Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja

  • Whatsapp

Masyarakat di Indonesia, sangat antusias mencari lapangan pekerjaan. Dimana, hal tersebut dapat membuat dirinya tidak lagi di cap sebagai pengangguran. Wajar, mengingat tingginya angka orang yang tidak bekerja, bila dibandingkan dengan mereka yang sudah memiliki kerjaan. Lalu, muncul lah kartu prakerja. Yuk cari tahu, cara cairkan saldo pelatihan prakerja!

Pemerintah tanah air, dalam rangka menanggulangi peningkatan orang yang didiskualifikasi karena belum adanya pengalaman bekerja. Menghadirkan program pelatihan ini. Semua orang dapat ikut serta di dalamnya. Tapi, ada beberapa persyaratannya. Salah satunya, calon peserta harus terdaftar sebagai WNI. Batas minimal usianya, yaitu 18 tahun dan bebas.

Artinya, orang tersebut tidak sedang terikat dalam pendidikan formal. Selain itu, harus juga terbebas dari bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Entah itu BPUM, BLT, atau lainnya. Maksimal, dalam 1 KK (Kartu Keluarga), pesertanya sebanyak 2 NIK. Terlebih, bukan bagian dari perangkat negara. Baik TNI, ASN, DPR, perangkat desa, atau anggota BUMN.

Tujuan dihadirkannya program prakerja, tidak lain adalah  untuk membantu mengembangkan potensi seseorang agar siap menghadapi dunia kerja. Meskipun belum lama dipublikasikan ke masyarakat, tepatnya di tanggal 11 April 2020. Pesertanya sudah sangat banyak. Sasarannya, yakni mereka yang sedang mencari pekerjaan, penderita difabel, serta para pengangguran.

Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja

Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja
Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja

Cara Mencairkan Saldo Pelatihan Prakerja ke Pulsa

Kehadiran dari adanya layanan kartu prakerja, mempermudah seluruh peserta untuk mendapatkan hak yang sama. Kalian, bisa memperoleh pelatihan softskill dari anggaran yang telah diberikan oleh pemerintah. Supaya, saat masuk ke duniar kerja sudah tidak lagi merasa tertinggal. Setiap pesertanya, berhak memperoleh sejumlah uang sebesar RP 3.550.000,-.

Adapun nominal yang telah disebutkan sebelumnya, tidak langsung kalian dapatkan sekaligus. Perinciannya, berikut ini. Saat mengikuti program pelatihan pertama, peserta akan ditransfer bantuan biayanya sebesar Rp 1.000.000,-. Kemudian, berlanjut ke 4 bulan berikutnya kurang lebih senilai Rp 600.000,-/ bulan. Terakhir, sebagai dana survei, yakni Rp 150.000,-/1 kali.

Terkait:  Cara Beli Masa Aktif Indosat

Cara mencairkan saldo pelatihan prakerja ke pulsa, menjadi hal yang menarik di kalangan peserta. Hingga muncul berbagai oknum ilegal, dan pihak pelaksana dari kartu pekerja memastikan kalau itu adalah murni penipuan. Pasalnya, sisa saldo yang tidak terpakai tdalam akun virtual kalian. Otomatis akan kembali ke kas negara di akhir tahun. Hanya untuk latihan.

Peserta, hanya dapat menggunakan uangnya untuk membeli sebuah pelatihan saja. Buat kalian yang penasaran dengan cara cairkan saldo pelatihan prakerja. Sebaiknya, gunakan secara maksimal uangnya untuk membeli voucher latihan secara virtual sebanyak-banyaknya. Supaya, tidak ada saldo yang tersisa. Tersedia di berbagai platform digital. Contoh, Shopee.

Cara cairkan saldo pelatihan prakerja yang benar. Menurut pihak pelaksana dari progam ini, bukan dengan cara diuangkan atau ditukar dengan pulsa. Melainkan, melalui pembelian softskill lainnya. Pencairan dananya, hanya berlaku untuk kartu prakerja insentif, dan insentf survei. Sebelum membeli latihan yang baru, pastikan pelatihan pertama telah selesai.

Kalian yang masih penasaran apakah saldo yang didapatkan dalam kartu prakerja bisa jadi uang ataupun pulsa. Jawabannya, tidak. Itupun berdasarkan pemaparan dari seorang Loisa Tahatu. Siapa beliau? Dirinya merupkan orang yang berkedudukan sebagai Head of Communications atau Kepala Manajemen Pelaksana program tersebut. Infonya, valid ya…

Pembelian pelatihan kemampuan atau skill dengan saldo dari kartu prakerja, caranya sangat mudah. Dapatkan juga cashback, sampai dengan potongan harga 50%. Tergantung dari masing-masing academy. Ikuti webinarnya! Otomatis, kalian dapat ilmu sekaligus bukti telah mengikuti latihan. Umumnya, akan diberikan dalam bentuk e-certificate. Caranya, berikut ini.

