip dan rincian Biaya Bangun Rumah Kost 2 Lantai yang selanjutnya ialah terkait dengan fasilitas. Meski hanya tempat tinggal sementara, namun kosan harus mempunyai fasilitas yang menjadikan penghuni menjadi betah.

bagi kamu yang menginginkan penghuni kos lebih banyak, akan lebih baik menyediakan fasilitas yang mumpuni. Pilih juga yang memang paling dibutuhkan.

Sedangkan untuk fasilitas yang paling umum ditawarkan ialah kamar mandi di dalam, AC, Wifi, parkiran luas, CCTV, dapur bersama, dan yang lainnya.

Sistem Kebersihan Berkala

Banyak orang yang tertarik untuk tinggal di kosan yang selalu bersih dan menjadikan penghuni merasa nyaman.

Nah, untuk mewujudkan kondisi tersebut, tentu kamu bisa menyewa jasa kebersihan. Atau setidaknya penjaga kosan untuk membuat tampak rapi.

Sedangkan untuk biaya sendiri, tentu kamu harus mengeluarkan dana tambahan. Akan tetapi, hal itu akan sepadan dengan kepuasan penghuni kos.

Harga Sewa Bersaing

Setelah kamu paham dengan strategi yang harus dilakukan. Selanjutnya ialah menentukan harga sewa yang bersaing.

Tentu sebelumnya kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu. Seperti halnya gharga rata-rata sewa dan fasilitas yang diterapkan oleh kompetitor.

Apabila fasilitas dan konsep memang lebih baik, atau setidaknya mempunyai berbagai keunggulan dibanding pesaing. Maka bisa mematok harga yang lebih tinggi.

Yang menjadi poin ialah, penentuan harga harus dilakukan beberapa riset terlebih dahulu. Salah satunya ialah memperbandingkan dengan kosan lain yang ada di lingkungan sekitar.

Ketahui Juga Daftar Artikel Rekomendasi Berikut:

» Biaya Dokter Kulit Jerawat
» Biaya Derek Mobil di Tol
» Biaya Derek Mobil
» Biaya Administrasi Bank Mandiri
» Biaya Bangun Kamar 3×3
» Biaya Dokter Kulit
» Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Per Meter
» Biaya Bangun Rumah Kost 2 Lantai
» Biaya Dokter Hewan
» Biaya Administrasi Bank BNI

Related posts