Home » Cara Kerja » Cara Kerja Dana

Cara Kerja Dana

Siapa sih yang nggak kenal aplikasi DANA? Kamu semua tentu pernah dengar kan aplikasi yang satu ini? Lalu, bagaimana cara kerja DANA? Tunggu dulu, sebelum membahas cara kerjanya, mari simak ulasan lengkap tentang aplikasi DANA di bawah ini terlebih dahulu!

Apa Itu DANA?

Tren pembayaran digital belakangan ini memang sedang marak-maraknya. Ada banyak perusahaan yang mulai mengembangkan layanan pembayaran digital, tak terkecuali DANA.

Lalu, apa itu DANA? DANA sebenarnya singkatan dari Dompet Digital Indonesia,yaitu platform pembayaran digital yang berbasis aplikasi, dimana aplikasinya sudah tersedia di platform android lewat Google Play Store atau iOS dengan App Store-nya.

Dengan memakai aplikasi ini, maka Kamu bisa melakukan berbagai jenis transaksi permbayaran, seperti pembelian pulsa elektronik, pembayaran tagihan listrik, air, telepon dan BPJS, berbelanja online, membayar cicilan, dan bisa melayani pembelian voucher Google Play Store.

Menariknya lagi, layanan pembayaran yang telah didukung oleh PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk ini sudah bekerjasama dengan platform-platform lainnya, baik itu BBM, Bukalapak, hingga Cinema XXl.

Sederhananya, para pengguna dari platform-platform tersebut bisa menemukan sistem pembayaran menggunakan aplikasi DANA di platform tersebut.

Apa Saja Sih Keuntungan Aplikasi DANA?

Cara Menggunakan DANA

Saat ini nampaknya layanan dompet digital kian mempermudah kita semua untuk bertransaksi. Mulai dari pembayaran makanan sampai pembayaran tagihan, semuanya dapat dilakukan lewat aplikasi smartphone bernama DANA ini.

Sebagai salah satu platform dompet digital, seperti DANA, tentu saja memberikan banyak keuntungan bagi Kamu yang gemar berbelanja online, atau sekedar ingin membayar tagihan hingga pengisian pulsa.

Apa saja sih keuntungan memakai aplikasi DANA? Simak ulasannya di bawah ini :

  • Mendapatkan Promo Menarik

DANA selalu menawarkan promo menarik setiap waktu, sehingga Kamu bisa mengikutinya agar bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Adapun keuntungannya ialah Kamu akan mendapatkan cachback atau diskon setiap kali bertansaksi di beberapa merchant tertentu yang berpartner dengan aplikasi ini.

Kamu bisa memperoleh cashback hingga 50% saat berbelanja di Robinson atau Ramayana di seluruh Indonesia, beserta tambahan bonus pulsa jika melakukan upgrade akun DANA menjadi premium.

Tidak hanya itu, ada tambahan voucher 50% yang diberikan oleh aplikasi DANA jika melakukan pembayarantagihan air, telepon, listrik, BPJS, asuransi, cicilan, telepon pasca-bayar, hingga pembayaran tagihan kabel TV.

  • Bisa Berbelanja di TIX ID dan Bukalapak

Dengan memiliki akun DANA, maka Kamu akan semakin mudah berbelanja online. Kenapa? karena Kamu bisa memakai DANA di TIX ID dan Bukalapak.

Ini artinya, saldo yang ada pada aplikasi DANA dapat Kamu pakai untuk berbelanja kebutuhan secara online di Bukalapak dan beli tiket di aplikasi TIX ID.

  • Dapat Melakukan Pembayaran Tagihan

Dengan memiliki akun DANA, maka Kamu tak perlu lagi repot-repot melakukan pembayaran di tempat lain. Di aplikasi ini, Kamu bisa melakukan pembayaran tagihan air, listrik, telepon, internet, telepon pasca-bayar, kabel TV, cicilan, BPJS dan asuransi lainnya.

Dengan melakukan pembayaran tagihan via DANA, maka Kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan voucher hingga 50% untuk pembayaran kedua dengan maksimal sebesar Rp. 25.000.

  • Pengisian Saldo Minimal Rp. 10 Ribu

Kamu juga tak perlu lagi khawatir melakukan pengisian saldo DANA jika sisa tabunganmu menipis, sebab saldo DANA dapat Kamu isi hanya dengan top up minimal Rp. 10 ribu saja.

Selain pengisian saldo, Kamu pn bisa melakukan transfer saldo DANA ke pengguna DANA lain atau teman yang mempunyai aplikasi DANA, caranya cukup memasukkan nomor ponsel yang sudah terdaftar.