  1. Masuk ke situs resmi program prakerja disini
  2. Gunakan email yang aktif, dan ketikkan password dari akun prakerja kalian dengan benar
  3. Catat nomor kartu prakerjanya, bisa juga langsung di copy-paste saja
  4. Scroll ke bawah layar, pilih salah satu e-commerce, untuk mulai membeli pelatihan
  5. Klik kelas pelatihannya, yang berasal dari Skill Academy. Pilih beli
  6. Tempel nomor kartu prakerja yang sebelumnya telah disalin. Tunggu, sampai kalian mendapatkan kode verifikasi melalui SMS
  7. Ketikkan kode OTP, yang telah didapatkan ketika membeli kelas pelatihan. Setelah pembelian berhasil, kalian akan mendapatkan voucher unik dari e-commerce yang dipilih
  8. Kode voucher yang telah didapatkan, dapat kalian lihat kembali di menu riwayat pembelian
  9. Masuk ke browser, dan kalian dapat log in ke situs Skill Academy disini. Peserta juga bisa langsung mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store
  10.  Pilih daftar (kalau belum memiliki akun). Ketikkan nama lengkap kalian, sesuai dengan yang terdaftar dalam akun Prakerja. Masukkan juga nomor handphone, password, beserta konfirmasi password
  11. Setelah masuk ke halaman utama dari Skill Academy, kalian tinggal menukar vocher yang telah didapatkan sebelumnya. Pilih copy>paste dari e-commerce pilihan
Terkait:  Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Cara cairkan saldo pelatihan Prakerja, mudah bukan? Supaya uang elektroniknya bisa dipakai untuk membeli banyak pelatihan skill lainnya, tinggal cari saja kode cashback. Kali ini, selain masuk ke akun Prakerja kalian. Dana yang telah didapatkan dari hasil cashback. Peserta akan dapatkan juga dalam bentuk saldo yang tersimpan di e-wallet atau pulsa. Tergantung pilihan.

Kalian, hanya perlu memilih dan centang di bagian bawah dari kotak yang dikhususkan untuk menempel kode voucher. Coba ketikkan kode berikut ini, RAHMANZNQFZ0O0ZX pada kolomnya. Tunggu, sampai mendapatkan kode OTP melalui SMS. Tempel kodenya untuk proses verifikasi. Lalu, secara otomatis peserta akan langsung bisa mengikuti kelas latihannya.

Peserta yang berhak mendapatkan e-certificate, mereka yang telah berhasil menyelesaikan pelatihan sampai berhasil dalam mengikuti ujiannya. Cara cairkan saldo pelatihan prakerja ke beragam pembelian latihan di platform lainnya juga sama. Melalui metode e-learning, kalian dapat meraih tambahan pulsa sebesar Rp 25.000. Caranya, beli kelas di Tokopedia sekarang!

Cara Mencairkan Saldo Pelatihan Prakerja Menjadi Uang

Mendapatkan ilmu secara praktis, untuk bekal di masa depan. Tentu menjadi bagian penting yang harus dipersiapkan sedari dini. Hasil pelatihan prakerja, nanti dapat kalian terapkan saat sudah mendapatkan kerja. Supaya lebih produktif juga kinerjanya. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Daftarkan diri, agar dapat terpilih menjadi salah satu peserta.

Bebas pilih kelas, sesuai dengan bidang yang ingin kalian pelajari. Komunikasi, memasak, usaha, konsultasi, dan lain sebagainya. Guru yang mengajarkan, adalah mereka yang sudah ahli dalam bidang tersebut. Umumnya, dikenal sebagai pakar. Lalu, adakah cara mencairkan saldo pelatihan prakerja menjadi uang? Ada loh…Simak penjelasannya beriku ini!

Terkait:  Cara Cairkan Gopay

Cara cairkan saldo pelatihan prakerja, kini dapat dilakukan setelah pelaksana melakukan kerjasama dengan berbagai platform. Fungsinya, untuk mempermudah metode pembayaran ketika akan membeli kelas. Dana bantuan yang dikirimkan melalui bank, baru bisa kalian temukan di BNI. Sedangkan, akun e-wallet yang dimaksud, ada OVO, Gopay, dan LinkAja.

Sebelumnya, pastikan akun e-wallet kalian sudah diperbaharui ke versi terbaru. Kalau tidak, maka layanan prakerja tidak akan bisa didaftarkan. Karena, setelah memastikan dompet digital telah di upgrade. Maka, peserta bisa langsung masuk ke situs resmi dari program ini. Lalu, tinggal ketik berapa nominal yang dibutuhkan untuk ditransfer ke kelas yang dibeli.

Itulah penjelasan mengenai cara cairkan saldo pelatihan prakerja di kesempatan kali ini. Kalian yang mencari informasi terkait, seputar cara mencairkan saldo pelatihan prakerja ke pulsa, dan cara mencairkan saldo pelatihan prakerja menjadi uang,  dapat menemukan pembahasannya di atas. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Love yourself. Bye!

Related posts