Cara Iklan di Youtube

Jika kamu memiliki suatu bisnis dan ingin mencoba mengiklan bisnis kamu selain di google ads, facebook, instagram kamu juga bisa coba iklan di youtube. Nah, jika kamu masih bingung, kamu bisa menyimak artikel ini karena akan membahas bagaimana cara iklan di youtube. So, simak ya.

Google saat ini telah memiliki kebijakan baru untuk meningkatkan potensi promosi yaitu dengan melalui youtube. Hal ini cocok banget untuk pelaku bisnis, karena dengan cara mesang iklan di youtube bisa meingkatkan brand awareness, trafik serta potensi penjualan dan akan memudahan pelaku bisnis jika kamu sudah memiliki akun google ads.

Mengapa Beriklan Di YouTube?

Beriklan di YouTube menawarkan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Iklan seluler di YouTube 84% lebih mungkin dibandingkan dengan iklan TV untuk menarik perhatian pengguna.
  • 90% pengguna Internet di dunia (antara usia 18-44) menggunakan YouTube.
  • 68% pengguna YouTube menonton video untuk membantu mereka membuat keputusan pembelian.
  • 50% pengguna lebih suka mengonsumsi video daripada konten dalam format lain.

Saat beriklan di YouTube, kamu mendapatkan akses instan ke audiens yang besar. Sehingga kamu mendapatkan target lebih besar daripada iklan tradisional seperti: TV, Banner, radio,dll. kamu dapat bermitra dengan agensi profesional, untuk mendapatkan ide iklan video yang menarik.

Keuntungan Beriklan di YouTube untuk Strategi Digital Marketing

  • Kampanye dengan jangkauan terbesar

Seperti yang saya katakan sebelumnya, YouTube adalah mesin pencari kedua yang paling banyak digunakan di planet ini, kedua setelah Google. Dengan memiliki ekosistem yang sama, keduanya menghasilkan dan mentransfer miliaran kunjungan satu sama lain, yang membuat kampanye iklan dengan Iklan YouTube jauh lebih luas daripada yang lain.

  • Kemampuan untuk memiliki segmentasi terperinci

Kapasitas segmentasi kampanye video yang ditawarkan YouTube luar biasa: kamu dapat melakukan segmentasi sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu dengan memperhitungkan lebih dari delapan metode penargetan! Opsi yang sangat terperinci ini membantu kamu memaksimalkan efektivitas kampanye kamu, menjadikannya tampak bagi pengguna yang lebih mahir dalam perjalanan pembeli masing-masing, sehingga mendorong konversi, meningkatkan pengembalian investasi, dan mengurangi biaya akuisisi.

  • Struktur harga yang menguntungkan melalui CPV
Terkait:  Cara Dapat Uang dari Youtube

Iklan YouTube memiliki sistem biaya berdasarkan CPV (Cost Per View). Dengan kata lain, iklan YouTube hanya dibayar ketika pengguna melihat iklan selama 30 detik atau jika mereka berinteraksi dengannya sebelum waktu itu. kamu tidak membayar ketika kamu hanya menghasilkan tayangan video .

  • Prioritas peringkat Google

Dalam strategi SEO dan SEM kamu ,tidak hanya harus memperhitungkan situs web atau blog, tetapi juga video di YouTube, yang dapat dukung melalui iklan untuk menghasilkan lalu lintas dan dengan demikian membantu mereka muncul di hasil pencarian Google pertama.

  • Kemampuan untuk membatasi tayangan dan kunjungan

Aspek yang menarik dari Iklan YouTube adalah memungkinkan kamu membatasi jumlah tayangan dan kunjungan iklan. Tujuannya adalah untuk mencegah pengguna melihat pesan yang sama secara berlebihan, karena hal ini dapat menimbulkan perasaan penolakan terhadap merek.

  • Analisis lengkap dan kuat

Melalui alat YouTube Analytics, kamu dapat memperoleh hasil yang terukur dari kinerja iklan. Semua ini, melalui serangkaian metrik iklan dan laporan terkait.

Cara Iklan di Youtube

Cara Iklan di Youtube
Cara Iklan di Youtube

Langkah pertama untuk memasang iklan video kamu di YouTube adalah untuk membuat iklan campaign baru melalui Google Ads di YouTube Advertising. Ini yang perlu kamu lakukan:

  • Buka website YouTube Advertising dan tekan tombol Start Advertising.
  •  kamu akan dialihkan ke halaman dimana bisa memulai pemasangan iklan YouTube kamu.
  • Tekan tombol Get Started dan masukan URL video iklan YouTube yang kamu upload sebelumnya. Lalu, pilih bagaimana kamu ingin menampilkan YouTube Ads.
  • Masukkan juga URL halaman landing page website yang akan terbuka ketika penonton mengklik iklan kamu dan dimana kamu ingin menampilkan iklan tersebut.
  • Setelah memilih dua pilihan tersebut, klik tombol Berikutnya. Lalu, pilih lokasi dan bahasa target audiens kamu. Nanti kamu bisa memasukan beberapa bahasa sekaligus.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih demografi dari target audiens kamu berdasarkan gender, usia, dan status keluarga.
  • Di halaman selanjutnya, Terus kamu bisa menentukan apakah ingin menjangkau target audiens yang lebih spesifik. Jika tidak, pilih pilihan Jangkau orang dengan minat seluas mungkin.
  • Terakhir, tentukan anggaran atau budget yang tepat bagi bisnis kamu . kamu bisa memasukan anggaran harian dan melihat estimasi performa mingguan dari iklan.
Terkait:  Cara Download dari Youtube

Cara Iklan di Youtube TrueView

TrueView adalah iklan panjang berupa video standar, dan memiliki tulisan “Ad”. Jenis iklan ini ada yang bisa dilewatkan (skipped), dan ada yang tidak. Pengiklan bebas berkreasi dengan dengan konten, karena tujuannya adalah memastikan bahwa penonton menyaksikannya sampai habis atau melakukan klik.