Tak hanya itu saja, uang yang tersisa di saldo Kamu juga dapat ditransfer ke rekening bank yang sudah terdaftar.

  • Merchant

DANA saat ini sudah berpartner dengan banyak merchant. Sehingga Kamu tak perlu lagi repot-repot memakai dompet digital DANA untuk bertransaksi.

Adapun merchant yang sudah bekerjasama dengan DANA ialah Cinema XXI, BBM, Alfamart, Reservasi, BCA, Sepulsa, BNI, Maybank, TIX ID, BPJS Kesehatan, dan banyak lagi yang lainnya.

Ya, itulah keuntungan yang bisa Kamu dapatkan dengan memiliki akun dompet digital DANA. Selanjutnya, mari simak cara kerja DANA berikut ini!

Cara Kerja DANA

Cara Kerja DANA

Sistem & Cara Kerja Aplikasi DANA

Bagaimana Cara Kerja DANA?

Cara kerja DANA sebenarnya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengikuti beberapa tahapan langkah berikut ini :

1. Download Aplikasi DANA

Langkah pertama tentu saja Kamu harus mengunduh aplikasi ini di perangkat smartphone-mu. Aplikasi ini dapat di unduh di App Store atau Google Play Store gratis, selanjutnya baru instal aplikasi DANA.

Untuk membuat  akun di aplikasi DANA cukup mudah, Kamu cukup memasukkan nomor ponsel di form yang sudah disediakan untuk registrasi.

Kemudian inputkan kode OTP yang sudah dikirimkan lewat SMS ke nomor ponsel yang Kamu daftarkan sebelumnya pada aplikasi DANA.

2. Melakukan Top Up

Jika pendaftaran sudah selesai, Kamu bisa bertransaksi apapun di dompet digital DANA asalkan melakukan top up terlebih dahulu, untuk mengisi saldo uang elektronik di DANA. Caranya pilih menu “Top Up” di layar aplikasi paling atas.

3. Pilih Metode Pembayaran Top Up

Setelah itu, lanjutkan dengan memilih sistem pembayaran top up sesuai keinginan, yaitu lewat agen, kartu kredit atau transfer bank. Selanjutnya ikuti instruksi yang ada sebagai konfirmasi supaya pengisian dana top up dapat  dilakukan.

4. Top Up Dana Berhasil

Jika Kamu sudah melakukan konfirmasi, Kamu pun bisa langsung memanfaatkan metode pembayaran yang diinginkan.

Contohnya, Kamu memilih metode pembayaran transfer, maka uang akan langsung masuk sesudah transfer dilakukan dengan nilai saldo yang  bertambah di aplikasi DANA.

Cara  Menggunakan DANA Untuk Pembayaran Tagihan

Aplikasi dompet digital DANA memang sangat multifungsi, sebab dapat dipakai untuk pembayaran tagihan apapun sesuai kebutuhan. Mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, pulsa, dan lebih banyak lagi pembayaran lainnya sehingga dapat mempermudahmu.

Cara penggunaan akun dana sendiri sangat fleksibel sebab isa dipakai untuk pembelian online. Adapun cara menggunakan DANA untuk pembayaran, ialah dengan mengikuti panduan di bawah ini :

1. Masuk Aplikasi

Pertama-tama, silahkan masuk ke aplikasi DANA. Lalu klik pada opsi see all tepatnya di menu aplikasi bertanda empat titik.

2. Pilih Layanan

Selanjutnya pilih layanan yang Kamu inginkan, seperti melakukan pembayaran tagihan BPJS misalnya. Klik BPJS lalu ikuti instruksi selanjutnya sampai ada pilihan metode pembayaran dengan saldo aplikasi DANA.

3. Metode Pembayaran

Sebelum proses pembayaran akan ada beberapa konfirmasi untuk memastikan apakah data-data yang Kamu masukkan sudah benar.

Apabila pembayaran sudah terverifikasi maka saldo uang elektronik DANA-mu akan langsung terpotong sesuai nominal yang Kamu bayarkan.

Cek lagi saldo DANA Kamu untuk memastikan uang yang dikeluarkan sudah sesuai. Di samping itu, aplikasi DANA juga dapat dipakai untuk transaksi lainnya, mulai dari pembayaran asuransi, TV Kabel, air, listrik dan lainnya.

Ya, itulah ulasan tentang cara kerja DANA berikut keuntungan yang bisa Kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi dompet digital pintar ini di ponselmu!