Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Beberapa orang mungkin bermimpi untuk bekerja di kapal pesiar. Namun, tak sedikit orang belum tahu cara bekerja di kapal pesiar supaya bisa keliling dunia sambil melihat samudera yang luas. Kamu mungkin akan merasa enggan mewujudkan salah satu mimpi ini.

Kamu harus mengorbankan berbagai macam hal penting seperti jauh dari keluarga atau jam kerja terlalu padat. Tak heran sebagian besar para pekerja yang mengabdi di kapal pesiar harus menguras tenaga dan waktu supaya bisa mengumpul pundi-pundi rupiah untuk dibawah pulang ke Indonesia.

Tak sedikit orang lebih tertarik bekerja di kapal pesiar alias kapal laut daripada darat. Pasalnya, mereka akan menemukan pengalaman berbeda meskipun harus terpisah jarak jauh dengan orang-orang tercinta. Kamu bahkan bisa mengantongi gaji menarik dan bertemu dengan siapapun dari seluruh dunia.

Selain itu, kamu akan merasakan kehidupan baru dengan suasana berbeda yang belum pernah ditemukan selama bekerja di darat. Kamu hanya perlu fisik dan mental kuat untuk memastikan diri siap berkecimpung dalam dunia kerja di kapal pesiar.

Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Cara Bekerja di Kapal Pesiar
Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Bagi sebagian orang yang berminat untuk berkarir di kapal pesiar mungkin sempat bingung mengenai syarat riwayat pendidikan calon pelamarnya. Pasalnya, orang-orang selalu berasumsi bahwa mereka harus memiliki latar belakang pendidikan yang ditempuh setara D1/D3 bahkan lebih dari itu.

Terkait:  Cara Format Flashdisk Write Protected: Pasti Berhasil!

Padahal, semua orang punya kesempatan yang sama selama kamu tahu cara bekerja di kapal pesiar secara resmi. Apabila kamu hanya berlatar pendidikan SMA/K/Sederajat, kamu bisa mengajukan diri sebagai calon pelamar kerja di kapal pesiar.

Walaupun kamu hanya menempuh pendidikan setara SMA/K, kesempatan berkarir di kapal pesiar juga sama dengan mereka yang berlatar pendidikan D1/D3. Namun, peluang bekerja akan lebih besar bila kamu pernah sekolah jurusan pariwisata atau perhotelan.

Hal ini dikarenakan kamu sudah tahu dan diajari mengenai lingkungan hotel dan hiburan di kapal pesiar. Kendati demikian, kamu hanya diberikan bayangan mengenai sistematika pekerjaan dan lingkup bidang kerja yang berada di kapal pesiar sesuai divisinya masing-masing.

Cara Bekerja di Kapal Pesiar, Berikut Informasi yang Harus Kamu Tahu

Barangkali kamu ingin tahu cara bekerja di kapal pesiar supaya bisa mewujudkan mimpi sebagai orang sukses di masa depan. Kamu sebenarnya tidak perlu minder dengan mereka yang latar belakang pendidikannya lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan setiap orang, baik pria maupun wanita punya peluang yang sama untuk berkarir di kapal pesiar. Selain itu, kamu harus melengkapi dokumen yang pasti dibutuhkan dan diperiksa pihak penyelenggara program kerja di kapal pesiar agar kamu dapat dianggap sebagai calon karyawan mereka.

Pastikan Kesiapan Diri Bekerja di Kapal Pesiar

Kamu mungkin menganggap bekerja di kapal pesiar mudah. Padahal, tidak semua orang bisa lolos bahkan masuk ke dalamnya untuk merintis karir. Kamu harus memikirkan segala hal dengan matang, termasuk kesiapan fisik dan mental.

Secara umum melakoni pekerjaan di kapal pesiar akan berbeda dengan bekerja di darat, termasuk jam kerja dan libur. Selain itu, risiko bertemu keluarga yang minim membuatmu harus memikirkannya terlebih dahulu sehingga kamu dapat terbiasa meninggalkan mereka selama berbulan-bulan.

Terkait:  Cara Exfoliating Toner

Pahami Cara Kapal Pesiar Beroperasi

Secara umum bekerja di kapal pesiar hampir sama dengan hotel di darat. Namun, keduanya memiliki SOP berbeda. Kamu harus mengetahui dan mengikuti pelatihan terlebih dahulu supaya kamu bisa tahu segalanya tentang kapal pesiar untuk dikuasai lebih lanjut.