Cara Iklan di Youtube Pre-roll/Mid-roll

Iklan ini adalah jenis yang muncul di awal atau tengah video yang sedang ditonton pengguna YouTube. Jenis iklan ini biasanya tidak bisa dilewatkan, dan durasinya bisa mencapai 15 hingga 20 detik (untuk pre-roll) atau hingga 10 menit (untuk mid-roll). Iklan ini biasanya menekankan aspek Call to Action (CTA), misalnya mengunjungi tautan akun YouTube atau situs pengiklan.

Cara Iklan di Youtube Bumpers

Iklan ini adalah yang terpendek, dengan durasi hanya sekitar enam detik. Iklan ini tayang sebelum video pilihan penonton. Iklan pendek cocok untuk memberi gambaran singkat produk baru atau menayangkan teaser.

Nah dari ketiga iklan ini dapat kamu pilih untuk mempromosikan produk yang sama, yaitu dengan menciptakan kampanye terpisah. Aspek audiovisual dari video adalah sarana tepat untuk menarik perhatian lebih babanyak orang dalam hal promosi. Mengetahui cara memasang iklan di YouTube akan membantu kamu beriklan dengan lebih efektif.

8 Kunci untuk Kampanye Iklan YouTube yang Sukses

Eksperimen dengan format yang berbeda

Mengambil keuntungan dari berbagai format periklanan di Iklan YouTube membantu kamu untuk memiliki jangkauan yang lebih besar. Namun, karena ada banyak format yang tersedia dan masing-masing dirancang untuk menghasilkan jenis dampak tertentu, kamu harus terlebih dahulu menganalisis apa tujuan yang ingin kamu capai dan apa yang ingin dicapai oleh segmen pengguna.

Segmentasi iklan Anda dengan benar

Tidaklah cukup untuk melakukan segmentasi iklan, kamu harus tahu bagaimana cara mensegmentasikannya dengan sangat baik! Manfaatkan opsi penargetan luar biasa yang ditawarkan oleh Iklan YouTube untuk menampilkan iklan kamu kepada audiens yang paling siap menurut setiap tahap perjalanan pembeli. Dengan cara ini, kamuberhasil meminimalkan biaya dan meningkatkan peluang konversi.

Terkait:  Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Menempatkan ajakan bertindak (CTA)

Untuk iklan YouTube kamu, kamu dapat memasukkan fungsi interaktif dalam video, seperti panggilan untuk bertindak atau kartu interaksi.

Adapun CTA, kamu dapat mengonfigurasinya untuk mengarahkan pengunjung ke situs web kamu, halaman pendaratan atau halaman produk atau layanan, antara lain; serta untuk tindakan lain oleh pengguna, seperti “Berlangganan”, “Minta penawaran”, “Daftar”, dll.

CTA muncul di atas iklan sebagai hamparan saat video mulai diputar, dan runtuh menjadi gambar mini setelah 15 detik. Di browser desktop, CTA berkembang saat pengguna mengarahkan mouse ke sana. Di peramban seluler, CTA meluas saat gambar thumbnail disentuh.

Buat layar final

Elemen interaktif lain yang sangat efektif adalah layar terakhir . Ini terdiri dari pengumuman interaksi yang muncul antara 5 dan 20 detik terakhir dari video. Tujuan dari sumber daya ini adalah untuk menarik pelanggan ke saluran kamu, mempromosikan jejaring sosial kamu, meningkatkan keterlibatan dengan merek kamu, dll.

Buat konten yang menarik dan kreatif

Seperti yang kita ketahui, konten adalah raja! Dan pepatah ini juga berlaku untuk iklan di YouTube, terutama iklan in stream, di mana harus menarik perhatian pengguna hanya dalam 5 detik.

Pemasaran ulang untuk video

Pemasaran ulang video di YouTube terdiri dari menampilkan iklan kepada para pengguna yang telah melihat beberapa video. Taktik ini cukup efektif, karena berusaha untuk terus berdampak (dan mendidik) audiens yang telah berhubungan dengan merek kamu dan konten, membuatnya lebih mudah untuk membuat mereka bersimpati dengan iklan yang diterbitkan, karena mereka tidak akan lagi menganggap kamu sebagai tidak diketahui.

Sertakan nama dan tautan situs web

Salah satu aspek kunci yang paling penting untuk meningkatkan efektivitas kampanye iklan Anda di YouTube adalah kebutuhan untuk memasukkan nama bisnis kamu dan tautan situs webnya dalam iklan.

Tujuan terpenting dari semua proses yang dijelaskan di sini adalah untuk membuat audiens mengetahui dan mengingat nama kamu (nama perusahaan atau produk kamu). Idenya adalah kamu dapat menangkap pengguna YouTube dan mengubahnya menjadi kontak dari basis data kamu sendiri melalui strategi utama yang diterapkan dari situs web.

Demikianlah informasi mengenai cara iklan di youtube secara lengkap, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See u!

Related posts