Kami tegaskan bahwa kamu tidak boleh mengikuti pelatihan abal-abal, apalagi dari oknum tidak jelas. Kamu harus menghubungi agen penyaluran kerja di kapal pesiar yang resmi sehingga dapat menjalani pelatihan selama beberapa hari sebelum bergegas kerja di sana.

Tentukan Posisi Kerja yang Dilamar

Kami beritahu bahwa kesempatan bekerja di kapal pesiar akan terbuka lebar jika kamu mengajukan lamaran sesuai posisi yang diminati. Kamu harus menyesuaikan pekerjaan dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan pribadi.

Hal ini dikarenakan bekerja di kapal pesiar sangat berkaitan dengan pelayanan maksimal kepada orang lain, apalagi mereka adalah orang asing dari seluruh dunia. Apabila kamu tidak bisa memberikan pelayanan maksimal, kamu akan mengecewakan mereka dan kontrak kerja pun akan dipersingkat.

Tingkatkan Keterampilan Bahasa Asing

Bukan rahasia umum bila seseorang yang ingin bekerja di kapal pesiar harus memahami dan menguasai Bahasa Inggris. Kamu bahkan akan dianggap istimewa bila mampu berkomunikasi dengan bahasa asing lainnya.

Meski begitu, siapapun yang kurang bahkan tidak mahir berbahasa Inggris akan mengikuti pelatihan bersama pihak penyalur tenaga kerja untuk kapal pesiar. Kamu biasanya bakal menjalani kursus Bahasa Inggris selama beberapa pekan sampai benar-benar dianggap lancar berkomunikasi dengan bahasa asing.

Siapkan CV dan Berkas Pendukung Lainnya

Kamu harus membuat CV paling tidak sebanyak dua halaman, serta mencetak tebal pada bagian pengalaman kerja. Kamu harus melengkapi resume dengan berkas pendukung lainnya seperti paspor, seaman book (buku pelaut) serta BST (Basic Safety Training).

Terkait:  Cara Bayar Parkir Pakai Gopay

Kami beritahu bahwa membuat paspor membutuhkan waktu cukup lama, sedangkan kamu harus menyiapkannya lebih awal. Apabila kamu ingin memiliki BST, kamu perlu mengikuti pelatihan selama sepekan dan seaman book akan diberikan oleh penyalur tenaga kerja ke kapal pesiar.

Kirim Lamaran Kerja ke Perusahaan Kapal Pesiar Berbeda

Jangan pernah bergantung dengan satu perusahaan kapal pesiar yang sama. Pasalnya, calon pekerja yang akan berangkat bukan hanya kamu sendiri dan satu sama lain akan bersaing untuk direkrut pihak terkait.

Kamu bisa apply lamaran kerja ke dua atau tiga perusahaan kapal pesiar, gunanya agar kamu dapat menerima kabar baik dan kesempatan diterima semakin besar. Kamu tidak boleh putus asa dan menyerah begitu saja, bila ditolak maka kamu bisa mengajukan lamaran serupa ke perusahaan lainnya.

Dapatkan Lowongan dari Penyalur Tenaga Kerja Resmi

Jangan sampai kamu memilih penyalur tenaga kerja yang salah, sebaiknya pilih mereka yang sudah resmi dan terpercaya dimana mereka pasti sering memberangkatkan ribuan orang untuk bekerja ke kapal pesiar.

Kamu bisa memanfaatkan pihak penyalur tenaga kerja supaya mendapatkan informasi terkini mengenai lowongan kerja ke kapal pesiar. Apabila kamu sudah menerima lowongan dan belum dipanggil juga, mungkin upgrade CV perlu dilakukan sehingga kamu dapat dihubungi pihak terkait untuk mempersiapkan diri bekerja di kapal pesiar.

Cari Lowongan Kerja dari Sumber Terpercaya

Apabila kamu belum menemukan penyalur tenaga kerja resmi dan terpercaya, kamu harus mencari lowongan kerja di kapal pesiar secara mandiri. Kami beritahu bahwa sebagian besar dari mereka yang berhasil bekerja di sana tidak pernah melewatkan beberapa sumber informasi lowongan kerja di kapal pesiar dari laman tertentu.

Kamu bisa menghubungi agen-agen rekrutmen resmi untuk kapal pesiar di Indonesia seperti PT.Equinox Bahari Utama, PT.Ratu Oceania Raya serta CTI Group yang telah dipercaya sampai sekarang.

Similar Posts